Cara Membuka Rekening BCA

  • Whatsapp

Bagaimana cara membuka rekening BCA? BCA adalah salah satu perusahaan perbankan Swasta terpercaya dan terbesar di Indonesia. Inilah yang membuat BCA banyak diminati masyarakat Indonesia dalam membuat rekening tabungan. Selain itu, di zaman yang serba canggih seperti saat ini, seluruh aktivitas kini dapat dilakukan dengan mudah dan praktis. Salah satunya ialah dalam hal pembuatan buku rekening tabungan bank BCA dengan cara online.

Bank BCA kini telah meluncurkan produk digitalnya bernama BCA Mobile. Lewat aplikasi yang saut ini, Kamu dapat membuka rekening BCA baru sekaligus dapat melakukan berbagai transaksi. Ini artinya, Kamu tak perlu lagi repot-repot harus mengantri lama di bank untuk membuat rekening bank BCA. Lalu, bagaimana cara membuka rekening BCA online?

Cara Membuka Rekening BCA

Cara Membuka Rekening BCA Online
Tutorial Membuka Rekening BCA Online

Tutorial Membuka Rekening BCA Online

Cara membuka rekening BCA online kini menjadi alternatif paling praktis untuk mendaftar rekening bank BCA. Karena bagaimanapun, cara ini tidak mengharuskanmu untuk pergi ke bank BCA. Namun tentu saja ada beberapa syarat yang wajib dipersiapkan. Beberapa diantaranya, ada NPWP, KTP, Passport, SIM serta mempersiapkan smartphone yang akan dipakai untuk membuka tabungan BCA via online.

Berikut ini langkah-langkah yang harus Kamu lakukan jika ingin membuka rekening BCA online ;

1. Download Mobile BCA via App Store/Play Store

Jika Kamu ingin membuat rekening bank BCA secara online, maka yang pertama harus dilakukan ialah dengan menginstall BCA Mobile di hpmu. Sebelum mengunduh aplikasi ini, pastikan email, nomor hp dan smartphone yang Kamu pakai untuk membuat rekening tabungan ialah milikmu sendiri.

Terkait:  Cara Membuka Eyelash Sendiri

2. Buat Akun di BCA Mobile

Sesudah berhasil mengunduh aplikasi, jika ingin membuat akun mobile BCA, silahkan buka aplikasinya dan ketuk “Buka Rekening Baru” di halaman utama mobile BCA. Sesudah itu, Kamu akan ditampilkan beberapa persyaratan untuk dipersiapkan sebelum mendaftar. Selanjutnya, ketuk “Mulai”.

3. Memilih Jenis Rekening Tabungan

Setelah itu, calon nasabah BCA akan langsung diarahkan ke dalam opsi jenis rekening tabungan yang akan dipilih sesuai keinginan. Adapun jenis-jenis dari tabungan BCA sendiri terdiri dari 3 jenis, yaitu Tahapan Gold, Tabungan Tahapan, dan Tahapan Xpresi. Pastikan untuk memilih tabungan sesuai dengan keperluanmu.

4. Melakukan Verifikasi Nomor Hp

Cara membuka rekening BCA selanjutnya ialah Kamu akan diminta melakukan verifikasi nomor hpmu dengan mengirimkan SMS langsung ke nomor 6988. Biasanya isi pesannya sudah ditetapkan pihak BCA. Setelah verifikasi berhasil, Kamu akan diperintahkan membuat access code. Adapun kode akses ini terdiri atas 6 angka serta huruf, sedangkan fungsinya ialah sebagai kode keamanan agar bisa masuk ke aplikasi mobile BCA kembali.

5. Mengunggah Dokumen

Kamu akan dimintai kelengkapan dokumen-dokumen penting seperti foto diri, foto KTP, foto NPWP (opsional), dan tanda tangan calon nasabah BCA. Jika seluruh dokumen tersebut telah diupload, silahkan tekan “Lanjut” apabila ingin melanjutkan ke dalam proses pembukaan tabungan BCA.

6. Kelengkapan Data Diri

Langkah cara membuka rekening BCA berikutnya, Kamu akan diminta melengkapi data pribadimu, seperti tujuan pembukaan rekening, jumlah penghasilan setiap tahunnya, informasi pekerjaan dan lainnya. Selain itu, pastikan pula untuk mengisi seluruh data tersebut dan pastikan sesuai dengan yang tertera di dalam kartu identitas dirimu.

7. Memilih Jenis Kartu

Jika sudah berhasil melengkapi informasi dan dokumen data diri, langkah berikutnya memilih kartu. Ada 3 opsi kartu yang ditawarkan m-BCA, diantaranya Blue, Platinum dan Gold. Tiap-tiap kartu memiliki perbedaan, seperti biaya admin per bulan, Limit Tarik Tunai, dan sebagainya.

Terkait:  Cara Daftar Internet Banking BCA Lewat HP

8. Proses Pengambilan Kartu Debit

Cara membuka rekening BCA selanjutnya, Kamu sebagai calon nasabah nantinya diminta memilih alamat tempat kantor cabang BCA untuk pengambilan kartu debit BCA yang sudah dibuat. Akan tetapi, pengambilan kartu ini sebenarnya tak perlu terburu-buru terkecuali jika kartu debit BCA tersebut akan dipakai untuk bertransaksi langsung.

Kamu dapat menggunakan beberapa fitur yang tersedia pada aplikasi mobile BCA. Layanan salah satunya ialah Kamu dapat melakukan transaksi perbankan tanpa memakai kartu di ATM.

9. Mengkonfirmasi Data Diri

Sesudah memilih alamat tempat kantor cabang BCA terdekat dengan tempatmu berada, lalu Kamu akan diminta mengecek berbagai data yang sudah dimasukkan kembali. Apabila ada beberapa data yang masih belum benar, Kamu dapat mengubah informasi terkait data diri Kamu lengkap yang masih belum sesuai. Tapi jika sudah benar, Kamu bisa langsung mencentang 3 kolom yang terdapat pada pilihan paling bawah. Tekan “Lanjut” jika ingin melanjutkan.

10. Memverifikasi Data via Video Call

Setelah langkah cara membuka rekening BCA di atas selesai dilakukan, berikutnya Kamu akan diminta memverifikasi kelengkapan data diri. Caranya dengan melakukan panggilan video atau video call dengan pihak CS bank BCA. Jika Kamu sudah merasa yakin bahwa data dirimu sudah benar, maka Kamu dapat memverifikasi data ini dengan tekan “Video Call”.

11. Melakukan Aktivasi Mobile Banking

Apabila sudah selesai melewati tahap verifikasi lewat video call, kini Kamu hanya perlu mengaktifkan layanan M Banking maupun e-Banking BCA-mu. Sebenarnya caranya sangat mudah, Kamu cukup mengklik “Aktivasi m-Bnaking” di layar aplikasi mobile BCA Kamu. Setelah itu, Kamu akan diperintahkan membuat PIN serta mengulangi PIN kembali untuk melakukan aktivasi Internet Banking dan Mobile Banking BCA. Lalu tekan “Lanjut”.

Terkait:  Cara Membuka Rekening Mandiri

12. Pembayaran Setoran Awal

Setelah seluruh tahapan di atas telah kamu lakukan dengan baik dan benar. Kini Kamu bisa mengaktifkan rekening BCA-mu, dengan cara membayar biaya setoran awal berdasarkan jenis rekening tabungan yang dipilih. Ada beberapa opsi metode yang dapat Kmau pakai untuk pembayaran setoran awal, diantaranya e-Banking, M-Banking dan lainnya.

Keuntungan Membuka Rekening BCA Online

Jika Kamu masih ragu membuka rekening BCA online, nampaknya Kamu harus membaca beberapa keuntungan membuka rekening BCA secara online berikut ini :

1. Bisa Tarik Tunai Tanpa Memakai Kartu ATM

Keuntungan yang pertama ialah Kamu dapat melakukan transaksi tarik tunai dengan mudah tanpa memakai kartu ATM. Jika ingin tarik tunai, bisa memakai opsi cardless di BCA mobile lalu tekan “Tarik”. Selanjutnya cari ATM bank BCA terdekat, lalu inputkan 6 digit kode transaksi. Selamat, proses tarik tunai pun selesai dilakukan.

2. Tanpa Antri

Menggunakan layanan membuat rekening BCA via online, salah satunya menawarkan keuntungan lebih praktis, karena bisa dilakukan secara mobile dimana saja. Kamu kini tak perlu lagi harus mengantri di bank BCA untuk membuka rekening tabungan BCA. Seluruh proses pembukaan rekening BCA via online dilakukan dengan cara digital lewat BCA Mobile Apps.

3. Dapat Menikmati Fitur m-BCA Terbaru

Keuntungan lainnya ialah Kamu dapat menikmati fitur dan layanan terbaru bank BCA. Seperti halnya fitur Bagi Bagi dari BCA. Ini adalah fitur untuk berbagi uang ke keluarga atau teman memakai BCA Mobile, khususnya yang mempunyai aplikasi Sakuku.

Nah, itulah dia 12 tahapan cara membuka rekening BCA yang harus Kamu pelajari dan coba metodenya agar Kamu bisa langsung memiliki rekening BCA tanpa repot-repot pergi ke kantor cabang BCA.

Related posts