Cara Mendaftarkan Grab Food

Cara Mendaftarkan Grab Food

Bisnis kuliner sampai saat ini masih menjadi bisnis yang paling banyak digemari. Apalagi sejak kehadiran Grab Food, yang semakin memberikan angin segar bagi para penggiat bisnis kuliner. Jika Kamu mendaftarkan usaha kuliner di Grabfood, tentu saja makanan yang Kamu jual dapat menjangkau pasar lebih luas dan lebih banyak. Bahkan selain cara mendaftarkan Grab Food yang mudah, Kamu juga bisa mendaftarkannya secara gratis.

Persyaratan Untuk Mendaftarkan Bisnis Kuliner di GrabFood

Sebelum melanjutkan cara mendaftarkan Grab Food mudah, ada beberapa syarat yang harus Kamu penuhi beserta dokumennya, di bawah ini :

Read More

1. Informasi Restoran

Untuk informasi restoran sendiri, terdiri dari beberapa poin berikut :

  • Nama bisnis/restoran, harus disesuaikan nama usaha yang Kamu miliki di banner Toko.
  • Alamat restoran yang dilengkapi dengan titik koordinat pada Google Mapps. Kamu bisa melampirkan alamat lengkap berikut RT/RW. Apabila lokasi usaha ada di dalam pergedungan atau mall, sertakan pula nomor kios dan lantai.
  • Nomor telepon bisnis kuliner, Kamu harus menyertakan nomor telepon restoran yang terdaftar dan masih aktif.
  • Email restoran.
  • Foto bagian tampak depan/luar restoran. Dengan memastikan banner harus terlihat di foto. Selain itu, lampirkan pula foto owner ada di depan banner.
  • Foto bagian tampak dalam usaha resto. Pastikan Kamu menampilkan kasir, dapur dan meja makan. Lampirkan pula foto owner dan makanan yang Kamu jual di dapur berdasarkan ketentuan wilayah yang harus sesuai foto KTP. Foto juga harus terlihat jelas.
  • Foto logo restoran, bersifat opsional.

2. Menyertakan Informasi Pemilik

Selain informasi restoran atau usaha kuliner, Kamu juga harus menyertakan informasi pemilik. Ada beberapa dokumen terkait informasi pemilik resto yang harus dipersiapkan :

  • Foto KTP, pastikan informasi pada KTP terlihat jelas. Sedangkan untuk WNA dapat memakai foto passport.
  • Foto Selfie bersama KTP. Kamu harus memastikan informasi pada KTP telrihat lengkap dna jelas, tanpa tertutup objek lain atau tangan. Wajah juga mesti terlihat jelas. Bagi WNA, bisa memakai foto bersama passport.
  • Foto NPWP, untuk NPWP bisa digunakan berbentuk fotokopiannya.

3. Informasi Rekening Bank

Untuk informasi rekening bank, mencakup :

  • Nomor rekening tabungan
  • Foto buku tabungan maupun tampilan e-banking. Dengan memastikan nomor rekening tabungan yang dilampirkan tampak jelas. Apabila informasi rekening bank berbeda dari nomor rekening pihak penanggung jawab utama, Kamu harus menyertakan surat kuasa.

4. Informasi Menu Kuliner

Untuk informasi menu kuliner yang tersedia, Kamu harus menyertakan daftar menu, foto daftar menu dan foto makanan. Pada foto daftar menu, sebaiknya foto yang dibuat terlihat jelas serta menampilkan harga dan makanan sesuai yang ditampilkan pada aplikasi Grab Food. Sedangkan untuk foto makanan sendiri, makanan harus sesuai menu yang tersedia. Ambil foto makanan dengan jelas, dengan kualitas foto yang baik tentu saja bisa meningkatkan ketertarikan pembeli.

Cara Mendaftar Grab Food

Cara Mendaftarkan Grab Food
Mendaftarkan Grab Food

Mendaftar Grab Food Mudah

Adapun cara mendaftar Grab Food sendiri, ada beberapa langkah yang harus dilakukan di bawah ini :

1. Buat Profil Pebisnis dan Lakukan Verifikasi Akun

Tutorial pertama yang harus dilakukan, apabila Kamu belum mempunyai profil pada GrabFood Merchant, silahkan membuat profilnya lebih dulu. Ada beberapa informasi yang harus diisi, diantaranya nomor hp, alamat restoran, nama bisnis/restoran dan alamat email.

Lakukan pengisian formulir yang diperlukan pada halaman www.grab.com Jika sudah tekan “Daftar”. Selanjutnya tim dari GrabFood langsung mengirimkan email untuk verifikasi yang wajib diselesaikan selama 72 jam. Selain itu, pastikan akun email restoran atau bisnismu terdaftar dan sudah terverifikasi.

2. Unggah Informasi Restoran/Bisnis

Jika email sudah terverifikasi, maka tim GrabFood langsung menghubungi pemilik usaha resto dan menjelaskan tentang langkah berikutnya terkait informasi toko. Kamu akan dikirimkan pesan email, kemudian diminta untuk melengkapi informasi bisnis atau restoran yang dijalani, seperti foto menu, foto restoran dan sebagainya.

3. Menandatangani Kontrak

Sesudah melengkapi informasi tentang toko. Kamu akan dikirimkan kembali email dari GrabFood yang isinya penandatanganan kontrak bersama GrabFood. Kamu harus memastikan kontraknya telah dibaca dengan jelas sebelum menandatangani.

4. Melakukan Verifikasi Email Outlet

Sesudah menyelesaikan proses penandatanganaan kontrak. Selanjutnya Kamu akan diminta memverifikasi email outlet dan pihak GrabFood akan menunggu sampai 72 jam. Oleh karenanya, pastikan akun email telah terverifikasi sebelum waktu 72 jam. Namun jika lebih dari 72 jam, maka verifikasi akan gagal dilakukan. Jika ingin verifikasi ulang, sebaiknya hubungi customer service dari GrabFood terlebih dahulu.

5. Memverifikasi OVO

Cara mendaftar Grab Food selanjutnya ialah tahap verifikasi OVO. OVO merupakan layanan digital wallet dan telah bekerjasama bersama Grab maupun GrabFood untuk pembayaran lewat aplikasi. Oleh karena itu, jika ingin menjadi merchant atau mitra Grabfood, Kamu akan diminta mendaftar dan melakukan autentikasi akun OVO untuk pembayaran antara pebisnis dan konsumen.

Selanjutnya tim OVO, menghubungi Kamu untuk validasi sekaligus verifikasi informasi mengenai bisnismu. Adapun informasi yang akan divalidasi biasanya ialah alamat dan nama restoran.

6. Tahapan Training

Jika seluruh proses cara mendaftar Grab Food di atas sudah dilakukan dna telah tervalidasi, Kamu akan langsung dikirimi email dari Grab Food yang isinya tentang bahan training menggunakan aplikasi bagi merchant bisnis. Selain itu, Kamu juga akan menerima informasi mengenai cara mengaktifkan Grab Food merchantmu.

Apa Saja Keuntungan Menjadi Merchant di Grabfood?

Dengan mendaftar Grab Food, maka Kamu akan menikmati banyak keuntungan sekaligus bisa menambah omset bisnismu sesudah bergabung sebagai mitra Grabfood. Berikut keuntungan menjadi merchant di Grabfood :

1. Dapat Menjangkau Konsumen Lebih Luas

GrabFood sudah memiliki banyak pengguna bahkan jumlahnya hingga jutaan orang. Jika Kamu menjadi mitra atau merchant GrabFood, sudah tentu Kamu akan berpotensi dapat menjaring calon pembeli yang jangkauannya lebih luas.

2. Dapat Meningkatkan Penghasilan

Jika pembeli yang tahu restomu semakin banyak dan luas, secara otomatis keuntungan yang diperoleh juga akan semakin meningkat. Namun hal ini juga bukan jaminan, sebab penentu laris dan tidaknya jualanmu tergantung dari kualitas produkmu.

3. Media Promosi yang Hemat

Saat foto warung makanan atau restoranmu terpampang pada aplikasi GrabFood, maka secara tak langsung dapat memperluas ekstensi rumah makanmu itu sendiri. Terlebih jika review dan rating yang telah diberikan pembeli tinggi, bisa jadi restomu akan semakin terkenal.

4. Tak perlu Lagi Repot Mengantar Pesanan

Keunggulan yang sangat terasa tentu saja Kamu tak perlu lagi mengantar makanan jualanmu sendiri jauh-jauh. Sebab para driver mitra Grab akan siap mengantarkannya ke tempat pembeli sesuai pesanan.

Nah, itulah pembahasan terkait cara mendaftarkan Grab Food dan keuntungan menjadi mitra Grab Food yang bisa Kamu dapatkan. Selain itu, Kamu harus tahu bahwa dengan bermitra bersama Grab Food, Kamu harus membagi hasil keuntungan. Biasanya pihak grab akan mengambil 30% dari total harga makananmu. Ini artinya jika harga penjualan menu Rp. 20 ribu, maka 30%-nya atau Rp.6000 adalah milik Grab Food sedangkan Rp. 14 ribunya adalah uang yang diterima.

 

 

 

 

 

 

Related posts