Cara Merekam Video Call WhatApp

Cara Merekam Video Call WhatsApp

WhatsApp sebagai aplikasi perpesanan atau chatting menawarkan banyak keunggulan, beberapa diantaranya ialah aplikasinya yang ringan dan mudah dioperasikan. Bahkan dalam melakukan panggilan ia online, entah itu panggilan video atau suara sangat ringan. Akan tetapi, sayangnya WhatsApp tidak mempunyai fitur khusus perekaman video call dalam menu aplikasinya. Lantas, tahukah Kamu bagaimana cara merekam video call WhatsApp?

Google sebagai pengembang WhatsApp mungkin tidak menyertakan layanan recording video call disebabkan agar aplikasi ini lebih ringan sekaligus untuk menjaga privasi seseorang saat melakukan panggilan secara online.

Read More

Namun sebagai user WhatsApp, tentu saja ada beberapa yang tertarik untuk melakukan rekaman percakapan video. Hal ini pasti dikarenakna berbagai tujuan, baik melakukan dokumentasi obrolan penting maupun untuk sekedar dibagikan ke platform medsos.

Cara Merekam Video Call WhatsApp

Cara Merekam Video Call WhatsApp
Merekam Video Call WhatsApp

Merekam Video Call WhatsApp di Aplikasi

untuk merekam video call WhatsApp sendiri, Kamu bisa menggunakan aplikasi di android. Sedangkan di iPhone sendiri sudah ada aplikasi bawaan untuk merekam video WhatsApp. Berikut tutorial cara merekam video call WhatsApp di android dan iPhone :

1. Merekam Video Call WhatsApp di Android

Cara merekam video call WhatsApp di android bisa menggunakan salah satu aplikasi yang telah tersedia di Play Store. Aplikasi yang bisa Kamu pilih, salah satunya ialah AZ Screen Recorder. Aplikasi ini memungkinkanmu untuk merekam audio internal saat melakukan panggilan. Namun fitur yang satu ini hanya berguna bagi perangkat yang kompatible. Sementara bagi yang lain, Kamu bisa mengandalkan mode default, dimana nantinya bisa memakai mikrofon dalam perekaman audio.

Adapun langkah-langkahnya berikut ini :

  • Langkah pertama, silahkan download kemudian install aplikasi AZ Screen Recorder di perangkat hpmu. Silahkan berikan seluruh izin yang dibutuhkan, termasuk kemampuan dalam memakai aplikasi lain.
  • Selanjutnya pergi ke menu pengaturan aplikasi lalu ubah sumber audie ke dalam Internal Audio.
  • Setelah itu, alihkan perekaman pada layar. Lalu buka WhatsApp, selanjunya lakukan video call untuk mengecek fungsinya. Jika Kamu mempunyai masalah dalam audio, bisa mengubah kembali sumber audio ke dalam Microphone.

2. Merekam Video Call WhatsApp di iPhone

Cara merekam video call WhatsApp selanjutnya bisa menggunakan perangkat iPhone. Seperti yang sudah disinggung di atas bahwa iPhone telah memiliki aplikasi bawaan perekam video call WhatsApp. Jadi, Kamu tak perlu lagi repot-repot menginstal aplikasi pihak ketiga. Berikut ulasan langkah-langkahnya :

  • Pada perangkat iPhone, masuk ke Control Center tepatnya di menu pengaturan. Klik Customize Controls kemudian Kamu bisa menambahkan screen recording ke dalam daftar kontrol aktif.
  • Selanjutnya buka opsi Control Center lalu tekan tombol rekam dalam waktu yang cukup lama untuk merekam.
  • Kini Kamu bisa melanjutkan video call. Selain itu, pastikan untuk mengaktifkan mikrofon serta menaikkan volume panggilan agar bisa merekam video untuk kedua belah pihak dengan baik.

Seudah memutuskan panggilan, Kamu bisa menghentikan perekaman lalu simpan file pada perangkatmu.

Aplikasi Perekam Video Call WhatsApp di Android

Sebenarnya untuk merekam video call WhatsApp tidak hanya menggunakan aplikasi AZ Screen Recorder saja, tetapi ada banyak aplikasi lainnya yang bisa Kamu gunakan. Dengan cara merekam video call WhatsApp yang sama seperti poin nomor 1 di atas, Kamu juga bisa menggunakan aplikasi-aplikasi berikut ini untuk merekam panggilan video WhatsApp :

1. Video Call Recorder for WhatsApp FB

Sesuai namanya, aplikasi Video Call Recorder for WhatApp FB tak hanya dapat dipakai untuk melakukan perekaman video call WhatsApp saja. Karena aplikasi ini juga bisa dipakai untuk merekam video call pada FB messenger, Skype, IMO maupun yang lainnya.

Untuk menggunakannya sangat mudah, Kamu cukup menginstal dan menjalankan aplikasi yang satu ini sebelum dimulai panggilan video. Kemudian video dari hasil rekaman disimpan pada folder App.

2. Video Call Recorder – Nein Team

Salah satu aplikasi perekam video call WhatsApp lainnya ialah Video Call Recorder yang bisa Kamu unduh di Play Store. Aplikasi ini pasalnya sudah diunduh hingga mencapai 500 ribu kali lebih untuk menghadirkan fitur-fitur menarik agar bisa mempermudah para pengguna dalam mengabadikan ideo call.

Melalui aplikasi yang satu ini, Kamu tak perlu lagi riber untuk memulai rekaman dengan cara manual, sebab aplikasi ini bisa berjalan otomatis saat Kamu melakukan panggilan video.

Uniknya lagi, Video Call Recorder dari Nein Team juga telah disematkan fitur editing video basic seperti fitur penghapus part tertentu pada video, menambahkan efek, mengubah nama dan sebagainya. Kamu juga dapat menyimpan hasil recording pada kualitas HD.

3. Video Call Recorder – Photo Corner

Kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi dair Photo Corner untuk melakukan rekaman video call. Aplikasi ini dapat diterapkan untuk melakukan perekaman video call pada berbagai aplikasi, diantaranya IMO, WhatsApp, Facebook, Tango, Viber, ICQ dan sebagainya.

Selain itu, aplikasi yang satu ini juga mudah sekali digunakan, hanya sekali ketukan maka Video Call Recorder langsung merekam video call yang Kamu lakukan. Tak hanya itu, program ini juga secar aotomatis akan langsung merekam video berkualitas HD.

4. Auto Video Call Recorder

Serupa dengan aplikasi sebelumnya, aplikasi Auto Video Call Recorder pun dapat dimanfaatkan untuk perekaman video call dari berbagai jenis aplikasi, seperti Viber, Facebook, WhatsApp, IMO maupun yang lainnya.

Namun aplikasi MobileDevRecorder yang satu ini lebih mudah dan praktis. Karena saat melakukan video call, aplikasi yang satu ini bisa berjalan otomatis.

Uniknya lagi, program ini bahkan sudah diunduh hingga 100 ribu kali lebih dan hadir dengan tampilan antarmuka intuitif serta mudah dipakai. Dengan begitu, Kamu tidak keulitan lagi saat menggunakannya.

5. Record Video Call

Jika Kamu sedang mencari aplikasi untuk merekam panggilan video yang mudah dipakai dan ringan, maka aplikasi Record Video Call bisa menjadi jawabannya. Karena aplikasi dari App Kara yang satu ini terbilang sangat ringan dengan ukuran yang tidak sampai 4 MB.

Walaupun begitu, aplikasi Record Video Call juga bisa merekam panggilan ideo dari berbagai aplikasi, seperti IMO, Facebook, WhatsApp, Skype dan lainnya. Selain video, aplikasi ini juga bisa merekam percakapan audio.

6. Mobizen Screen Recorder

Mobizen Screen Recorder atau biasa dikenal dengan nama aplikasi perekam layar ini sebenarnya digunakan untuk perekaman panggilan video. Melalui aplikasi besutan dari MOBIZEN ini, Kamu dapat mengatur kapasitas dan resolusi video tergantung kebutuhan.

Di samping itu, program yang sudah diunduh hingga 100 juta kali lebih ini telah dilengkapi oleh fitur pengedit video dari hasil rekaman, termasuk pemotong video. Belum lagi, Kamu juga dapat memakai aplikasi yang satu ini dengan cara gratis bahkan tanpa watermark.

Itulah aplikasi perekam video call WhatsApp dan cara merekam video call WhatsApp di perangkat android dan iPhone yang bisa Kamu coba tutorialnya. Kamu bisa memilih aplikasi pihak ketiga mana saja yang sekiranya paling mudah atau menyesuaikan kebutuhanmu. Semoga bermanfaat!

Related posts