Cara Perpanjang Masa Aktif Indosat

Cara perpanjang masa aktif Indosat sangat penting agar kita bisa selalu menggunakan kartu Indosat setiap saat untuk berkomunikasi. Seperti kita ketahui, setiap provider, seperti halnya Indosat mempunyai masa aktif yang dapat membatasi layanan provider itu sendiri. Saat masa aktifnya habis, tentu saja pengguna tak akan dapat menggunakan fasilitas yang ditawarkan Indosat, seperti SMS, telepon, internet dan lainnya.

Walaupun harga kuota internet yang ditawarkannya lebih terjangkau dibandingkan kompetitornya, Indosat memiliki kekurangan yaitu masa aktif pada kartunya yang cukup singkat. Padahal masa aktif kartu inilah yang menjadi pertimbangan sebagian orang ketika memilih SIM Card.

Read More

Terlebih di zaman sekarang saat penggunaan Wifi sudah tersebar dimana-mana, sehingga secara otomatis membuat pemilik kartu jarang melakukan pengisian pulsa untuk mengaktifkan kuota internet. Sehingga membuat pengguna lupa bahwa masa aktif kartu SIM yang digunakannya sudah habis. Sehingga tak heran jika kartu telah melewati waktu masa tenggang, bahkan hangus.

Cara Perpanjang Masa Aktif Indosat

Cara Perpanjang Masa Aktif Indosat
Perpanjang Masa Aktif Indosat

Perpanjang Masa Aktif Indosat Mudah

Masa aktif kartu SIM adalah hal yang penting sekali untuk diperhatikan. Apabila masa aktif kartu habis, Kamu pun tak bisa lagi mengirimkan SMS, menelpon bahkan mengakses internet. Adapun penyebab habisnya masa berlaku kartu SIM ialah kartu tak bisa dipakai untuk transaksi.

Jika hal ini terjadi, Kamu bisa melakukan cara perpanjang masa aktif Indosat dengan mencoba beberapa metode di bawah ini :

1. Perpanjang masa Aktif Melalui Pembelian Pulsa

Cara perpanjang masa aktif Indosat pertama ialah dengan melakukan pembelian pulsa. Cara yang satu ini tentu saja sangat mudah dilakukan. Kamu hanya perlu pergi ke konter saja dan beli pulsa Indosat sesuai nominal yang diinginkan. Kamu juga dapat membeli pulsa di beberapa marketplace, diantaranya seperti Shopee dan Tokopedia.

Terkait:  Cara Transfer Pulsa Onnet Indosat

Tapi tentu saja, Kamu harus memiliki rekening untuk dapat mentransfer sejumlah uang ke e-commerce tersebut. Di samping itu, Kamu juga bisa melakukan pembelian pulsa di merchant seperti Indomaret dan Alfamaret.

Dengan banyaknya cara yang bisa dilakukan, tinggal pilih saja mana cara yang paling mudah dilakukan. Namun yang jelas, melalui pembelian pulsa ini, membuat masa aktif pada kartu Indosatmu menjadi bertambah.

Ada banyak pilihan nominal pulsa yang dapat diisi berikut lamanya perpanjangan masa aktif, berikut ini :

  • Dengan nominal pulsa Rp. 5 ribu, Kamu akan mendapatkan tambahan masa aktif selama 7 hari.
  • Untuk tarif Rp. 10 ribu, tambahan masa aktif yang didapat selama 15 hari.
  • Jika ingin perpanjangan masa aktif lebih lama sampai 30 hari misalnya, Kamu harus mengisi pulsa setidaknya Rp. 25 ribu.
  • Kamu juga bisa memilih masa aktif 45 hari dengan harga isi pulsa yang harus dibayar Rp. 50 ribu.
  • Begitupun seterusnya.

Sebagai catatan, untuk voucher pengisian ulang pulsa Indosat Ooredoo biasanya hanya berlaku bagi penguna kartu prabayar, yaitu Mentari Ooredoo dan IM3 Ooredoo. Adapun masa aktif kartu maksimal yang diisi memakai voucher Indosat Ooredoo sendiri ialah selama 90 hari.

2. Perpanjang Masa Aktif Indosat Melalui Transfer Pulsa

Cara perpanjang masa aktif Indosat kedua ialah dengan cara mentransfer pulsa ke siapa saja yang Kamu inginkan atau yang membutuhkan pulsa. Atau bisa juga Kamu meminta teman atau anggota keluargamu untuk mentransfer pulsa mereka, agar masa aktif kartu Indosatmu diperpanjang.

Layanan yang satu ini dapat dinikmati seluruh pengguna kartu Indosat sesuai dengan syarat serta ketentuan yang berlaku. Selain itu, berbeda dari Telkomsel yang tak memperpanjang masa aktif kartu Indosat saat transfer pulsa, provider Indosat sendiri justru menawarkan tambahan masa aktif jika Kamu mentransfer pulsa.

Terkait:  Cara Menambah Masa Aktif Indosat

Selain itu, perpanjangan masa aktifnya juga beragam, biasanya tergantung dari nominal pulsa Indosat yang ditransferkan. Ada 2 cara transer pulsa Indosat, diantaranya lewat SMS dan dial up. Berikut ulasannya :

Cara 1 : Transfer Pulsa Indosat Melalui SMS

Adapun langkah-langkah mengirim pulsa Indosat melalui SMS, ialah sebagai berikut :

  • Buka aplikasi perpesanan (SMS) di hpmu.
  • Lalu ketikkan format SMS berupa ketik : Transferpulsa (spasi) nomor penerima (spasi) jumlah pulsa yang akan dikirimkan.
  • Kirimkan pesan SMS ke nomor 151.

Jika Kamu sudah mengikuti cara di atas, Kamu biasanya akan menerima SMS balasan berupa konfirmasi dari sistem. Kamu bisa membalas pesan tersebut berdasarkan perintah yang diberikan.

Cara 2 : Transfer Pulsa Indosat Melalui Dial Up

Kamu juga bisa mentransfer pulsa Indosat melalui dial up, dengan cara berikut :

  • Silahkan ketikkan kode *123*151# kemudian lakukan panggilan.
  • Lalu ketikkan angka 1, dan tekan “send”.
  • Masukkan nomor yang akan dikirimi pulsa.
  • Tekan “Send”.
  • Kemudian masukkan jumlah pulsa yang akan ditransfer.
  • Tekan lagi “send”.
  • Silahkan tunggu pesan masuk berupa nomor token.
  • Balas pesan SMS sesuai perintah yang diberikan.
  • Selanjutnya akan muncul pemberitahuan bahwa transfer pulsa telah berhasil dilakukan.

3. Membeli Paket masa Aktif

Jika Kamu masih mempunyai sisa pulsa namun masa aktif Indosatmu mau habis, maka Kamu bisa mencoba cara perpanjang masa aktif ini. Kamu bisa memakai pulsa tersebut jika ingin melakukan pembelian masa aktif kartu untuk menikmati layanan Indosat.

Berikut ini beberapa pilihan paket masa aktif dan harganya :

  • Kamu bisa membeli masa aktif tambahan sebesar Rp. 2000 untuk tambahan masa aktif selama 3 hari. Caranya tinggal ketikkan SMS “aktif3” (tanpa tanda kutip) dan kirimkan ke 555.
  • Untuk menambah masa aktif 14 hari, Kamu harus membayar Rp. 5.000. Cara mengaktifkannya ialah ketik aktif 14 lalu kirimkan ke nomor 555.
  • Sementara jika Kamu ingin membeli tambahan masa aktif lebih lama, yakni 30 hari, Kamu bisa membayar Rp. 10 ribu. Carany tinggal ketik format “aktif30” (tanpa tanpa petik) kemudian kirimkan ke 555.
Terkait:  Cara Daftar Kartu Indosat

Kamu juga bisa membeli paket masa aktif lewat aplikasi MyIM3. Caranya tneut saja harus unduh dan instal MyIM3 apps terlebih dahulu di Apps Store maupun Google Play Store. Setelah itu, login ke aplikasi My IM3. Selanjutnya Kamu baru bisa mengakses layanan pembelian paket masa aktif di aplikasi.

4. Menukar Poin

Kamu juga bisa melakukan perpanjangan masa aktif kartu Indosat tanpa melakukan pengisian pulsa melalui tukar poin Indosat. Berikut langkah-langkahnya :

  • Pertama-tama silahkan buka aplikasi perpesanan lalu ketik SMS melalui format “POIN” kemudian kirimkan ke nomor 7887.
  • Lalu tunggul balasan berupa jumlah poin Indosat yang diperoleh.
  • Jika Kamu sudah mengetahui informasi terkait banyaknya poin senyum Indosatmu, Kamu bisa menukarkan poin tersebut dengan masa berlaku/aktif kartu.
  • Misalnya saja, Kamu memiliki 100 poin, apabila ditukarkan semuanya, maka masa aktif kartu yang diperoleh yaitu 7 hari dikalikan 4 menjadi 28 hari.
  • Silahkan buka kembali menu pesan. Ketikkan SMS melalui format ketik : MA (spasi) JUMLAHPOIN. Misalnya : MA 100 lalu kirimkan ke nomor 7887.

Nah, itulah 4 pilihan cara perpanjang masa aktif Indosat yang bisa Kamu coba untuk bisa menggunakan layanan Indosat, baik untuk berkomunikasi via SMS, telepon ataupun untuk browsing. Sebelum masa aktif habis, Kamu harus melakukan pengecekan masa aktif Indosat terlebih dahulu. Semoga bermanfaat!

Related posts