Cara Mengganti Foto Profil YouTube: Pakai 3 Metode💙

Cara Mengganti Foto Profil YouTube
Cara Mengganti Foto Profil YouTube

WIGATOS | YouTube merupakan salah satu platform untuk menonton video yang populer hingga saat ini. Biasanya, saat Kamu memberikan komentar di suatu konten, di samping nama akan muncul sebuah foto. Sudahkah Kamu tahu bagaimana cara mengganti foto profil YouTube itu? 

Kebanyakan orang kurang peduli dengan foto profil tersebut. Hingga akhirnya yang tampak gambar default dari YouTube dan membuatnya kurang profesional. Padahal foto tersebut dapat diganti menggunakan koleksi sendiri asal sesuai dengan ketentuan. 

Read More

Namun ternyata, masih banyak pengguna YouTube yang tidak tahu bagaimana cara mengganti foto tersebut. Karena itulah, berikut ini akan dijelaskan beberapa metodenya yang sangat sederhana. Selain itu diberikan pula panduan mengenai gambar yang dapat dijadikan sebagai foto profil YouTube. 

Kenapa Harus Mengganti Foto Profil YouTube? 

Tapi sebelum menerangkan cara mengganti foto profil YouTube, ada baiknya Kamu menyimak penjelasan ini dulu. Jadi, setiap pengguna yang ingin menonton video di YouTube itu disarankan untuk memiliki akun. Selain nonton, dengan akun tersebut bisa melakukan subscribe dan mengomentari konten. 

Saat berkomentar itulah ada foto profil yang pasti muncul di sebelah nama. Ternyata Kamu dapat mengubah-ubah foto tersebut dengan koleksi milik sendiri. Meskipun banyak pengguna yang menganggapnya tidak penting dan asal bisa nonton, mengubah foto profil itu harus dilakukan. 

Foto profil YouTube menjadi sebuah identitas yang membedakanmu dengan pengguna lain. Seperti yang Kamu lihat, jika menggunakan gambar default, maka yang muncul adalah foto abjad sesuai nama akun. Misalkan namamu Adi Saputra, maka foto profil berupa huruf A. 

Coba bayangkan seberapa banyaknya pengguna YouTube yang memiliki nama berawalan huruf A. Bukankah itu artinya foto profilmu akan sama dengan user lain? Pasti cukup bingung membedakannya kalau tidak melihat namanya terlebih dahulu. 

Itulah kenapa dengan menggantinya dikatakan sebagai identitas. Kamu bisa menggunakan foto yang unik dan sesuai dengan karakter. Dapat memakai gambar diri atau yang lainnya asalkan masih sesuai dengan ketentuan yang diberikan oleh pihak YouTube. 

Alasan penting lainnya adalah untuk mengelola branding. Jika Kamu memutuskan untuk menggunakan YouTube sebagai media berbagi konten, maka branding sangat penting. Hal tersebut dapat ditunjukkan lewat foto profil. 

Gunakan gambar sesuai dengan niche channel YouTube yang akan Kamu bangun. Misalkan akun tersebut membahas mengenai review dan tutorial tentang teknologi. Selain menggunakan foto sendiri, Kamu juga bisa pakai gambar yang bernuansa teknologi. 

Memberikan foto profil pada akun YouTube juga menunjukkan profesionalitas. Itu berarti, Kamu benar-benar serius untuk mengelolanya. Jadi, seperti itulah alasan kenapa mengganti foto tersebut dinilai penting. Meskipun tetap bisa nonton dan berbagi konten, akan lebih baik jika menunjukkan profesionalitas. 

Ketentuan Mengganti Foto Profil YouTube

Jika berbicara cara mengganti foto profil YouTube, pastinya sangat mudah dan simpel. Tapi apakah Kamu sudah tahu bagaimana ketentuannya? Tidak bisa asal ganti, karena ada beberapa syarat bagaimana gambar yang dapat dijadikan foto profil. 

Jangan sampai Kamu sudah menyiapkan gambar, tapi ujung-ujungnya tidak dapat menggantinya. Sebab itulah, simak dulu beberapa ketentuan di bawah ini sebelum mengubah foto profil YouTube:

1. Format Foto

Pada dasarnya Kamu bisa menggunakan gambar apa saja. Tapi yang paling penting adalah formatnya. Gambar yang dapat dijadikan sebagai foto profil akun YouTube itu memiliki format JPG, PNG, atau BMP. Jadi, tidak bisa memakai file berformat GIF animasi yang biasanya bergerak. 

2. Resolusi Foto

Sekarang adalah ketentuan mengenai resolusinya. Sebenarnya ini bukan ketentuan pasti. Tapi yang disarankan agar foto profil tersebut tidak pecah setelah di ganti. Untuk fotonya minimal memiliki resolusi 800 × 800 piksel. 

3. Bentuk Gambar

Bagaimana bentuk gambar yang dijadikan foto profil YouTube? Itu harus berbentuk lingkaran. Atau kalau tidak, persegi dengan resolusi 1:1. Kamu tidak bisa pakai gambar ukuran 3:4 atau 9:16 karena nantinya akan terpotong. Lebih baik crop terlebih dahulu. 

4. Ukuran Gambar

Ketentuan selanjutnya mengenai ukuran gambar. Kamu harus pakai foto yang punya ukuran 4 MB atau lebih kecil. Kalau di atas ukuran tersebut, biasanya gagal diunggah ke YouTube karena melewati batas. 

5. Jenis Foto

Sebenarnya Kamu dapat memasang foto profil bagaimana saja, baik gambar diri sendiri atau yang lainnya sesuai niche akun YouTube. Tapi ingatlah untuk tidak melanggar ketentuan YouTube. Jangan menggunakan gambar berbau SARA, pornografi, dan melanggar hak cipta. 

Cara Mengganti Foto Profil YouTube

Cara Mengganti Foto Profil YouTube
Cara Mengganti Foto Profil YouTube

Kamu sudah tahu pentingnya mengganti foto profil YouTube dan apa saja ketentuannya. Jika sudah paham mengenai hal tersebut, berikutnya diterangkan cara-cara untuk mengubahnya. Tenang saja, karena caranya sangat simpel. Kamu bisa cek pada penjelasan di bawah ini:

1. Mengganti Lewat Akun Google

Kamu harus tahu kalau akun YouTube itu terintegrasi dengan akun Google. Pasalnya, login ke YouTube pasti menggunakan email yang sama. Karena itulah, jika Kamu melakukan pengaturan pada akun Google, nantinya foto profil di YouTube juga ikut diganti. 

Kalau ingin coba cara mengganti foto profil YouTube yang pertama ini, sebenarnya dapat membuka akun Google dari mana saja. Bisa lewat email, Play Store, atau lainnya. Tapi akan lebih mudah jika membukanya langsung lewat YouTube. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi YouTube, baik di HP atau laptop. 
  • Kemudian ketuk foto profil yang ada di kanan atas. 
  • Pilih alamat email yang digunakan sebagai akun YouTube. 
  • Setelah itu klik menu Kelola Akun Google Anda yang ada di bawahnya. 
  • Kamu akan dibawa ke halaman pengaturan akun Google. Pilih menu Info Pribadi. 
  • Selanjutnya pilih opsi Foto
  • Tap foto profil dengan ikon kamera.
  • Jika sudah, tentukan gambar yang akan dijadikan foto profil. 
  • Ketuk menu Simpan atau Terima. Secara otomatis foto profil YouTube mengikuti akun Google. 

2. Mengganti Lewat Aplikasi YouTube

Kalau cara yang di atas itu akan mengganti foto di semua akun yang terkait dengan akun Google. Apabila ingin mengubah yang ada di YouTube saja, bisa langsung lewat aplikasinya tanpa mengelola akun Google. Seperti inilah caranya:

  • Buka aplikasi YouTube
  • Lalu klik foto profil di kanan atas. 
  • Gulir layar, kemudian cari dan pilih menu Channel Anda. 
  • Selanjutnya ketuk opsi EDIT CHANNEL. 
  • Tekan foto profil yang ada di atas untuk menggantinya. 
  • Ambil gambar langsung atau pilih dari galeri. 
  • Cari fotonya dan klik SIMPAN untuk mengonfirmasi perubahan. 

3. Mengganti Lewat YouTube Studio

Cara mengganti foto profil YouTube terakhir lewat YouTube Studio. Aplikasi tersebut digunakan khusus untuk mengelola channel YouTube. Ganti foto bisa dilakukan dengan mudah seperti panduan berikut:

  • Download dan instal YouTube Studio. 
  • Di aplikasi tersebut, ketuk foto profil. 
  • Lalu pilih Edit Profil Channel.
  • Tekan menu Cari Foto. Upload dari penyimpanan atau ambil langsung. 
  • Terakhir tekan SIMPAN.

Seperti itulah cara mengganti foto profil YouTube. Kamu bisa menggantinya lewat tiga metode. Pastikan menggunakan gambar yang sesuai ketentuan agar tidak gagal. Foto tersebut harus unik supaya berbeda dengan pengguna lain. 

Related posts