Cara Membuat M Banking Mandiri

  • Whatsapp

Cara membuat m banking Mandiri sangat penting bagi Kamu yang ingin mendapatkan kemudahan dalam bertransaksi perbankan tanpa harus mengantri. Semua orang pasti menyadari bahwa mengantri adalah hal yang paling membosankan. Apalagi jika mengantri di bank hanya untuk transfer. Karena itulah, bank Mandiri kini telah menyediakan layanan m banking untuk mempermudah para nasabahnya untuk bertransaksi.

Selain m banking, Mandiri juga menawarkan layanan SMS banking dan internet banking. Namun dalam ulasan kali ini, kita hanya akan membahas cara membuat m banking Mandiri. Untuk mengaktifkan layanan m banking Mandiri sebenarnya sangat mudah. Asalkan Kamu memenuhi syarat dan ketentuannya terlebih dahulu.

Read More

Syarat dan Ketentuan Membuat M Banking Mandiri

Sebelum nasabah Mandiri menggunakan manfaat m banking, yang harus dilakukan pertama kali ialah dengan mendaftar m banking dan melakukan aktivasi lebih dulu. Namun untuk bisa melakukannya, Kamu harus sudah terdaftar sebagai nasabah dari bank Mandiri. Jika belum, Kamu cukup membawa KTP dan uang untuk dana awal saat membuka rekening tabungan bank Mandiri. Selanjutnya, Kamu akan memperoleh buku tabungan dan kartu ATM bank Mandiri.

Selain mempunyai rekening bank Mandiri, baik itu berbentuk rekening tabungan, giro, atau rekening valas, ada beberapa syarat lainnya membuat layanan mbanking Mandiri. Berikut diantaranya :

  • Mempersiapkan kartu ATM bank Mandiri.
  • Telah mempersiapkan SIM/KTP/Paspor.
  • Sudah mengaktifkan layanan MPIN atau SMS finansial.

Apabila Kamu telah mendaftar menjadi nasabah bank mandiri, lewat aplikasi online, biasanya SMS finansial secara otomatis akan aktif. Akan tetapi, jika Kamu adalah nasabah Mandiri yang sudah lama atau membuat rekening tabungan Mandiri lewat kantor cabang, tinggal hubungi layanan call center Mandiri. Ini tujuannya agar Kamu bisa mengaktifkan MPIN. Adapun nomor call center Mandiri ialah 14000.

Terkait:  Cara Daftar m Banking Mandiri

Sekarang ini, mbanking Mandiri hanya dapat dipakai untuk beberapa provider, seperti Indonesat, XL, Telkomsel, Smartfren dan 3 (Tri). Di samping itu, Kamu juga harus mempunyai pulsa yang mencukupi sebab harus mengirimkan SMS pendaftaran. Setelah semua persyaratan telah dipenuhi, kini waktunya untuk memulai pendaftaran m banking.

Cara Membuat M Banking Mandiri

Cara Membuat m Banking Mandiri
Membuat m Banking Mandiri

Tutorial Membuat M Banking Mandiri di ATM

Jika Kamu telah mendaftar layanan SMS Banking Mandiri sebelumnya di ATM, maka Kamu tak perlu mendaftar layanan m-banking Mandiri kembali di ATM. Karena nomor hp telah terdaftar di dalam sistem. Akan tetapi, jika belum Kamu harus melakukan registrasi m banking di ATM.

Namun sebelum mendaftar, sebaiknya pastikan Kamu mempunyai nomor hp yang telah mendukung layanan m-banking. Kamu dapat memakai nomor hp dari Indosat, Telkomsel, Tri, Smartfren, dan XL. Di samping itu, Kamu juga harus memastikan bahwa pulsamu masih mencukupi untuk melakukan verifikasi nomor ketika mendaftar di gerai ATM terdekat.

Berikut langkah cara membuat m banking Mandiri di ATM yang bisa Kamu coba :

  • Silahkan datang langsung ke gerai ATM bank Mandiri terdekat.
  • Jika sudah, masukkan kartu debit/ATM Mandirimu ke slot mesin ATM.
  • Selanjutnya, pilih layanan “Bahasa Indonesia” agar proses pendaftaran mobile banking lebih mudah.
  • Setelah itu, inputkan 6 digit angka PIN ATM Mandiri.
  • Di halaman utama, Kamu bisa memilih opsi “Transaksi Lainnya”.
  • Kemudian pilih opsi “Pendaftaran ebanking”.
  • Lalu pilih layanan “Mobile Banking”.
  • Selanjutnya tekan “Lanjut” untuk konfirmasi bahwa nomor hp yang Kamu daftarkan ialah benar nomor hp milikmu sendiri.
  • Kemudian masukkan nomor ponsel dan tekan “Benar”.
  • Sesudah itu buat PIN untuk Mandiri SMS terdiri atas 6 digit angka dan tekan “Benar”.
  • Selanjutnya Kamu akan ditampilkan informasi mengenai notifikasi SMS Mandiri. Lalu tekan “Ya” jika Kamu ingin mengaktifkan layanan tersebut.
  • Lalu Kamu diharuskan menginputkan tanggal lahirmu berdasarkan kartu identitas dan tekan “Benar”.
  • Jika sudah, Kamu akan menerima kode OTP yang telah dikirimkan melalui SMS ke nomor hp yang telah didaftarkan. Kemudian inputkan nomor OTP dan tekan “Ya”.
  • Apabila kode OTP sudah benar, biasanya mesin ATM langsung menampilkan informasi jika layanan SMS Mandiri sudah aktif.
Terkait:  Cara Membuat Kartu ATM BRI

Mengaktivasi M Banking Mandiri di Kantor Mandiri Cabang

Setelah mengikuti langkah cara membuat m banking Mandiri di atas, selanjutnya aktifkan layanan SMS finansial, serta buat MPIN di kantor Mandiri cabang terdekat. Adapun tujuan untuk mengaktifkna layanan SMS ini ialah supaya nasabah dapat melakukan transfer, pembelian, dan pembayaran lewat SMS banking bank Mandiri.

Para nasabah yang akan memakai m banking Mnadiri harus mengaktifkan layanan SMS finansial supaya nomor hp yang didaftarkan dapat dipakai untuk melakukan transaksi finansial. Jika tidak didaftarkan, tentu saja Kamu hanya bisa melakukan cek mutasi dan cek saldo saja.

Sementara untuk MPIN sendiri terdiri atas 6 digit PIN m banking yang dipakai untuk melakukan verifikasi transaksi ketika memakai layanan m Banking Mandiri. Dimana MPIN ini harus dibuat langsung di kantor cabang bank Mandiri terdekat. Maka dari itu, Kamu wajib pergi ke kantor cabang Mandiri.

Dalam cara membuat m banking Mandiri di kantor cabang, Kamu diharuskan membawa serta persyaratan yang diperlukan. Syaratnya sebenarnya sangat simpel, Kamu hanya perlu membawa buku tabungan, KTP dan juga kartu ATM. Lalu cukup minta bantuan saja ke CS Bank Mandiri untuk melakukan aktivasi layanan SMS finansial serta membuat MPIN.

Para nasabah tak akan dibebankan biaya, sehingga Kamu tidak usah khawatir saat membuatnya. Namun yang terpenting ialah Kamu sudah mengaktifkan m banking Mandiri terlebih dahulu di terlebih dahulu. Namun jika belum, maka CS biasanya akan memintamu mengaktifkannya.

Mendaftarkan Layanan m Banking Mandiri via HP

Langkah cara membuat m banking Mandiri berikutnya ialah sesudah sukses membuat MPIN, serta mengaktifkan layanan SMS finansial, kamu tinggal daftar aplikasi Mandiri Online. Aplikasi ini sebenarnya dikhususkan untuk melakukan transaksi memakai m banking Mandiri.

Terkait:  Cara Membuat Linktree di Instagram

Biasanya aplikasi Mandiri Online bisa didownload bagi pengguna iPhone dan android. Ada banyak fitur yang ditawarkan pada aplikasi yang satu ini, mulai dari transfer, cek saldo, topup, buka rekening, pembayaran e-commerce, dan lainnya. Selain itu, cara mendaftar layanan m banking Mandiri juga sangat gampang.

Hanya saja aplikasi Mobile Banking dapat diaktifkan apabila nasabah telah mendaftarkan nomor hp terlebih dahulu di ATM serta kantor cabang. Oke, berikut ini ada beberapa tahapan langkah yang dapat dicoba untuk aktivasi m banking Mandiri :

  • Pastikan Kamu telah mengaktifkan m banking Mandiri di ATM serta sudah melakukan aktivasi layanan finansial langsung di kantor cabang.
  • Lalu unduh Mandiri Mobile di App Store atau Play Store.
  • Sesudah itu, buka aplikasi Mandiri Mobile yang telah diunduh, lalu Kamu tinggal menginputkan nomor kartu debit Mandiri, tanggal lahir dan expire date-nya. Selanjutnya tekan “Lanjut”.
  • Setelah itu, Kamu akan menerima format SMS yang digunakan untuk memverifikasi nomor hp. Kamu bisa mengirimkan format SMS dan kembali lagi Mandiri Online App.
  • Jika nomor hp sudah berhasil terverifikasi, maka langkah berikutnya buat password, user ID dan melakukan konfirmasi password. Lalu tekan “Lanjut”.
  • Masukan akun email beserta gambar profil (opsional). Lalu tekan “Buat Akun” jika ingin membuat akun layanan Mandiri Online.
  • Lalu masukkan MPIN dan aktivasi layanan Mandiri Online pun sudah selesai. Kamu cukup memasukkan password dan user ID. Ketuk login, dan Kamu bisa memakai aplikasi ini untuk bertransaksi.

Nah, itulah tahapan-tahapan cara membuat m banking Mandiri dari pendaftaran layanan SMS Mandiri hingga aktivasi Mandiri Mobile. Bagaimana, mudah kan?

 

Related posts