Cara Lem Kaca Aquarium

Cara Lem Kaca Aquarium

Bagaimana cara lem kaca aquarium? Bagi yang belum pernah memakai lem silikon atau lem kaca, kamu tentu harus mencari cara penggunaan lem kaca ini untuk aquarium di rumah. Lem silikon merupakan sejenis sealent dengan tingkat elastisitas menyerupai karet.

Aquarium

Aquarium merupakan wadah tempat budidaya ikan dari material transparan. Pada aquarium biasanya terdapat tumbuhan air dan satwa yang ditampung, kemudian dipakai untuk display.

Read More

Merawat ikan di aquarium merupakan hobi yang banyak digemari. Untuk memelihara ikan, entah itu ikan air laut maupun air tawar, kamu tentu saja memerlukan aquarium. Alat ini dapat dipakai untuk memelihara air laut, air tawar maupun untuk aquascape.

Biasanya aquascape digunakan untuk menata tanaman, batu, air, kayu, karang dan lainnya. Seni ini memakai media dalam sebuah kotak kaca, yang sering kita sebut dengan nama aquarium. Namun kamu harus tahu bahwa fokus aquascape sendiri bukan dilihat dari jenis ikannya, tetapi dari ekosistem di aquarium itu sendiri.

Di samping dapat mempercantik ruangan, merawat ikan di rumah sebenarnya dapat menghilangkanmu dari stress. Bahkan merawat ikan dipercaya bisa mendatangkan hoki untuk pemilik rumah, terutama jika merawat ikan jenis tertentu.

Lem Kaca Untuk Aquarium

Berbagai macam peralatan yang unik dan indah bisa dibuat menggunakan silicon sealant GRH. Adapun salah satu material kaca paling banyak dipakai dan paling populer yaitu kaca datar. Melalui berbagai inovasi dan teknik, maka dibuatlah bentuk-bentuk kaca yang memiliki fungsi berbeda.

Ada salah satu produk dari material kaca datar, yang dinamakan aquarium. Dengan mempunyai aquarium, seseorang bisa menikmati kesegaran dan keindahan alam dari air mini yang ada di dalam rumah.

Pencinta ikan hias aquarium yang semakin banyak, membuat banyak orang membuat aquarium tersebut untuk dijual. Namun, tahukah kamu bahwa membuat sebuah aquarium sebenarnya cukup mudah asalkan kamu mempunyai kesabaran, imajinasi, serta tekad yang bulat.

Ketika membuat aquarium, sudah tentu harus dirancang sedemikian rupa agar sesuai dengan yang diinginkan. Namun aquarium yang telah selesai dibuat, biasanya selalu terlewatkan atau ada saja yang salah bahkan menjadi kurang puas terhadap produknya. Oleh karena itu, anda harus memperhatikan penggunaan lem aquarium.

Lem kaca aquarium umumnya terbuat dari polimer silikon bertekstur cair tapi ada sebagian yang berbentuk menyerupai gel. Kegunaan lem silikon ini untuk proyek perbaikan atau pembangunan rumah, misalnya untuk menambal keretakan, kebocoran atau masalah lainnya. Tidak hanya berguna untuk menambal keretakan saja, tetapi juga lem silikon bisa dipakai untuk membuat aquarium.

Cara Lem Kaca Aquarium

Cara Lem Kaca Aquarium
Menggunakan Lem Kaca Aquarium

Membuat Aquarium di Rumah Sendiri

Cara lem kaca aquarium biasanya digunakan untuk membuat aquarium. Dalam tahapan awal pembuatan aquarium, kamu harus membentuk kotak kaca terlebih dahulu. Ada beberapa langkah yang dapat dicoba untuk membantu membuat aquarium sendiri di rumah.

Tahap 1  : Persiapan Peralatan Untuk Membuat Aquarium

Ada beberapa peralatan yang diperlukan dalam pembuatan aquarium, diantaranya sebagai berikut :

1. Alat Untuk Pemotong Kaca

Biasanya, alat ini bisa kita jumpai di toko-toko tempat pembelian bahan bangunan maupun toko besi yang harganya cukup terjangkau.

2. Spidol

Kamu juga bisa mempersiapkan spidol yang berwarna gelap, baik itu spidol biru, hitam, merah, yang dipakai untuk menandai material kaca yang ingin dipotong.

3. Batu Gerinda

Biasanya dipakai untuk menghaluskan bagian tepi kaca supaya tidak melukai kulit.

4. Air di Wadah Plastik

Biasanya membantu material kaca yang dihaluskan supaya serpihan material kaca tidak meluas.

5. Penggaris

Penggaris dapat membantu pembuatan tanda garis yang dapat memotong kaca.

Tahap 2 : Persiapan Bahan

1. Kaca Datar

Kaca datar yang diperlukan untuk aquarium biasanya yang ukurannya bisa disesuaikan tergantung kebutuhan.

2. Lem Silikon

Dipakai untuk merekatkan material kaca.

3. Silikon Gun

Dipakai untuk sebagai penembak lem silikon.

Tahap 3 : Membuat Aquarium dengan Lem Kaca

Setelah mempersiapkan peralatan dan bahan di atas, kamu hanya perlu mencoba cara lem kaca aquarium berikut ini :

1. Mengukur Kaca

Silahkan ukur lebar kaca dan panjang kaca yang ingin kamu potong tergantung kebutuhan. Aquarium mempunyai 5 sisi bagian kaca dan digabung menjadi satu kesatuan utuh. Kamu hanya perlu meletakkan kaca tepat di atas meja dengan permukaan yang rata di bagian atasnya lalu tandai garis pada kaca yang ingin dipotong memakai penggaris dan spidol.

2. Memotong Kaca

Jika kaca sudah ditandai, silahkan potong kaca memakai alat pemotong mengikuti garis yang sudah dibuat menggunakan spidol sebelumnya.

3. Tahap Penghalusan

Sebelum cara lem kaca aquarium, kamu masih harus melakukan penghalusan pada bagian tepi kaca yang tajam memakai gerinda yang kamu lepaskan dari bagian mesinnya. Supaya serpihan kaca tersebut tidak meluas, batu gerinda harus sering-sering dibasahi menggunakan air ketika proses penghalusan. Sehingga serpihan kaca yang basah tadi tidak menyebar kemanapun.

4. Merekatkan Kaca Sementara Waktu

Untuk menempatkan kelima sisi bagian kaca yang telah dipotong tadi, agar posisi pada kaca tetap dan tidak berubah, kamu bisa menempelkan isolasi lakban yang berukuran besar. Sebaiknya usahakan isolasi lakban berwarna cokelat supaya kamu bisa membedakan antara warna kaca dengan warna lakban. Tahapan ini dilakukan tepat sebelum cara lem kaca aquarium.

5. Proses Pengeleman

Jika kaca telah berada di tempatnya, maka kamu tinggal melanjutkan ke cara lem kaca aquarium. Kamu bisa menempelkan lem kaca atau lem silikon sealant GRH di tiap titik pertemuan kaca menggunakan kaca yang berada di bagian dalam dinding aquarium. Ketika pengeleman, sebaiknya lakukan serapi mungkin supaya tidak terdapat celah.

Cara lem kaca aquarium sebenarnya cukup mudah, kamu hanya perlu memasukkan 1 botol lem kaca atau silicone sealant ke dalam silicon gun. Kemudian cukup menembakkannya di bagian yang akan kamu rekatkan.

6. Tahap Pengeringan

Setelah melewati proses cara lem kaca aquarium, kamu hanya perlu membiarkan kaca aquarium yang sudah diberi lem hingga 24 jam supaya lem silikon dapat merekat kuat dan mengering.

7. Tahap Pengujian

Jika lem kaca tadi sudah mengering, kamu tinggal memasukkan air saja ke dalam aquarium. Apabila kamu menemukan rembesan air, langsung tambal memakai lem kaca aquarium.

Supaya aquarium terlihat lebih menarik, kamu tinggal membuat aquascape. Isi menggunakan kerikil, tumbuhan dan pasir. Biasanya kebanyakan ikan akan merasa cocok dengan pasir atau kerikil. Bahkan kamu juga bisa menemui kerikil yang beraneka macam warna dan tekstur di toko peralatan hewan peliharaan.

Untuk penggunaan lem kaca atau silicon sealant, kamu bisa membelinya dengan harga kisaran Rp. 20 ribu. Kamu tinggal membeli lem kaca di toko bahan bangunan atau toko kaca terdekat.

Membuat aquarium menggunakan lem kaca di atas sebenarnya sangat mudah, kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah di atas untuk merekatkan kaca aquarium agar tetap kuat. Silahkan percantik rumahmu dengan menghadirkan aquascape yang menarik melalui cara lem kaca aquarium di atas.