Cara Merawat Ikan Louhan

Bagaimana sih cara merawat ikan louhan? Ya, flowerhorn atau ikan louhan adalah salah satu pilihan ikan hias yang sempat populer di masanya. Ikan hias yang satu ini mempunyai penampilan unik, karena memiliki jenong tepat di atas kepalanya. Ikan ini bahkan mempunyai pola menarik warna-warni yang ada di tubuhnya. Karakteristik khas tersebut selain sebagai tanda perbedaan antara louhan dengan ikan hias lainnya, juga dijadikan sebagai acuan bahwa louhan tersebut sehat.

Bagi Kamu tertarik untuk beternak atau membudidayakan ikan louhan berkualitas bagus. Semuanya tentu saja ditentukan berdasarkan gen ikan itu sendiri. Misalnya, jika Kamu ingin beternak ikan louhan jenong, tentu saja harus memilih bibit ikan yang memiliki water head atau jenong air.

Sebenarnya ikan louhan adalah sejenis ikan yang merupakan cikal bakal dari jenis ikan cicild. Oleh karena itu, bisa dibilang bahwa ikan louhan sendiri berasal dari hasil kawin silang dari ikan cicild.

Karakter Ikan Louhan

Sebelum kita membahas cara merawat ikan louhan, Kamu harus tahu karakter ikan louhan terlebih dahulu. Berikut ini ulasannya :

1. Mempunyai Warna Terang

Hampir semua jenis ikan lihan mempunyai sifat khusus atau karakteristik berwarna cerah, diantaranya berupa perpaduan oranye, merah dan perak. Di samping itu, louhan juga mempunyai titik-titik dengan skala hitam yang memanjang. Karena itu, ikan ini dikategorikan sebagai sejenis ikan hias mengingat pola warna ikan ini sangat cerah dengan kombinasi skala pola unik.

Terkait:  Cara Merawat Keladi

2. Bentuk Tubuh Unik

Ikan louhan juga mempunyai bentuk tubuh yang sedikit unik. Ikan ini selain mempunyai tonjolan di bagian kepala, melainkan juga kepalanya berukuran relatif kecil dengan bibir sedikit cemberut.

3. Ikan Air Tawar

Hal yang harus Kamu ketahui mengenai ikan louhan ialah sejenis ikan yang biasanya hanya dapat hidup dengan baik di dalam kolam air tawar. Dengan kata lain, ikan tak dapat hidup pada jenis air lainnya, baik air payau.

Oke, jika Kamu ingin langsung membudidayakan ikan louhan, ada beberapa langkah cara merawat ikan louhan yang harus Kamu pelajari berikut ini!

Cara Merawat Ikan Louhan

Cara Merawat Ikan Louhan
Merawat Ikan Louhan Mudah

Panduan Merawat Ikan Louhan

Jika ikan louhan tidak terawat baik, bisa membuatnya stress, mereka pun tak aktif lagi seperti biasanya. Supaya ikan louhan kesayanganmu tidak mengalami hal ini, sangat penting mengetahui panduan cara merawat ikan louhan. Berikut ulasannya :

1. Ukuran Akuarium

Hal pertama yang harus Kamu perhatikan dalam merawat ikan louhan, yaitu Kamu harus memperhatikan ukuran pada akuarium. Hal tersebut tak boleh diabaikan. Pasalnya ukuran akuarium dapat menentukan kenyamanan ikan louhan itu sendiri. Selain itu, ukuran akuarium ikan louhan yang sesuai biasanya dibuat dengan panjang sekitar 90 cm, dengan lebar 40 cm dan tinggi sekitar 50 cm.

Tambahkan pula filter air supaya air di dalam akuarium bisa terjaga baik. Di samping itu, penting juga untuk memberikan pencahayaan pada akuarium ikan louhan tersebut. Kamu bisa mempersiapkan lampu TFC, lalu nyalakan lampu hingga 10 jam lamanya supaya suhu air tetap hangat.

2. Menjaga Suhu Air

Suhu air di akuarium yang berisi ikan louhan juga harus tetap diperhatikan. Dalam cara merawat ikan louhan sendiri, Kamu dapat memasang pemanas supaya suhu akuarium ada di kisaran 29-30oC. Pastikan untuk selalu mengganti air pada aquarium sekitar 2 minggu sekali sekitar 1/4 dari semua air di aquarium.

Terkait:  Cara Merawat Kura Kura Brazil

3. Memperhatikan pH Air

Cara merawat ikan louhan yang tak kalah pentingnya ialah memperhatikan pH air akuarium. Kamu harus pastikan memakai air dengan tingkat keasaman atau pH sekitar 7-8. Supaya lebih akurat, Kamu bisa memakai alat pengukur pH.

4. Memperhatikan Pakan Louhan

Kamu juga perlu memberikan pakan berkualitas pada ikan louhan. Pastikan memberikan pakan alami atau pakan buatan. Pada pakan alami, Kamu dapat memberikan udang, anakan lele, cacing sutra, cacing darah, anak ikan emas, jangkrik dan beberapa ikan kecil yang lainnya. Selain itu, jangan lupa berikan pakan buatan. Tujuannya supaya kebutuhan nutrisi pada ikan louhan masih tetap terpenuhi. Melalui pemberian pakan berkualitas inilah, louhan bisa tumbuh baik.

5. Memperhatikan Jumlah Pakan Louhan yang Diberikan

Tak hanya memperhatikan jenis-jenis pakan yang diberikan pada louhan, dalam cara merawat ikan louhan Kamu juga perlu memperhatikan banyaknya jumlah pakan yang diberikan. Memberikan pakan yang berkualitas memang hal utama. Tapi bukan berarti, harus memberikan pakan berlebihan pada ikan louhan kesayanganmu.

Sebagai solusinya, Kamu dapat memberikan pakan sedikit sedikit saja. Di samping itu, perhatikan pula gerakan louhan. Apabila gerakannya ternyata tidak biasa, seperti melambat atau berat bergerak, ini bisa dijadikan tanda bahwa ikan louhan merasa kekenyangan.

6. Meletakkan Pasir, Batu dan Tanaman Air

Cara merawat ikan louhan berikutnya, Kamu harus membuat ikan louhan lebih nyaman dengan cara meletakkan pasir, batu dan tanaman air. Adapun tujuannya tak hanya sekedar membuat akuarium lebih indah saja, tetapi juga dapat membuat ikan lebih nyaman. Ikan louhan menjadi merasa bahwa dirinya ada di dalam habitat aslinya. Karena itu, louhan bisa tumbuh baik dalam lingkungan yang seperti ini.

Terkait:  Cara Merawat Eyelash

7. Ajak Ikan Louhan Berinteraksi

Hal yang tak kalah penting dalam merawat ikan louhan adalah mengajaknya berinteraksi. Selain itu, buat louhanmu agar lebih agresif. Mengajak berinteraksi pada ikan louhan adalah hal terpenting apabila Kamu ingin agar ikan louhanmu lebih cepat jenong. Ada banyak metode yang bisa Kamu lakukan supaya louhan bisa berinteraksi atau lebih agresif.

8. Memberi Cermin

Kamu juga dapat memberikan cermin pada aquariumnya. Dengan cermin ini, biasanya ikan louhan lebih agresif. Selain cermin, untuk membuat louhan lebih agresif lainnya ada yang memberikan porsi pakan sedikit dan ada pula yang menyimpan ikan louhan betina tepat di akuarium sebelahnya.

9. Memberikan Pelet

Kamu dapat memberikan pelet apabila jenong louhan ingin cepat besar. Pasalnya pakan buatan ini dapat dipadukan bersama bahan alami agar jenong ikan membesar serta elastis. Pelet biasanya termasuk kombinasi atau perpaduan bahan berkualitas yang telah terolong lengkap. Sehingga, Kamu hanya tingal membaca label agar bisa melihat komposisi pada pakan tersebut. Kamu juga perlu membaca cara penggunaannya supaya manfaatnya lebih terasa.

10. Pakan Dengan Kandungan Lemak

Cara merawat ikan louhan lainya ialah kamu bisa memberikan pakan dengan kandungan lemak. Kandungan protein dan lemak sebenarnya dapat merangsang pertumbuhan pada ikan. Sumber terbaik mendapatkan kandungan protein tinggi dan lemak ialah makanan dengan kombinasi dari cacing beku, jantung hati sapi, wortel, cacing tanah dan bayam.

Semua bahan ini dicampurkan, lalu buat berbentuk pelet bersama agar-agar untuk perekatnya. Pakan yang Kamu buat sendiri dapat diberikan bergantian bersama pakan pabrik. Adapun pakan sendiri dapat Kamu berikan sebanyak 3-4 kali sehari.

11. Pakan dengan Kandungan Beta Karoten

Dalam cara merawat ikan louhan, Kamu juga perlu memperhatikan warna pada ikan louhan. Pasalnya makanan yang dapat memunculkan warna menarik pada louhan harus jenis pakan dengan kandungan beta karoten. Melalui pemberian makanan dengan beta caroten ini ternyata dapat membuat warna pada ikan lebih cerah.

Itulah beberapa metode cara merawat ikan louhan dengan benar agar tumbuh dengan baik. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

 

Related posts