Cara Mengisi Token Listrik Lewat Shopee

Cara Mengisi Token Listrik Lewat Shopee
Cara Mengisi Token Listrik Lewat Shopee

Saat ini tidak ada rumah yang tidak menggunakan listrik baik di perkotaan atau di perdesaan. Listrik merupakan sebuah kebutuhan primer, sebab hampir semua aktivitas saat ini membutuhkan listrik. Apalagi dengan adanya layanan listrik prabayar saat ini, semakin mempermudah pelanggan untuk melakukan pembayaran. Seperti cara mengisi token listrik lewat Shopee.

Adanya layanan listrik pintar atau listrik prabayar semakin memudahkan pengguna atau pelanggan listrik residential untuk mengatur penggunaan listrik. Belum lagi, pembayaran listrik juga dapat dilakukan secara online tanpa harus pergi ke outlet PPOB.

Read More

Termasuk cara mengisi token listrik lewat Shopee, yang membuat pengguna atau pecinta belanja online di Shopee bisa sekalian mengisi token listrik tanpa repot di Shopee kapan saja dan dimana saja. Dengan catatan memakai perangkat yang sudah terkoneksi internet.

Cara Mengisi Token Listrik Lewat Shopee

Cara Mengisi Token Listrik Lewat Shopee
Cara Mengisi Token Listrik Lewat Shopee

Bukan hanya menawarkan layanan untuk berbelanja online saja dengan produk yang melimpah, tetapi Shopee juga menawarkan pengisian token listrik dengan mudah. Bahkan tidak hanya berlaku bagi pengisian token listrik prabayar, jika kamu masih menggunakan listrik pascabayar sekalipun bisa membayar tagihan di Shopee.

Bagi kamu yang sistem penambahan Kwh-nya dibayar di awal (prabayar), berikut langkah cara mengisi token listrik lewat Shopee yang perlu kamu tahu :

  • Buka aplikasi Shopee terlebih dahulu di hp.
  • Pada halaman depan aplikasi Shopee, pilih menu Pulsa, Tagihan, dan Tiket.
  • Di halaman berikutnya, lihat pada bagian Tagihan lalu pilih menu Listrik PLN.
  • Di halaman selanjutnya, masukkan nomor pelanggan listrik PLN kamu. IDPEL bisa kamu lihat di Kwhmeter.
  • Kemudian, pilih nominal yang ingin dibeli. Ada beberapa pilihan nominal yang tersedia, yaitu Rp.20.000, Rp.50.000, Rp.100.000, Rp.200.000, Rp.500.000, Rp.1.000.000, Rp.5.000.000, Rp.10.000.000, dan Rp.50.000.000.
  • Semua nominal tersebut tidak dikenakan biaya admin, artinya jika kamu membeli pulsa untuk mendapatkan token yang Rp.20.000, maka hanya membayar Rp.20.000 saja.
  • Apabila telah selesai pengisian nomor pelanggan dan pemilihan nominalnya, klik tombol Lanjutkan yang berada di bagian bawah.
  • Sekarang, pada layar akan diperlihatkan halaman checkout. Jika terdapat voucher, gunakan voucher untuk mendapakan potongan harga.
  • Selanjutnya pilih metode pembayaran yang akan kamu gunakan. Metode pembayaran bisa dalam bentuk transfer bank, cicilan kartu kredit, kartu debit/kredit, melalui mitra Shopee, Alfamart/Alfamidi/Dan+Dan, atau bisa juga melalui Indomaret/Saku.
  • Jika sudah menentukan metode pembayarannya, klik tombol konfirmasi di bawah.
  • Masukkan nomor PIN saldo Shopee untuk pembayarannya.
  • Pembelian telah berhasil dan struk pembelian akan terlihat secara virtual, berikut nomor token yang perlu di isi pada meteran listrik rumah kamu.
Terkait:  Cara Tarik Saldo ShopeePay ke DANA

Bagaimana, mudah kan cara mengisi token listrik di Shopee? Yang perlu kamu ketahui adalah kamu harus memilih metode pembayaran yang tepat. Bisa lewat m Banking, iBanking atau lainnya. Apalagi jika kamu memiliki saldo ShopeePay, maka kamu bisa membayarnya melalui saldo ShopeePay tersebut.

Cara Membayar Tagihan Listrik Pascabayar

Lantas, bagaimana cara membayar tagihan listrik prabayar? Bagi kamu yang listriknya masih menggunakan listrik pascabayar. Jangan khawtir, masih bisa kok melakukan pembayaran tagihan tanpa harus keluar rumah!

Cukup ikuti langkah cara pembayaran tagihan listrik lewat aplikasi Shopee berikut :

  • Buka kembali aplikasi Shopee.
  • Pada halaman depan aplikasi Shopee, pilih menu Pulsa, Tagihan, dan Tiket.
  • Di halaman berikutnya, lihat pada bagian Tagihan lalu pilih menu Listrik PLN.
  • Selanjutnya, lihat tab di bagian atas, terdapat 3 tab yang tersedia, yaitu Token Listrik, Tagihan Listrik, dan Non-Taglis. Kamu pilih tab Tagihan Listrik untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya.
  • Sekarang masukkan nomor pelanggan atau nomor meter kamu yang terdapat Kwhmeter.
  • Jika sudah di isi, klik tombol Lihat Tagihan yang berada di bagian bawah.
  • Lalu lanjutkan pada halaman checkout dan pilih metode pembayaran yang ingin kamu gunakan.
  • Metode pembayaran ini sama dengan cara pertama bisa dengan berbagai metode dengan memilih yang paling mudah.
  • Jika sudah memilihnya, klik tombol Bayar Sekarang lalu masukkan nomor PIN saldo kamu untuk menyelesaikannya.
  • Proses pembayara listrik PLN melalui Shopee telah berhasil.

Sebagai catatan, baik cara pertama (prabayar) atau cara kedua (pascabayar), jika ingin melihat konfirmasi pembelian bisa dilihat dengan cara memilih menu Transaksi yang berada di bagian pojok kanan atas di halaman depan Shop.

Cara Mengisi Token Listrik yang Sudah dibeli

Jika sudah memahami cara mengisi token listrik lewat Shopee, selanjutnya kamu hanya perlu memasukkan nomor token yang sudah tersedia pada struk pembelian Shopee. Ingat, Langkah ini hanya berlaku bagi pengguna listrik prabayar. Begini caranya :

  • Pastikan kamu telah mendapatkan struk pembelian di aplikasi Shopee, kemudian cek nomor token yang tertera pada struk pembelian digital tersebut.
  • Tekan tombol yang ada pada meteran berdasarkan 20 digit sesuai nomor tokennya.
  • Jika sudah dipastikan pengisannya benar dan berjumlah 20 digit, klik tombol enter atau OK yang berada pada pad meteran.
  • Tunggu beberapa saat, jika token yang diisi benar, maka akan muncul tulisan BENAR pada layar meteran, namun jika ada 1 angka saja yang salah, akan muncul tulisan SALAH dan harus mengulanginya dari awal.
Terkait:  Cara Komplain di Shopee

Perlu kamu ketahui, nomor token yang kamu beli dari Shopee hanya berlaku untuk satu kali pengisian saja. Jadi, jika kedepannya Kwh listrik tinggal sedikit lagi dan perlu mengisinya kembali, maka kamu harus melakukan cara-cara di atas lagi untuk mendapatkan token yang baru.

Apakah Beli Token Listrik di Shopee Bisa Pakai ShopeePay?

Bisa. Untuk mengaksesnya, kamu bisa tekan pilihanĀ Pulsa, Tagihan dan Hiburan pada halaman utama apikasi Shopee. Lalu tekanĀ Listrik PLN dalam kategori tagihan. Silahkan inputkan nomor IDPEL di pilihanĀ Token Listrik.

Dimana Letak ID Pelanggan Untuk Isi Token Listrik?

Jika kamu belum mengetahui IDPEL PLN, kamu bisa mencarinya secara manual. Caranya cek pada meteran listrik di rumah, silahkan lihat barcode yang terdapat pada meteran tersebut. Tepat di bawah barcode, kamu akan melihat ada 11-12 digit angka sebagai IDPEL PLN.

Berapa Lama Proses Pengisian Token Listrik di Shopee?

Kamu akan menerima nomor token dari pembelian token listrik di Shopee dalam waktu 15 menit sesudah pembayaran terverifikasi. Apabila sesudah 15 menit kamu belum juga menerima token listrik, kamu bisa mengubungi layanan CS Shopee.

Bagaimana Jika Nomor Token Tidak Valid?

Sebenarnya sangat jarang jika nomor token tidak valid, akan tetapi sebagai antisipasi saja bila terjadi nomor token tidak valid maka harus segera di konfirmasi ke pihak PLN. Bukan ke pihak Shopee lagi. Beberapa kontak PLN yang bisa kamu hubungi untuk mengatasi masalah ini di antaranya :

  • Kontak resmi PLN : 123.
  • Langsung berbicara ke PLN setempat dengan format telpon : (kode area) 123. Sebagai contoh jika Anda berdomisili di Jakarta, maka kontak PLN Jakarta yaitu : 021123.
  • Twitter : @pln_123
  • Facebook : PLN 123
  • Email : [email protected].
Terkait:  Cara Dropship di Shopee

Sebagai saran saja, jika ingin mengatasi masalah ini secara cepat, lebih baik pergunakan cara kedua dari beberapa cara di atas dengan menelpon ke PLN setempat. Semoga cara mengisi token listrik lewat Shopee di atas bermanfaat!

 

Related posts