Cara Membuka Mobil yg Terkunci Otomatis

Gimana sih cara membuka mobil yg terkunci otomatis? Ya, mobil-mobil terbaru saat ini memang telah disematkan sistem kinerja otomatis dan sensor kecelakaan untuk membantu para pengendara menjaga keselamatan. Akan tetapi terkadang, kecanggihan yang ada seringkali menyebabkan timbulnya kesalahan secara tak terduga. Salah satunya ialah mobil yang terkunci otomatis.

Apa Sih Penyebab Mobil Terkunci Otomatis?

Mobil yang tiba-tiba terkunci otomatis biasanya menunjukkan jika kendaraan yang satu ini memiliki sensor otomatis yang canggih. Namun karena alasan tertentu, justru kunci otomatis akan sangat merepotkan pemiliknya. Contohnya saja, seperti terjadinya kesalahan aktuator yang mengkonversi sinyal listrik ke dalam sistem mekanis. Secara tak langsung, hal ini bisa membuat pintu pada mobil tertutup sendirinya.

Adapun faktor penyebab kunci mobil yang tertutup otomatis lainnya ialah kabel grounding yang terputus. Kamu juga harus memperhatikan kebersihan mobil, karena salah satu penyebab kerusakan sistem otomatis tersebut ialah ketidakmampuan sang pemilik untuk merawatnya dengan baik.

Pintu mobil yang terkunci otomatis selanjutnya juga disebabkan oleh tak adanya komponen tertentu yang bekerja dalam menunjang sistem mekanis mesin. Penyebab mobil yang terkunci secara otomatis tentu saja harus diperhatikan, karena mobil kerap dijadikan sebagai sebuah kendaraan pribadi untuk keluarga.

Selain itu, usahakan Kamu tak pernah membiarkan anak sendirian berada di dalam mobil. Hal ini tentu saja harus diperhatikan, sebab mobil merupakan salah satu armada favorit yang harus dirawat dengan baik.

Penyebab lainnya pintu mobil terkunci otomatis ialah dikarenakan oleh beberapa faktor berikut :

1. Kotoran yang Menumpuk di Handle Mobil

Handle pintu yang penuh kotoran juga bisa mengakibatkan pintu mobil akan terkunci secara otomatis. Kotoran tersebut seringkali mengakibatkan timbulnya seret pada handle pintu. Terlebih lagi jika kotoran telah terkontaminasi udara, sehingga menyebabkan handle pada pintu berkarat. Sehingga pintu saat tertutup akan sulit, bahkan tak mau terbuka dan akhirnya terkunci.

Terkait:  Cara Membuat Blokir Instagram

2. Karat Pada Motor Penggerak

Pintu mobil bisa dikatakan gampang sekali menutup, sayangnya untuk membukanya dirasa cukup sulit. Ini dikarenakan di samping tenaga yang dipakai untuk membuka pintu lebih besar dibandingkan menutup, seringkali ada beberapa penyebab yang mempengaruhinya. Contohnya saja, terjadi masalah pada motor penggerak. Kurangnya perawatan pada penggerak mobil atau mengingat usia penggunaannya yang sudah lama, bisa saja tiba-tiba berkarat atau menjadi seret. Hal ini menyebabkan pintu mobil menjadi sulit dibuka, bahkan fatalnya lagi bisa menyebabkan pintu terkunci secara otomatis.

3. Pintu Penyok

Faktor penyebab pintu mobil terkunci otomatis lainnya ialah, pintu mobil pernah terbentur cukup keras. Karenanya bisa menyebabkan banyak komponen pada pintu menjadi rusak atau bahkan posisinya telah berubah. Misalnya saja, gigi penggerak yang berubah posisinya dan kemungkinan terjadi kerusakan pada handle pintu.

Cara Membuka Mobil yg Terkunci Otomatis

cara membuka mobil yg terkunci otomatis
Membuka Mobil yg Terkunci Otomatis

Panduan Membuka Mobil yang Terkunci Otomatis

Ada beberapa cara membuka mobil yg terkunci otomatis yang dapat Kamu coba triknya agar pintu mobilmu bisa kembali dibuka :

1. Membuka Pintu Mobil yg Terkunci Memakai Tali

Untuk membuka pintu yang terkunci pada mobil, salah satu alat yang bisa Kamu pakai adalah tali. Biasanya tali yang dipakai tidak gampang putus dan harus kuat ketika Kamu meregangkannya. Salah satunya misalnya dengan memakai tali sepatu. Jika Kamu pernah mempelajari tali simpul, tentu saja jenis tali temali ini akan sangat berguna saat kondisi ini terjadi. Kamu bisa memanfaatkan tali simpul agar pintu mobil dapat terbuka.

Adapun syaratnya ialah Kamu harus pintar membuat simpul. Jika belum menguasainya, sebaiknya simak langkah-langkah di bawah ini :

  • Pertama-tama, silahkan cari lalu ambil tali sepatu cadangan atau yang sudah tak digunakan.
  • Setelah itu, buat tali simpul hidup di tengah-tengah tali. Apabila Kamu belum mengetahui bagaimana pembuatannya, cari informasinya melalui sumber manapun. Ingat, sisakan tali sekitar 5-8 cm dalam membuat simpul hidup supaya lingkarannya lebih gampang masuk ke kunci mobil sebelum dikencangkan.
  • Langkah berikutnya, masukkan tali lewat celah pintu. Kamu bisa memasukkan pada bagian sudut teratas pintu lalu tarik agar celah antar alapisan karet dan pintu terbuka. Kemudian masukkan simpul yang sudah dibuat ke celah pintu berbingkai.
  • Sesudah masuk, Kamu tinggal melanjutkan dengan cara menurunkan tali pada mobil. Di kesempatan ini, Kamu mungkin memerlukan pengganjal sebagai penahan pada sudut pintu. Sedangkan Kamu dapat menekan tali yang ada diantara celah pada pintu.
  • Tempatkan simpul hidup agar nantinya berada di atas kunci mobil manual di dalam pintu yang terkunci.
  • Simpul hidup pada tuas kunci tadi, bisa Kamu kencangkan.
  • Jika simpul yang telah dibuat sudah berhasil menggapai kunci mobil, langkah selanjutnya tarik ke bagian atas sampai pintu terbuka.
Terkait:  Cara Membuka Arsip di Instagram

2. Membuka Pintu Mobil yg Terkunci Memakai Gantungan Baju

Cara membuka pintu mobil yg terkunci selanjutnya ialah memakai gantungan baju. Pakai hanger atau gantungan dari aluminium. Biasanya cara yang satu ini lebih sesuai untuk kendaraan yang memiliki kunci manual. Adapun cara mudahnya ialah luruskan gantungan baju terlebih dahulu. Silahkan tekuk ujung kawat salah satunya yang dijadikan pengait, ambil yang berukuran 3-5 cm. Masukkan gantungan diantara segel pintu dan jendela yang posisinya melindungi jendela pada pintu mobil.

Dalam posisi ini, Kamu mungkin harus menggeser kabel hingga beberapa inchi ke bagian bawah supaya dapat merasakan ujung pada pengait ketika meluncur lewat jendela. Silahkan putar pengait sampai mengarah ke bagian mobil. Mekanisme harus dibuat sejajar antara tuas pengunci dan pintu mobil, sehingga Kamu harus memutar pengait hingga 90 derajat agar memastikan posisinya sudah tegak lurus.

3. Membuka Pintu Mobil yg Terkunci Memakai Besi atau Tangkai

Cara membuka mobil yg terkunci otomatis selanjutnya ialah Kamu dapat membuka celah sedikit di bagian atas pada pintu. Pakai pegangan panjang, seperti kawat besi yang berguna untuk menekan tombol pengunci.

Kamu bisa membuka pintu atas sedikit agar ada celah yang digunakan untuk memasukkan bahan kawat besi. Sesudah terbuka, silahkan ganjal memakai benda tertentu yang sudah dipersiapkan. Kemudian masukkan tongkat untuk dapat menekan tombol.

Pakai kawat kecil dengan ujung dibengkokkan menyerupai pengait. Kamu bisa memakai panjang kawat minimal 20 cm. Silahkan masukkan kawat tadi diantara jendela dengan lapisan karet dan pintu. Geser kawat sampai berhasil menyentuh bagian tuas pengait agar pintu terbuka.

Setelah itu, tarik ke bagian atas pengait secara perlahan, tapi ingat jangan dipaksakan. Jika Kamu melihat pergerakan tuas kunci ini artinya pintu sudah berhasil terbuka.

Terkait:  Cara Membuka ID Apple yang Terkunci

4. Membuka Pintu Mobil yg Terkunci Memakai Obeng

Cara membuka mobil yg terkunci otomatis selanjutnya ialah denan obeng. Namun sebaiknya lakukan secara hati-hati. Karena alat ini bisa merusak eksterior dan interior mobilmu. Pakai obeng yang digunakan untuk menyediakan space ruang yang memadai untuk memasukkan alat pencungkil kecil lalu pakai saat menarik kunci.

Selain memakai obeng, Kamu juga bisa memakai hp atau smartphone. Cara ini kini banyak digandrungi sebab terlihat lebih praktis dan modern. Kunci fisik tak terlalu diperlukan untuk menyalakan mesin maupun mengunci pintu pada mobil. Karena para pemilik mobil hanya perlu memakai aplikasi guna memberikan izin ke pengemudi lain untuk memakai mobil tersebut.

Lewat trik yang aman, tambahan kunci virtual ini selanjutnya dikirim melalui cloud ke dalam smartphone lain. Hal tersebut memungkinkan penyedia mobil untuk berbagi, serta operator transportasi dapat mengelola akses dan kunci dengan mudah dan fleksibel.

Nah, itulah 4 metode cara membuka mobil yg terkunci otomatis yang bisa Kamu andalkan agar mobilmu bisa dibuka kembali. Semoga bermanfaat!

Related posts