Cara Membuka IG yang Lupa Kata Sandi

Bagaimana cara membuka IG yang lupa kata sandi? Password merupakan serangkaian kumpulan dari karakter yang dipakai oleh pengguna jaringan guna memverifikasi identitas ke dalam sistem sebuah jaringan. Namun aplikasi IG sangat jarang melakukan log out sebab Instagram memang mengusung sebuah sistem aplikasi, jadi ketika menutupnya, aplikasi ini tak akan meminta password kembali.

Cara Membuka IG yang Lupa Kata Sandi

Cara Membuka IG yang Lupa Kata Sandi
Membuka IG yang Lupa Kata Sandi

Tutorial Membuka Instagram yang Lupa Kata Sandi

Jika Kamu lupa dengan kata sandi Instagram, ada beberapa langkah cara membuka IG yang lupa kata sandi di bawah ini. Kamu bisa memilih salah satu cara termudah dan terpraktis yang bisa digunakan berikut :

1. Mengatasu Lupa Password IG dengan Email

Sebenarnya alternatif yang paling pas jika Kamu mengalami lupa kata sandi ialah Kamu dapat melihat password tersebut kemudian mencatatnya. Sebenarnya cara melihat password IG itu sendiri memang sangat mudah. Buka akun IG Kamu dan pilih opsi pengaturan serta privasi. Baru kemudian password-mu akan terlihat. Jika sudah, Kamu dapat mencatatnya supaya tidak lupa.

Namun apabila Kamu lupa kata sandi yang membuat akun IG-mu tak dapat dibuka, ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk mengatasi hal tersebut. Caranya yaitu dengan menggunakan akun email yang sudah Kamu daftarkan sebelumnya.

Cara pertama ialah memakai alamat email. Katika kita membuat akun IG pertama kali, biasanya akan mencantumkan akun email. Nah, email inilah yang menjadi alternatif awal jika salah satu platform media sosialmu bermasalah, seperti halnya Instagram. Adapun langkah-langkahnya ialah sebagai berikut :

  • Silahkan buka Instagram dengan laptop atau Hp. Kamu harus tahu bahwa Instagram kini sudah tersedia di PC/laptop.
  • Tekan menu bantuan jika ingin masuk ke akun IG. Lebih gampangnya, langsung saja klik link berikut https://www.instagram.com/accounts/password/reset/?hl=id. Pilih instruksi sesuai permasalahan yang terjadi.
  • Inputkan akun email, lalu pastikan akun tersebut terhubung pada Instagram ketika mendaftar pertama kali supaya prosesnya lebih mudah.
  • Dengan otomatis, Kamu pun langsung masuk pada akun IG, sebab akun email tersebut telah terhubung pada Instagram. Selain itu, pastikan ID-nya sudah benar.
  • Jika belum masuk pada akun IG, pilih “Kirim Email”.
  • Silahkan buka akun emailmu lalu pilih link untuk verifikasi yang telah dikirimkan agar bisa terhubung pada akun IG.
  • Selanjutnya Kamu tinggal buat kata sandi baru yang belum digunakan.
  • Kini Kamu bisa menikmati layanan Instagram dengan leluasa.
Terkait:  Cara Membuka Rekening BCA

Cara membuka IG yang lupa kata sandi di atas bisa dilakukan apabila Kamu ingin dengan akun emailmu. Tapi jika lupa nomor hp atau email yang tertera. Kamu perlu memakai metode lain untuk bisa memasuki akun IG-mu.

2. Mengatasi Lupa Sandi IG Tanpa Akun Email

Cara ini merupakan metode untuk memulihkan akun IG yang lupa email dan password namun masih tertaut dengan nomor ponselmu. Salah satu metode reset password tanpa email di IG ini bisa dilakukan memakai alamat facebook atau nomor telepon. Untuk bisa mereset password, Kamu dapat memakai nomor hp, email atau akun Facebook. Akan tetapi sayangnya, banyak kasus pengguna yang lupa email beserta password-nya. Jadi Kamu mesti melakukan reset password tanpa emal.

Adapun cara membuka IG yang lupa kata sandi berikutnya ialah reset password dengan tidak memakai akun email. Silahkan ikuti langkah-langkahnya berikut :

  • Pertama-tama buka aplikasi IG atau klik link https://www.instagram.com/accounts/password/reset/?hl=id/
  • Pilih opsi “Lupa Password di bagian bawah.
  • Apabila lupa email, pakai nomor hp yang aktif untuk mendapatkan kode verifikasi saat reset password. Pastikan ID sudah benar.
  • Inputkan nomor hpmu di kolom yang tersedia.
  • Silahkan tunggu SMS masuk di ponselmu, kemudian cek kode yang dikirimkan untuk verifikasi.
  • Inputkan kode verifikasi kemudian masuk menuju akun IGmu.
  • Masukkan password sebanyak 2 kali.
  • Pilih OK dan kini Kamu tinggal masuk ke dalam akun IG milikmu.

3. Memilihkan Akun IG yang Lupa Password, Nomor Hp dan Email

Cara membuka akun IG yang lupa password ini sebenarnya jarang digunakan. Sebab jarang sekali menyangkutkan antara IG dengan Facebook, dan tentunya akan kesulitan masuk. Namun tak ada salahnya jika Kamu tetap mencobanya.

Terkait:  Cara Membuka Pola Hp Oppo

Jika ingin masuk ke akun IG yang lupa kata sandi namun masih memiliki akses Facebook, sebenarnya caranya sangat mudah. Masuk ke https://www.instagram.com/accounts/login/?hl=id, dan tekan Masuk menggunakan Facebook.

4. Mengetahui Password IG Tanpa Nomor Hp, Facebook dan Tanpa Email

Apabila nomor ponselmu sudah tak lagi aktif dan akun emailnya lupa, belum lagi akun IG-mu tidak terhubung pada Facebook. Lalu, bagaimana cara untuk mengatasi akun IG yang lupa password tersebut? Apabila hal ini Kamu alami, masuk saja memakai username atau nama pengguna.

Jika Kamu sudah pernah mengalami masalah lupa password akun IG, maka Kamu dapat mengikuti cara di bawah ini. Sebenarnya cara ini bisa dilakukan ketika lupa password, nomor hp dan lupa email yang sudah didaftarkan pada akun IG Kamu.

Berikut langkah-langkah yang bisa dicoba :

  • Pertama-tama, silahkan buka Instagram Apps via Hp atau laptpo.
  • Apabila Kamu memiliki akun yang lain, pilih opsi tambahkan akun IG baru kemudian reset password milikmu. Akan tetapi jika Kamu hanya memiliki satu akun, Kamu dapat melalui cara ini.
  • Tekan opsi “Bantuan” jika ingin masuk. Kemudian pilih menu dapatkan bantuan instan sebab email, facebook dan nomor hp tak terhubung pada akun.
  • Inputkan username akun IG-mu dan pilih menu berikutnya.
  • Dengan otomatis, Kamu bisa masuk ke dalam akunmu. Lakukan reset password di opsi privasi dan pengaturan.
  • Setelah itu, Instagram akan langsung mengirimkan kode untuk verifikasi lewat clue email dan Kamu bisa menggunakannya untuk dapat membuka pesan verifikasi tersebut.
  • Silahkan buka pesan dan ketuk link id dalamnya untuk verifikasi akun IG.

Bagaimana Mengembalikan Akun IG yang di Hack?

Jika Kamu sudah memahami cara membuka IG yang lupa kata sandi seperti di atas, kini bagaimana jika akun Instagrammu ternyata di hack? Apabila hal ini terjadi, ada beberapa langkah yang bisa Kamu coba berikut ini :

Terkait:  Cara Membuka FB Teman yang Sudah Memblokir Kita

1. Kunjungi Web Resmi Pelaporan Instagram

Jika akunmu terkena hack kini tak perlu lagi khawatir, sebab ada langkah-langkah yang dapat Kamu lakukan jika ingin mengembalikan akun IG yaitu dengan cara mengunjungi situs web resminya di link help.instagram.com.

Lalu Kamu akan diberikan pertanyaan-pertanyaan tertentu yang wajib diisi dengan benar.

2. Pilih Opsi Impersonatin Account

Apabila ingin melaporkan bahwa akunmu telah diretas atau di hack orang lain, pilih opsi Impersonation Account. Adapun hal yang mesti diperhatikan di sini ialah, isi form yang tersedia di IG dan sertakan akun email yang sudah Kamu gunakan untuk mendaftar Instagram sebelumnya.

Ini nantinya berguna untuk melaporkan jika akunmu sudah di hack. Kamu juga perlu memastikan apakah nama akun tersebut sudah diubah atau tidak. Jika sudah diganti, Kamu wajib menginputkan nama akun baru supaya dapat dikembalikan oleh Instagram dengan mudah.

3. Jika Laporan Berhasil, Akun Instagrammu Akan Hilang

Ini terjadi dengan tujuan IG harus memastikan jika memang ada aktivitas peretasan pada akun Instagrammu dan Kamu tak perlu lagi khawatir. Karena akun tersebut tak akan dapat dicari lagi di kolom pencarian.

4. Melakukan Pengecekan Email

Sesudah akunmu ditindaklanjuti pihak Instagram, langkah berikutnya ialah Kamu akan mendapatkan email konfirmasi dari pihak Instagram. Dalam proses ini, Kamu wajib melakukan pengecekan inbox emailmu untuk mengetahui apakah Instagram telah mengirimkanmu email konfirmasi ataukah belum.

5. Isi Formulir

Sesudah menerima email konfirmasi, isi form data diri lengkapmu sesuai instruksi. Tujuannya demi memastikan bahwa Kamu memang benar sebagai pemilik akun Instagram tersebut. Jika sudah selesai, kirimkan formulir tersebut ke Instagram dan tunggu sampai 4-7 harian. Apabila identitasmu diakui pihak IG bahwa Kamulah pemilik akun sebenarnya, akun Instagram pun akan muncul lagi dan Kamu akan memperoleh link reset password.

Ya, itulah kumpulan cara membuka IG yang lupa kata sandi dan sebagai tambahan Kami bagikan cara memulihkan akun IG yang dihack seperti di atas. Semoga bermanfaat!

Related posts