Cara Membuat Link Grup WhatsApp

Cara Membuat Link Grup WhatsApp

Bagaimana cara membuat link grup Whatsapp? Dengan adanya aplikasi WhatsApp, membuat semua komunikasi lebih mudah. Karena WhatsApp termasuk aplikasi perpesanan yang banyak dipakai oleh semua kalangan pengguna. Melalui aplikasi WhatsApp, kita dapat berkirim foto, pesan teks, video, dokumen hingga lokasi. Salah satu fitur yang ditawarkan WhatsApp dan banyak disukai ialah WA grup.

Fitur WhatsApp grup menghadirkan ruang-ruang berbentuk grup agar dapat saling berkomunikasi. Biasanya untuk mengikuti grup, maka seseorang perlu diundang terlebih dahulu lewat link. Apabila Kamu berencana untuk membuat grup, tentu saja harus mengetahui cara membuat link grup WhatsApp. Dengan demikian, apabila ingin mengundang teman di sebuah grup, maka mereka bisa langsung masuk lewat link tersebut supaya permintaan bergabung dapat diproses segera.

Cara Membuat Link Grup WhatsApp

Cara Membuat Link Grup WhatsApp
Membuat Link Grup WhatsApp

Membuat Link Grup WhatsApp Untuk Dibagikan

Dengan membuat grup WhatsApp, dapat memudahkan informasi penting yang perlu disampaikan dalam sekali kirim saja. Jadi, Kamu tak perlu lagi melakukan broadcast ke banyak orang sehingga dapat menghindari terjadinya miskomunikasi. Akan tetapi, dengan membuat grup WhatsApp membuat semuanya menjadi lebih gampang.

Kamu dapat menyapa lebih banyak orang yang ada di dalam grup. Kamu juga tidak perlu lagi menyampaikan informasi secara berulang kali. Untuk itu, penting sekali memperhatikan grup terutama untuk sebuah tugas atau pekerjaan. Adapun cara pembuatan link grup WhatsApp itu sendiri hanya dapat dilakukan jika Kamu posisinya sebagai admin grup.

Dengan kata lain, jika Kamu hanyalah anggota grup, maka sebaiknya minta admin membagikan link tersebut. Biasanya admin grup mengundang anggota grup WhatsApp dengan cara memasukkan nomor ponsel. Sebenarnya cara ini dapat dilakukan apabila dalam grup tersebut hanya berniat untuk mengundang 5-10 orang saja.

Namun, bagainmana jika Kamu harus mengundang ratusan orang ke dalam grup? Tentu saja memasukkan nomor hp mereka satu per satu akan menghabiskan banyak waktu dan terbilang ribet. Maka dari itu, WhatsApp mempermudah penggunanya untuk bisa mencoba cara membuat link grup WhatsApp.

1. Buat Grup WA dan Jadi Admin

Cara membuat link grup WhatsApp yang pertama ialah Kamu wajib membuat grup WA lebih dulu. Tentu saja, untuk bisa membuat link Kamu harus berperan sebagai admin lebih dulu. Jika Kamu bukan orang yang membuat grup WhatsApp tersebut, Kamu bisa meminta admin menjadikanmu sebagai admin di grup WA tersebut. Sehingga Kamu mempunyai akses untuk dapat membuat link WhatsAp.

Namun apabila Kamu ingin membentuk grup WhatsAp yang baru, ada beberapa langkah yang bisa dicoba berikut ini :

  • Pertama-tama, silahkan buka WhatsApp lalu pilih menu di samping kanan bagian bawah.
  • Pilih opsi new grup jika ingin membuat grup yang baru.
  • Silahkan pilih kontak mana saja yang akan Kamu jadikan anggota pada grup WhatsApp tersebut.
  • Jika sudah memilih anggota, selanjutnya Kamu tinggal memberikan nama pada grup WA tersebut dan selesai.
  • Kini secara otomatis, Kamu pun bisa membuat link grup WhatsApp karena sudah menjadi admin grup untuk membagikan link tersebut ke anggota baru.

2. Masuk ke Opsi Info Grup

Langkah cara membuat link grup WhatsApp selanjutnya kini Kamu telah menjadi admin grup. Untuk mengetahui link grup WhatsApp tersebut, Kamu tinggal masuk ke menu info grup. Adapun caranya dengan memasuki grup chat WhatsApp. Klik info grup pada nama grup atau chat WhatsApp. Selanjutnya Kamu akan langsung dialihkan menuju info grup WhatsApp.

3. Memilih “Invite via Link”

Cara selanjutnya ialah pilih menu Undang melalui tautan atau invite via link. Ketika Kamu hendak mengundang, ada 2 pilihan cara yang ditawarkan WhatsApp. Opsi pertama ialah Add Participant, yang artinya mengundang lewat kontak yang telah tersimpan pada hp.

Metode pertama tersebut memungkinkan orang lain secara otomatis masuk ke grup sesudah memilih kontak anggota yang diinginkan. Asalkan Kamu harus mengetahui kontak tersebut lalu menyimpannya pada ponsel. Sedangkan cara kedua ialah dengan cara membagikan link atau tautan . Silahkan klik “Invite via link” sampai Kamu ditampilkan link grup yang tersedia.

4. Memilih Tindakan Untuk Membagikan Link

Di halaman berikutnya, Kamu disuguhkan beberapa opsi menu. Di opsi pertama, Kamu bisa melihat link grup WhatsApp tersebut. Apabila ingin membagikan link lewat aplikasi yang ada di hp, silahkan klik link tersebut. Selanjutnya akan muncul aplikasi-aplikasi yang dapat dihubungkan langsung atau untuk membagikan tautan grup WhatsApp. Lalu, ikuti langkah-langkah berikut :

  • Baikan link lewat chat di WA. Seperti ketika Kamu ingin membagikannya ke dalam kontak yang masih belum disimpan.
  • Selanjutnya salin link tersebut, lalu ketik salin link kemudian paste-kan pada aplikasi lain saat membagikan link.
  • Bagikan link atau tautan tadi ke aplikasi lain, caranya hampir sama seperti cara yang pertama.
  • Bagikan QR Code jika Kamu ingin membagikan tautan lewat media elektronik atau cetak.

Keuntungan Link Grup WhatsApp

Dengan adanya link grup WhatsApp, tentu sangat mempermudah. Kamu dapat membagikan link tersebut dengan mudah. Misalnya saja, jika Kamu hendak membuat grup komunitas pencinta tanaman. Maka jika Kamu ingin mencari anggota yang memiliki hobi yang sama, Kamu dapat membagikan link tersebut dengan mudah ke IG, Facebook hingga poster.

1. Tak Membutuhkan Kontak yang Disimpan

Sebagian orang mungkin merasa menyimpan kontak nomor telepon cukup merepotkan, atau karena alasan sudah terlalu banyak kontak nomor telepon yang disimpan. Dengan adanya fitur membagikan link grup WhatsApp, kamu tidak perlu lagi menyimpan kontak terlalu banyak. Selain itu, Kamu juga tak perlu harus mengundang anggota lain untuk masuk ke grup serta harus mengetahui kontak mereka. Dengan demikian bisa lebih menghemat penggunaan memori hp.

2. Anggota yang Baru Akan Masuk Otomatis

Tak perlu banyak proses jika ingin memasukkan anggota baru ke dalam grup. Kamu bisa memungkinkan kontak tertentu yang dibagikan link untuk mengklik link tersebut saja dan mereka pun secara otomatis langsung masuk ke grup. Sehingga ada kemudahan bagi siapapun yang ingin bergabung.

3. Siapapun Dapat Menentukan Pilihan Untuk Bergabung

Saat admin mendaftarkan anggota grup untuk bergabung ke grup, maka kontak yang diundang admin pun bisa langsung masuk. Lain halnya jika Kamu menerima link undangan masuk ke grup, keputusan apakah ingin bergabung ke grup atau tidak, tentu ada ditanganmu. Jika tidak terpaksa, Kamu bisa bergabung ke grup tersebut.

Hal ini tentu ada kelebihan serta kekuranganya tersendiri. Sebenarnya cara membuat link grup WhatsApp cukup mudah dan admin tinggal membagikannya. Hanya saja kekurangannya yaitu, keanggotaan grup menjadi terbatas, dan tidak ada kontrol siapa saja yang bergabung.

Dengan cara membuat link grup WhatsApp ini, memungkinkan Kamu untuk mendapatkan alternatif cara mengundang anggota grup apabila grup di WhatsApp sudah penuh. Namun cara ini juga biasanya tidak berlaku jika grup sudah terlampau memiliki banyak anggota. Kamu dapat mematikan link jika memang sudah tidak ingin mengundang anggota kembali.

Related posts