Cara Menabung di Bank BRI

Cara Menabung di bank BRI

Cara menabung di bank BRI sebenarnya cukup mudah, asalkan Kamu sudah memenuhi persyaratan untuk menabung di BRI. Persyaratan utama untuk bisa menabung di BRI adalah Kamu harus sudah membuat buku rekening tabungan dan ATM BRI terlebih dahulu. Dengan begitu, Kamu bisa melakukan setor tunai agar dapat menambah jumlah dana tabungan. S

Proses menabung atau setor tunai bank BRi sangat mudah bagi Kamu yang telah berpengalaman. Namun bagi nasabah bank BRI baru, pasti akan kesulitan saat menabung pertama kali di bank BRI. Menabung sendiri atau setor tunai umumnya bisa dilakukan melalui teller maupun memakai mesin ATM untuk setor tunai.

Read More

Syarat dan Cara Daftar Rekening Tabungan di BRI

Bagi Kamu yang baru pertama kali menabung di bank BRI, ada beberapa persyaratan dan cara mendaftar rekening tabungan BRI yang harus diketahui. Berikut ini :

1. Mempersiapkan Kartu Identitas Diri

Hal yang mesti Kamu persiapkan pertama jika Kamu ingin melakukan setor tunai di bank BRI langsung ialah dengan mempersiapkan atau membawa kartu identitas diri. KTP tentu saja selalu dibutuhkan untuk memproses segala aktivitas transaksi perbankan di kantor cabang, termasuk saat hendak membuka tabungan. Selain KTP, Kamu juga bisa memakai SIM untuk mempermudah proses menabung. Di samping itu, tak ada salahnya pula mempersiapkan salinan atau fotokopi kartu identitas diri. Pastikan usiamu minimal sudah 17 tahun.

2. Membawa Uang Tunai

Jumlah setoran awal yang ditetapkan oleh bank BRI itu sendiri bervariasi. Biasanya tergantung pada produk perbankan yang dipilih, baik itu Simpedes maupun BritAma. Jika Kamu ingin mengetahui biaya setoran awal yang ditetapkan, Kamu bisa langsung bertanya ke CS di kantor cabang BRI.

3. Pergi ke Kantor Cabang BRI Terdekat

Jika semua poin di atas sudah jelas dan lengkap, Kamu bisa mengunjungi kantor BRI terdekat. Dengan memilih  cabang BRI terdekat, tentu saja bisa mempermudah kebutuhanmu di masa depan. Saat tiba di kantor cabang BRI, kamu akan langsung disambut oleh satpam, kemudian diberikan nomor antrian, serta mempersilakanmu untuk duduk sembari menunggu antrian.

4. Mendatangi Customer Service

Jika giliranmu tiba, CS akan langsung memanggilmu, kemudian mempersilakan duduk, selanjutnya CS akan langsung memperkenalkan diri. Tentu saja Kamu juga harus memperkenalkan diri. Kemudian sampaikan keperluanmu membuka tabungan di bank BRI agar permintaan langsung diproses. Pihak CS selanjutnya akan menjelaskan terkait produk tabungan yang ditawarkan bank BRI. Setelah itu, Kamu bisa menyimak penjelasan dari CS dan langsung tanyakan jika ada yang tidak jelas,

5. Melengkapi Identitas Diri

jika sudah jelas, Kamu pun sudah memilih tabungan yang ingin dibuka, CS selanjutnya akan memberikan lembar formulir yang harus Kamu isi. Ada beberapa informasi pada formulir yang harus diisi, seperti nama ibu, nama lengkap, alamat rumah, nomor hp, pendapatan per tahun, dan pekerjaan.

Pada bagian akhir, Kamu akan diberikan opsi tentang fitur yang Kamu inginkan, seperti Mobile Banking, ATM, Internet Banking, maupun yang lainnya. Apabila Kamu memilih satu dari opsi tersebut Kamu bisa sampaikan ke pihak CS.

Jika sudah memenuhi persyaratan dan cara mendaftar rekening tabungan BRI di atas, kemudian Kamu telah menerima buku tabungan, makaKamu bisa memulai cara menabung di bank BRI dengan mudah. Selain itu, cara di atas juga berlaku sebagai salah satu cara membuat ATM BRI.

Cara Menabung di Bank BRI

Cara Menabung di bank BRI
Tutorial Menabung di Bank BRI

Tutorial Menabung di Bank BRI

Bagi kamu nasabah BRI yang ingin menyimpan dana di bank, kamu hanya perlu mendatangi kantor cabang bank BRI sembari membawa serta persyaratan yang dibutuhkan. Persyaratan tersebut tentu saja harus membawa buku tabungan BRI, kartu identita diri dan uang tunai. Jika sudah, Kamu tinggal mengikuti panduan cara menabung di bank BRI berikut :

1. Menabung di Bank BRI Melalui Teller

Cara menabung yang pertama, Kamu bisa melakukannya langsung di kantor cabang BRI terdekat via teller. Adapun langkah-langkahnya berikut ini :

  • Silahkan datang ke bank BRI terdekat.
  • Kemudian Kamu bisa mengambil nomor antrian ke teller.
  • Lalu tunggu sampai tiba giliran antrianmu dipanggil.
  • Jika sudah dipanggil, langsung ke meja teller.
  • Setelah itu, sampaikan tujuanmu ke teller untuk menabung.
  • Selanjtunya teller langsung memintamu mengisi formulir untuk setoran tunai.
  • Adapun formulir tersebut biasanya meliputi nomor rekening, informasi kelengkapan data diri serta jumlah dana yang akan disetorkan.
  • Sesudah itu, Kamu tinggal menyerahkan formulir ke teller untuk diperiksa kembali jumlahnya.
  • Selanjutnya kamu akan mendapatkan bukti setoran.
  • Selesai.

Jika Kamu ingin mengecek rekaman transaksi perbankan di rekening BRI, Kamu dapat meminta petugas mencetak rekening koran. Melalui rekening koran inilah kamu bisa melihat seluruh transaksi yang terjadi di rekeningmu, seperti jumlah uang yang masuk, jumlah uang yang keluar dan jumlah transfer baik ke sesama atau antar bank.

2. Menabung di ATM BRI

Selain di kantor cabang, Kamu juga bisa menabung lewat ATM BRI. Akan tetapi, gerai ATM BRI yang harus Kamu datang melayani fasilitas setor tunai. Proses menabung dengan cara ini sebenarnya tak membutuhkan persyaratan berupa buku rekening BRI maupun KTP. Adapun langkah-langkha setor tunai melalui ATM BRI ialah sebagai berikut :

  • Pertama-tama silahkan mendatangi gerai ATM BRI untuk setor tunai.
  • Kemudian masukkan kartu debit/ATM BRI beserta 6 digit PIN rahasia.
  • Selanjutnya tinggal pilih opsi “Setor Tunai” di menu utama.
  • Lalu mesin pun akan langsung membuka tempat penyimpanan uang.
  • Silahkan masukkan jumlah dana yang akan Kamu tabungkan, dengan pecahan minimal Rp. 50 ribu.
  • Sebelum Kamu memasukkan uang, sebaiknya pastikan uangmu sudah dalam posisi yang benar dan pastikan pula tidak ada uang yang sobek atau terlipat.
  • Jika uang sudah dimasukkan, selanjutnya tempat uang menutup dengan otomatis.
  • Lalu Kamu akan melihat tulisan “nominal jumlah yang yang sudha dimasukkan” di layar.
  • Setelah itu, pilih “Setor”.
  • Jika sudah, Kamu akan mendapatkan resi transaksi atau struk bukti transaksi setor tunai yang keluar dari mesin ATM.
  • Pada opsi “Apakah ingin bertransaksi lagi?” Kamu tinggal pilih saja “Tidak”.
  • Selanjutnya kartu ATM pun akan langsung keluar dari slot mesin ATM.
  • Pastikan Kamu mengambil kartu ATM BRI sebelum meninggalkan ATM dan tinggalkan gerai mesin ATM.

Sebagai informasi, jika Kamu memilih menabung melalui mesin ATM BRI, Kamu tak dapat meminta rekening koran, maupun bukti setoran, tetapi hanya lewat struk biasa saja.

3. Menabung di Bank BRI Lewat Agen BRILink

Cara menabung di bank BRI selanjutnya ialah dengan pergi ke agen BRILink. Kini jumlah dari agen BRILink sendiri semakin terus bertambah. Sementara untuk lokasinya, cukup mudah dijumpai karena umumnya ada di beberapa kios yang memiliki spanduk BRILink. Kamu harus tahu, ketika menambung di agen BRILink sebaiknya persiapkan dana lebih untuk pembayaran biaya administrasi. Karena setiap agen BRILink biasanya akan menetapkan biaya admin beragam dari Rp. 5 ribu hingga Rp. 15 ribu.

Adapun langkah-langkah menabung lewat agen BRILink, ialah sebagai berikut :

  • Persiapkan uang/dana dari rumah.
  • Kemudian cari agen BRILink dan datangi agen tersebut.
  • Serahkan uang beserta nomor rekening BRI.
  • Silahkan sampaikan keperluanmu ke agen BRILink untuk menabung.
  • Setelah itu, pemilik agen BRILink langsung memproses transaksi hingga selesai.
  • Biasanya pemilik BRILink akan menyerahkan resi atau struk bukti setor tunai.
  • Selanjutnya tinggal bayarkan biaya untuk administrasi ke agen BRILink tersebut.

Nah, itulah 3 cara menabung di bank BRI yang bisa Kamu ikuti. Bagaimana, prosesnya sangat mudah bukan? Jika Kamu memilih menabung di kantor cabang BRI, maka Kamu harus bersabar menunggu antrian. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Related posts