Cara Memperbaiki ISC Mobil

  • Whatsapp

Bagaimana cara memperbaiki ISC Mobil? ISC adalah singkatan dari Idle Speed Control yang merupakan bagian paling riskan mengalami kerusakan. Karenanya hal ini bisa mengakibatkan pengaturan mesin menjadi kurang nyaman jika dikendarai. ISC bisa dibilang merupakan pengatur elektronik yang bisa menentukan berapa RPM idle atau langsam pada mobil. Harap diperhatikan bahwa ISC memiliki peranan yang sangat besar dalam kenyamanan berkendara.

Fungsi dari Idle itu sendiri ialah untuk pengaturan jumlah besaran udara yang melewati idle port mobil ketika katup gas sedang dalam keadaan tertutup untuk mengatur kecepatan ketika sedang melaju. Bisanya isc sendiri dipakai pada mobil yang memiliki mesin EFI seperti yang digunakan pada merek-merek otomotif terkenal seperti Toyota Yaris atau Toyota Innova dengan cara otomatis. Hal ini bisa dibandingkan dengan penggunaan idle speed versi lama yang harus diatur dengan cara manual, jadi jika ada komponen ISC, kamu tidak perlu repot dalam mengatur putaran yang ada pada idle mesin mobil.

Sebagai informasi tambahan, Kamu perlu tahu bahwa kinerja ISC sendiri dikendalikan oleh ECU mobil. Biasanya dengan menggunakan perhitungan sistematis diantara banyaknya sensor yang saling berkaitan, sehingga pembukaan pada bagian katup ISC dapat diprediksi sebab sistem kerjanya bermula pada ECU mobil.

Prinsip Kerja ISC

Prinsip kerja ISC mobil itu sendiri ialah masuknya bypass udara, yang normalnya melalui intake manifolid, melalui ISC udara juga dapat memasuki bagian lubang intake serta outake ISC. Adapun sistem kerjanya sendiri terdapat pada katup yang ulirnya dapat berputar. Jadi terkadang kondisi katup menutup dan jjuga membuka.

Di dalam ISC ini ada 2 lubang, yaitu lubang outtake dan lubang intake. Ketika mesin injeksi bersufat terlalu vacum, maka ISC membuka bagian katup udara, karenanya udara yang berasal dari luar akan masuk menuju intake. Selanjutnya akan keluar ke katup terbuka menuju arah manifold.

Cara Memperbaiki ISC Mobil

Cara Memperbaiki ISC Mobil
Memperbaiki ISC Mobil

Memperbaiki ISC Mobil

ECU mobil bisa dibilang otak dari segala aktivitas sensor mobil mulai dari pengaturan lampu mobil baik lampu depan, lampu belakang atau lampu sein, power window hingga sound system yang sudah melekat pada bagian mobil. Namun yang paling utama adalah jika ECU mengalami kendala akibat terkena air maka bisa dipastikan mobil tidak akan nyala, dan parahnya kamu harus mengganti ECU dengan harga yang cukup fantastis bisa mencapai jutaan rupiah.

Kembali ke permasalahan utama yaitu memperbaiki ISC Mobil untuk meningkatkan performa kendaraan. Akan tetapi, tidak banyak orang yang memahami komponen ini. Oleh karena itu, dalam artikel ini kita akan membahas tuntas terkait cara memperbaiki ISC mobil.

Terkait:  Cara Jual Mobil

Seperti yang telah diketahui sebelumnya bahwa isc memiliki peranan yang sangat penting dalam mengatur kecepatan perputaran mesin ketika sedang idling atau ketika pedal gas sedang tidak diinjak. Sehingga jika mengalami masalah pada ISC maka akan menyebabkan beban mesin menjadi semakin berat akibat adanya penambahan mekanisme Air Conditioner (AC), turbocharger dan macam – macam beban mesin lainnya. Salah satu tanda kerusakan pada ISC mobil biasanya dapat dirasakan dari pergerakannya yang tersendat – sendat, RPM mengalami penurunan, bahkan membuat mesin mobil akan mati. Masalah tersebut tentu saja bisa terjadi dalam mekanisme ISC valve itu sendiri.

Jika kamu termasuk orang yang paham dunia otomotif, maka saat terjadi masalah pada isc akan langsung ditangani dengan cepat. Lain halnya jika kamu sangat awam terhadap permasalahan mobil yang sedang kamu alami. Oleh karena itu, untuk lebih mengetahui gejala – gejala dan cara mengantisipasi kerusakan isc mobil. Berikut cara memperbaiki ISC mobil yang bisa Kamu ikuti :

1. Melakukan Pengecekan Wirring harnes Pada ISC Valve

Langkah pertama jika ingin memperbaiki ISC mobil yang rusak ialah denga memeriksa wiring harness ISC valvle. Pengecekan ini sangat dibutuhkan karena bisa mengetahui kondisi idle speed control valve secara keseluruhan. Kamu harus memperhatikan bagian open sirkuit alias rangkaiannya, apakah ada yang putus atau mungkin tidak. Selain itu, perhatikan short sirkuit-nya dan pastikan tidak terjadi konsleting. Berikut langkah – langkah melakukan pengecekan wiring harness pada ISC valve :

  • Langkah pertama yaitu lepaskan connector kabel wiring ISC yang bermasalah, perhatikan jenis mobil yang akan diperbaiki karena wiring harness setiap jenis kendaraan berbeda – beda.
  • Langkah kedua lepaskan connector elektronik control module E8 yang melekat pada ISC.
  • Untuk mengetahui standard tahanan karena ini sangatlah penting, ini adalah panduan buat kamu agar tidak salah dalam mengambil keputusan :
Terkait:  Cara Belajar Mengemudi Mobil

Standard tahanan (Check kondisi open isc):

ISA1 (I1-3) – IACAHI (E8-15), Hasil standard ini biasanya menunjukkan angka di bawah dari 1 Ω

ISA2 (I1-1) – IACALO (E8-14), dengan hasil standard < 1 Ω

ISB1 (I1-4) – IACBHI (E8-25), hasil standard biasanya di bawah 1 Ω

ISB2 (I1-2) – IACBLO (E8-24), Hasil standard menunjukkan berada di bawah 1 Ω

Standard tahanan (Check kondisi short isc):

ISA1 (I1-3) – IACAHI (E8-15) – Periode body, Hasil standard menunjukkan pada 10 kΩ atau semakin tinggi

ISA2 (I1-1) – IACALO (E8-14) – Periode body, Hasil standar menunjukkan pada 10 kΩ atau semakin tinggi

ISB1 (I1-4) – IACBHI (E8-25) – Periode body, Hasil standard menunjukkan pada 10 kΩ atau semakin tinggi

ISB2 (I1-2) – IACBLO (E8-24) – Periode body, Hasil standard menunjukkan pada 10 kΩ atau semakin tinggi

2. Melakukan Pengecekan Dengan memanfaatkan Kondisi Visual ISC Valve

Cara memperbaiki ISC mobil selanjutnya ialah dengan pengecekan kondisi ISC valve secara visual. Hal ini digunakan agar Kamu bisa mengetahui kondisi dari ISC Valve tersebut. Untuk pengecekan visual ISC Valve terbagi ke dalam :

  • Pengecekan kondisi pada seal mobil seperti mengalami robek pada seal dan lain sebagainya.
  • Memeriksa bagian pintle dari kondisi aus yang dapat menyebabkan kebocoran udara pada pintle.
  • Cek kembali pintle tersebut apakah terjadi kemacetan atau tidak, jika macet maka sudah dipastikan ISC mobil harus segera diperbaiki.

3. Melakukan Pengecekan Tahanan Pada ISC Valve

Selanjutnya ialah melakukan penegcekan terhadap tahanan ISC valve. Kamu bisa mengetahui bahwa di dalam isc valve ternyata ada lilitan kumparan atau lilitan yang memilki tingkat ketahanan tertentu untuk mengatur berapa besar atau kecilnya pembukaan pada motor ISC.

Terkait:  Cara Cek Mobil Bekas

Jika ketahanan lilitan tidak sesuai dengan standar maka tentu saja akan mempengaruhi kinerja ISC valve pada kendaraanmu. Perlu diketahui bahwa jika nilai tahanan antar terminal ternyata tidak sesuai dari standar yang ditentukan maka bisa dipastikan harus melakukan penggantian ISC valve. Sebab jika permasalahan ini terus didiamkan akan berakibat fatal diantaranya dapat mempengaruhi performa isc dan dapat mengurangi kenyamanan dalam berkendara.

Adapun cara pengecekannya akan dijelaskan berikut ini :

  • Tahanan standar terminal 1 dan terminal 3 yaitu sebesar 45.6 – 50.4 Ohm dengan suhu 27 derajat celcius.
  • Tahanan standar terminal 2 dan terminal 4 yaitu sebesar 45.6 – 50.4 Ohm dengan suhu 27 derajat celcius.

Itulah ulasan mengenai cara memperbaiki isc mobil yang mengalami kerusakan untuk dipraktekkan. Bagi kamu yang kurang begitu faham otomotif, alangkah baiknya memahami petunjuk sederhana melalui pembahasan ini. Sebab jika permasalahan pada mobil kamu biarkan, biasanya kerusakan bukan hanya isc saja, tapi komponen lainnya yang masih saling berkaitan satu sama lain.

 

Related posts