Cara Menonaktifkan Kartu XL

Cara Menonaktifkan Kartu XL

Bagaimana cara menonaktifkan kartu XL? Menggunakan perangkat hp untuk berbagai aktivitas kini memang telah menjadi kebutuhan penting bahkan bisa dikatakan sebagai kebutuhan primer. Terutama bagi orang-orang yang pekerjaannya selalu mengandalkan perangkat hp.

Penggunaan Hp sendiri awalnya digunakan sebagai alat komunikasi, baik untuk SMS atau menelepon. Akan tetapi, seiring perkembangan teknologi yang semakin canggih, membuat penggunaan Hp kini menjadi lebih berkembang. Bahkan kita bisa memanfaatkannya untuk menonton TV online, menyaksikan live streaming, membuka berbagai platform media sosial dan lain sebagainya.

Mengingat kebutuhan internet yang juga semakin tinggi, tak heran jika banyak provider yang menawarkan berbagai macam produk unggulan demi memikat perhatian masyarakat. Sehingga banyak masyarakat yang beralih menggunakan produk mereka. Ada banyak pilihan paket yang ditawarkan dengan harga terjangkau, semisal paket SMS sepuasnya, paket nelpon sepuasnya, hingga paket kuota data yang harganya sangat terjangkau.

Pilih Provider Dengan Cermat

Ada beberapa provider yang menawarkan beberapa paket unggulannya, namun bagi kamu yang baru pertama kali ingin menggunakan kartu sesuai dengan kebutuhan, maka harus cermat dalam memilih paket. Pertama kamu harus tahu apakah kartu yang kamu butuhkan adalah kartu prabayar atau kartu pascabayar, dengan demikian kamu bisa memilih mana provider yang cocok untuk kebutuhanmu.

Jika Kamu belum menggunakan provider XL, tentu saja harus berkenalan dengan beberapa pilihan paket XL di bawah ini terlebih dahulu :

1. Paket Akrab

Paket ini merupakan paket yang dikhususkan untuk internetan sekeluarga dirumah, kamu cukup membayar paketnya mulai dari Rp. 55 rb sampai Rp. 450 ribu. Fitur yang tersedia pada paket Akrab Telkomsel sendiri telah mendapatkan potongan harga menarik.

Kuota yang akan kamu terima ketika sudah mengaktifkan paket ini adalah kuota bersama mulai dari 10 GB hingga 160 GB dan bonus kuota pribadi mulai dari 9 GB hingga 75 GB. Selain itu kamu akan mendapatkan akses unlimited ke beberapa aplikasi seperti Whatsapp, Google Maps, Zoom, Microsoft, Google Class Meet, dan beberapa aplikasi lainnya.

Bukan hanya itu saja, dengan memiliki paket akrab ini kamu bisa gratis menelpon dan SMS ke semua pengguna XL dan AXIS.

Bagi kamu yang sudah berkeluarga tentu sangat cocok sekali menggunakan paket Akrab ini dengan kuota yang sangat berlimpah, caranya adalah dengan membeli kartu perdana Akrab dari xl. Jangan lupa untuk masa aktif nya adalah 30 hari.

2. Xtra Combo Mini

Ini adalah salah satu paket andalan XL lainnya, yakni paket Xtra Combo Mini. Paket menarik yang ditawarkan oleh XL ini menyediakan kuota utama beserta bonus kuota Youtube selama satu minggu, tentu saja harganya yang sangat terjangkau.

Ada beberapa pilihan Xtra Combo Mini yang bisa Kamu coba, diantaranya :

  • Xtra combo mini 1,5 GB : harganya Rp. 8.800,- dengan kuota utama sebesar 1 GB dan kuota youtube sebesar 500 Mb, untuk bonus kuota lokal sebesar 4 GB.
  • Xtra combo mini 2,5 GB : harganya Rp. 12.500,- dengan kuota utama sebesar 1,5 GB dan kuota youtube sebesar 1 GB, untuk bonus kuota lokal sebesar 7 GB.
  • Xtra combo mini 4 GB : harganya Rp. 16.000,- dengan kuota utama sebesar 2 GB dan kuota youtube sebesar 2 GB, untuk bonus kuota lokal sebesar 10,5 GB.
  • Xtra combo mini 6 GB : harganya Rp. 20.000,- dengan kuota utama sebesar 3 GB dan kuota youtube sebesar 3 GB, untuk bonus kuota lokal sebesar 14,5 GB.
  • Untuk keseluruhan paket pada xtra combo mini dengan masa aktif sampai 7 hari, jadi manfaatkan waktu tersebut untuk menggunakan paket semaksimal mungkin.

Regulasi Pemerintah Terkait Aktivasi Kartu

Saat ini kebijakan pemerintah terkait aktivasi kartu harus menggunakan NIK yang benar, artinya setiap warga Negara akan secara otomatis terdeteksi menggunakan kartu prabayar yang dipergunakan. Bahkan akan langsung terekam oleh pemerintah. Hal tersebut dimaksudkan untuk menghindari kejahatan yang sangat marak seperti penipuan berkedok undian, hingga penipuan yang isinya meminta pertolongan meminta sejumlah uang.

Cara registrasinya cukup mudah, bagi kamu yang baru pertama kali, nanti pada saat pertama kali akan langsung di arahkan ke menu registrasi yang mewajibkan kamu untuk mengisi beberapa pertanyaan.

Namun, bagaimana jika kamu ingin melakukan unreg atau menonaktifkan kartu dengan alasan tertentu? Cara menonaktifkan kartu XL juga tidak terlalu sulit. Karena itu, Kamu bisa melakukan penonaktifan kartu secara mandiri. Begitu pula dengan kartu XL yang kamu miliki, karena alasan tertentu yang mengharuskanmu melakukan unreg kartu XL. Misalnya tanpa sengaja nomor XL-mu selalu diteror oleh orang tak dikenal.

Saat ini cara menonaktifkan kartu XL penting sekali dilakukan, mengingat pihak pemerintah telah membatasi penggunaan SIM Card kepada setiap masyarakat dengan maksimal hanya 3 kartu saja. Artinya, kamu tidak bisa melakukan registrasi kartu yang ke 4 selain kamu melakukan menonaktifkan kartu sebelumnya yang kamu miliki.

Cara Menonaktifkan Kartu XL

Cara Menonaktifkan Kartu XL
Menonaktifkan Kartu XL

Menonaktifkan Kartu XL Mudah

Ada dua cara jika kamu ingin menonaktifkan kartu XL, yaitu dengan cara mengirimkan SMS dan melakukan panggilan. Berikut tata caranya :

1. Menonaktifkan Kartu XL via SMS

Cara menonaktifkan kartu XL via SMS bisa dikatakan cukup simpel, karena Kamu hanya tinggal mengikuti langkah – langkah nya berikut ini :

  • Buka menu SMS dengan klik ikon pada layar HP kamu.
  • Masukkan nomor pengirim yaitu 44444.
  • Ketikkan pesan berikut ini dengan format UNREG#No HP#
  • Kirim pesan tersebut.

Tunggu hingga beberapa saat sampai ada pemberitahuan yaitu balasan dari 44444 bahwa proses UNREG sudah berhasil.

2. Menonaktifkan Kartu XL via Menu Panggilan

Sebenarnya cara menonaktifkan kartu XL via menu panggilan bisa dibilang sangat mudah. Bahkan Kamu bisa melakukannya tanpa menggunakan pulsa reguler sekalipun. Adapun caranya ialah sebagai berikut :

  • Pilih ikon panggilan pada layar HP kamu, biasanya ikon berbentuk gagang telpon
  • Ketik berikut ini : *123*4444#
  • Tunggu beberapa saat hingga muncul pemberitahuan dari 44444.

Baik cara SMS ataupun dengan cara panggilan, caranya cukup sederhana untuk dilakukan di HP kamu. Jika proses UNREG telah berhasil, kamu bisa beralih ke nomor xl lainnya dan mengaktifkan paket internet seperti yang dijelaskan pada pembahasan sebelumnya.

Cara Mengatasi Kartu XL yang Hilang

Bagaiamana jadinya jika kamu ingin memiliki kartu baru namun terhalang oleh kebijakan pemerintah yang mengharuskan memiliki maksimal 3 kartu saja dengan alasan kartu sebelumnya hilang? Kamu tidak perlu khawatir karena hal tersebut bisa kamu atasi dengan menghubungi ke Customer service xl melalui twitter pada @myXLCare. Layanan ini sangat membantu kita sebagai pengguna ketika kita mengalami keluhan terkait kartu XL yang digunakan.

Sama halnya dengan keluhan untuk menonaktifkan kartu XL. Caranya, cukup menyampaikan keluhanmu dengan menghubungi CS XL via twitter @myXLCare. Jika sudah, silahkan tunggu balasan terkait proses pemblokiran kartu XL yang Kamu pakai.

Demikianlah ulasan tentang cara menonaktifkan kartu XL yang bisa Kamu lakukan. Silahkan pilih salah satu cara yang bisa Kamu gunakan sesuai dengan kebutuhan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Related posts