Cara Pasang Relay Klakson Mobil

Cara Pasang Relay Klakson

Bagaimana cara pasang relay klakson mobil? Klakson termasuk fitur terpenting bagi kendaraan, terutama mobil. Karena salah satu kegunaan klakson ialah untuk keamanan saat berkendara. Selain itu, klakson merupakan tanda yang bisa dipakai pengemudi untuk pengendara lain, entah itu sebagai tanda bertegur sapa atau bahaya.

Mobil pada dasarnya telah disematkan klakson bawaan dengan tipe standar, tapi beberapa pengguna atau pemilik mobil merasa tidak puas oleh suara klakson tersebut. Bahkan beberapa pemilik kendaraan roda mepat umumnya menginginkan suara lebih nyaring dibandingkan klakson standar dari pabrikan mobil.

Adapun cara yang kerap dilakukan agar suara klakson kendaraan lebih nyaring ialah dengan memasangkan relay ke dalam rangkaian klakson berupa aftermarket. Adapun penambahan relay ke dalam rangkaian klakson sendiri, menyebabkan arus litrik lebih pendek sehingga tidak perlu melalui saklar utama. Tak hanya membuat suaranya lebih nyaring saja, arus pada aki mobil pun tak akan berkurang, sebab akan masuk langsung ke dalam horn.

Tentang Klakson

Klakson bisa dikatakan sebagai suatu komponen yang dapat menghasilkan suara saat ada trigger berbentuk energi angin atau energi listrik. Klakson itu sendiri, terdiri atas 2 jenis yakni air horn dan electric horn. Untuk electric horn sendiri yaitu komponen klakson akan menghasilkan suara saat dialiri oleh arus listrik. Prinsip kerja jenis ini yaitu baja spiral yang akan bergerak akibat gaya elektromagnet.

Ketika baja spiral bergerak pada titik maksimum, maka arus akan menghilang serta baja spiral kembali lagi ke posisi awal dan kembali bergerak serta seketika arus pun dihubungkan. Gerakan inilah yang nantinya menimbulkan osilasi dan menghasilkan suara khas.

Sementara air horn dapat bekerja jika memperoleh energi berbentuk tekanan angin. Sebenarnya cara kerjanya sendiri sama seperti terompet, yang mana udara akan mengalir lewat pita suara, karenanya dapat menghasilkan bunyi. Adapun ciri utama air horn ialah Kamu dapat mengatur bunyi dengan cara pengaturan panjang pada selubung terompet.

Fungsi Relay Pada Klakson Mobil

Sebelum kita membahas cara pasang relay klakson mobil, Kamu harus tahu dulu fungsi relay pada klakson mobil itu sendiri. Komponen elektronik berbentuk relay berguna untuk dijadikan sakelar penghubung serta pemutus beban dengan arus besar. Ketika memakai relay, kabel sakelar pastinya tidak harus berukuran besar, karena kabel yang berukuran kecil sekalipun sudah cukup.

Jika Kamu ingin melakukan pemasangan relay klakson mobil, saat ini ada banyak jenis yang bisa Kamu pilih di pasaran. Akan tetapi, Kamu juga perlu berhati-hati apabila memilih relay, karena saat ini ada banyak relay palsu.

Mendapatkan relay yang ada di pasaran sendiri cukup mudah, Kamu dapat membelinya di toko elektronik atau bengkel motor terdekat. Selain itu, Kamu juga dapat memesannya secara online melalui marketplace. Namun yang harus diperhatikan ialah teknik pemasangan relay klakson mobil dengan benar.

Bahkan di Indonesia sendiri ada banyak pilihan merk relay yang ada, seperti FIamm, Hella, PIAA, Bosch, Fer, hingga Hadley. Kamu pun bisa memilih brand sesuai budget dan kebutuhanmu.

Setiap merek yang ada di pasaran sebenarnya mempunyai kualitas cukup baik. Hanya saja kebanyakan orang memilih memakai relay dari merek Hella atau Bosch yang terkenal sebagai produk klakson berkualitas. Melalui relay ini, Kamu dapat mengatasi klakson mobil bawaan yang seringkali suaranya tidak terdengar atau kecil.

Lalu, bagaimana cara pasang relay klakson mobil yang benar? Sebelum memasuki langkah-langkahnya, sebaiknya persiapkan terlebih dahulu komponen yang diperlukan untuk memasang rangkaian relay klakson.

Persiapkan Komponen Untuk Merakit Relay Klakson

Pastikan dulu semua komponen yang diperlukan telah tersedia saat Kamu ingin melakukan pemasangan relay klakson mobil. Lebih mudahnya, Kamu harus mempersiapkan socket relay, pilih merk apa saja yang ada di pasaran.

Di samping itu, Kamu juga perlu menyediakan konektor berupa relay, seperti merk Bosch yang memiliki dudukan kaki 5 dan kaki 4. Sementara komponen yang harus Kamu persiapkan lainnya ialah terminal konektor dan fuse box yang telah menyesuaikan beban arus mobilmu.

Selain itu, jangan lupa menyediakan kabel dengan serabut tebal pada diameter 5 mm dengan ring terminal berukuran 10 mm. Singkatnya, ada beberapa komponen yang Kamu perlukan diantaranya :

  • Socket relay merk Bosch, Kamu juga bisa memakai merek lain.
  • Relay Bosch berjumlah 5 kaki berjenis 0 332 019 453, atau yang lainnya.
  • Terminal konektor relay dari Bosch.
  • Ring terminal berukuran 10 mm.
  • Kabel berserabut tebal dengan diameter berukuran 5 mm.
  • Terminal konektor dan fuse box menyesuaikan beban arus mobilmu.

Cara Pasang Relay Klakson Mobil

Cara Pasang Relay Klakson Mobil
Pasang Relay Klakson Mobil

Panduan Memasang Relay Klakson Mobil dan Motor

Sebeum mulai cara pasang relay klakson mobil, ada hal-hal yang harus diperhatikan. Pada dasarnya Kamu harus tahu bahwa sistem kelistrikan pada relay melewati tegangan negatif dan positif. Pada kabel positif sendiri sama-sama telah dilengkapi oleh 2 buah kabel, dengan 1 kabel ke baigan saklar kontrol, sedangkan yang satunya ke ground atau body mobil.

Sementara sistem kelistrikan pada relay sendiri biasanya mengandalkan tegangan negatif atau positif. Tapi sistem normalnya menggunakan 2 kabel, sedangkan tegangan positif memakai satu kabel menuju saklar kontrol sementara yang satunya menuju ground atau bodi mobil/motor.

Untuk lebih jelasnya mengenai sistem negatif positif pada relay, Kamu bisa menyimak panduan cara pasang relay klakson mobil berikut :

1. Pada Sistem Negatif

Adapun cara pasang relay klakson mobil pada sistem negatif, Kamu harus memperhatikan beberapa hal berikut :

  • Perhatikan kaki pada relay bernomor 30 ke positif ACCU, asalkan kabel harus berukuran tebal dan dari ACCU langsung.
  • Lalu kaki relay bernomor 87 disambungkan ke positif klakson memakai kabel yang berukuran sedang atau tebal.
  • Sementara pada kaki relay nomor 85 menuju salah satu pada kabel klakson A.
  • Sedangkan kaki kabel bernomor 86 menuju salah satu pada kabel klakson B. Pada pemasangan kaki 85 serta 86 bisa dipilih polaritasnya yang mana dulu.

Sebagai catatan, sebenarnya ada pula perbedaan lokasi pada kaki relay untuk beberapa merek relay yang ada. Maka dari itu, sebaiknya Kamu memastikan dahulu nomor kaki relay sebelum dipasang.

2. Pada Sistem Positif

Pemasangan pada sistem positif sendiri, bisa mengikuti beberapa langkah berikut :

  • Pada pemasangan sistem positif, Kamu bisa memulainya dari bagian kaki relay yang bernomor 30 ke positif ACCU. Hanya saja persyaratannya sama dengan sebelumnya, yaitu kabel harus berukuran tebal serta langsung ke ACCU.
  • Lalu kaki relay bernomor 87 ke positif klakson dengan kabel yang digunakan bisa berukuran sedang atau tebal.
  • Pada kaki relay bernomor 85 disambungkan ke salah satu unit kabel klakson A.
  • Sementara bagian akhirnya, pada kaki relay yang bernomor 86 dihubungkan ke dalam salah satu bagian kabel klakson B.

Ya, itulah langkah-langkah cara pasang relay klakson mobil atau motor yang bisa Kamu ikuti. Karena pada dasarnya memasang relay klakson baik pada motor ataupun mobil sama saja. Jadi, jika Kamu sudah tahu tentang skema posisi pada kaki relay, pemasangan semua rangkaian pun menjadi mudah dilakukan.

Related posts