Cara Reset Tape Mobil

Bagaimana cara reset tape mobil? Hampir seluruh mobil versi terbaru sudah dibekali oleh banyak fitur canggih, seperti sistem audio alias tape mobil. Keberadaan fitur audio di dalam mobil, pastinya bisa memberikan hiburan tersendiri saat berkendara. Selain itu, biasanya kualitas audio mobil yang dihadirkan cukup memuaskan.

Jika berbicara tentang tape mobil, pastinya Kamu pernah mendengar cara reset tape mobil. Proses ini umumnya dilakukan saat ada masalah yang terjadi pada tape mobil, seperti suara yang tidak jernih, tape mobil yang mati sendiri tiba-tiba serta masalah lainnya. Bahkan beberapa orang lebih memilih memanggil teknisi tape mobil.

Read More

Kamu harus tahu bahwa cara reset tape mobil itu sendiri dapat dilakukan sendiri. Dengan mereset tape mobil mandiri, ini artinya Kamu sudah menghemat biaya untuk perbaikan sekaligus dapat menambah pengetahuan terkait komponen yang terdapat pada tape mobil itu sendiri.

Sampai saat ini, sudah hadir banyak pilihan tape mobil yang dijajakan di toko aksesoris kendaraan atau di web jual beli secara online. Apaila mobilmu telah dipasangi oleh tape mobil, namun tape mobil sering mengalami error, maka Kamu dapat menggantinya memakai tape mobil lebih berkualitas.

Cara Reset Tape Mobil

Cara Reset Tape Mobil
Reset Tape Mobil

Tutorial Reset Tape Mobil

Ada beberapa langkah cara reset tape mobil yang dapat Kamu coba untuk mobil kesayanganmu. Tak hanya memangkas biaya, tapi dengan mereset tape sendiri Kamu bisa memahami berbagai macam komponen pada tape mobil.

Terkait:  Cara Setting Audio Mobil

Selain itu, cara reset tape mobil itu sendiri berbeda-beda pada tiap merk kendaraan, hal tersebut dikarenakan produsen telah menyematkan audio berbeda di setiap mobilnya. Silahkan ikuti langkah-langkahnya di bawah ini :

1. Reset Tape Mobil Toyota Innova

Berikut ini, langkah-langkah cara reset tape mobil Toyota Innova, diantaranya :

  • Pertama-tama, silahkan persiapkan alat-alat yang dibutuhkan semisal senter, obeng dan alat lainnya.
  • Kemudian, lepaskan tape dari dudukannya.
  • Selanjutnya angkat kemudian lepaskan seluruh switch yang telah terpadang di belakang tape mobil.
  • Silahkan tunggu beberapa lama.
  • Lalu pasang lagi sistem audio mobil seperti sebelumnya, kemudian nyalakan.
  • Kamu pun sudah berhasil mereset tape mobil merk Toyota Innova ini.

2. Reset Tape Mobil Honda Mobilio dan Brio

Sementara itu, untuk mereset tape mobil Hondar Brio dan Mobilio, Kamu bisa mencoba langkah-langkah berikut :

  • Persiapkan dulu pin yang dipakai untuk mengeluarkan SIM Card di smartphone-mu.
  • Setelah itu, nyalakan tape pada mobil.
  • Kemudian masukkan pin yang telah Kamu persiapkan pada lubang  berukuran kecil di atas lubang bagian jack output.
  • Tekan lalu tahan hingga layar pada tape mobil mulai mereset.
  • Error atau masalah pada tape Honda Mobilio dan Brio pun sudah teratasi.

3. Reset Tape Mobil Daihatsu Sigra

Bagi pemilik Daihatsu Sigra, Kamu juga bisa mencoba cara reset tape mobil Daihatsu Sigra berikut ini :

  • Pertama-tama silahkan persiapkan dulu peralatan yang dibutuhkan, baik itu sentor, obeng plus maupun obeng minus.
  • Buka panel pada tape mobil perlahan.
  • Jika sudah terbuka, silahkan lepaskan kabel soket pada panel.
  • Lepaskan lagi baut yang telah terpasang di tape mobil.
  • Jika semua baut telah terlepas, silahkan angkat tape dan lepaskan lagi kabel soketnya.
  • Lalu pasangkan lagi kabel soket pada tempatnya masing-masing.
  • Dengan begitu reset pada tape mobil merk Daihatsu Sigra pun sudah berhasil dilakukan.
  • Kamu tinggal memasangkan tape mobil dan panelnya kembali seperti sedia kala.
Terkait:  Cara Reset Remote AC Sharp

Itulah 3 cara reset tape mobil yang dapat Kamu lakukan tergantung dari merk mobil yang Kamu miliki.

Kenapa Tape Mobil Harus Direset?

Ada beberapa penyebab kenapa tape mobil harus direset, diantaranya sebagai berikut :

  • Tape mobilmu mati sendiri.
  • Bluetooth tak dapat terbaca.
  • Tak mau hidup.
  • Tak bisa membaca USB atau flash disk.
  • Suara pecah atau hilang

Lalu, Bagaimana Cara Setting Audio Mobil?

Seperti kita ketahui bahwa tape mobil termasuk ke dalam sistem audio mobil. Dimana audio sistem termasuk salah satu media hiburan di dalam kabin kendaraanmu. Sistem ini biasanya terdiri dari head unit dan beberapa buah speaker.

Selain itu, ada pula tambahan power amplifier, tweeter, dan subwoofer yang berukuran compact serta biasanya terdapat di produk-produk mobil premium. Apabila tersusun lengkap, maka komponen-komponen tersebut dapat menghasilkan suara yang berkualitas di dalam sistem audio mobil.

Akan tetapi, Kamu tak perlu mempunyai komponen yang selengkap itu. Dalam hal ini, tinggal lakukan setting audio mobil dengan benar. Kemudian Kamu akan memiliki audio mobil yang berkualitas.

Jadi, selain Kamu harus mengetahui cara reset tape mobil, Kamu juga harus mengetahui cara setting audio mobil dengan benar, berikut ini :

1. Setting Audio Mobil Pada Posisi 0

Silahkan masuk ke dalam menu setting di audio mobil, silahkan atur treble, bass, fader, balance, hingga mid pada posisi 0. Kemudian setting volume suara tergantung dari kenyamananmu mendengarkan musik atau lagu di kabin. Selanjutnya, pastikan Kamu menutup seluruh jendela mobil ketika melakukan settingan audio.

2. Melakukan Pengaturan Balance

Di tahapan ini, Kamu harus mengatur supaya suara yang dihasilkan dari keempat komponen speaker sudah seimbang, baik antara bagian belakang maupun depan. Dalam kondisi balance 0 biasanya suara speaker di bagian kanan lebih kuat terdengarnya. Sebab suara speaker yang ada di sebelah kanan sendiri paling cepat didengar telingamu dibandingkan speaker yang ada di sebelah kiri.

Terkait:  Cara Reset Wifi First Media

Lakukan pengaturan dengan semaksimal mungkin hingga suaranya terdengar merata. Setelah balance, suara penyanyi atau vokal biasanya akan terdengar di bagian tengah depan. Sedangkan jika audio sudah memakai tweeter pada pilar A, suara vokal pun akan langsung terdengar di arah depanmu.

3. Melakukan Pengaturan Fader

Cara setting audio mobil berikutnya ialah mengatur keluaran audio atau suara di bagian belakang dan depan. Kamu bisa menyetel audio mobil dengan melakukan pengaturan di menu fader pada head unit. Apabila mobilmu memakai speaker yang berbentuk oval, biasanya akan menghasilkan suara yang lebih rendah jika dibandingkan speaker yang berbentuk bulat.

Hanya saja, untuk kondisi Fader O, biasanya suara bass terdengar tepat di arah belakang. Supaya suara yang dihasilkan dari keempat komponen speaker tadi terdengar lebih seimbang dari kursi pengemudi, Kamu harus mengurangi besaran suara bagian depan hingga antara suara komponen speaker depan dan belakang sudah seimbang.

4. Pengaturan Trebble dan Bass

Langkah setting audio mobil terakhir ialah mengatur suara tinggi atau trebble dan suara rendah atau bass. Beberapa komponen head unit pun ada yang menampilkan pengaturan suara middle atau sedang.

Pada settingan ini, Kamu hanya perlu mengatur tergantung kebutuhan. Akan tetapi, sebaiknya lakukan pengaturan dari suara treble lebih dulu lalu ikuti dengan suara middle, selanjutnya lakukan pengaturan bass. Kamu bisa mengatur hingga suara yang dikeluarkannya serasi.

Nah, itulah cara setting audio mobil yang bisa Kamu lakukan beserta cara reset tape mobil untuk memperbaiki error yang terjadi pada sistem audio mobil. Bagaimana, mudah kan?

Related posts