Cara Memindahkan Kontak iPhone ke iPhone

Mau ganti dari iPhone lama ke iPhone baru? Hal pertama yang harus kalian lakukan adalah backup data, atau jika memungkinkan kalian sebelumnya harus memindahkan data ke iphone baru terlebih dahulu. Termasuk dalam cara memindahkan kontak iPhone ke iPhone.

Bagi kalian yang ingin menjual perangkat iphone, antisipasi sangat penting dilakukan agar data-data kalian tetap bisa diakses lewat perangkat iPhone baru.

Tips Sebelum Ganti Perangkat Baru

Jika berencana ingin mengganti iPhone lama dengan iphone yang baru, sebelum mengganti atau menjual perangkat iOS tersebut. Kalian harus mengikuti beberapa langkah terlebih dahulu. Begini ulasannya :

1. Mencadangkan Data

Langkah terpenting pada sebuah smartphone, di samping perangkat tersebut adalah data yang tersimpan di dalamnya. Maka dari itu, kalian harus memastikan telah melakukan pencadangan data iOS terlebih dahulu sebelum mengganti atau menjualnya.

Sederhanya, terdapat dua opsi mencadangkan data pada iOS, yaitu dengan cara otomatis dan manual. Dengan cara manual, ini artinya kalian mencadangkan hanya untuk data yang dibutuhkan sesuai metode yang akan dilakukan. Contohnya, transfer data pada Camera Roll ke dalam Mac.

Sementara untuk cara otomatis memakai layanan backup iPhone yang disematkan Apple. Dalam hal ini, fitur tersebut terbagi ke dalam dua jenis yaitu iTunes Backup dan iCloud Backup.

2. Menonaktifkan Setingan Find My iPhone

Melakukan setingan Find My iPhone pada perangkat iOS wajib dimatikan terlebih dahulu sebelum kalian melakukan pengaturan yang selanjutnya, yakni logout Apple ID.

Untuk menonaktifkan setingan Find My iPhone, kalian bisa coba cara berikut :

  • Untuk perangkat iOS 12, akses menu settings kemudian profile.
  • Masuk pada bagian iCloud.
  • Silahkan cari opsi pengaturan pada Find My iPhone.
  • Akses Find My iPhone kemudian nonaktifkan pengaturannya. Selanjutnya, kalian akan diminta memasukkan kata sandi iCloud.
Terkait:  Cara Mengunci WhatsApp dengan Pola

3. Pilih Restore

JIka seluruh data diamankan, serta akun kalian telah dikeluarkan dari iPhone lama. Kalian hanya perlu menghapus semua aplikasi dan pengaturan di perangkat iPhone sebelum akhirnya dijual.

Caranya yaitu dengan restore melalui iTunes. Metode ini membutuhkan PC yang sudah terinstall iTunes, koneksi internet dan kabel data. Caranya restore, dan perangkat iOS kalian akan dikembalikan pada pengaturan awal pabrik serta hadir dengan versi iOS terbaru.

Setidaknya, itulah 3 hal yang mesti kalian lakukan ketika hendak mengganti perangkat iPhone ke perangkat iPhone baru. Lantas, bagaimana cara memindahkan kontak iPhone ke iPhone?

Cara Memindahkan Kontak iPhone ke iPhone

Cara Memindahkan Kontak dari iPhone ke iPhone
Memindahkan Kontak dari iPhone ke iPhone

Jika kalian ingin memindahkan data kontak pada iPhone, berikut cara memindahkan kontak iPhone ke iPhone yang baru dengan mudah, diantaranya sebagai berikut :

1. Restore backup iCloud

Cara Memindahkan Kontak iPhone ke iPhone via iCloud
Memindahkan Kontak iPhone ke iPhone via iCloud

 

Ternyata iCloud bukan hanya tempat untuk menyimpan berbagai macam data di perangkat iPhone. Melainkan iCloud juga bisa membuat backup data yang bisa digunakan untuk memulihkan cadangan tersebut ke iPhone yang lainnya. Berikut cara memindahkan kontak dari iPhone ke iPhone dengan restore backup iCloud :

  • Mengingat  iCloud harus terhubung ke internet, lebih baik pergunakanlah wifi agar koneksi bisa lebih stabil jika memungkinkan.
  • Masuklah pada menu settings lalu klik nama kalian (ID Apple).
  • Selanjutnya cukup klik iCloud yang tersedia pada halaman tersebu. Kemudian pilihlah iCloud backup dengan menggeser slider ke sebelah kanan.
  • Masih di halaman yang sama, di bagian bawahnya klik backup now.
  • Cara ini membutuhkan waktu cukup lama karena selain kontak yang di backup, juga mencadangkan keseluruhan data iPhone yang ada di dalamnya.
  • Beralih ke hp iPhone baru, masuklah dengan menggunakan ID Apple yang sama, lalu masuk pada halaman iCloud.
  • Di sana ada opsi Apps & Data yang memuat di dalamnya perintah untuk mengembalikan semua data yang telah di backup. Silakan klik ‘Restore from iCloud backup’.
  • Selanjutnya cukup ikuti petunjuknya saja untuk menyelesaikan proses pemulihan data dari iPhone lama ke iPhone baru.
  • Langkah terakhir yaitu tinggal cek kontak pada iPhone baru yang bisa dilihat pada menu kontak. Ketika sudah muncul daftar kontak telepon, sudah bisa dipastikan cara ini telah berhasil.
Terkait:  Cara Hubungkan HP ke TV

Kelemahan dari cara ini tidak spesifik khusus untuk memindahkan kontak dari iPhone ke iPhone saja. Namun kelebihannya, kalian bisa mendapatkan kembali semua data termasuk kontak yang bisa dipergunakan pada iPhone yang baru.

2. Menggunakan iCloud

Memindahkan Kontak dari iPhone ke iPhone via iCloud

 

Cara kedua adalah dengan menggunakan layanan berbagi iCloud yang akan dijumpai di setiap seri iPhone. Fungsi dari iCloud ini adalah sebagai tempat penyimpanan data yang bisa disinkronkan pada semua perangkat Apple khususnya. Dengan begitu cara memindahkan kontak iPhone ke iPhone lebih mudah. Ini ulasannya :

  • Pastikan iPhone baru dan iPhone lama harus memakai ID Apple sama.
  • Selanjutnya pastikan juga kedua perangkat tersebut terhubung ke internet atau Wifi.
  • Bukalah menu settings pada kedua hp perangkat, ketuk nama kalian dan klik iCloud.
  • Geser slider Contacts sampai posisinya berwarna hijau atau On.
  • Dengan mengaktifkan slider ke posisi on pada aplikasi kontak, maka kalian sudah bisa mengunggah kontak ke iCloud. Apabila kalian ingin mencadangkan lebih banyak kontak, maka membutuhkan lama untuk transfer kontak.
  • Selanjutnya akan muncul pesan yang menginformasikan untuk menggabungkan kontak, silakan pilihlah opsi tersebut.
  • Sinkronkan ke dalam kepada kedua perangkat, kalian harus menyinkronkan seluruh kontak ke kedua iPhone.
  • Silahkan cek di iPhone baru untuk memastikan

3. Menggunakan iTunes

Cara Memindahkan Kontak iPhone ke iPhone via iTunes
Memindahkan Kontak iPhone ke iPhone via iTunes

Jangan salah, aplikasi iTunes bukan hanya sekedar untuk mendengarkan lagu saja. Karena kalian juga dapat memanfaatkan iTunes ke dalam cara memindahkan kontak dari iPhone ke iPhone. Simak penjelasannya berikut ini :

  • Hubungkan terlebih dahulu iPhone lama ke komputer kalian yang biasa digunakan sebagai perangkat tambahan untuk mengelola iPhone.
  • Selanjutnya, bukalah aplikasi iTunes pada komputer.
  • Di halaman depan, silakan sorot bagian atas untuk klik ikon bergambar telepon.
  • Kemudian, kalian akan menemukan tampilan khusus untuk backups. Di bagian tersebut, silakan untuk klik ‘this computer’ yang dilanjut dengan klik ‘backup now’. Dengan demikian, backup iPhone akan tersimpan pada komputer terlebih dahulu.
  • Tunggu beberapa saat karena proses backup membutuhkan waktu yang cukup lama. Agar prosesnya berjalan dengan cepat, usahakan agar konektivitas internet stabil.
  • Kalian pun bisa memantau progesnya dengan cara melihat pada jendela notifikasi. Apabila bar biru telah memenuhi hingga akhir, maka proses backup sudah dinyatakan berhasil.
  • Apabila proses backup telah selesai, silakan untuk mengeluarkan iPhone lama dari perangkat komputer, lalu masukan (ganti) dengan iPhone baru yang akan dimasukkan kontak teleponnya.
  • Untuk proses pemindahannya, kalian cukup pilih opsi restore backup.
  • Silakan ikuti petunjuknya hingga proses backup dari iPhone lama ke iPhone baru berhasil.
  • Untuk memastikannya, silakan lihat menu kontak pada iPhone baru, apakah seluruh kontak sudah masuk? Apabila sudah dipastikan masuk maka proses pemindahannya telah berhasil.
Terkait:  Cara Ganti Ringtone iPhone

Dengan cara memindahkan kontak dari iPhone ke iPhone di atas, kalian tidak perlu menggunakan aplikasi tambahan sehingga prosesnya lebih simpel dan praktis.

Related posts