Cara Merawat Anak Kucing Baru Lahir

Cara Merawat Anak Kucing Baru Lahir

Bagi penggemar kucing dan kebetulan Kamu memiliki hewan peliharaan kucing, mempunyai bayi kucing pastinya sangat menyenangkan. Anak kucing yang baru lahir tentu akan terlihat sangat lucu dan imut. Di samping itu, kucing juga dapat melahirkan hingga beberapa ekor bayi kucing sekaligus dalam satu kali proses kelahiran. Lalu, tahukah Kamu bagaimana cara merawat anak kucing baru lahir?

Agar anak kucing tumbuh dengan baik dan sehat, tentu saja Kamu harus merawat bayi kucing dengan benar. Namun bagi Kamu yang belum berpengalaman mengurus atau merawat anak kucing, Kamu bisa ikuti panduan cara merawat anak kucing baru lahir berikut!

Cara Merawat Anak Kucing Baru Lahir

Cara Merawat Anak Kucing Baru Lahir
Merawat Anak Kucing Baru Lahir

Panduan Merawat Anak Kucing Baru Lahir

Kamu harus tahu bahwa bayi kucing yang belum lama dilahirkan biasanya mempunyai kondisi badan yang belum begitu kuat. Biasanya mereka tergolong masih lemah, serta beresiko mengalami gangguan kesehatan. Anak kucing baru lahir yang tidak diurus dan terlantar dengan baik, tak jarang bisa mati begitu saja.

Maka dari itu, Kamu harus tahu tata cara merawat anak kucing baru lahir dengan baik supaya tumbuh sehat hingga dewasa. Berikut panduannya :

1. Pastikan Suhu Kandang Tetap Hangat

Cara merawat anak kucing baru lahir yang pertama ialah dengan menjaga agar suhu kandang tetap hangat. Temperatur kandang sangat berpengaruh terhadap kesehatan bayi kucing-mu. Kita tahu bahwa kondisi anak kucing biasanya masih lemah, oleh karena itu tugasmu di sini ialah harus tetap menjaga agar temperatur kandang tetap hangat.

Temperatur kandang kucing yang hangat dapat mencegah anak kucing tersebut dari suhu yang terlalu dingin. Adapun salah satu teknik yang tepat agar temperatur di kandang tetap hangat ialah memasang lampu di kandang. Di samping itu, Kamu juga harus menambahkan beberapa kain yang tebal supaya suhu kandang lebih stabil.

2. Membersihkan Plasenta Induk kucing

Ketika induk kucing telah selesai melahirkan, Kamu memang harus merawat bayi kucing segera. Akan tetapi, Kamu juga perlu melakukan perawatan induk kucing. Bersihkan plasenta induk kucing yang tersisa. Pada dasarnya, memang kucing bisa melahirkan sendiri. Akan tetapi, untuk membersihkan bagian plasenta ini, mereka memerlukan bantuanmu. Sebenarnya membersihkan plasenta juga bisa membantu bayi kucing baru lahir.

Jika plasenta kucing sudah dibersihkan, maka bayi kucing pun akan mendekat kepada indukannya dnegan mudah tanpa rasa jijik, akibat bau anyir sisa plasenta.

3. Menempatkan Anak Kucing Bersama Induk

Cara merawat anak kucing baru lahir selanjutnya ialah pastikan untuk menempatkan anak kucing bersama induknya. Ini merupakan hal terpenting yang perlu diperhatikan. Sama halnya dengan manusia, tentu saja anak kucing baru lahir ingin mendapatkan kasih sayang dan sentuhan kehangatan sang induk yang akan menjaga mereka.

Kamu dapat memasukkan induk beserta anak kucing di tempat yang sama. Pastinya, Kamu harus tetap memperhatikan ukuran pada kandang. Selain itu, pasitkan pula ukuran kandang cukup luas supaya induk kucing dan anaknya lebih leluasa. Kamu bisa membiarkan induk kucing tetap bersama anaknya sampai induk kucing bisa menyusui seluruh anaknya.

4. Jangan Terlalu Sering Memegang Anak Kucing Ketika Usianya Belum Genap 1 Minggu

Memang anak kucing mempunyai fisik yang menggemaskan juga imut. Mengingat fisiknya itulah, hampir seluruh pemilik kucing penasaran ingin memegangnya. Akan tetapi, Kamu harus tahu bahwa ada peraturan yang mesti dilakukan dalam perawatan bayi kucing baru dilahirkan.

Sebaiknya jangan terlalu sering memegang si bayi kucing terutama ketika usianya masih belum 1 minggu. Alasannya dikarenakan induk kucing pastinya akan marah apabila Kamu memegang anak kucing yang kondisinya masih lemah. Di samping itu, biasanya kondisi fisik si bayi kucing yang usianya di bawah 1 minggu masih lemah. Kamu harus memperhatikan hal ini, sebab akan berbahaya apabila Kamu memegangnya terlalu sering.

5. Memastikan Anak Kucing Mendapatkan Susu yang Cukup dari Induknya

Cara merawat anak kucing baru lahir selanjutnya ialah pastikan anak kucing yang Kamu rawat mendapatkan asupan susu yang cukup dari induknya. Susu dari induk secara langsung adalah nutrisi yang penting sekali bagi bayi kucing. Pasalnya dengan asupan air susu induknya, anak kucing akan tumbuh dengan kuat dan sehat. Sebagaimana diketahui, biasanya anak kucing masih belum bisa mengkonsumsi makanan lain selain asupan air susu dari induknya.

Jadi kamu harus pastikan induk kucing memakan makanan bergizi. Karena bagaimanapun, jenis asupan makanan yang dikonsumsi induk kucing sangat berpengaruh terhadap kualitas dan produksi air susu. Selain itu, pastikan Kamu memberikan makanan yang kaya nutrisi untuk induk kucing. Pastikan pula induk kucing supaya tidak stres sehingga air susu pun dapat keluar dengan melimpah.

6. Perhatikan Kondisi Buang Air Anak Kucing

Bayi kucing yang baru dilahirkan biasanya akan mengalami masalah kelancaran saat buang air besar maupun kecil. Sebenarnya hal ini masih bisa dikatakan wajar, mengingat organ mereka masih belum dapat bekerja dengan optimal. Oleh karena itu, Kamu di sini harus berperan aktif. Apabila bayi kucing masih belum mampu membersihkan sisa kotoran buang air, Kamu sebagai pemiliknya dapat membersihkannya memakai tisu basah.

7. Timbang Berat Badan Bayi Kucing

Hal yang jangan sampai dilewatkan saat merawat bayi kucing ialah Kamu harus menimbang berat badan anak kucing. Ini juga cukup penting, apalagi untuk mengecek perkembangan bayi kucing tersebut. Kamu bisa menimbang anak kucing ketika usianya sudah mencapai 2 bulan.

8. Periksakan Kesehatan Kucing

Normalnya, kucing biasanya mengalami pertumbuhan hingga 10 gram setiap hari. Melalui perhitungan ini, Kamu dapat memperkirakan berat bayi kucing ketika berusia 2 bulan. Apabila dalam usia dua bulan ternyata berat kucing kurang, ini artinya terjadi masalah dalam masa pertumbuhannya. Kamu harus cek kondisi kesehatan anak kucing .

9. Membersihkan Mata Kucing dengan Teratur

Cara merawat anak kucing baru lahir yang jangan sampai dilewatkan ialah membersihkan mata kucing. Metode ini sangat penting sekali untuk dilakukan. Dengan rutin membersihkan mata pada bayi kucing secara teratur, tentu saja kucing menjadi tampak lebih bersih. Pastinya membuat peliharaanmu ini semakin bertambah lucu dan sehat.

Adapun caranya bersihkan mata kucing memakai air hangat. Sebaiknya persiapkan air hangat di baskom dengan lap bersih. Kemudian kompres mata anak kucing lalu bersihkan beberapa kotoran di mata kucing yang melekat. Di samping mengganggu pemandangan, kotoran pada mata kucing juga bisa mengakibatkan masalah penglihatan.

10. Jaga Kebersihan Kandang

Pastikan kandang pada anak kucing dalam keadaan bersih supaya kebersihan dan kesehatan badannya tetap terjaga. Bersihkan kandang kucing setiap hari, pastikan tanpa ada tumpahan susu ataupun makanan.

Itulah 10 cara merawat anak kucing baru lahir yang bisa Kamu lakukan agar anak kucing menjadi tumbuh sehat. Pastikan melakukan perawatan kepada anak kucing baru lahir dengan baik melalui panduan di atas. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Related posts