Cara Memindahkan Foto dari Hp ke Laptop

  • Whatsapp

Bagaimana cara memindahkan foto dari hp ke laptop? Bagi Kamu yang menyukai dunia fotographer dengan menggunakan HP, tentu lambat laun memori HP akan penuh dengan foto yang Kamu buat. Terlebih sekarang ini banyak sekali HP yang memiliki spesifikasi di atas rata – rata, dengan resolusi kamera mencapai puluhan megapiksel. Hal ini tentunya membuat setiap jepretan foto menghasilkan kapasitas cukup besar, bahkan lebih dari 5 MP. Bisa dibayangkan dengan 100 foto hasil jepretanmu, tentunya membutuhkan ruang kosong hingga 500 MB.

Cara Memindahkan Foto dari Hp ke Laptop

Cara Memindahkan Foto dari Hp ke Laptop
Tutorial Memindahkan Foto dari Hp ke Laptop

Tutorial Memindahkan Foto dari Hp ke Laptop

Untuk mengantisipasinya agar HP Kamu memiliki performa yang baik dan tidak lemot akibat memori habis oleh foto yang jumlahnya tidak sedikit. Alangkah baiknya file – file foto dipindahkan ke Laptop untuk selanjutnya disimpan dan Kamu bisa membutuhkannya saat foto tersebut dibutuhkan suatu saat nanti. Berikut ini, ada beberapa langkah cara memindahkan foto dari HP ke laptop :

1. Memindahkan File Foto via Kabel Data

Cara yang pertama adalah dengan menggunakan kabel data. Kabel data ini biasanya digunakan juga untuk mengisi daya baterai pada HP, jadi Kamu tidak perlu mencari kabel data karena sudah tersedia saat melakukan pembelian HP. Langkah – langkahnya cukup mudah untuk diikuti, yaitu :

  • Pergunakan kabel data yang sesuai, tentunya kabel data yang digunakan untuk mengisi daya baterai juga atau kabel data dari HP lain. Pastikan kabel data tersebut tidak cacat karena akan sulit untuk mentransfer foto dari HP ke Laptop.

  • Colokkan kabel data tersebut ke HP-mu dan Laptop yang sudah dipersiapkan sebelumnya, pastikan Laptop dan HP dalam keadaan nyala. Jika salah satunya dalam keadaan mati, maka dipastikan transfer foto dari HP ke Laptop akan gagal.

  • Setelah tersambung, Kamu bisa mengusap layar PC dari bagian atas hingga ke bawah dan cek notifikasi yang muncul. Dari sana Kamu akan ditampilkan beberapa opsi, misalnya hanya ingin melakukan pengisian daya saja, atau ingin mentransfer saja. Pilih opsi “Transfer” jika ingin mentransfer foto ke laptop dari perangkat hpmu.

  • Buka explorer pada laptop dan sorot bagian HP kemudian carilah folder yang bertuliskan DCIM, lalu pindahkan file foto yang akan dipindahkan serta disimpan di laptopmu.

  • Setelah selesai memindahkan foto, cabut kabel dari Laptop dan pemindahan file telah selesai dilakukan.

Terkait:  Cara Memindahkan Whatsapp iPhone ke Android

Kamu harus tahu bahwa cara memindahkan foto dari hp ke laptop di atas, tak hanya untuk mentransfer foto saja, melainkan juga video atau aplikasi sekalipun. Kamu bisa memilihnya sesuai kebutuhan.

2. Memindahkan Foto via MicroSD

Saat ini, penggunaan memori tambahan untuk keperluan fotograpi sangat diperlukan, jadi masih kurang jika hanya mengandalkan memori bawaan dari HP saja yang serba terbatas. Oleh karena itu pilihan microSD adalah langkah tepat untuk mengatasi hal semacam itu karena sekarang HP yang terbaru bisa diselipkan microSD dengan memori yang besar hingga ratusan Gigabyte. Untuk lebih lengkapnya berikut cara memindahkan file foto dari microSD HP ke Laptop :

  • Lepas microSD dari HP Kamu dengan hati – hati.

  • Masukkan microSD ke tempat yang tersedia pada laptop atau bisa juga dengan bantuan card reader sebagai alat bantu memindahkan data atau file dari microSD ke Laptop.

  • Pindahkan file foto atau file lainnya dari microSD dengan mencari DCIM. Jangan di copy – paste, tapi melalui move – paste. Karena jika hanya copy – paste saja maka file foto masih tersimpan pada microSD walaupun Kamu sudah memindahkannya dari HP ke Laptop.

3. Memindahkan File Foto dari Hp ke Laptop via Email

Cara memindahkan foto dari hp ka laptop lainnya ialah melalui bantuan email. Metode ini tentunya sangat bermanfaat bagi yang kesulitan transfer file melalui kabel data atau microSD akibat tidak kompatibel atau alasan lainnya. Oleh karena itu, cara memindahkan file foto ke Laptop bisa di antisipai dengan menggunakan email emailmu sendiri. Langkah – langkahnya bisa Kamu ikuti di bawah ini :

  • Pastikan Kamu memiliki dua akun email untuk mempermudah pengecekan email, sehingga Kamu bisa mengeceknya di email yang satunya lagi. Namun jika tidak memiliki dua email, cukup satu email saja dan dikirim file foto tersebut pada email Kamu. Sederhananya, Kamu megirim file foto dari email Kamu ke email Kamu sendiri.

  • Isi alamat email dengan benar dan jangan lupa tulis subjek email dengan benar. Tujuan mengisi subjek email agar mempermudah pencarian pada kolom pencari di email agar tidak lupa di kemudian hari.

  • Attach file yang akan dikirimkan sesuai dengan kebutuhan Kamu.

  • Kirim berkas tersebut dengan mengklik tombol kirim dan tunggu beberapa lama sampai email tersebut masuk ke akun email tujuanmu.

  • Untuk melakukan hal ini, pastikan bahwa pula internetmu masih mencukupi atau setidaknya Kamu mengakses wifi untuk memudahkan proses pengunduhan file foto.

4. Memindahkan File Foto Dengan Google Drive di Perangkat Hp

Google drive termasuk ke dalam salah satu opsi layanan komputasi awan sehingga akan mempermudah proses backup data penting termasuk foto yang ingin Kamu kelola. Ada banyak sekali layanan cloud yang memiliki keunggulan masing – masing, seperti google drive, dropbox, atau microsoft one drive. Namun di sini akan dijelaskan satu layanan saja yaitu google drive, karena layanan ini sudah tertanam pada aplikasi bawaan di setiap HP dibandingkan dengan layanan cloud lainnya yang harus melakukan pengunduhan pada play store atau apple store. Langkah – langkah yang bisa Kamu ikuti dengan menggunakan layanan cloud google drive bisa Kamu ikuti prosesnya berikut ini :

  • Buka google drive via perangkat hpmu.

  • Unggah foto – foto yang ingin Kamu pindahkan ke google drive, setelah proses unggah maka secara otomatis foto tersebut sudah berada dalam layanan google drive.

  • Buka program Google Drive langsung di perangkat laptopmu dengan cara masuk atau login sesuai akun yang sama di perangkat HP-mu. Selanutnya Kamu tinggal melakukan pengunduhan saja dan foto – foto yang Kamu transfer akan tersimpan ke dalam Laptop Kamu.

Sebagai saran sebaiknya pergunakan aplikasi google chrome karena kecepatan aplikasi tersebut sangat baik dan stabil dibandingkan dengan kompetitornya.

5. Memindahkan File Foto Denan Flashdisk atau Harddisk Eksternal

Cara ini merupakan alternatif terakhir untuk memindahkan file foto dari HP ke Laptop. Untuk kondisi ini bisa dilakukan apabila Kamu sedang tidak memegang laptop namun Kamu khawatir file foto di perangkat ponselmu hilang. Oleh karena itu cara ini cukup efektif. Namun yang harus Kamu perhatikan adalah Kamu harus memiliki colokkan khusus untuk menyambungkannya ke flashdiisk, juga HP harus mendukung fitur USB on the go (USB OTG). Jika hal tersebut tidak medukung, maka langkah ke lima ini tidak akan bisa dilakukan. Caranya cukup sederhana, Kamu hanya tinggal mentransfer file foto ke flashdisk yang sudah terhubung dengan HP.

Itulah beberapa langkah cara memindahkan foto dari HP ke Laptop, pastikan untuk selalu melakukan back up data untuk menjaga keamanan datamu. Selain itu, jangan sampai foto – foto kesayangan Kamu menumpuk pada HP. Semoga bermanfaat!

Related posts