Cara Merawat Bunga Aglonema

  • Whatsapp

Jika Kamu termasuk pencinta tanaman hias, maka jangan lewatkan tanaman aglonema sebagai salah satu tanaman hias populer. Bunga aglonema mempunyai corak daun khas yang bisa membuat halaman rumah maupun ruangan di dalam rumah lebih indah untuk dipandang. Sebenarnya cara merawat bunga aglonema sendiri cukup mudah dan Kamu bisa menjumpainya di berbagai macam tempat. Jadi wajar apabila tanaman ini banyak diincar orang.

Apabila Kamu memutuskan merawat bunga aglonema untuk dijadikan tanaman hias, tentu saja harus memahami cara merawat bunga aglonema dan karakteristiknya. Tanaman hias populer ini juga mempunyai berbagai jenis dilihat dari perbedaan bentuk daun, corak warna dan yang lainnya.

Read More

Kamu tak perlu khawatir sebab bunga aglonema bisa dikatakan sebagai tanaman hias dengan perawatan yang sangat mudah.

Mengenal Tanaman Hiasa Bunga Aglonema

Tanaman bunga aglonema termasuk sejenis tanaman hias yang memiliki keunggulan dilihat dari corak daun berbentuk unik serta khas yang dapat mempercantik hunianmu. Bahkan beberapa negara menganggap bahwa tanaman aglonema sebagai sebuah simbol keberuntungan.

Pada prakteknya, aglonema mempunyai sejumlah manfaat untuk kehidupan manusia, diantaranya sebagai suplai oksigen, sampai pengurang stres saat Kamu menjadikannya sebagai tanaman hias.

Cara Merawat Bunga Aglonema

Cara Merawat Bunga Aglonema
Merawat Bunga Aglonema

Panduan Merawat Bunga Aglonema

Cara merawat bunga aglonema yang juga disebut sebagai bunga Sri Rezeki sangat mudah. Sebenarnya ada banyak jenis bunga aglonema yang bisa Kamu temukan, diantaranya bunga aglonema moonlight, aglonema harlequin, aglonema widuri merah, aglonema bidadari, aglonema red cochin, dan lainnya. Jika Kamu penasaran ingin merawat tanaman bunga aglonema, berikut ulasannya :

Terkait:  Cara Merawat Keladi

1. Media Tanam Harus Gembur dan Subur

Supaya aglonema yang Kamu rawat berkembang biak, maka Kamu dapat mempersiapkan media tanam dari tanah yang gembur dan subur. Dengan media tanam yang baik tentunya bisa berpengaruh pada pertumbuhan tanaman, seperti tanaman aglonema yang dapat berkembang baik. Media tanam yang subur bisa mempermudah penetrasi pada akar maupun taunas tanaman untuk tumbuh baik.

Pasalnya media tanam untuk aglonema yang subur harus mempunyai komposisi yang lengkap, tidak menahan terlalu banyak air tapi tetap lembab. Selain itu, tanah sebagai media tanam bunga aglonema harus mengandung nutrisi yang cukup supaya tanaman hiasa dapat tumbuh optimal serta gampang bertunas.

Adapun komposisi dari beberapa media tanam supaya aglonema tumbuh dan cepat beranak ialah sebagai berikut :

  • Campuran tanah, cocopeat, kompos dan arang melalui perbaandingan komosisi 2:1:1:1 atau juga bisa 1:1:1:1.
  • Sekam padi, pupuk kandang dan tanah melalui perbandingan 1:1:1.
  • Sekam padi, tanah dan kompos melalui perbandingan 1:2:1.

Kamu harus menyesuaikan komposisi media tanam berdasarkan bentuk atau wadah potnya. Pastingan jangan mengisi media tanam sampai penuh, Kamu bisa mengira-ngira kebutuhannya.

2. Jangan Memasukkan Media Tanam Sampai Penuh Pada Pot

Cara merawat bunga aglonema selanjutnya, sesudah mempersiapkan media tanam aglonema, Kamu harus membuat media tersebut bekerja dengan cara optimal. Adapun caranya sebaiknya tidak memasukkan tanah atau media tanam terlalu penuh pada pot atau wadah yang ditanami aglonema. Pastikan media tanam tak sampai mendekati bagian mulut pot tanaman. Kamu tinggal memasukkan media tanam hingga 1/2 pot saja.

Kamu harus memahami, penempatan media tanam terlalu penuh justru bisa membuat tanaman akan sulit sumbuh akibat buruknya sirkulasi udara yang menyebabkan aglonema kekurangan oksigen.

3. Rutin Memberikan Pupuk

Agar bunga aglonema tumbuh subur serta cepat bertunas, maka Kamu harus memberikan pupuk tanaman secara rutin. Pupuk yang diberikan tak perlu terlalu sering, tetapi cukup 3 bulan sekali supaya kesuburan tanaman aglonema tetap terjaga. Kamu bisa memberikan jenis pupuk kandang atau kompos agar bunga aglonema ternutrisi secara maksimal.

Terkait:  Cara Merawat Kulkas

Pupuk yang diberikan dengan cara rutin tersebut bisa membantu tanaman aglonema tumbuh subur dan lebih segar. Kamu tak perlu harus memberi pupuk terlalu banyak, berikan secukupnya saja.

4. Menyemprotkan Larutan Vitamin B1

Pemberitan vitamin B1 juga harus dilakukan untuk merawat bunga aglonema. Kamu dapat memakai larutan air dari bekas cucian beras agar mendapat kecukupan vitamin B1 dengan mudah bagi bunga aglonema.

Namun Kamu harus tahu bahwa sebenarnya bukan air dicampur berat, melainkan air yang Kamu pakai untuk membersihkan atau mencuci beras. Nah, larutan ini berguna untuk menumbuhkan dan menyuburkan tanaman aglonema. Larutan air hasil cucian beras biasanya mengandung zat hara cukup tinggi, seperti vitamin B1 untuk pertumbuhan bunga aglonema.

Dalam cara merawat bunga aglonema, pemberian larutan air beras dapat dilakukan tiap 2 minggu sekali. Jangan terlalu banyak dan sering pemberiannya, seperlunya saja.

5. Pakai Pot yang Sesuai

Tak hanya memperhatikan pemilihan media tanam aglonema saja, Kamu juga harus memakai pot yang sesuai untuk tanaman aglonema. Adapun alasannya karena beberapa jenis tanaman aglonema memiliki persyaratan pot tertentu yang berbeda. Karena ada jenis aglonema tertentu yang tak dapat tumbuh baik pada pot dengan genangan air. Perhatikan pot yang Kamu pilih sesuai, yaitu harus mempunyai lubang drainase memadai agar penyiraman air dapat terkontrol dengan baik.

Adapun jenis pot paling ideal untuk menanam aglonema ialah pot yang berbahan dasar tanah liat dengan pori-pori, karenanya dapat menyerap air supaya tak berlebihan.

6. Penyiraman Secukupnya dan Secara Berkala

Kamu juga harus rutin menyiram tanaman aglonema. Hal ini dilakukan agar tanaman ini cepat beranak, tapi tetap harus pikirkan dosis yang diberikan secukupnya. Fungsi penyiraman air tersebut ialah untuk melarutkan zat hara dari dalam tanah lalu menyebarkannya hingga ke seluruh bagian pada tanaman aglonema sebagai nutrisi. Pemberian air sangat diperlukan agar tanaman dapat bertunas dengan cepat.

Terkait:  Cara Merawat Aglonema

Hindari menyiramnya berlebihan, terlebih jika sampai menggenang bahkan keluar dari lubang drainase. Karena hal ini bisa membuat tanaman aglonema menjadi lembab, sehingga mudah busuk. Selain itu, kamu bisa menyiramnya tiap 3-4 hari sekali supaya tanamna aglonema tumbuh baik.

7. Proses Penggemburan Media Tumbuh

Cara merawat bunga aglonema lainnya ialah tentu saja Kamu harus melakukan proses penggemburan pada media tumbuh aglonema. Penggemburan ini dapat dilakukan tiap 2-4 minggu sekali. Tahapan penggemburan tanah wajib dilakukan secara rutin, supaya tak merusak akar maupun tunas pada tanaman. Tujuannya ialah untuk memecahkan media tumbuh yang telah menggumpal, memadat serta mengeras.

Kamu harus tahu bahwa aglonema adalah tanaman yang membutuhkan media tanah yang bertekstur gembur, sehingga Kamu harus memperhatikan media penanamannya dnegan rutin. Jadi jangan sampai hanya menyiramnya secar arutin saja, sebab tanah pun bisa kehabisan zat hara serta perlu diperbarui hingga digemburkan kembali.

8. Hindari Paparan Sinar Matahari Secara Langsung

Kamu juga harus tahu bahwa tanaman aglonema membutuhkan kecukupan asupan cahaya matahari, hanya saja jangan sampai tanaman ini terpapar sinar matahari langsung. Sebab sebenarnya tanaman ini dapat bertahan hidup pada ruangan yang paparan sinar mataharinya minim sekalipun. Selain itu, sinar matahari berlebihan bisa merusak corak pada daun bunga tanaman ini,khususnya warna daunnya bisa memudar bahkan mengering serta layu.

Nah, itulah 8 tahapan cara merawat bunga aglonema dengan baik agar tumbuh subur dan cepat bertunas. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Related posts