Cara Melacak Hp Hilang Lewat Whatsapp

  • Whatsapp

Setiap musibah tentu pastinya tidak diinginkna dan tentu saja tak bisa dihindari karena terjadi begitu saja. Begitupun saat Kamu harus kehilangan Hp kesayanganmu. Apalagi ponsel adalah benda paling berharga, karena setiap aktivitas keseharian kita selalu berhubungan dengan ponsel. Namun kini kamu bisa mencoba cara melacak hp hilang lewat WhatsApp sebagai alternatifnya. Mungkin banyak orang yang tidak mengetahui hal ini, sebab memang sangat jarang dipraktekkan.

Namun sebelum Kamu mempraktekkan caranya, wajib memenuhi persyaratan khusus pelacakan lewat WhatsApp. Persyaratan yang satu ini penting sekali jika salah satunya tak teprenuhi, sehingga proses pelacakan tak dapat dilakukan secara realtime.

Persyaratan Melacak Hp Melalui WhatsApp

Sebelum kita membahas cara melacak hp hilang lewat WhatsApp, ada beberapa persyaratan yang harus Kamu penuhi terlebih dahulu. Berikut ini :

1. Hp Harus Dalam Kondisi Aktif

Persyaratan utama ialah hp masih dalam kondisi aktif. Tujuannya agar ponsel atau paket data masih terkoneksi internet agar lokasi keberadaan Hp bisa diketahui. Apabila Hp dalam kondisi mati, biasanya proses pelacakan hp yang hilang berdasarkan pada posisi terakhir Hp tersebut.

Jadi sebelum hp Kamu hilang, untuk berjaga-jaga pastikan Kamu selalu mengunci ponsel memakai fingerprint, pola atau sejenisnya. Sehingga Hp tidak dapat dibuka sementara waktu. Selama rentang waktu tersebut itulah Kamu dapat melakukan proses pelacakan.

Terkait:  Cara Melacak GPS Mobil

2. Terkoneksi Jaringan Internet

Syarat lainnya ialah hp yang hilang harus terhubung jaringan internet. jadi Kmau harus ingat-ingat dulu apakah hp yang belum lama hilang masih mempunyai kuota data ataukah tidak, supaya bisa terhubung ke jaringan internet.

Jika tidak terkoneksi pada jaringan internet, sayangnya hpmu tidak dapat dilacak keberadaannya secara realtime. Lokasi yang ditunjukkan saat dilacak biasanya posisi hp terakhir sebelum hp yang hilang tidak terkoneksi ke jaringan internet kembali.

3. Pastikan GPS dalam Keadaan Aktif

Kamu juga harus memastikan fitur GPS pada ponsel masih dalam kondisi aktif. Dimana GPS di Hp biasanya dipakai sebagai sinyal untuk mengindikasikan lokasi keberadaan hp ada dimana. Jika GPS masih aktif, tentunya akan lebih gampang melakukan pelacakan.

Biasanya GPS akan diperbarui selama rentang waktu yang ditentukan saat hp berpindah tempat. Akan tetapi, apabila GPS hp tidak aktif, proses pelacakan lebih sulit sebab Kamu hanya bisa mengandalkan jaringan internet.

Cara Melacak Hp Hilang Lewat WhatsApp

Cara Melacak Hp Hilang Lewat WhatsApp
Tutorial Melacak Hp Hilang Lewat WhatsApp

Tutorial Melacak Handphone Hilang via WhatsApp

Ada beberapa tahapan cara melacak hp hilang lewat WhatsApp yang bisa Kamu coba berikut ini :

1. Tahapan Berbagi Lokasi WA

Langkah pertama yang bisa dilakukan ialah berbagi lokasi WA, untuk melakukan tahapan ini berikut panduannya :

  • Silahkan buka WhatsApp terlebih dulu, lalu pastikan Kamu sudah mengunduh versi terbarunya.
  • Kamu tinggal mencari kontak yang digunakan untuk melacak hpmu. Misalnya saja, dengan kontak anggota keluarga atau teman.
  • Selanjutnya masuk dalam obrolan bersama kontak tersebut, lalu tekan ikon attach atau lampiran di samping kanan bawah.
  • Setelah itu, akan muncul tampilan pop up yang menunjukkan beberapa pilihan.
  • Tinggal tekan opsi lokasi.
  • jika sudah, Kamu akan langsung diarahkan menuju halaman baru.
  • Apabila sudah muncul pemberitahuan GPS tidak aktif, tekan OK lalu aktifkan GPS-mu terlebih dulu.
  • Selanjutnya halaman yang belum terbuka sebelumnya akan refresh secara otomatis.
  • Pada menu “Kirim Lokasi”, Kamu bisa melihat beberapa pilihan untuk berbagi lokasi. Kamu bisa memakai opsi “Berbagi lokasi terkini” apabila ingin membagikan keberadaanmu saat ini. Selain itu opsi “Memilih Lokasi Manual” saat ingin membagikan keberadaan di lokasi yang tak jauh dari tempat saat ini berada.
  • Jika Kamu ingin memilih opsi Lokasi Manual, tekan full screen pada bagian ujung kiri atas di halaman peta.
  • Silahkan pilih salah satunya saja yang paling mudah, misalnya saja Kamu bisa mengklik “Berbagi Lokasi Terkini”.
  • Setelah itu, akan muncul opsi Persetujuan, silahkan ketuk “Lanjut”.
  • Selanjutnya tentukan durasi lamanya waktu untuk berbagi lokasi, misalnya saja bisa selama 15 menit bahkan 8 jam lamanya.
  • Kamu bisa memilih salah satunya saja, misal 8 jam lalu isikan deskripsi untuk berbagi lokasi tergantung keinginan, tekan opsi “Kirim”.
  • Selamat, kini kamu telah berhasil melakukan pilihan berbagi lokasi bersama anggota keluarga atau teman.
Terkait:  Cara Melacak Mobil

2. Melakukan Pelacakan Dengan Kontak yang Sudah Dibagikan Lokasi Sebelumnya

Cara ini memang mengharuskanmu untuk berjaga-jaga agar Kamu tetap bisa mengakses dan memberitahukan posisimu saat ini kepada teman atau keluarga. Selanjutnya setelah berbagi lokasi bersama kontak yang Kamu pilih tadi, baru bisa melakukan cara melacak hp hilang lewat WhatsApp dengan cara berikut :

  • Silahkan masuk ke pilihan obrolan pada kontak pilihan yang membagikan keberadaan atau lokasi tadi.
  • Selanjutnya aktifkan GPS terlebih dahulu.
  • Silahkan lacak hp yang hilang melalui WhatsApp dengan menekan peta lokasi keberadaan hpmu yang sudah dibagikan. Selanjutnya Kamu akan langsung diarahkan menuju Google Maps. Bisa juga dengan membuka peta via WhatsApp.
  • Nah, dari sini Kamu akan melihat informasi lokasi keberadaan ponselmu yang hilang secara realtime.

Itulah langkah-langkah cara melacak hp hilang lewat WhatsApp yang bisa Kamu coba.

Tentang Fitur Lokasi Terkini di WhatsApp

Lokasi Terkini yang tersedia pada aplikasi WhatsApp sendiri memungkinkan Kmau membagikan lokasi dengan cara realtime sesuai periode waktu yang ditentukan. Baik itu dibagikan ke teman chat atau keluarga.

Sebenarnya membagikan lokasi keberadaan Kamu kepada teman atau orang lain ialah pilihan sendiri. Apakah Kamu ingin membagikan lokasi atau tidak. Jika Kamu membagikannya, Kamu bisa menunggu sampai durasi share lokasi langsung berhenti atau berakhir membagikan lokasi saat tidak dibutuhkan kembali.

Keamanan Fitur Lokasi Terkini WhatsApp

Sebenarnya fitur Lokasi Terkini pada WhatsApp memang aman. Karena WhatsApp sendiri memang tidak sembarangan dengan fitur ini dan dari sisi keamanan sendiri sudah tersedia dalam WhatsApp.

Selain itu, aplikasi WhatsApp juga memakai sistem enkripsi end to end, ini artinya tidak seorangpun bisa melihat lokasi saat ini kecuali teman chat atau orang yang Kamu bagikan lokasi saat ini dari Kamu.

Terkait:  Cara Melacak GPS Mobil

Apakah Lokasi Akan Tetap Dibagikan Saat Kamu Tidak Memakai Aplikasi WhatsApp?

Ya, ketika Kamu membagikan lokasi terkini ke orang lain, yang terjadi ialah orang yang mempunyai lokasi kita bisa mengetahui keberadaan kita dengan cara realtime. Karena lokasi terkini akan dibagikan berdasarkan batasan waktu tertentu, tapi kita dapat menghentikan proses share lokasi terkini sesuai keinginan.

Lalu, Bisakah Membagikan Lokasi Terkini Lebih Dari 8 Jam?

Sayangnya durasi lamanya waktu berbagi lokasi terkini hanya bisa kurang dari atau sama dengan 8 jam. Mungkin saja di masa yang akan datang, waktu untuk pembagian lokasi WA bisa lebih fleksibel dilakukan.

Jadi dengan cara melacak hp hilang lewat WhatsApp di atas, Kamu bisa melacak keberadaan hpmu saat berbagi lokasi kepada teman chat sebelumnya. Jika tidak, maka cara di atas tidak bisa bekerja.

 

Related posts