Cara Membuat Status WhatsApp

Ada banyak keunggulan menggunakan WhatsApp, salah satunya ialah WhatsApp menawarkan banyak fitur yang lebih beragam dan berwarna. Mungkin inilah alasan kenapa banyak orang tidak bisa berpaling dari WhatsApp. Bagi yang sudah familiar dengan aplikasi WhatsApp, mungkin sudah tak asing lagi dengan cara membuat status WhatsApp. Karena memang untuk membuat status di WA sangatlah mudah. Namun tidak bagi Kamu yang baru pertama kali menggunakannya.

Selain itu, saja di sini Kami tidak hanya membagikan cara membuat status WhatsApp pada umumnya. Karena memang ada beberapa metode yang dapat digunakan untuk membuat status WA. Apakah itu membuat status video, gambar yang menarik, atau status WhatsApp lainnya yang bisa dipelajari.

Tentang Status WhatsApp

Apabila Kamu mengenal sudah paham menggunakan aplikasi Instagram, tentu sudah tak asing dengan fitur status yang ada di WA. Karena emang tak jauh berbeda dengan Insta Story di Instagram. Kamu bisa menggunakan fitur yang satu ini untuk saling berbagi status bersama teman-teman yang menyimpan kontak atau terhubung denganmu di WA.

Adapun perbedaan fitur pada status WhatsApp dan IG sendiri terletak dari durasi tayangannya. Untuk status WhatsApp, biasanya akan hilang secara otomatis dalam kurun waktu 24 jam saja.

Cara Membuat Status WhatsApp

Cara Membuat Status WhatsApp
Tutorial Membuat Status WhatsApp

Tutorial Membuat Status WhatsApp Terlengkap

Jika Kamu ingin membuat status WhatsApp, dimulai dari para pemula hingga yang ingin menyajikan status WhatsApp menarik, berikut ulasannya :

1. Membuat Status WhatsApp dengan Teks

Panduan bagi pemula yang baru menggunakan WhatsApp, sesudah Kamu menginstall WhatsApp dan membuat akunnya. Kini Kamu bisa mulai membuat status teks WhatsApp. Sebenarnya untuk membuat status Whatsapp dengan teks sangat mudah. Namun tetap saja, jika masih newbie bisa ikuti tutorialnya di bawah ini :

  • Langkah pertama, silahkan buka akun WhatsApp-mu.
  • Jika sudah masuk ke fitur chat atau obrolan WhatsApp, tinggal geser ke pilihan status.
  • Apabila Kamu telah menyimpan kontak-kontak teman, rekan atau saudara, serta mereka juga sudah menyimpan kontakmu, maka Kamu akan melihat status terbaru dari teman-temanmu di tab status.
  • Dari sini, jika ingin membuat status dengan teks, Kamu tinggal ketuk ikon pensil di pojok kanan bagian bawah pada jendela status.
  • Selanjutnya, maka akan terbuka area kosong atau jendela untuk membuat status. Dari sini, ketikkan status WhatsApp apa saja sesuai keinginan.
  • Setelah itu, Kamu dapat mengunggah statusmu dengan mengetik ikon tanda pandah yang terletak di pojok kanan bagian bawah pada jendela.
Terkait:  Cara Menghapus Akun Whatsapp Business

2. Membuat Status WhatsApp dengan Gambar

Cara membuat status WhatsApp lainnya selain teks, Kamu juga dapat membuat status berupa gambar. Jika kesulitan mengungkapkan kata-kata ke dalma status, Kamu pun bisa menggunakan gambar. Untuk membuat status berupa gambar di WhatssApp, ada beberapa cara yang bisa dilakukan :

  • Untuk langkah pertama serta kedua, caranya sama seperti pembuatan status teks WhatsApp.
  • Di jendela status, di samping ikon pensil juga ada ikon kamera untuk dipakai saat mengambil gambar yang akan Kamu jadikan status. Silahkan ketuk ikon tanda kamera untuk membuka kameranya.
  • Jika sudah, silahkan ambil gambarnya langsung. Foto objek yang diinginkan. Selanjutnya klik ikon tanda pandah jika ingin mengirimkannya ke dalam statusmu.
  • Selain gambar pada tangkapan kamera secara langsung, Kamu juga dapat memilih gambar/foto yang sudah tersimpan pada galeri ponsel untuk dijadikan status. Caranya, jika sudah mengetuk kamera tinggal geser saja ke baian atas untuk melihat koleksi gambar yang terdapat pada galeri.
  • Selanjutnya akan terlihat foto-foto atau gambar yang dapat Kamu pilih. Kamu pun bisa menjadikannya sebagai gambar status. Silahkan pilih salah satunya, jika sudah tekan ikon panah untuk menguploadnya menjadi statusmu.

3. Membuat Status WhatsApp yang Bergerak

Jika Kamu sudah mengetahui cara membuat status WhatsAppp teks dan gambar, kini Kamu bisa mencoba membuat status yang lebih unik yaitu berbentuk gambar bergerak. Kamu dapat membuat status gamar bergerak ini dengan memakai aplikasi tambahan menyesuaikan status WA yang diinginkan.

Untuk kali ini, kita akan mencoba memakai aplikasi Zeotropic. Jadi, Kamu dapat membuat gambar bergerak dengan aplikasi Zeotropic. Lalu gambar hasil dari kreativitasmu ini akan disimpan kemudian dijadikan sebagai status WA.

Terkait:  Cara Membuat Website Gratis Lewat Hp

Ingin tahu caranya? Berikut tutorialnya :

  • Silahkan unduh kemudian install Zeotropic Apps di Google Play Store.
  • Selanjutnya buka aplikasinya, kemudian izinkan persetujuan yang diminta. Misalnya izin untuk mengakses kamera atau galeri.
  • Jika sudah, Kamu akan melihat tampilan jendela awal Zeotropic. Silahkan klik pilihan “Ketuk disini jika ingin memulai.”
  • Setelah itu, pada menu WhatsApp yang terbuka, silahkan pilih galeri jika Kamu sudah memiliki foto yang ingin diedit. Jika tidak, ambil foto secara langsung lewat kamera ponsel caranya dengan mengetuk opsi kamera.
  • Jika Kamu sudah memilih gambar atau foto, Kamu akan ditampilkan pesan membuat pilihan “memori baru”. Silahkan tulis dan ketikkan nama memori untuk Kamu gunakan. Jika bingung ketuk saja opsi “Simpan”.
  • Selanjutnya foto yang dipilih pada galeri tadi, selanjutnya akan terbuka pada aplikasi Zeotropic. Setelah itu, Kamu bisa berkreasi dengan leluasa untuk menghasilkan gambar atau foto bergerak yang kreatif. Sebagai percobaan, Kami cukup memanfaatkan tools “gerak” yang berfungsi menggerakkan area pada foto.
  • Adapun caranya, tekan tools bertanda pandah, kemudian goreskan atau usap tools tersebut pada area yang akan digerakkan.
  • Jika sudah cukup, cek dulu hasil aplikasi tools tadi dengan cara mengetuk ikon tanda panah di samping kiri pada tools “gerak” tadi.
  • Setelah sesuai, tinggal simpan gambar tadi dengan mengetuk opsi titik tiga di samping kanan pada bagian atas layar, lalu tekan “simpan atau ekspor video”.

4. Membuat Status Gambar Menarik dari Canva

Jika sudah merasa bosan dengan tampilan foto yang itu-itu saja, atau terkesan sangat monoton, maka Kamu bisa mencoba cara yang satu ini. Membuat desain menggunakan Canva, tentu saja bisa membantumu untuk membuat status WhatsApp yang menarik. Bahkan akan sangat berguna bagi Kamu yang tidak memiliki keterampilan desain sekalipun. Kamu bisa membuat grafis dengan mudah melalui tampilan yang profesional di Canva.

Terkait:  Cara Membuat Rekening BRI

Oke, jika sudah tak sabar dengan cara membuat status WhatsApp dengan Canva, berikut ulasannya :

  • Silahkan download dan install aplikasi Canva di ponselmu terlebih dahulu.
  • Kemudian buat akun baru di Canva jika ingin memposting status WA.
  • Lalu pilih pada perpustakaan template di Canva.
  • Silahkan upload fotomu atau pilih berdasarkan stok di Canva yang berisi sebanyak 1 juta lebih gambar yang ada.
  • Lakukan pengaturan gambar dan tambahkan filter yang menarik, lalu edit teks.
  • Silahkan simpan, kemudian bagikan.

5. Membuat Status Video WhatsApp dari Youtube

Ketika Kamu menonton streaming video di platform Youtube, apalagi videonya sangat menarik, mungkin Kamu berpikir untuk membaginya lewat status WA Kamu. Jika Kamu ingin membagikan video dari Youtube ke status WhatsApp, caranya mudah sekali yakni dengan memanfaatkan fitur share yang tersedia di aplikasi Youtube.

Lalu pilih WhatsApp jika ingin membagikannya via WA. Namun, cara ini sudah tak bisa bekerja lagi, karena hasilnya hanya menampilkan link Youtube berisi video saja dan bukan video untuk ditonton langsung.

Tapi jangan khawatir, jika tetap ingin membagikan video Youtube ke status WhatsApp cukup download video Youtube tersebut lebih daulu. Kamu bisa menggunakan aplikasi Vidmate atau program share link unduhan video Youtube di internet. Selanjutnya tinggal unduh video dan jadikan video tersebut sebagai status WA-mu.

Ya, itulah 5 cara membuat status WhatsApp mulai dari teks, gambar atau video menarik yang bisa Kamu coba. Bagaimana, mudah bukan?

Related posts