Cara Aktifkan GPS di iPhone

Penggunaan GPS di perangkat seluler sudah sangat meluas. Bahkan saat ini, nyaris semua aplikasi ponsel iPhone membutuhkan jaringan GPS aktif. Untuk itu penting sekali mengetahui bagaimana cara aktifkan GPS di iPhone.

iPhone memang memiliki ketentuan dan cara tersendiri untuk mengaktifkan GPS. Sedikit berbeda dengan jenis ponsel lain, jaringan GPS untuk iPhone bisa diatur sesuai aplikasi. Pengguna bisa mengaktifkan atau menonaktifkan GPS di satu aplikasi tertentu saja. Ini berbeda dengan cara aktifkan GPS di Oppo.

Meski sebenarnya sangat mudah, saat ini justru masih banyak pengguna yang kebingungan saat harus aktifkan GPS di iPhone. Terutama mereka yang lebih familiar dengan pengaturan di ponsel Android, yang jauh lebih umum digunakan.

Untuk itu di bawah ini kami memberikan ulasan bagaimana cara aktifkan GPS di iPhone. Selain itu juga solusi GPS kurang akurat, serta permasalahan lain yang paling kerap dialami pengguna.

Cara Aktifkan GPS di iPhone

Cara Aktifkan GPS di iPhone
Cara Aktifkan GPS di iPhone dan Solusi Permasalahan GPS

Cara nyalakan GPS di iPhone sebenarnya sangat mudah. Pada dasarnya, GPS diperlukan untuk menentukan titik lokasi pengguna. Sehingga dengan mengaktifkan GPS, aplikasi dapat melakukan navigasi lokasi.

Beberapa aplikasi memang membutuhkan GPS sebagai dukungan fitur. Sedangkan di sisi lain, mungkin banyak pengguna yang merasa keamanan privasi terancam bila harus mengizinkan aplikasi tertentu menavigasi lokasi mereka melalui GPS.

Untungnya di iPhone terdapat fitur dimana pengguna dapat mengaktifkan GPS untuk aplikasi tertentu saja. Seperti untuk aplikasi Google Map, maupun ojek online contohnya Gojek dan lain-lain. Sedangkan untuk aplikasi lain yang kiranya tidak membutuhkan navigasi lokasi, fitur GPS bisa dinonaktifkan.

Lebih lengkapnya, berikut ini merupakan cara aktifkan GPS iPhone.

1. Cara Aktifkan Layanan Lokasi GPS iPhone

Langkah pertama untuk mengaktifkan GPS di iPhone merupakan dengan cara mengizinkan akses ke layanan aplikasi. Langkah demi langkahnya di bawah ini.

1. Buka menu Pengaturan atau Setting
2. Kemudian buka pada menu Privasi
3. Pada bagian paling atas menu akan ada pilihan untuk Layanan Lokasi, geser untuk mengaktifkan
4. Bila sudah aktif, akan terlihat kolom berwarna hijau. Ini berarti GPS sudah aktif

2. Cara Aktifkan GPS iPhone Aplikasi Tertentu

Seperti dijelaskan di atas, pengguna bisa mengaktifkan atau menonaktifkan GPS untuk aplikasi tertentu. Caranya juga tidak kalah mudah. Berikut ini langkah-langkahnya.

1. Pastikan GPS sudah aktif dengan melihat bagian menu Privasi > Layanan Lokasi
2. Gulir layar ke arah bawah untuk melihat deretan aplikasi yang ada di ponsel
3. Pilih aplikasi yang akan diaktifkan atau dinonaktifkan penggunaan GPS
4. Setelah menu aplikasi tersebut terbuka, akan ada 4 pilihan berbeda untuk mengakses GPS:

  • Jangan Pernah: meskipun GPS pada ponsel aktif, aplikasi tidak diizinkan untuk mengakses informasi dari Layanan Lokasi.
  • Minta Lain Kali: pengguna dapat menentukan akses ke jaringan GPS nanti. Ketika aplikasi terbuka dan membutuhkan jaringan GPS, bisa memilih antara Izinkan Sekali, Jangan Izinkan, atau Selalu Saat Menggunakan App.
  • Saat Menggunakan App: aplikasi hanya dapat menavigasi dan mengakses informasi GPS saat terbuka atau fiturnya nampak di layar.
  • Selalu: aplikasi dapat mengakses GPS secara terus menerus. Bahkan saat aplikasi tidak digunakan, navigasi GPS akan berlangsung di latar belakang.

5. Tentukan pengaturan akses GPS untuk masing-masing aplikasi sesuai kebutuhan

Kemudahan untuk mengatur akses GPS sesuai aplikasi memang sangat menguntungkan. Tidak perlu khawatir lagi sebuah aplikasi mengakses informasi GPS tanpa izin pengguna.

3. Cara Nonaktifkan GPS di iPhone

Cara mematikan GPS di iPhone sama seperti untuk mengaktifkan. Pengguna bisa menonaktifkan GPS secara keseluruhan melalui Setting > Privasi > Layanan Lokasi. Maupun hanya menonaktifkan GPS di beberapa atau salah satu aplikasi saja.

Pengguna juga bisa memilih sebuah aplikasi untuk selalu aktif dan dapat mengakses GPS walau Layanan Lokasi dalam keadaan nonaktif.

Caranya akses Setting > Privasi > Layanan Lokasi kemudian pilih aplikasi yang diinginkan dan ketuk pada Selalu. Aplikasi tersebut lantas akan bisa terus mengakses GPS di latar belakang meski pada pengaturan Layanan Lokasi sudah non aktif.

Solusi Permasalahan GPS di iPhone

1. Cara GPS di iPhone Akurat

GPS menggunakan sinyal satelit bersama jaringan Wi-Fi atau seluler. Kerap kali titik lokasi GPS kurang akurat.

Untuk beberapa aplikasi, seperti Map dan Gojek, GPS yang kurang akurat ini tentu akan merepotkan. Untuk memastikan GPS di iPhone akurat, lakukan langkah-langkah di bawah ini:

1. Buka Pengaturan atau Setting
2. Kemudian ketuk untuk membuka menu Privasi
3. Pastikan GPS sudah aktif dengan menggeser di Layanan Lokasi
4. Gulir layar ke bawah untuk memilih aplikasi yang membutuhkan lokasi akurat, ketuk untuk membuka aplikasi tersebut
5. Setelah itu pilih menu Lokasi Tepat

Menu Lokasi Tepat memang ditujukan guna memastikan titik GPS benar-benar akurat. Sayangnya menu ini hanya ada di pembaruan sistem operasi iOS 14 saja.

2. Solusi GPS iPhone Lokasi Salah

Bukan hanya tidak akurat, permasalahan lain dari navigasi GPS juga lokasi yang salah. GPS di telepon seluler sebenarnya merupakan penangkap sinyal satelit. Jadi bukan tidak mungkin menunjukan lokasi yang tidak tepat.

Bila ini terjadi, bisa dengan menonaktifkan dan mengaktifkan kembali akses GPS di aplikasi. Ikuti cara aktifkan GPS di iPhone yang diberikan di atas. Selain itu juga bisa menentukan titik lokasi GPS secara manual bila digunakan untuk peta atau aplikasi ojek online.

3. Solusi GPS iPhone Tidak Terdeteksi

GPS di iPhone juga bisa mengalami masalah lain dengan tidak terdeteksi. Jika mengalami permasalahan ini, coba beberapa cara di bawah ini sebagai solusi:

1. Periksa jaringan internet yang digunakan. Ketika sinyal internet lemah, GPS sering kali tidak dapat mendeteksi lokasi.
2. Pastikan aplikasi sudah mendapatkan akses untuk menggunakan GPS.
3. Bila perlu gunakan Wi-Fi untuk mencoba menangkap sinyal GPS.
4. Periksa juga tanggal dan waktu. Caranya dengan Setting > General > Tanggal & Waktu kemudian pilih menu Atur Secara Otomatis. Waktu yang tidak sesuai akan berpengaruh pada kerja fitur GPS.
5. Jika GPS masih belum terdeteksi, coba lakukan pengaturan ulang jaringan. Caranya melalui Setting > General > Reset kemudian pilih menu Atur Ulang Jaringan.
6. Restart ponsel iPhone, kemudian coba kembali untuk aktifkan GPS.
7. Update sistem operasi

Cara-cara di atas bisa dicoba untuk menemukan solusi bila GPS iPhone tidak terdeteksi. Jika semua cara sudah dicoba dan iPhone masih belum dapat mendeteksi GPS, kemungkinan ada kerusakan pada perangkat. Sebaiknya bawa iPhone ke service center resmi Apple agar bisa diperiksa dan diperbaiki lebih lanjut.

Untuk cara aktifkan GPS di iPhone memang sebenarnya sangat mudah. Pengguna juga memiliki kendali penuh untuk aplikasi yang bisa mengakses data informasi lokasi dari GPS. Sehingga keamanan benar-benar terjamin. Solusi permasalahan GPS di iPhone juga tidak begitu banyak. Walau sering kali GPS kurang akurat atau tidak terdeteksi. Namun solusi di atas seharusnya bisa mengatasi.

Semoga informasi di atas berguna dan membantu ya!

 

Aluna N. Nayaka
fulltime dreamer, parttime writer | write something that gonna worth while