Cara Merawat Rambut Panjang Pria

Biasanya kaum pria identik memiliki rambut pendek atau plontos, tapi ternyata memiliki rambut panjang juga tak kalah seksi. Asalkan Kamu harus tahu cara merawat rambut panjang pria dengan benar. Pria yang berambut gondrong atau panjang juga dianggap tampil lebih keren, dan Kamu bisa menampilkan lebih banyak style sesuai kebutuhan.

Cara merawat rambut panjang pria memang lebih kompleks dibandingkan rambut pendek pria. Namun bukan berarti perawatannya sangat sulit. Karena Kamu hanya perlu melakukan beberapa hal di bawah ini agar rambut panjangmu tetap terlihat keren dan rapi.

Cara Merawat Rambut Panjang Pria

Cara Merawat Rambut Panjang Pria
Merawat Rambut Panjang Pria Mudah

Panduan Perawatan Rambut Panjang Pria

Untuk merawat rambut panjang memang tak bisa dilakukan sembarangan. Jika salah merawat rambut panjang pria, justru bisa membuat rambutmu sulit dirapikan atau dibenahi bahkan rusak. Dampaknya penampilan Kamu pun akan terganggu. Jika Kamu penasaran, berikut beberapa tahapan cara merawat rambut panjang pria dengan mudah agar lebih rapi :

1. Lakukan Keramas dengan Benar

Banyak pria yang menganggap hal ini sepele, padahal berkeramas dengan metode yang benar dapat membuat rambut panjangmu lebih tertata. Keramas tentu saja bukan hanya sekedar untuk membilas rambut, melainkan ada cara tepat yang bisa Kamu tiru. Yaitu, Kamu bisa memakai air hangat saat membasahi rambut panjangmu.

Tujuannya, agar pori-pori pada kuit kepalamu terbuka, selanjutnya baru Kamu bisa menerapkan shampo sesuai kebutuhan rambutmu. Saat pori-pori kulit kepala terbuka serta shampo telah digunakan, selanjutnya pijat kepala hingga beberapa menit supaya nutrisi yang terdapat pada shampo dapat terserap kulit kepala.

Terkait:  Cara Merawat Keladi

Sesudah itu, Kamu tinggal membilasnya menggunakan air dingin. Hal ini mungkin membuatmu merasa kurang nyaman, namun hal tersebut berguna agar pori-pori kulit tertutup kembali sesudah nutrisi pada shampo masuk ke dalam pori-pori kulit kepala. Kamu bisa menerapkan cara ini agar rambutmu lebih sehat dan lembut.

2. Hindari Menggosok Rambut yang Basah Memakai Handuk

Supaya rambutmu tidak rusak, sebaiknya jangan pernah menggosok rambut basah dan masih berair menggunakan handuk. Namun sebaliknya, Kamu bisa mengibas-ngibaskannya terlebih dahulu hingga butiran air pada rambut yang menempel bisa jatuh seluruhnya.

Sesudah itu, Kamu baru bisa mengosok rambut perlahan memakai handuk. Namun alangkah baiknya jika Kamu tidak menggosok rambut melainkan dengan cara menekan rambut basah tersebut ke handuk.

Kebiasaan menggosok rambut panjang yang basah serta kusut memakai handuk biasanya akan mengakibatkan kerusakan, seperti kerusakan lapisan luar pada rambut atau kutikula. Sebab rambut akan langsung bergesekan dnegan handuk yang kasar.

3. Hindari Mengikat Rambut Terlalu Kencang

Cara merawat rambut panjang pria selanjutnya ialah sebaiknya jangan mengikat rambut kencang-kencang. Apabila Kamu mengikatnya dengan sangat kencang, bisa saja membuatmu terkena kondisi traction alopecia. Kondisi ini ialah sebuah kondisi penyebab kerontokan rambut akibat kerusakan akar rambut.

Bahkan parahnya, jika Kamu terbiasa mengikat rambut kencang-kencang bisa memicu terjadinya kerusakan pada folikel rambut. Alhasil rambutmu tak akan bisa tumbuh kembali serta berpotensi untuk mengalami kebotakan.

4. Potong Rambut Berkala

Walaupun rambutmu panjang, tentu saja bukan berarti Kamu harus membiarkan rambut panjangmu terus menerus. Sebaiknya tetap melakukan pemotongan rambut tiap tiga bulan sekali dalam cara merawat rambut panjang pria supaya tetap sehat. Di samping membuat tampilan terlihat lebih rapi, cara ini juga bisa merangsang pertumbuhan rambut. Tak hanya itu saja, bagian ujung rambut keringmu juga bisa dihilangkan.

Terkait:  Cara Merawat Kolam Renang

5. Pemberian Nutrisi dengan Tepat

Minuman dan makanan yang dikonsumsi pun biasanya akan berdampak terhadap kesehatan rambut. Oleh karena itu, Kamu harus tetap memperhatikan asupan nutrisi pada makananmu dalam cara merawat rambut panjang pria yang tepat. Pastikan makanan yang Kamu konsumsi mengandung vitamin B,zinc dan asam lemak omega 3 sebagai nutrisi yang baik bagi kesehatan rambut. Tak hanya itu, Kamu juga harus mencukupi kebutuhan air putih dalam tubuh serta menambahkan konsumsi kacang-kacangan supaya rambut panjangmu lebih sehat.

6. Membatasi Pemakaian Alat Pengering Rambut

Mungkin Kamu berpikir memakai alat pengering rambut atau hair dryer. Sebaiknya lakukan secara hati-hati sebab alat-alat penata rambut ini dapat menghasilkan temperatur udara yang panas dari aliran listrik. Di samping itu, alat pengering rambut panas ini bisa meningkatkan resiko terjadinya kerusakan rambut. Sebagai solusinya ialah Kamu harus membatasi pemakaian alat tersebut. Hindari memakai hair dryer, pengering atau bahkan catokan rambut terlalu sering.

7. Pakai Produk Perawatan Rambut

Kamu juga bisa memakai produk-produk perawatan rambut untuk menyehatkan rambutmu, baik itu seperti conditioner atau vitamin. Dimana produk-produk tersebut memang diproduksi untuk menyehatkan rambut, dengan begitu produk ini dipenuhi nutrisi dan vitamin yang diperlukan rambut.

8. Membatasi Pemakaian Bahan Kimia

Jika Kamu ingin membuat rambutmu lebih sehat dan tertata, sebaiknya hindari atau batasi pemakaian bahan kimia. Ini sangat penting, karena menggunakan bahan kimia ke dalam cara merawat rambut panjang pria justru bisa memperburuk kesehatan rambutmu. Karena biasanya bahan-bahan kimia seperti pada pewarna rambut misalnya, dapat membuat rambutmu bercabang, kering dan rusak.

9. Rutin Melakukan Creambath

Cara merawat rambut panjang pria selanjutnya ialah Kamu harus rutin melakukan creambath. Tak hanya membuat rambut lebih rileks dan sejuk, creambath juga merupakan salah satu pilihan perawatan rambut terbaik. Ini juga sama seperti conditioner atau hair vitamin, perawatan dengan creambath rambut akan dipenuhi nutrisi dan vitamin yang diperlukan rambut. Sehingga wajar jika Kamu perlu melakukan metode perawatan rambut yang satu ini.

Terkait:  Cara Merawat Kaktus Koboi

Nah, itulah beberapa langkah cara merawat rambut panjang pria yang bisa Kamu coba ikuti. Selain itu, untuk merapikan rambut panjangmu agar terlihat keren, Kamu harus menata rambutmu dengan baik.

Tips Menata Rambut Panjang Pria

Berikut di bawah ini, ada beberapa tips menata rambut panjang pria yang bisa dicoba. Diantaranya :

1. Rambut Panjang Bergelombang

Jika Kamu pemilik rambut keriting atau panjang bergelombang, ketika rambutmu masih basah bisa usapkan gel ke seluruh bagian rambut dan diamkan sampai mengering. Rambut panjang bergelombang atau keritingmu akan berubah sangat bagus dan sempurna. Tak perlu khawatir rambutmu mengembang sebab model rambut jenis ini sangat cocok untuk semua bentuk wajah.

2. Distinguished Look

Tidak hanya cewek yang dapat menata rambut sedemikian rupa sesuai belahan rambut. Pria juga tetap bisa terlihat keren menggunakan tatanan rambut yang seperti ini. Kamu bisa mengaplikasikan pomade ke dalam rambut basah, dan biarkan kering secara alami. Selain itu, sisir rambut agar semakin terlihat rapi serta biarkan rambutmu terlihat bervolume supaya tidak lepek.

3. Man Tail Look

Jika Kamu risih mengingat rambut panjangmu yang menutupi mata dan wajah ketika beraktivitas, kini tak perlu khawatir lagi. Karena Kamu dapat menata rambutmu ini dengan mengikatnya agar terlihat lebih seksi dan rapi. Kamu bisa mengikat rambutmu dengan ikatan ekor kuda. Namun sebelum mengikatnya, pastikan basahi dulu tekstur rambut menggunakan gel mulai dari pangkal sampai ujung rambut. Kemudian rapikan rambutmu dengan cara diikat dan disisir rapi ke bagian belakang.

Dengan cara merawat rambut panjang pria dan cara menatanya dengan baik di atas, Kamu tentu tak perlu khawatir lagi memiliki rambut gondrong. Gimana, sangat mudah kan merawat rambut gondrongmu?

Related posts