Cara Mematikan Alarm Mobil

  • Whatsapp

Meskipun alarm berfungsi sebagai salah satu fitur keamanan pada mobil, namun terkadang pengemudi menjadi terganggu dengan bunyi alarm di mobil. Inilah yang membuat pengemudi harus mematikan alarm mobilnya. Cara mematikan alarm mobil juga sebenarnya cukup mudah. Cara ini bisa dilakukan apabila Kamu merasa terganggu dengan bunyi alarm yang terus menerus.

Sebenarnya alarm mobil dibuat sebagai sebuah sistem pengaman pada mobil yang fungsinya untuk mencegah beberapa hal yang tak diinginkan, baik itu pencurian, dan lain sebagainya. Alaram mobil biasanya akan menghasilkan bunyi yang terdengar cukup nyaring. Di samping itu, alarm mobil biasanya digunakan bersamaan dengan fitur central lock agar kendaraan lebih aman.

Namun seringkali sistem alarm pada mobil mengalami masalah. Tak jarang alarm mengeluarkan bunyi atau suara tanpa alasan, biasanya disebabkan oleh terjadinya kerusakan dalam sistem sensor, modul alarm maupun remot alarm. Hal ini tentu saja selain menggangumu sebagai pengemudi, tetapi juga dapat mengganggu kenyamanan orang di sekitar.

Kondisi inilah yang membuat kita terkadang cemas. Selain itu, bisa juga dikarenakan kita membuka pintu mobil secara paksa sehingga membuat alarm berbunyi terus menerus. Namun sebelum mencari cara mematikan alarm mobil, sebaiknya ketahui dulu apa penyebab alarm berbunyi terus menerus.

Faktor Penyebab Alarm Mobil Berbunyi Sendiri

Berikut ini, ada beberapa faktor penyebab alarm mobil berbunyi sendiri yang perlu Kamu ketahui. Diantaranya sebagai berikut :

1. Pintu yang Masih Terbuka

Faktor penyebab alarm pada mobil yang berbunyi sendiri ialah pintu mobilmu dalam keadaan masih terbuka. Ketika menutup pintu, biasanya pintu mobil terlihat seperti sudah menutup padahal masih belum menutup sempurna. Inilah kondisi yang membuat alarm mobilmu berbunyi secara tiba-tiba. Mengingat sensor alarm mobil mendeteksi sinyal pada pintu mobil sebagai bagian sistem keamanannya.

Terkait:  Cara Cepat Belajar Mobil

2. Tingkat Sensitivitas Pada Modul Alarm

Modul alarm juga kerap menjadi salah satu penyebab alarm pada mobil berbunyi tiba-tiba. Tugas dari modul alarm ialah menangkap getaran di sekitar mobil. Dimana getaran tersebut dapat berbentuk suara, gerakan objek tertentu yang melintas di area sekitar mobil dan getaran pada mobil lain.

Dengan semakin tinggi sensitivitas pada modul alarm, biasanya akan semakin tinggi juga tingkat kepekaan menangkap getaran di area sekitar mobil. Bahkan getaran kecil semisal gerakan hewan sekalipun yang melintas bisa langsung tertangkap dan memicu alarm mobilmu untuk berbunyi.

3. Kerusakan Komponen Alarm

Sistem alarm juga menjadi salah satu faktor penyebab bunyi alarm mobil yang timbul tiba-tiba. Hal ini biasanya mungkin saja ada kerusakan pada komponen alarm, sehingga alarm mobil pun berbunyi. Kerusakan komponen biasanya akan mengakibatkan sistem alarm tak dapat bekerja dengan cara normal. Sehingga alarm akan mengeluarkan bunyi secara tiba-tiba dalam situasi yang tidak tepat.

4. Masalah Baterai Central Lock

Pada sistem keamanan mobil, central lock merupakan komponen yang bertanggung jawab untuk mengunci seluruh pintu mobil pada satu sakelar. Akan tetapi, central lock pun ternyat dapat menjadi penyebab alarm mobil tiba-tiba saja berbunyi atau terus-terusan berbunyi. Biasanya hal ini dikarenakan baterai pada central lock yang habis.

5. Sensor Kap Mesin Rusak

Penyebab terakhir alarm mobil berbunyi tiba-tiba juga diakibatkan oleh adanya kerusakan sensor kap mesin. Kerusakan sensor kap mesin ini akan menyebabkan kap mesin selalu terbuka. Sehingga sensor pada kap mesin tersebut akan langsung terbaca oleh sistem alarm dan akhirnya menimbulkan bunyi.

Penyebab alarm pada mobil yang berbunyi sendiri atau tiba-tiba memang bermacam-macam. Oleh karena itu, Kamu harus mengecek penyebabnya terlebih dahulu untuk memastikan cara mematikan alarm mobil dapat bekerja dengan baik.

Terkait:  Cara Jual Mobil

Cara Mematikan Alarm Mobil

Cara Mematikan Alarm Mobil
Tutorial Mematikan Alarm Mobil

Bagaimana Mematikan Alarm Mobil yang Berbunyi Sendiri?

Jika Kamu merasa risih atau tidak nyaman saat mendengar bunyi alarm mobilmu yang terjadi tiba-tiba bahkan terus menerus, langsung saja simak tutorial cara mematikan alarm mobil berikut :

1. Hidupkan Mesin Mobil Seperti Biasa

Untuk mematikan alarm pada mobil yang berbunyi tiba-tiba adalah dengan cara menghidupkan mesin mobil seperti biasa. Silahkan masukkan kunci mobil atau kunci kontak dan lakukan start mobil. Untuk beberapa jenis kendaraan, teknik ini bisa dipakai untuk mematikan bunyi alarm pada mobil.

Sehingga alarm mobilmu akan mati akibat mendeteksi kunci kontak original yang dipakai saat menstrarter mobil. Akan tetapi, untuk beberapa kendaraan yang lainnya, cara ini tidak bisa dilakukan. Jika demikian, kamu bisa mencoba cara lainnya.

2. Tekan Tombol Silend Pada Remote

Biasanya pada mobil yang telah dilengkapi oleh alarm sudah dibekali remot jarak jauh untuk digunakan saat membuka dan mengunci pintu. Di dalam remote inilah, Kamu akan menemukan tombol silent atau simbol speaker yang dicoret alias disilang. Nah, tombol inilah yang bisa mematikan alarm mobilmu yang berbunyi.

Jika tidak ada penyebab lain yang membuat alarm mobilmu berbunyi, saat menekan tombol tersebut maka suara alarm pada mobil bisa langsung mati.

Dengan cara mematikan alarm mobil yang berbunyi ini, biasanya alarm akan mati sampai Kamu menyalakan alarmnya kembali. Adapun untuk menyalakan alarm mobil, Kamu hanya perlu menekan silent beberapa lama sampai muncul tanda bunyi pada alarm mobil. Sehingga alarm mobil pun akan aktif lagi sebagai mode pengaman mobil.

3. Posisikan Kunci Kontak ACC On dengan Cara Periodik

Dalam beberapa situasi, tak jarang pengemudi kelupaan menyimpan remote mobil bahkan bisa saja hilang. Maka dari itu, Kamu memerlukan cara mematikan alarm mobil yang berbeda. Untuk mematikan alarm pada mobil tanpa menggunakan remote, Kamu bisa melakukan langkah-langkah berikut :

  • Masukkan kunci dalam kunci kontak.
  • Lalu posisikan kunci kontak mobilmu dalam posisi ON.
  • Kemudian ganti posis pada kunci kontak yang tadiny dari posisi ON ke dalam posisi ACC dengan cara berulang hingga 10 kali.
Terkait:  Cara Bayar Pajak Motor Online

Cara di atas bisa menyebabkan sistem pada alarm menjadi mati. Di samping itu, biasanya lampu hazard mobil pun ikut berkedip dan mati secara perlahan.

4. Menekan Tombol Kombinasi Pada Tombol Remote

Dalam tombol remote kendaraan roda empat tak semua mempunyai tombol silent. Biasanya pada remote yang tidak mempunyai tombo silent, telah dilengkapi oleh tombol unlock dan lock.

Jika Kamu ingin mematikan sistem alarm pada mobil bisa dengan cara menekan kombinasi antara tombol unlock dengan lock. Akan tetapi, sebelumnya pastikan seluruh pintu mobil dalam keadaan tertutup rapat. Lalu tekan lock kemudian unlock, tekan lagi lock dan lock. Pastikan Kamu menekannya dengan cepat.

Sementara bagi remote yang memiliki tombol speaker, biasanya ada kombinasi tombol yang agak berebda. Kamu hanya perlu memastikan pintu mobil tertutup rapat. Lalu tekan speaker dan lock. Jika ada bunyi, maka alarm pada mobil pun sudah dalam keadaan mati alias silent.

5. Matikan Alarm dengan Melepas Sekering Alarm atau Fuse

Jika dalam keadaan darurat alarm masih tetap berbunyi, cara yang bisa Kamu lakuakn satu-satunya ialah dengan cara melepas sumber aliran pada arus listrik menuju module alarm. Caranya cukup melepas sekering alarm atau fuse agar aliran arus tersebut terputus.

Sedangkan cara lainnya ialah melepas bagian terminal positif pada baterai. Tapi ingat, pada beberapa tipe mobil jika melepas bagian terminal positif pada baterai sembarangan bisa membuat ecu restart, hingga akhirnya membuat mobilmu sulit dinyalakan.

Nah, itulah 5 cara mematikan alarm mobil yang berbunyi secara tiba-tiba alias terus menerus yang bisa Kamu coba salah satunya. Namun pastikan terlebih dahulu Kamu mengetahui faktor penyebab alarm tersebut berbunyi. Bagaimana, mudah kan?

Related posts