Cara Cek RAM Hp ASUS

  • Whatsapp

Bagi Kamu pengguna HP ASUS atau baru hendak membeli HP Asus, alangkah baiknya mengetahui cara cek RAM Hp ASUS terlebih dahulu. Telah kita ketahui bersama bahwa memori internal dan RAM adalah komponen paling utama yang biasanya mempengaruhi performa perangkat itu sendiri. Selain Hp ASUS, ssemua merk HP sedikit banyaknya dipengaruhi oleh kapasitas RAM dan internal storage itu sendiri.

RAM (Random Access Memory) ialah memori yang dapat diakses dengan cara acak seusai kebutuhan. Artinya, memori tersebut mempunyai media penyimpanan sementara pada program yang tenagh dijalankan di dalam perangkat ASUS.

Sementara Memori Internal sendiri biasanya berperan untuk menyimpan data-data program, baik berupa game, aplikasi, video, foto, dokumen, dan file-file lainnya. Sesudah program di dalam memori internal dijalankan,  maka barulah RAM digunakan pada waktu itu juga.

Kapasitas RAM penting sekali karena berpengaruh pada kemampuan perangkat itu sendiri. Jadi, semakin kecil RAM yang dibawa oleh sebuah perangkat, akan semakin lambat pula kinerja ponsel tersebut. Oleh karena itu, bagi Kamu yang hendak membeli Hp ASUS, sebaiknya ketahui cara cek RAM Hp ASUS terlebih dahulu.

Cara Cek RAM HP ASUS

Cara Cek RAM Hp Asus
Mengecek RAM Hp Asus

Mengecek RAM HP ASUS yang Tersisa

Cara cek RAM HP ASUS di sini berlaku bagi Kamu yang sudah memiliki Hp ASUS dan ingin mengecek kapasitas RAM di HPmu. Berikut panduannya!

1. Cek RAM Asus Zenfone

Berikut langkah-langkah cara mengecek RAM HP ASUS yang bisa Kamu coba di bawah ini :

  • Pertama-tama silahkan ambil HP Asus Zenfone milikmu.
  • Jika sudah, apabila Asus Zenfone-mu memakai layanan bahasa Inggris, silahkan buka opsi Setting. Sedangkan jika memakai layanan bahasa Indonesia, Kamu bisa membuka opsi “Pengaturan”.
  • Sesudah masuk ke menu pengaturan atau setting tadi, silahkan pilih opsi Apps atau aplikasi.
  •  Selanjutnya, Kamu akan masuk ke Manager Aplikasi atau App Manager di Hpmu. Setelah itu, silahkan geser ke samping kanan dan silahkan pilih Running. 
  • Kini perhatikan pada bagian bawah App Manager tadi di Asus Zenfone-mu tepat di samping kiri, Kamu akan melihat tampilan jumlah kapasitas RAM Asus yang sudah dipakai, sementara di sebelah kanan ialah kapasitas RAM yang tersisa.
Terkait:  Cara Mengunci Jaringan 4G Xiaomi

Jika kapasita RAM Hpmu sudah hampir penuh, maka sebaiknya hentikan aplikasi-aplikasi yang sedang berjalan di bagian belakang background supaya Hpmu tidak ngehang atau lemot.

Apabila tahap-tahap cara cek RAM Hp Asus di atas dilakukan dengan benar, Kmau bisa mendapatkan 2 manfaat sekaligus, yang pertama Kamu dapat mengecek RAM Hpmu dan kedua Kamu dapat menambah jumlah kapasitas RAM Hp Asus dengan menghentikan beberapa aplikasi yang kurang penting. Dengan demikian, kapasitas RAM lebih leluasa dan kinerja Hpmu lebih maksimal.

2. Cek RAM ASUS Zenfone Max Pro M2

Jika Kamu memakai Hp Asus Zenfone Max Pro M3, maka Kamu bisa melakukan cek RAM Asus Zenfone Max Pro M2, berikut ini :

  • Silahkan masuk ke opsi setelan atau setting, di sini Kamu akan melihat ikon bergerigi.
  • Setelah itu, silahkan klik pada gambar “Sistem”.
  • Kamu bisa masuk ke Sistem lalu klik menu “Tentang Ponsel”.
  • Nah, dari menu “Tentang Ponsel” ini Kamu akan melihat menu “About Phone” ada banyak informasi yang bisa Kamu ketahui dari menu tersebut, dan salah satunya ialah tentang kapasitas RAM ponselmu.

Selain cara cek RAM Hp Asus di atas, Kamu juga bisa mengecek pemakaian RAM, baterai dan CPU dengan mengunduh aplikasi di Play Store.

Mengecek RAM HP Asus Lainnya

Selain mengecek RAM HP Asus menggunakan aplikasi, pengguna smartphone android merk lainnya juga bisa mengecek kapasitas RAM dengan cara cek RAM Hp Asus berikut ini :

1. Cek RAM Hp Asus Via Simple System Monitor

Cara yang bisa Kamu lakukan untuk mengecek RAM hp Asus atau merk lainnya, Kamu bisa memakai aplikasi yang diinstall di Google Play Store. Salah satu aplikasi tersebut ialah Simple System Monitor. Kamu bisa mengecek spesifikasi keseluruhan sistem di Hp androidmu.

Terkait:  Cara Cek Masa Aktif Kuota IM3

Dalam aplikasi ini, ada diagram yang dapat dipakai untuk mengecek seberapa besar hardware bekerja. Selain itu, tentu saja sangat berguna untuk memantau performa Hpmu. Berikut ulasannya :

  • Download dan install Simple System Monitor di Play Store terlebih dahulu. Silahkan buka aplikasinya.
  • Geser ke sebelah kanan, selanjutnya Kamu akan menjumpai tab RAM. Dari sini, biasanya ada informasi kapasitas total RAM Hp Asus-mu sekaligus kapasitas memori yang telah digunakan.

2. Cek RAM HP Asus via CPU-Z

Aplikasi yang bisa dipakai untuk mengecek RAM selanjutnya ialah CPU-Z. Dimana aplikasi yang satu ini adalah aplikasi khusus untuk pengecekan spesifikasi Hpmu. Baik ukuran layar, prosesor, dan memori internal/eksternal ditampilkan pada aplikasi ini. Tentu saja, Kamu juga bisa mengetahui kapasitas RAM.

Dalam aplikasi ini, kapasitas RAM biasanya ditampilkan dengan jelas jadi Kamu tak perlu lagi harus mencari cara cek RAM Hp Asus lainnya. Berikut ulasan cara cek RAM Hp Asus memakai aplikasi CPU-Z, diantaranya :

  • Silahkan unduh dan install aplikasi CPU-Z terlebih dahulu di Play Store.
  • Kemudian buka aplikasi tersebut dan geser ke arah device.
  • Selanjutnya cek kolom kapasitas total RAM.

Dari sini, Kamu akan mengetahui ukuran RAM Hp androidmu. Selain itu, ada spesifikasi lainnya yang juga terlihat, seperti pemakaian dan jumlah RAM yang tersisa.

3. Cek RAM HP ASUS via Aplikasi CPU X

Selain CPU-Z , Kamu juga bisa memanfaatkan cara cek RAM Asus menggunakan aplikasi CPU-X. Sebenarnya penggunaannya sama saja seperti pada aplikasi CPU-Z, berikut ulasannya :

  • Silahkan unduh dan install aplikasi CPU-X di sini!
  • Jika aplikasi CPU-X sudah berhasil terpasang, silahkan buka aplikasinya.
  • Pilih “memory” jika Kamu hendak mengecek kapasitas RAM-nya.
  • Selanjutnya Kamu akan mengetahui informasi sisa pemakaian RAM, total RAM dan RAM yang digunakan.
Terkait:  Cara Cek Pulsa 3

4. Cek RAM Hp ASUS Melalui Dus HP

Nah, cara cek RAM HP Asus ini digunakan bagi Kamu yang hendak membeli HP Asus tapi ingin mengetahui RAM-nya terlebih dahulu.

Kamu bisa memakai dus Hp sepaket dengan pembelian. Karena di dalam dus ini biasanya tertulis atau tertera spesifikasi HP yang digunakan. Semisal nomor IMEY, kapasitas RAM, versi sistem dan CPU.

Sementara untuk mengetahui kapasitas RAM biasanya tertulis pada kapasitas penuhnya. Seperti 4GB, 3GB, 2GB, dan lainnya.

Itulah beberapa cara cek RAM Hp ASUS yang bisa Kamu gunakan. Diantara langkah-langkah yang sudah disebutkan di atas, Kamu bisa memilih cara mana yang termudah.

Cara mengecek RAM HP ASUS di atas berlaku bagi Kamu yang sudah memiliki HP Asus dan ada pula cara yang bisa dilakukan bagi yang baru hendak membeli perangkat Asus. Untuk penggunaan aplikasi sendiri juga bisa digunakan bagi Kamu yang memiliki hp android lainnya selain Asus. Bagaimana, mudah kan?

 

Related posts