Cara Menghilangkan Ngantuk Saat Kerja

Apakah kamu sering merasakan ngantuk saat kerja? Bagaimana cara menghilangkan ngantuk saat kerja? Artikel kali ini akan membantumu menghilangkan ngantuk saat sedang bekerja dengan efektif.

Fenomena Ngantuk Saat Kerja

Saat kamu sedang bekerja, seberapa sering kamu merasa ngantuk? Kamu tentu tak ingin ketahuan sedang tertidur pulas saat kerja, bukan? Meskipun rasa kantuk saat jam kerja sudah sangat wajar, namun kamu tak boleh menganggapnya enteng. Atas nama profesionalitas, kamu perlu mencari cara menghilangkan fenomena ngantuk saat kerja.

Bekerja dengan kondisi mengantuk memiliki banyak dampak negatif. Kamu bisa kehilangan fokus dan melakukan kesalahan yang tidak kamu inginkan. Salah-salah justru kamu bisa mengalaim cedera dari pekerjaanmu. Atau atasanmu mendapati kamu sedang mengantuk saat bekerja. Hal ini bisa berakibat kamu diberikan peringatan dari tempat kerjamu. Mau tidak mau kamu harus berusaha menghilangkan ngantuk saat kerja.

Penyebab Ngantuk Saat Kerja

Meskipun terdengar sangat alamiah, namun ngantuk saat bekerja dapat dicermati berbagai penyebabnya, antara lain :

1. Kelelahan

Penyebab ngantuk saat kerja yang pertama adalah kelelahan. Bagi sebagian orang, kondisi tubuh yang terlalu lelah memang menjadi salah satu penyebab utama timbulnya rasa ngantuk. Tak terkecuali saat bekerja, kelelahan bisa disebabkan kegiatan yang terlalu intens di malam hari, seperti begadang, lembur dan sebagainya. Jika kamu bekera dalam kondisi kelelahan, kamu perlu mencari cara menghilangkan ngantuk saat kerja.

Terkait:  Cara Hitung Lingkar Pinggang
2. Konsumsi Makanan

Jika kamu terlalu banyak mengonsumsi makanan tidak sehat, jangan terkejut bila sewaktu-watu kamu merasa ngantuk saat kerja. Bahkan, makanan yang sehat pun bila dikonsumsi dengan cara yang salah juga dapat menyebabkan ngantuk. Cara mengonsumsi yang tidak tepat antara lain mengonsumsi secara berlebihan atau mengonsumsi secara tidak seimbang.

Meskipun begitu, kamu tetap perlu berhati-hati pada beberapa makanan. Salah satunya adalah nasi. Nasi memiliki zat pati yang dapat menjadi pemicu kamu merasakan ngantuk saat kerja. Jika kamu memiliki setumpuk pekerjaan untuk diselesaikan, coba hindari nasi saat sarapan.

3. Masalah Kesehatan

Ada beberapa masalah kesehatan yang dapat menjadi penyebab timbulnya ngantuk saat kerja. Masalah kesehatan tersebut antara lain insomnia dan masalah pada tulang. Insomnia merupakan masalah kesehatan yang memiliki gejala berupa susah tidur. Biasanya, orang yang mengalami insomnia akan terjaga sepanjang malam. Apabila masalah insomnia ini menimpamu, besar kemungkinan kamu akan ngantuk saat kerja.

Sedangkan masalah tulang juga dapat menjadi penyebab timbulnya ngantuk. Jika kamu tidak memiliki kadar mineral yang cukup pada tulangmu, hal itu bisa mengakibatkan ngantuk. Sebuah studi pun menunjukkan bahwa protein oreksin adalah alasan utama timbulnya ngantuk di siang hari.

4. Depresi

Apakah pekerjaan terlalu membebani pikiranmu? Atau kamu sedang terlibat dalam sebuah masalah yang rumit? Berhati-hatilah karena besar kemungkinan kamu berisiko mengalami depresi. Depresi akan mengakibatkan pikiranmu kacau. Di malam hari kamu akan memikirkan banyak hal. Inilah yang menjadi penyebab kamu tidak bisa tidur nyenyak di malam hari. Apabila kegiatan ini terus terjadi, kamu bisa mengalami ngantuk di siang hari saat sedang bekerja.

Cara Menghilangkan Ngantuk Saat Kerja

Cara Menghilangkan Ngantuk Saat Kerja
Cara Menghilangkan Ngantuk Saat Kerja

Setelah mengetahui beberapa penyebab ngantuk saat kerja, kini saatnya untuk kamu mengerti cara menghilangkan ngantuk saat kerja. Adapun cara menghilangkan ngantuk saat sedang bekerja antara lain:

Terkait:  Cara Daur Ulang Plastik

1. Aktif di Tempat Kerja

Duduk terlalu lama bisa memicu munculnya rasa kantuk dan lelah. Oleh karena itu di sela-sela waktu bekerja, cobalah untuk berjalan kaki sejenak, entah untuk pergi ke toilet, mengangkat telepon, atau mengunjungi meja rekan kerja untuk mendiskusikan pekerjaan yang sedang dikerjakan bersama. Hal ini bisa membantumu menghilangkan ngantuk saat kerja. Selain itu, mengunjungi rekan kerja juga bisa mempererat kerjasama antar rekan kerja.

2. Hindari Menatap Layar Monitor Secara Terus-Menerus

Mata yang lelah dan pikiran yang sumpek karena terus-menerus menatap layar komputer bisa membuatmu lelah dan mengantuk. Kamu juga bahkan bisa merasakan sakit kepala tegang. Jadi, alihkan mata dan perhatianmu dari layar komputer sesekali ke hal lain secara berkala. Cara ini bertujuan untuk mengistirahatkan mata dan menyegarkan pikiran. Dengan melakukan cara ini, kamu bisa menghilangkan ngantuk saat kerja dengan lebih efektif.

3. Mengatur Pernapasan

Rasa ngantuk dapat hilang jika kadar oksigen pada otak tercukupi. Untuk itu, saat merasa ngantuk, cobalah untuk mengatur pernapasanmu kembali. Caranya yaitu dengan menarik napas dalam-dalam menggunakan perut. kemudian tahan sejenak dan hembuskan napas melalui mulut. Lakukan ini hingga 10 kali. Cara ini dapat membantumu menghilangkan ngantuk saat sedang bekerja. Selain itu, memiliki pernapasan yang teratur juga dapat membantu membuat pikiran tenang dan fokus.

4. Mengonsumsi Minuman Berkafein

Salah satu cara mengatasi ngantuk saat kerja yang populer adalah mengonsumsi minuman berkafein seperti kopi. Kafein memang dinilai berkhasiat untuk mengusir rasa kantuk, tapi alangkah baiknya untuk mengonsumsi secangkir kopi saja saat sedang bekerja. Hal ini dikarenakan meminum kopi yang berlebihan dapat memicu dehidrasi. Jika kamu mengalami dehidrasi,itu bisa menambah rasa lelah. Jadi jika ingin minum kopi, pastikan kamu juga mencukupi kebutuhan air putih. Selain itu, hindari minum kopi di sore hari agar kamu tidak sulit tidur di malam harinya.

Terkait:  Cara Konsumsi Kayu Bajakah

5. Mengonsumsi Camilan yang Sehat

Kadar gula darah yang rendah dapat menyebabkan tubuh terasa lemas. Pada kondisi ini, makanan ringan dapat bermanfaat untuk meningkatkan energi dan mengusir rasa kantuk dan lelah.Pilihan camilan sehat yang dapat membuat tubuh berenergi antara lain adalah:

  • Biskuit dengan gandum utuh
  • Kacang-kacangan
  • Buah potong, seperti semangka, melon, jeruk

6. Mendengarkan Musik

Cara menghilangkan ngantuk dan lelah berikutnya adalah dengan mendengarkan musik menggunakan earphone. Musik dengan irama yang kencang, seperti musik aliran rock dan pop, bisa membuat Anda lebih berenergi dan melupakan rasa kantuk dan lelah. Di sisi lain, jika kamu memiliki lagu favorit, kamu juga bisa mendengarkannya untuk membantu menghilangkan ngantuk.

Selain musik, radio atau podcast juga bisa kamu manfaatkan untuk menghilangkan ngantuk. Beberapa siaran radio biasanya ditujukan untuk menemani hari-harimu saat bekerja. Kamu bisa mencoba untuk mendengarkan radio saat sedang bekerja untuk mengurangi rasa ngantuk. Begitu pula podcast yang memiliki konsep hampir serupa dengan siaran radio. Beberapa podcast lucu dan menghibur bisa meningkatkan semangatmu dan mengusir ngantuk saat sedang bekerja.

7. Tidur Siang

Jika rasa kantuk sudah tidak tertahankan, manfaatkan waktu istirahat untuk tidur siang sejenak selama 10–20 menit. Jika tidak memungkinkan atau kamu tidak bisa tidur, cobalah untuk memejamkan mata sambil tengkurap di meja kerja selama 10 menit tanpa distraksi apa pun agar kamu dapat kembali lebih segar. Tapi pastikan kamu melakukan tidur siang di jam istirahat. Jangan coba-coba melakukan tidur siang di jam sibuk, atau kamu akan diberi teguran oleh atasanmu.

Demikian adalah artikel mengenai cara menghilangkan ngantuk saat kerja. Semoga bermanfaat.

Related posts