Cara Mendapatkan Uang dari Tiktok

Cara Mendapatkan Uang dari Tiktok

Aplikasi Tiktok memang sudah sangat akrab bagi kaum milenial. Aplikasi yang identik dengan video dan jogetan dari anak muda ini memang telah berkembang begitu pesat. Namun lebih dari itu, ternyata Tiktok juga bisa dijadikan sebagai ajang penghasil uang. Karena Kamu bisa mencoba cara mendapatkan uang dari Tiktok dengan mudah.

Mengenal Aplikasi Tiktok

Tiktok adalah sebuah platform jejaring sosial yang mana para penggunanya dapat merekam video berdurasi singkat yang diiringi musik. Awalnya aplikasi video ini bernama Douyin, dan dirilis perushaaan China bernama ByteDance sejak tahun 2016. Tak butuh waktu lama karena baru setahun saja, Douyin sudah mempunyai pengguna hingga 100 juta pengguna yang ada di China.

Read More

Melalui keberhasilannya inilah, aplikasi ini akhirnya melakukan rebranding dan namanya berganti menjadi TikTok. Adapun tujuannya ialah supaya bisa lebih diterima oleh pangsa pasar secara global. Akhirnya usaha tersebut pun berhasil. Hal ini terbukti dari aplikasi Tiktok yang kini mempunyai miliaran pengguna aktif yang ada di seluruh dunia.

Bahkan di negara Indonesia sendiri, kemunculan Tiktok awalnya kontroversial dan dianggap sebelah mata. Bahkan aplikasi ini sempat diblokir pada tahun 2018 oleh Kominfo.

Akan tetapi, Tiktok pun mulai bersinar kembali saat ini. Bahkan sejak tahun 2020 kemarin, pengguna Tiktok sudah tembus hingga 22,2 juta.

Cara Mendapatkan Uang dari Tiktok

Cara Mendapatkan Uang dari Tiktok
Mendapatkan Uang dari Tiktok

Tutorial Mendapatkan Uang dari Tiktok

Ada beberapa tutorial cara mendapatkan uang dari Tiktok yang bisa Kamu coba agar bisa memanfaatkan aplikasi Tiktok sebagai penghasil uang. Berikut ulasannya :

Metode 1 : Menjalankan Misi yang Diberikan Tiktok

Untuk mendapatkan penghasilan dari Tiktok, tentu saja Kamu harus mengikuti misi yang diberikan. Misi ini harus diselesaikan supaya Kamu dapat meraih hadiah dari Tiktok. Hadiah yang didapat biasanya berbentuk koin Tiktok untuk dapat dikonversikan ke dalam uang.

Berdasarkan ketentuan Tiktok sendiri, 10 koin Tiktok memiliki nilai Rp. 1. Dengan begitu, jika Kamu sukses mengumpulkan sebanyak 25.000 koin, Kamu pun akan mendapatkan uang senilai Rp. 2.500. Jika Kamu mampu menjalankan misi tersebut, maka dengan memanfaatkan waktu luangmu bermain Tiktok bisa berpotensi mendapatkan tambahan penghasilan.

Sebenarnya ada 2 misi yang diadakan oleh Tiktok untuk para penggunanya, diantaranya berikut ini :

1. Mengundang Teman

Misi yang harus diselesaikan yang pertama ialah mengundang teman. Kamu dapat menghasilkan uang dari aplikasi Tiktok dengan mengundang teman agar membuat akun di aplikasi Tiktok. Berikut panduannya :

  • Pertama-tama, silahkan buka Tiktok.
  • Kemudian buka profile, caranya klik “Me” di samping kanan bawah.
  • Selanjutnya ketuk logo koin yang ada di samping kiri bagian atas profil.
  • Lalu bagikan link invitation-mu ke teman yang akan Kamu undang, lalu ketuk “Undang”.
  • Silahkan arahkan temanmu untuk mendownload Tiktok memakai link yang telah Kamu kirim.
  • Selanjutnya temanmu akan memasukkan kode invitasi darimu, lalu Kalian berdua pun akan mendapatkan keuntungan berupa hadiah dari Tiktok.

2. Menonton Video

Cara selanjutnya ialah dengan menonton video. Pihak Tiktok menawarkan misi untuk menonton video dalam periode waktu yang telah ditetapkan demi mendapatkan hadiah berupa koin. Nantinya koin tersebut dapat dikonversikan ke dalam uang. Kami harus menyelesaikan misi tersebut dengan menonton video hingga 30 menit untuk bisa mendapatkan sebanyak 7000 koin. Adapun untuk memulainya, silahkan ikuti langkah di bawah ini :

  • Silahkan buka Tiktok Apps.
  • Ketuk logo hadiah yang ada di halaman Tiktok.
  • Gulir ke bawah di opsi tulisan “Cara Lain Mendapatkan Poin”,  kemudian ketuk tombol yang berwarna merah. Mulailah untuk menonton video.

Metode 2 : Melalui Tiktok Marketing

Selain menyelesaikan misi dari Tiktok, Kamu juga bisa menghasilkan uang dengan memasarkan produk dari Tiktok. Biasanya metode ini dipakai oleh sebuah brand demi menarik pembeli dari Tiktok. Apabila Kamu mempunyai bisnis atau usaha online, tentu saja ini dapat dijadikan sebagai cara paling efektif.

Kamu dapat melakukan sistem Tiktok Marketing caranya dengan membuat iklan via Tiktok Ads. Sebenarnya Tiktok Ads tak jauh berbeda dari Instagram Ads dan Facebook Ads, karena algoritma Tiktok sendiri memungkinkan iklanmu dapat dilihat target audiens sesuai keinginan. Dalam hal ini, Tiktok akan merekam histori dari video yang telah ditonton oleh setiap penggunanya sampai menyajikan iklan lebih personal.

Metode 3 : Melalui Donasi

Cara mendapatkan uang dari Tiktok selanjutnya ialah dengan live streaming. Melalui live streaming ini, maka Kamu berkesempatan memperoleh payout coins dari viewer atau penonton. Ketika live berlangsung, maka penonton akan memberikan payout coins berupa gift sticker. Karena gift sticker ini bisa dikonversikan ke dalam uang saat sudah terkumpul dengan jumlah mencukupi.

Adpaun donasi berbentuk sticker ini diberikan sebagai bentuk apresiasi dari audiens kepada Tiktok-ers. Sticker tersebut sebenarnya tidak dimiliki audiens dengan cuma-cuma, karena mereka harus membelinya lebih dahulu. Oleh karena itu, akan ada feedback antara Tiktok-er dan penonton untuk menghargai usahanya dalam membuat konten.

Hanya saja, tak semua pengguna aplikasi Tiktok dapat melakukan live. Biasanya fitur live tersebut hanya tersedia bagi akun Tiktok yang minimal jumlah followers-nya minimal 1000. Selain itu, ada pula batasan minimal usia 16 tahun agar dapat melakukan live.

Metode 4 : Melakukan Influencer Marketing

Bagi yang ahli dalam content marketing serta mengetahui bagaimana cara kerja dari influencer, maka cara ini dapat dipertimbangkan untuk bisa menghasilkan uang di aplikasi Tiktok. Pada dasarnya melakukan metode influencer marketing dapat menjembatani antara content creator atau influencer dengan perusahaan atau brand tertentu yang akan bekerja sama.

Pasalnya peranmu sebagai seorang perantara nantinya mengelola hubungan kemitraan atau kerjasama antara brand tertentu dengan influencer Tiktok. Dapat dikatakan kamu di sini sebagai agensi influencer khusus untuk menanganai Tiktok.

Peluang ini tentu saja sangat potensial, mengingat Tiktok bisa menghasilkan ROI tinggi. Berbagai konten video singkat di Tiktok akan sangat berpotensi viral jika dibandingkan platform sosmed lainnya.

Metode 5 : Sponsored Post

Jika Kamu memiliki akun Tiktok yang jumlah followers-nya banyak, maka Kamu dapat menggunakan cara mendapatkan uang dari Tiktok yang saut ini. Postingan bersponsor atau sponsored post adalah cara untuk mempromosikan brand pada postingan konten. Sponsored post biasanya dilakukan oleh content creator atau seleb Tiktok.

Selanjutnya brand akan langsung memilih seleb Tiktok yang tepat lewat pertimbangan engagementlike, jumlah followers, hingga jumlah penayangan video di aplikasi Tiktok. Content creator ini perlu memikirkan bagaimana cara agar akunnya dilirik brand atau agensi yang bekerja sama. Seperti lebih memfokuskan konten mengunakan niche brand yang dituju.

Metode 6 : Menjual Produk di Tiktok

Jika Kamu memiliki sebuah bisnis, jangan ragu memanfaatkan Tiktok sebagai tempat untuk berjualan produk.Karena kini animo masyarakat terhadap penggunaan Tiktok sebagai media hiburan sendiri masih begitu tinggi. Jadi cukup banyak perusahaan yang merambah ke aplikasi Tiktok sebagai media promosi jualan mereka.

Nah, itulah 6 metode cara mendapatkan uang dari Tiktok dengan mudah. Kamu bisa memilih salah satu dari metode di atas untuk menghasilkan uang dari Tiktok. Bagaimana, cukup mudah bukan?

 

 

Related posts