Cara Kerja Dropshipper Shopee

Shopee adalah marketplace terkemuka di Indonesia yang tentu saja sudah memiliki jutaan pengguna. Oleh karena itu, siapa sih yang nggak tertarik menjadi salah satu seller di Shopee? Ya, salah satu cara paling mudah untuk menjadi seller di aplikas Shopee ialah menjadi dropshipper Shopee. Namun Kamu harus paham terlebih dahulu bagaimana cara kerja dropshipper Shopee.

Tahukah Kamu, Apa Itu Dropshipper?

Metode bisnis yang satu ini memang sudah banyak dikenal dan tak sedikit pula orang yang sudah memanfaatkan metode ini untuk menghasilkan pendapatan tambahan. Menjadi dropshipper memungkinkan proses bisnismu tidak ribet, karena Kamu tak perlu memikirkan ketersediaan atau stok barang.

Read More

Selain itu, Kamu hanya perlu memosting foto-foto produk dari supplier saja untuk kemudian dipromosikan kepada pelanggan. Sedangkan untuk proses pengepakan dan pengiriman barang sendiri dilakukan oleh supplier atau produsen barang.

Umumnya dalam sistem dropshipper, Kamu bisa mempromosikan produk ke berbagai pilihan media sosial, sebut saja Facebook, Instagram, WhatsApp atau platform media sosial yang lainnya.

Menjadi dropshipper pada dasarnya tak perlu lagi mengeluarkan modal karena pembeli harus membayar barang yang mereka beli terlebih dahulu kepada pelaku dropship.

Cara Kerja Dropshipper Shopee

Cara Kerja Dropshipper Shopee
Mekanisme Kerja Dropshipper Shopee

Memulai Cara Kerja Bisnis Dropship di Shopee

Sesudah Kita mengetahui pengertian sistem dropshipper, Kamu tinggal memulai cara kerja dropshipper Shopee. Kenapa harus Shopee? Karena itu tadi, Shopee adalah marketplace terkemuka yang sudah memiliki banyak pengguna. Sehingga memungkinkan jangkauan konsumen yang bisa Kamu bidik lebih besar dan luas. Bagaimana, tertarik dengan cara jadi dropshipper di Shopee? Simak ulasannya di sini!

1. Tahap Persiapan Dropshipper

Sebelum memasuki cara kerja dropshipper Shopee, terlebih dahulu Kamu harus melakukan tahap persiapan. Persiapan ini penting agar Kamu dapat memulai usaha dropship di Shopee dengan baik. Lalu, apa saja sebenarnya persiapan yang diperlukan untuk berbisnis dropshipper di aplikasi Shopee?

  • Tentukan Jenis Produk yang Ingi Dijual

Tahap awal yang perlu dipersiapkan untuk bisnis dropship ialah tentukan jenis produk yang ingin dijual. Hal tersebut karena tak sedikit produk yang ditawarkan di Shopee, sehingga Kamu berpeluang untuk memilih satu produk yang tepat untuk Kamu jual. Oleh karena itu, tentukan jenis produk apa yang Kamu jual agar bisnismu lebih terarah dan fokus.

  • Mencari Distributor/Supplier yang Tepat

Langkah kedua Kamu harus memilih supplier yang paling tepat untuk usaha dropship. Pilih supplier yang terpercaya, untuk mendapatkannya pastikan Kamu memilih penjual di Shopee yang mendapatkan rating bintang 5. Selain itu, pastikan Kamu melihat testimoninya.

2. Membuat Akun di Shopee Untuk Penjualan dan Pemesanan

Tahap persiapan cara kerja dropshipper Shopee ialah Kamu harus membuat akun terlebih dahulu di Shopee untuk pembelian juga penjualan. Kamu bisa membuat akun langsung dari aplikasi Shopee di smartphone dengan cara mendownload apllikas Shopee terlebih dahulu di Appstore atau Playstore. Selain itu, bagi yang memakai laptop Kamu bisa langsung pergi ke situs web Shopee di link ini!

3. Mendaftar Layanan Free Ongkir Shopee

Selanjutnya, jika Kamu sudah membuat akun di Shopee ialah dengan mendaftarkan toko onlinemu di Shopee ke dalam fitur free ongkir. Jika akunmu sudah terdaftar dalam layanan free ongkir ini, maka pembelimu dapat memperoleh subsidi ongkir hingga Rp. 40 ribu.

4. Posting Foto Produk Jualanmu

Langkah cara kerja dropshipper Shopee selanjutnya ialah unggah atau posting foto produk jualanmu di platform media sosial. Kemudian promosikan produkmu dengan maksimal. Jika sudah, Kamu hanya menunggu pesanan masuk untuk kemudian dipesankan pada aplikasi Shopee dengan cara yang Kami jelaskan di bawah ini!

Langkah Proses Dropship di Shopee

Masih lanjutan tahapan proses cara kerja dropshipper Shopee, kini Kamu bisa melakukan langkah-langkah di bawah ini untuk dropship di Shopee :

1. Pilih Produk yang Akan Dibeli

Tahapan awal yang perlu dilakukan untuk dropship di aplikasi Shopee ialah memilih produk yang ingin Kamu dropship-kan atau beli. Dimana cara yang satu ini mirip seperti Kamu memilih produk yang akan dibeli di aplikasi Shopee yakni dengan klik produk yang akan dibeli.

2. Pilih Varian Produk yang Kamu inginkan

Sesudah Kamu memilih produk yang akan dibeli, setelah itu Kamu akan diminta memilih varian produk, seperti warna atau ukuran produk. Sesudah memilih varian ukuran, jumlah barang dan warna, kemudian Kamu bisa langsung klik opsi “Beli Sekarang”.

3. Centang Produk yang Ingin Dibeli

Cara kerja dropshipper Shopee berikutnya, sebelum Kamu checkout akan diminta terlebih dahulu memilih produk yang sudah Kamu pilih sebelumnya. Produk-produk tersebut ada dalam ikon keranjang di Shopee. Kamu bisa mengecek terlebih dahulu apakah produk tersebut benar-benar yang Kamu inginkan sebelum checkout.

4. Masukkan Alamat Pengiriman

Sesudah melakukan checkout, Kamu akan dibawa menuju tampilan berikutnya. Di bagian teratas, Kamu diminta memasukkan alamat untuk pengiriman. Dari sini, Kamu dapat menginputkan alamat pengiriman konsumen yang memesan produk tersebut. Oleh karena itu, pastikan untuk tidak mengisi dengan alamatmu.

5. Kirim Produk Sebagai Dropshipper

Jika Kamu sudah menginputkan data alamat, langkah selanjutnya Kamu akan diminta menginputkan semua data lainnya, mulai dari metode pembayaran, opsi pengiriman, dan voucher. Sebagai tambahan, Kamu harus mengaktifkan opsi tombol kirim dropshippe di bagian terbawah sebelum Kamu membuat pesan.

6. Silahkan Isi Informasi Mengenai Dropshipper

Sesudah mengaktifkan dropshipper, Kamu selanjutnya diminta mengisi data seperti nomor telepon pengirim dan namapengirim. Dari sini, kamu dapat menginputkan nomor telepon dan namamu. Setelah itu, nantinya nomor telepon dan namamu akan dicantumkan pada paket produk yang dikirimkan supaya pembeli tahu bahwa produk tersebut langsung dikirim olehmu.

Cara Dropship dari Shopee ke Instagram

Selain cara kerja dropshipper Shopee di atas, Kamu sebenarnya bisa mencoba dropship dari Shopee ke Instagram. Caranya sebenarnya sangat mudah. Kamu dapat membuat akun IG (Instagram) lebih dulu. Jika sudah, Kamu tinggal mengunggah foto produk dari Shopee ke akun Instagrammu langsung.

Setelah itu, Kamu tinggal menunggu sampai ada orderan masuk dari pembeli. Selanjutnya tinggal lakukan orderan di akun Shopee tepatnya di toko atau supplier yang sudah Kamu pilih di Shopee.

Untuk langkah-langkahnya sendiri, sama seperti cara kerja dropshipper Shopee yang telah dijelaskan sebelumnya.

Tips Meningatkan Jualan Dropship di Shopee

Untuk meningkatkan jualan dropship di Shopee, ada beberapa cara yang bisa Kamu coba lakukan :

1. Gunakan Fitur Voucher Shopee

Kamu bisa mencoba menggunakan fitur voucher Shopee demi menarik pembeli melalui adanya diskon menarik. Melalui fitur ini, tentu saja pembeli banyak  berdatangan.

2. Mendaftarkan Layanan Gratis Ongkir

Dalam cara kerja dropshipper Shopee di atas sudah dijelaskan tentang cara mendaftarkan layanan free ongkir di Shopee. Cara ini sangat efektif untuk meningkatkan penjualan.

3. Manfaatkan Fitur Iklanku Dalam Berpromosi

Selanjutnya, kamu juga dapat memanfaatkan fitur Iklanku saat mempromosikan produk atau barang yang Kamu beli. Kamu bisa coba cek kemudian jalankan fitur Iklanku tersebut di Shopee Seller Center.

Related posts