Cara Membuka Kata Sandi Hp Samsung yang Lupa

Bagaimana cara membuka kata sandi hp Samsung yang lupa? Hampir seluruh tipe hp Samsung menawarkan fitur keamanan, sehingga memungkinkan para penggunanya dapat mengatur PIN, pola dan kata sandi sebagai perlindungan. Fitur ini memang sangat efektif untuk mencegah terjadinya akses yang tak wajar atau tak diinginkan pada ponsel kita.

Untuk mengatasi kata sandi Hp Samsung yang lupa, ada beberapa cara yang dapat Kamu tempuh. Adapun cara-cara tersebut diantaranya sebagai berikut!

Cara Membuka Kata Sandi Hp Samsung yang Lupa

Cara membuka kata sandi hp Samsung yang lupa
Membuka Kata Sandi Hp Samsung yang Lupa

Tutorial Membuka Kata Sandi Hp Samsung yang Lupa

Jika Kamu lupa kata sandi atau pola hp Samsung yang Kamu buat sebelumnya, tentu saja Kamu tidak akan bisa mengakses hp Samsungmu. Sebagai solusinya, berikut beberapa panduan cara membuka kata sandi hp Samsung yang lupa :

1. Memakai Find My Mobile

Salah satu opsi yang bisa Kamu pakai untuk membuka password hp Samsung ialah dengan menggunakan fitur Find My Mobile. Fitur tersebut dapat digunakan apabila hp Samsungmu yang telah terkunci sudah masuk terlebih dahulu ke akun Samsung. Sebab fitur bernama Find My Phone tersebut sudah terintegrasi ke dalam akun Samsung.

Apabila hp Samsungmu dipastikan telah mendaftar ke dalam akun Samsung, selanjutnya pastikan pula paket internetmu masih tersedia  Sebab untuk mengaksesnya Kamu memerlukan jaringan internet. Biasanya Find My Phone sendiri secara otomatis langsung aktif di hp Samsung, karenanya Kamu bisa mengakses fitur tersebut untuk membuka password yang lupa. Ini dia caranya :

  • Pertama-tama, silahkan buka link https://findmymobile.samsung.com/ lewat perangkat lain. Baik itu dengan laptop, komputer, maupun hp lain yang digunakan untuk mengakses internet.
  • Sesudah itu, login menuju akun Samsung menggunakan akun yang telah didaftarkan sebelumnya.
  • Jika sudah login, kemudian silahkan klik opsi unlock, kemudian klik unlock.
  • Setelah itu akan muncul tampilan popup dan memintamu memasukkan password pada akun samsung, selanjutnya tombol next.
  • Selanjutnya, akan ada pemberitahuan bahwa hp Samsung yang terkunci sudah di reset kuncinya serta dapat dibuka kembali.
Terkait:  Cara Membuka Pesan WA yang Dihapus

Cara membuka kata sandi hp Samsung yang lupa di atas memang sangat efektif apabila hp Samsungmu terkunci akibat lupa password. Namun Kamu harus memastikan bahwa sebelumnya hpmu telah terdadtar pada akun Samsung. Selain itu, Kamu tidak melupakan ID dan kata sandinya.

Melalui Find My Mobile dari Samsung ini, secara otomatis sistem pengaturan kata sandi di Hp Samsungmu akan hilang. Karenanya untuk membuka hp, Kamu tak akan memakai password kembali melainkan bisa langsung dipakai.

2. Memakai Fitur Smart Lock

Cara membuka kata sandi hp Samsung yang lupa selanjutnya ialah dengan memakai fitur Smart Lock di hpmu. Mungkin dalam beberapa hari Kamu masih belum mengetahui tentang fitur tersebut. Fitur ini termasuk salah satu layanan keamanan dari Hp Samsung.

Smart Lock secara otomatis akan membuka kunci di hp Samsungmu ketika ada di lokasi terpercaya maupun ketika mendeteksi perangkat yang terdapat di sekitar. Lain halnya dengan fitur Find My Device, pada iftur ini Kamu harus mengaktifkannya dengan cara manual supaya dapat dipakai.

Opsi Smart Lock tersebut dapat Kamu buka pada opsi Pengaturan dan Lock Screen & Security. Jika Kamu tidak mengaktifkan opsi tersebut di smartphone Samsung, selanjutnya fitur ini tak dapat membantumu membuka ponsel Samsung yang telah terkunci.

3. Dengan Fitur Lupa Password

Cara membuka kata sandi hp Samsung yang lupa berikutnya yaitu Kamu bisa memakai fitur lupa password. Sebenarnya cara ini hanya dapat dilakukan bila hpmu masih belum di upgrade ke dalam versi android 5.0. Karena android 4.4 ke bawah biasanya mempunyai tingkat keamanan berbeda, yang mana akan terdapat pilihan lupa password apabila salah menginputkan kata sandi.

Terkait:  Cara Membuka ID Apple yang Terkunci
  • Pertama-tama, silahkan masukkan pola atau sandi yang salah hingga 5 kali.
  • Maka pilihan “Lupa password” dengan otomatis akan langsung muncul.
  • Silahkan tap opsi tersebut, kemudian pilih Google Account.
  • Inputkan email berikut kata sandi pada Google Account yang juga digunakan pada smartphone-mu yang terkunci.
  • Tekan masuk dan apabila akun Google-nya sudah benar, semestinya hp sudah dapat dibuka kembali.

4. Dengan Metode Safe Mode

Cara selanjutnya yang bisa digunakan untuk mengatasi lupa password hp Samsung ialah dengan memakai Safe Mode. Akan tetapi, cara yang satu ini biasanya lebih banyak digunakan jika Kamu memakai aplikasi tambahan lockscreen. Sebenarnya langkah-langkahnya sangat mudah. Cukup masuk ke dalam safe mode atau mode aman lalu masuk ke opsi pengaturan dan nonaktifkan lockscreen apps tersebut.

Untuk memasuki opsi safe mode pada hp Samsung, terdapat 2 cara. Cara yang pertama ialah, tekan lalu tahan tombol bertuliskan power, lalu pilih opsi power off. Selanjutnya akan muncul tulisan “Reboot to safe mode”, tekan OK.

Cara berikutnya ialah :

  • Tekan lalu tahan power kemudian pilih power off.
  • Kemudian tekans erta tahan power sampai Kamu melihat logo berbentuk animasi Samsung.
  • Lepaskan power dan tekan serta tahan volume down sampai perangkat menyala.
  • Adapun tanda bahwa Kamu sudah berhasil memasuki opsi safe mode ialah ada tanda “Safe Mode” di samping kiri bawah.
  • Sedangkan untuk keluar safe mode, tinggal matikan saja hp Samsungmu, kemudian nyalakan kembali.

5. Memakai Factory Reset

Cara membuka kata sandi hp Samsung yang lupa selanjutnya ialah memakai Factory Reset. Sebenarnya cara yang satu ini kurang direkomendasikan. Sebab resikonya, Kamu akan kehilangan data-data penting di dalam hpmu. Akan tetapi, jika cara-cara di atas sama sekali tidak bekerja, tentu terpaksa harus mencoba cara ini supaya hpmu dapat dipakai kembali.

Terkait:  Cara Membuka Mobil yg Terkunci Otomatis

Namun sebelum melakukan opsi Factory Reset sebaiknya Kamu memback up data penting di hp Samsung lebih dulu. Misalnya seperti video, lagu, dokumen, foto, dan sebagainya. Di samping itu, sebaiknya pastikan Kamu masih ingat dengan akun beserta password Google Account yang tertanam pada hpmu.

Apabila sudah mempersiapkan semuanya, maka Kamu dapat melakukan opsi factory reset. Adapun caranya ialah silahkan matikan ponsel Samsung, kemudian tekan kombinasi tombol power dan volume down selama beberapa saat. Jika sudah berhasil, Kamu bisa masuk ke Recovery Mode, Kamu dapat memilih factory reset. Apabila prosesnya telah selesai, silahkan tap opsi reboot agar Kamu bisa menyelesaikan prosesnya.

Biasanya beberapa smartphone mempunyai cara yang berbeda untuk mengakses opsi recovery mode. Sehingga jika metode di atas tak dapat dilakukan, mak kamu dapat mencari cara sesuai hp Samsung yang digunakan.

Sebenarnya ada banyak metode untuk mengatasi lupa password Hp samsung. Kamu dapat memilih salah satu opsi cara di atas. Namun yang terpenting ialah pastikan file atau data di hp harus diamankan terlebih dahulu. Sehingga pastikan untuk melakukan back up beberapa data penting yang Kamu butuhkan sebelum Kamu mencoba cara membuka kata sandi hp Samsung yang lupa di atas.

Related posts