Cara Merawat Kamera DLSR

Cara Merawat Kamera DSLR

Jika Kamu mempunyai kamera DLSR, tentu saja harus tahu cara merawat kamera DLSR itu sendiri. Hal ini dikarenakan, kamera ini ppun perlu perawatan yang baik supaya lensanya tetap bersih dari kotoran dan debu. Di samping itu, dengan merawat kamera DLSR dengan baik tentunya membuat kamera tetap awet. Dengan demikian, bisa memperpanjang usia penggunaan kamera itu sendiri.

Kamera DSLR memang dikenal handal sekali karena dapat bekerja di suhu dan lingkungan ekstrem. Akan tetapi, perawatan yang teratur bisa membantunya dapat bekerja dengan lebih andal dan lebih lama penggunaannya. Mulai dari membersihkan kamera dari kotoran atau debu, menjaga kelembaban sampai memakai aksesori yang berkualitas. Nah, untuk lebih jelasnya Kamu bisa cek cara merawat kamera DSLR berikut ini!

Cara Merawat Kamera DSLR

Cara Merawat Kamera DSLR
Merawat Kamera DSLR

Panduan Merawat Kamera DSLR dengan Mudah

Bagi Kamu yang baru memiliki kamera DSLR, maka Kamu bisa mencoba cara merawat kamera DSLR dengan benar berikut ini :

1. Hindari Paparan Air dan Suhu Terlalu Lembab

Bagaimanapun kamera DSLR termasuk salah satu alat elektronik yang juga tak boleh terkena air. Bahkan meskipun telah dilabeli waterproof, Kamu tetap harus membatasi kontak antara kamera dengan air supaya kameramu tidak mudah rusak. Apalagi jika air berbentuk uap, seperti misalnya kamera DSLR ditempatkan di area atau lingkungan yang memiliki kelembaban tinggi.

Adapun kelembaban tinggi ini artinya udara memiliki kanduangan uap air sangat tinggi, sehingga jika kontak dengan kamera bisa memasuki bagian internal perangkat kamera. Dampaknya bisa memicu berbagai kerusakan bahkan bisa menumbuhkan jamur pada kamera itu sendiri.

Pastikan untuk selalu membawa wadah kamera agar Kamu tetap bisa menyimpannya dengan baik setelah tidak digunakan. Kamu bisa menempatkannya pada tas kamera agar terhindar dari paparan uap air pada kamera.

2. Merawat Baterai Kamera Dengan Tepat

Cara merawat kamera DSLR berikutnya ialah Kamu harus merawat baterai kamera dengan benar. Biasanya kamera DSLR memakai baterai litium, sehingga bisa diisi ulang secara terus menerus, tapi jumlahnya terbatas. Sesudah melakukan recharge sekitar 500 kali lebih, kemampuan baterai kamera dalam menyimpan dayanya menjadi semakin menurun.

Wajar jika kebanyakan produk kamera lama biasanya baterainya menjadi lebih cepat habis meskipun foto yang telah diambilnya tak terlalu banyak.

3. Membersihkan Lensa Kamera DSLR

Kamu juga harus memperhatikan lensa kamera DSLR. Pastikan lensanya selalu jernih serta dapat menghasilkan foto dengan jernih. Adapun dalam cara merawat kamera DSLR terutama pada bagian lensanya ini, Kamu harus membersihkannya memakai cairan pembersih secara khusus untuk lensa. Sebaiknya jangan pakai air biasa, karena biasanya kandungan mineral pada air dapat merusak kamera.

Selain itu, hindari menyemprotkan cairan pembersih secara langsung ke permukaan lensa. Alangkah baiknya semprotkan cairan ke lap mikrofiber sebelum menyekanya menggunakan lap khusus.

Bahkan tak sedikit orang yang kerap melakukan kesalahan dengan memegang lensa memakai jari tangan. Sebab biasanya jari tangan memiliki memiliki kandungan minyak, sehingga bisa membuat kejernihan pada lensa kamera berkurang.

Langkah terakhir, kamu harus selalu memakai tutup lensa kamera saat sedang tak digunakan. Tujuannya agar debu tidak menempel di bagian luar lensa kamera serta membuat gambar kamera menjadi buram.

4. Hindari Paparan Sinar Matahari Langsung

Cara merawat kamera DSLR selanjutnya, sebaiknya hindari paparan sinar matahari langsung pada kamera. Walaupun kamera DSLR sebenarnya tahan terhadap cuaca dan lingkungan ekstrem, tetap aja jika terpapar sinar matahari secara langsung bisa membuat kamera cepat rusak. Sebab bisa merusak lapisan pada kamera.

Di samping itu, apabila kamera terkena sinar ultra violet secara terus menerus, maka lapisan pada cat kamera menjadi lebih mudah pudar. Selain itu, warnanya tak akan lagi mulus seperti semula. Maka dari itu, jika Kamu berencana untuk melakukan pemotretan di luar ruangan, sebaiknya pastikan untuk membawa tas kamera agar suhu kamera tetap dingin sesudah digunakan selama beberapa saat.

5. Melengkapi LCD Kamera Menggunakan Pelindung Layar

Tak jauh berbeda dengan merawat ponsel, sebenarnya untuk merawat LCD DSLR juga bisa dipasangi pelindung layar atau screen guard. Pasalnya pelindung ini bisa menjaga agar layar tak tergores serta terkena sidik jari. Screen guard biasanya akan menjaga agar layar LCD tetap terlindung dari debu atau air.

Kamu tak perlu khawatir, sebab harga screen guard untuk kamera cukup terjangkau, namun kebanyakan fotografer malas atau lupa memasangnya. Justru pelindung layar kamera ini merupakan satu-satunya metode untuk tetap menjaga agar layar LCD pada kamera tetap bersih dan tetap mulus.

6. Membersihkan Bodi Kamera Rutin

Cara merawat kamera DSLR berikutnya selain merawat LCD kamera, yaitu membersihkan bagian bodi kamera. Kamu bisa memakai minyak kayu putih untuk membersihkan kamera. Alasannya karena biasanya minyak kayu putih akan lebih mudah kering dan kandungan airnya sangat sedikit.

Namun kini ada banyak cairan pemberish yang tersedia jika ingin membersihkan bodi kamrea. Kamu bisa menggunakan cairan tersebut dengan meneteskannya ke kain halus, kemudian poles kain ke seluruh bagian bodi kamera. Ingat, jangkau karet ring fokus dan ring zoom pada lensa, sebab bagian-bagian tersebut umumnya terlewatkan ketika seseorang membersihkan bagian bodi kamera.

7. Memasang Filter Untuk Melindungi Lensa

Kamu juga bisa memasang UV filter ke dalam lensa kameramu. Pemasangan filter lensa kamera tak dapat mengurangi kualitas hasil bidikan kamera ini. UV filter inilah yang nantinya dapat menjaga agar lensa terhindar dari dampak buruk sinar UV dari matahari. Di samping itu, fungsi filter ini yaitu untuk mencegah kotoran dan debu menempel pada lensa.

Selain itu, filter juga wajib dibersihkan secara rutin ketika Kamu membersihkan lensa kamera. Akan tetapi, Kamu tak perlu melakukannya secara hati-hati dalam bebersihkan filter tersebut, cukup dengan menggosoknya saja menggunakan kain halus.

8. Memasang Lens Hood ke Dalam Lensa Kamera

Lens Hood ini berfungsi untuk mencegah agar cahaya berlebih tidak masuk ke dalam sensor kamera. Kamu harus tahu jika cahaya berlebih masuk pada sensor kamera untuk jangka panjang dapat meminimalisir kepekaan sensor kamera itu sendiri.

Maka dari itu, ketika Kamu membidik foto pada ruangan terbuka saat siang hari, pastikan untuk selalu memakai UV filter dan lens hood.

9. Memakai Shoulder Strap Ketika Mengambil Foto

Meskipun terkesan simpel, tapi poin ini juga cukup penting dalam cara merawat kamera DSLR. Kamu harus memakai shoulder strap ketika membidik foto dimanapun Kamu berada. Pasalnya tali tersebut berguna untuk menggantung DSLR di leher ketika Kamu melakukan pengambilan foto.

Ini sangat penting agar kamera DSLR kesayanganmu tidak terlepas atau jatuh dari genggaman. Kamu tak perlu khawatir sebab harga tali kamera ini cukup terjangkau. Meskipun demikian, strap shoulder bisa melindungi kamera secara optimal.

Nah, itulah 9 cara merawat kamera DSLR yang perlu Kamu lakukan agar kamera DSLR tetap awet dan tahan lama. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Related posts