Cara Reset Epson L3110

Cara Reset Epson L3110

Bagaimana sih cara reset Epson L3110? Ya, Epson L3110 adalah seri printer dari Epson yang kini sangat populer. Printer ini telah terkenal sebagai printer dengan kualitas hasil cetak yang baik serta memiliki daya tahan tinggi dengan prosedur perawatan yang rutin dan benar. Wajar jika kini banyak percetakan, perusahaan hingga perusahaan rumahan yang memakai printer Epson untuk berbagai keutuhan. Diantaranya untuk scan dokumen, mencetak, dan menggunakannya untuk melakukan fotokopi berkas yang diperlukan.

Ager Epson yang Kamu miliki tetap awet dan mempunyai masa pemakaian yang lama, maka diperlukan pengetahuan tentang cara memakai perangkat printer dengan benar. Selain itu, harus mengetahui prosedur perawatan berkala, seperti perawatan head cleaning.

Read More

Meskipun demikian, walaupun sudah dilakukan perawatan rutin, terkadang printer Epson tetap mengalami error dengan ditandai oleh lampu indikator warna orange yang berkedip. Selai itu, tidak dapat dipakai untuk mencetak file sama sekali.

Penyebab Printer Epson L3110 Mengalami Error

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab printer epson L3110 error serta tak dapat dipakai untuk mencetak seperti biasa. Adapun masalah ini bisa terjadi akibat masalah yang terjadi pada software atau hardware. Berdasarkan pengalaman, biasanya penyebab yang paling sering membuat printer epson mengalami error blinking yaitu error waste ink full. Inilah yang mengakibatkan over ink pad counter, yang artinya counter pembuangan pada tinta sudah full atau penuh.

Adapun error waste ink full printer epson L3110 sendiri berbeda dari seri L printer epson yang lainnya. Apabila printer seri L versi sebelumnya ditandai oleh lampu indikator pada tinta serta kertas bergantian berkedip, sementara pada L3110 biasanya lampu indikatornya berkedip bersamaan.

Ini biasanya menandakan bahwa printer-mu mengalami masalah over ink pad counter, yaitu counter pembuangan pada tinta sudah full. Jika dilihat dari perhitungan sistem data tak hanya pada hardware-nya, jadi perbaikan yang harus dilakukan pada sistemnya.

Masalah error ini dapat diatasi dengan me-reset printer. Adapun cara reset Epson L3110 sendiri dapat dilakukan, baik secara manual maupun dengan memakai aplikasi pihak ketiga.

Cara Reset Epson L3110

Cara Reset Epson L3110
Reset Epson L3110

Tutorial Reset Epson L3110 Dengan Cara Manual

Cara reset Epson L3110 yang pertama ialah dengan melakukan reset secara manual. Namun pastikan dulu untuk mengecek komponen pada perangkat printer lebih dulu. Karena, bisa saja bukan sistemnya yang mengalami kerusakan tetapi kabel printernya putus, tinta printer-nya habis atau yang lainnya. Apabila sudah dirasa semua komponen aman, Kamu bisa mencoba cara reset manual berikut ini :

1. Mencabut Kabel Power Printer

Langkah cara reset Epson L3110 secara manual yang pertama, pastikan untuk mencabut bagian kabel power pada printer terlebih dulu. Kemudian diamkan sampai 5 menit. Setelah itu, Kamu dapat memasang kabel tersebut kembali. Lalu Kamu bisa menghidupkan printer, caranya dengan tekan tombol “power” dan tekan “resume”.

2. Tekan “Resume” dan “Power” Bersamaan

Silahkan tekan tombol “resume” dan “power” bersamaan lalu tahan sampai 5 menit. Setelah itu, lepaskan keduanya. Selanjutnya, tekan “resume” dan “power” kembali secara bersamaan lalu tahan lagi hingga 3 menit. Silahkan tunggu beberapa lama sampai selesai proses reset. Selanjutnya, pengaturan printer Epson L3110 milikmu pun akan kembali seperti sedia kala.

Tutorial Reset Epson L3110 Menggunakan Software

Untuk dapat me-reset printer Epson L3110, Kamu juga memerlukan perangkat lunak resetter sesuai dengan perangkat printer milikmu. Pasalnya, resetter printer jenis ini dapat Kamu cari sendiri via Google kemudian mengunduhnya secara gratis. Ada banyak situs web penyedia berbagai jenis perangkat printer, seperti halnya Epson L3110. Kamu juga bisa langsung mendapatkannya di link berikut.

Jika Kamu mengklik link ini, Kamu akan langsung dibawa menuju situs web penyimpanan file dari Zippyshare. Selanjutnya Kamu bisa mengunduh software resetter-nya menggunakan format gratis rar.

Sesudah mendapatkan resetter-nya, Kamu perlu menginstall aplikasu yang dibuat secara khusus untuk Epson L3110 di laptop atau PC Windows yang terkoneksi pada printer L3110 ini.

1. Instal Resetter

Jika Kamu sudah selesai mengunduh aplikasi resetter L3110, kini waktunya menginstal resetter di laptop atau komputer untuk mengatur ulang perangkat printer-mu. Sebelum Kamu memulai instalasi dan mengaktifkan software, selanjutnya nonaktifkan antivirus sementara serta Windows defender supaya prosesnya dapat berjalan lancar.

Adapun langkah-langkahnya ialah sebagai berikut :

  • Pertama-tama, silahkan ekstrak file unduhan menggunakan Winrar.
  • Lalu buka folder printer Epson L3110 Resetter.
  • Jalankan program Adjprog.exe, klik 2 kali pada software/aplikasinya.
  • Setelah itu, Kamu akan melihat jendela pop up yang baru dengan menampilkan informasi tentang ID perangkat printer-mu.
  • Kemudian paste-kan ID perangkat lalu simpan di Notepad melalui tekan tombol kombinasi dari Ctrl+V untuk aktivasi.
  • Kamu tinggal mengekstrak k3y93n lalu jalankan program WLGen_Epson L3110.exe.
  • Tekan licence manager.
  • Lalu ketuk tab bertuliskan add licence di samping kanan atas.
  • Silahkan isi data-data sesuai yang diperlukan, seperti ID perangkat yang telah disimpan lalu tekan save.
  • Jika sudah, tekan lisensi yang telah dibuat lalu tekan create license key.
  • Maka file secara otomatis akan tersimpan ke perangkat PC-mu, buka folder tersebut.
  • Silahkan klik kanan pada file Licence lalu tekan Merge.
  • Selanjutnya lisensi akan dimasukkan otomatis ke program resetter.

Jika proses instalasi serta aktivasi sudah dilakukan dengan benar, Kamu pun sudah mempunyai software printer Epson L3110 resetter. Selanjutnya Kamu bisa memakainya ke dalam cara reset Epson L3110.

2. Cara Reset Perangkat Epson L3110

Kini Kamu sudah mempunyai software resetter untuk dipakai saat mengatasi error atau masalah pada perangkat printer Epson L3110. Berikut langkah-langkah cara reset Epson L3110 di bawah ini :

  • Pertama-tama, silahkan buka dan jalankan program Adjprog.exe, klik 2 kali pada file tersebut.
  • Pilih opsi Particular Adjustment Mode.
  • Lalu pilih lagi waste ink pad counter.
  • Setelah itu, pilih opsi main pad counter maupun platen plat counter. Caranya dengan memberi centang ke kotak yang telah tersedia.
  • Silahkan tekan tombol check lalu tekan pula Initialize, kemudian lanjutkan mengklik finish.
  • Lalu Kamu akan ditampilkan jendela pop up, tekan OK.
  • Setelah itu, proses reset printer pun secara otomatis dimulai sistem dan Kamu tinggal tunggu sampai beres.

Biasanya proses reset hanya berjalan sebentar, jika reset Epson L3110 sudah selesai umumnya ada notifikasi untuk melakukan restart printer. Adpaun hal yang harus dilakukan ialah mematikan perangkat printer lalu hidupkan lagi.

Dari sini, Kamu sudah sukses me-reset Epson L3110, maka seharusnya error yang terjadi pada printer ini sudah dapat teratasi dengan baik. Kamu pun sudah bisa mencetak dokumen yang Kamu inginkan menggunakan printer Epson L3110 kesayanganmu.

Oke, itulah ulasan tentang cara reset Epson L3110 yang dapat Kamu coba, baik secara manual maupun menggunakan software resetter. Semoga bermanfaat!

Baru Diulas:

Related posts