Cara Pinjam Uang di Bank BRI

Cara Pinjam Uang di Bank BRI

Bagaimana cara pinjam uang di bank BRI? Untuk para nasbaah BRI pastinya sudah sangat familiar dengan adanya layanan KUR BRI. Layanan ini kini banyak diminati oleh pengguna bank BRI. Sebab pinjaman KUR sendiri menawarkan suku bunga yang cukup rendah. Bagi Kamu yang belum memahami tentang KUR, KUR ialah kredit usaha mikro, dimana sebagai program pemerintah dengan menawarkan kredit usaha yang bersuku bunga rendah.

Melalui program yang satu ini, pastinya bisa menjadi solusi untuk keuangan para nasabah yang kekurangan modal untuk usaha. Sebab sebesar apapun bisnis yang dijalani, jika Kamu mengacu pada ambisimu semata, tentu tak akan pernah ada habisnya. Sesuai dnegan prinsip dari jiwa pengusaha, seolah tak pernah puas. Namun terlepas dari hal itu, Kamu bisa mengembangkan usaha dengan menggunakan pinjaman KUR BRI.

Read More

Mengenal KUR BRI

Bank BRI adalah bank yang menawarkan pinjaman KUR BRI, dengan 3 varian yang bisa dipilih menyesuaikan kebutuhan bagi lini usaha. Untuk cara pinjam uang di bank BRI sendiri bisa dibilang cukup mudah, apalagi jika Kamu sudah mempunyai usaha yang telah berjalan 2 tahun lamanya. Selain itu, Kamu sudah mempunyai penghasilan pokok dengan jelas per bulannya.

Adapun untuk pinjaman kredit dari KUR BRI ekonomi mikro tersebut mempunyai pinjaman cukup besar, hingga Rp. 500 juta. Angka tersebut bisa dikatakan cukup besar bagi pinjaman sekelas usaha menengah atau usaha mikro. Jadi tak heran apabila banyak yang memilih pengajuan kredit di bank BRI.

Cara Pinjam Uang di Bank BRI

Cara Pinjam Uang di Bank BRI
Pinjam Uang di Bank BRI

Syarat Pinjam Uang di Bank BRI Lewat KUR BRI

Jika Kamu ingin melakukan cara pinjam uang di bank BRI, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi terlebih dahulu. Bagi persyaratan pinjaman calon debitur sendiri terbagi ke dalam 3 produk, diantaranya Ritel, KUR TKI, dan KUR BRI mikro. Dimana syarat pengajuan KUR BRI itu sendiri sangat penting dalam penentuan apakah pinjaman kredit di BRI di ACC atau ditolak. Berikut ini informasi :

1. Pinjaman KUR Mikro Bank BRI

Produk pinjaman ini adalah produk kredit maupun investasi yang jumlah tidak lebih dari Rp. 25 juta tiap debitur. Adpaun syarat yang mesti dipenuhi adalah berikut ini!

Persyaratan pengajuan pinjaman bank BRI untuk calon debitur, di bawah ini :

  • Perorangan dengan usaha yang layak dan produktif.
  • Mempunyai usaha aktif setidaknya 6 bulan lamanya.
  • Persyaratan dokumen berupa identitas seperti Kartu Keluarga (KK), Surat Ijin Usaha (SIU) dan KTP.
  • Tak mempunyai tnaggungan kredit di perbankan lainnya, tapi jika kredit konsumtif diperbolehkan, seperti KKB, KPR dan credit card.

Sementara, untuk persyaratan KUR Mikro Bank BRI Kreditur dengan jumlah pinjaman maksimal Rp. 25 juta tiap debitur, adalah sebagai berikut :

  • Jumlah kredit maksimal Rp. 25 juta tiap debitur.
  • Jenis kredit berupa KMK (Kredit Modal Kerja) dengan maksimal jangka waktu 3 tahun dan Kredit Investasi (KI) dengan maksimal jangka waktu selama 5 tahun.
  • Tanpa pungutan biaya administrasi dan provisi.
  • Suku bunga sebesar 7% efektif setiap tahun atau sama dengan 0,41% flat setiap bulan.

2. KUR TKI Bank BRI

Pinjaman KUR BRI ini diberikan guna membiayai keberangkatan dari calon TKI (Tenaga Kerja Indonesia) ke negara penempatan yang plafondnya mencapai Rp. 25 juta.

Adapun persyaratan pengajuan kredit calon debitur bank BRI, ialah sebagai berikut :

  • Individu atau perorangan dari calon TKI yang berangkat bekerja di luar negeri ke negara penempatan.
  • Persyaratan administrasi, berupa identitas KTP dan KK (Kartu Keluarga), perjanjian penempatan, perjanjian kerja bersama pengguna jasa, visa, paspor, dan persyaratan lainnya tergantung ketentuan.

Persyaratan KUR Mikro Bank BRI Kreditur

  • Jumlah pinjaman/kredit maksimal senilai Rp. 25 juta atau menyesuaikan cost structure dari pemerintah.
  • Nilai suku bunga sebesar 7% efektif setiap tahun atau senilai 0,41% flat setiap bulan.
  • Tanpa pungutan biaya administrasi dan provisi.
  • Tujuan negara penempatan TKI adalah Hongkong, Singapura,Malaysia, Taiwan, Korea Selatan, Jepang dan Brunei.
  • Maksimal jangka waktu 3 tahun alias sesuai dengan kontrak kerja.

3. KUR Ritel Bank BRI

Jenis pinjaman KUR ini adalah Kredit Modal Kerja beserta Investasi untuk debitur yang mempunyai usaha layak dan produktif melalui plafon pinjaman senilai Rp. 25 juta hingga Rp. 500 juta tiap debitur.

Adapun cara pengajuan dan syarat pinjaman bank BRI untuk calon debitur, diantaranya :

  • Memiliki usaha yang layak dan produktif.
  • Tidak sedang melakukan pinjaman kredit dari lembaga perbankan lain terkecuali untuk kredit yang bersifat konsumtif, semisal Kartu Kredit, KPR, dan KKB.
  • Sudah melakukan usaha aktif setidaknya berlangsung 6 bulan.
  • Mempunyai Surat IUMK (Ijin Usaha Mikro dan Kecil) atau surat perizinan usaha yang lainnya.

Sementara persyaratan KUR Mikro Bank BRI sebagai Kreditur ialah,

  • Besarnya kredit yang diberikan mulai dari Rp. 25 juta sampai Rp. 500juta.
  • Jenis kredit yang diberikan ialah Kredit Modal Kerja atau KMK dengan maksimal jangka waktu 4 tahun dan Kredit Investasi atau KI dengan maksimal jangka waktu 5 tahun.
  • Tanpa pungutan administrasi dan provisi.
  • Jaminan/agunan menyesuaikan ketentuan perbankan.

Dokumen Pengajuan Kredit di Bank BRI

Dalam cara pinjam uang di bank BRI, Kamu juga harus menyertakan berkas persyaratan yang harus dipenuhi saat mengunjungi kantor BRI setempat secara langsung. Silahkan lampirkan persyaratan berkas yang diperlukan, diantaranya :

  • Berkas identitas diri seperti SIM/KTP, KK dan lainnya.
  • Surat perizinan usaha, seperti TDP, SIU, SK Domisili, dan lainnya.
  • Legaitas usaha, meliputi akta perubahan dan akta pendirian.
  • Fotokopi bukti jaminan/agunan.
  • Catatan laporan keuangan dan pembukuan.

Itulah persyaratan yang harus dipenuhi dalam cara pinjam uang di bank BRI yang harus Kamu penuhi agar pinjamanmu di ACC.

Panduan Cara Pinjam Uang di Bank BRI

Kita tahu bahwa sasaran utama dari pinjaman KUR ini yaitu masyarakat yang akan menjalankan bisnis mikro, dan usaha kecil dengan bisnis produktif. Menariknya, cara pinjam uang di bank BRI melalui KUR ini tidak membutuhkan jaminan. Selain itu, suku bunganya juga relatif lebih terjangkau, mengingat ada subsidi pemerintah.

Jika Kamu mempunyai kualifikasi yang sudah disebutkan di atas, pinjaman KUR tersebut dapat dijadikan sebagai sarana mendapatkan modal usaha dengan cepat. Cara pinjam uang di bank BRI melalui KUR BRI ini juga mudah. Kamu hanya perlu mendatangi kantor bank BRI saja dan lengkapi persyaratannya.

Selanjutnya, pihak bank pun akan langsung melakukan survey untuk aktivitas usahamu. Apabila dinyatakan layak, pinjaman KUR BRI-mu pun akan langsung cair.

Kesimpulan

Itulah beberapa persyaratan dan panduan cara pinjam uang di bank BRI melalui KUR pinjaman. Sebenarnya bank BRI tak hanya menyediakan layanan pinjaman KUR saja, tetapi juga pinjamanKPR, kredit pinjaman KTA, dan masih banyak yang lainnya. Dimana tiap-tiap produk pinjaman menawarkan syarat dan ketentuan masing-masing.

Dengan adanya layanan pinjaman dari bank BRI ini, semoga Kamu sebagai nasabah bisa memanfaatkan pinjaman tersebut dengan maksimal. Selain itu, tentu saja Kamu harus melakukan pinjaman secara bijak, menyesuaikan kebutuhanmu!

Related posts