Cara Membersihkan iCloud yang Penuh

Pengguna android biasanya mempunyai Google Drive untuk tempat penyimpanan aplikasi dan berbagai macam file, sedangkan pengguna iPhone mempunyai iCloud. iCloud memberikan media penyimpanan secara gratis hingga 5GB selama Kamu memakai perangkat Apple. Hanya saja, kapasitas ini dirasa masih kurang untuk sebagian pengguna. Hingga akhirnya sering muncul tanda peringatan penyimpanan penuh. Jika hal ini terjadi, Kamu harus melakukan cara membersihkan iCloud yang penuh.

iCloud di dalam perangkat Apple merupakan layanan penyimpanan data atau file yang telah terhubung pada cloud penyimpanan. Kamu bisa mengaksesnya memakai id yang sudah didaftarkan memakai semua perangkat Apple. Baik itu memakai iPad, iPhone, Mac atau iPod.

Read More

Cara Membersihkan iCloud yang Penuh

Cara Membersihkan iCloud yang Penuh
Membersihkan iCloud yang Penuh

Membersihkan Data ICloud yang Penuh

Agar ruang penyimpanan di iCloud lebih leluasa, maka Kamu harus membersihkannya. Ada beberapa langkah cara membersihkan iCloud yang penuh, yang bisa Kamu coba berikut ini :

1. Menghapus Data Aplikasi di iCloud

Langkah pertama yang dapat dilakukan ialah hapus sebagian data aplikasi pada iPHone, jika dirasa sebagiannya lagi maish diperlukan. Kamu harus tahu bahwa ketika Kmau memakai aplikasi di iPhone, maka secara tak langsung ada banyak sampah menumpuk.

Semua sampah tersebut dapat berbentuk lampiran lama atau chat dari beberapa aplikasi perpesanan, seperti Line, WhatsApp, maupun yang lainnya. Bahkan hingga berbagai data browser di IPhone yang selalu digunakan.

Jika Kamu ingin membersihkan semua data aplikasi, maka langkah pertama silahkan masuk ke menu setting terlebih dahulu. Sesudah itu klik akun iCloud-mu, selanjutnya Kamu akan melihat ada banyak statistik data pada iPhone. Entah itu dari memori total yang dipakai, total memori berisi file dan memori kosong. Kemudian sentuh “Manage Storage”.

Pada Manage Storage, Kamu bisa melihat ada banyak aplikasi terpasang di iPhone. Silahkan cek mana aplikasi yang memakai banyak memori. Kamu bisa mengeceknya di samping kanan pada aplikasi tersebut. Apabila Kamu telah menemukan aplikasinya, kini tap aplikasi dan tekan opsi “Delete Data”. Dengan begitu, data-data pun akan terhapus. Kamu tak perlu lagi panik saat menghapus data karena tinggal masuk kembali.

Terkait:  Cara Membersihkan Mesin Mobil

2. Menghapus Data Backup

Cara membersihkan iCloud yang penuh ini memang dirasa cukup beresiko, sebab Kamu harus menghapus backup data di iPhone. Akan tetapi, Kamu bisa mengatur mana saja data backup di perangkat yang ingin dihapus. Sehingga, Kamu dapat mengatur mana yang layak dihapus atau yang tidak perlu.

Langkah-langkahnya sendiri tak jauh berbeda dari poin sebelumnya, Kamu harus masuk ke bagian setting. Lalu sentuh akun iCloudnya dan pilih opsi “Backups”. Pada “Backup” inilah, Kamu akan mengecek jumlah memori data backup yang dipakai berikut informasi mengenai data tertentu yang di backup.

Contohnya, informasi terkait waktu terakhir backup, sisa memori untuk backup dan ukuran backup. Kamu bisa melihat mana data yang tak perlu dilakukan backup. Sehingga Kamu tak perlu lagi khawatir ada beberapa macam data yang akan terhapus. Sesudah dipilih, tinggal ketuk “Delete Backup”, sehingga seluruh data backup pun akan langsung terhapus semua.

3. Cara Menghapus Foto dan Video dari iCloud

Cara membersihkan iCloud yang penuh berikutnya dengan menghapus video dan foto dari iCloud. Kamu harus tahu bahwa data-data berbentuk foto maupun video adalah file dengan ukuran yang menghabiskan banyak memori di iPhone. Semakin tinggi kualitas video dna resolusi foto yang Kamu simpan, maka akan semakin besar pula kapasitas memorinya. Jadi sebaiknya hapus beberapa video atau foto yang kurang diperlukan.

Jika ingin menghapus video dan foto di iPhone, Kamu bisa masuk ke aplikasi foto. Jika sudah, silahkan masuk ke data foto terletak di bagian bawah. Sesudah itu, Kamu bisa melihat beberapa foto dan video yang ada di galeri momen. Silahkan pilih foto atau video yang ingin dihapus. Selanjutnya, tekan “pilih foto” kemudian tekan ikon berbentuk tong sampah. Lalu foto dan video tersebut pun akan langsung terhapus otomatis.

Terkait:  Cara Coating Teflon Sendiri

4. Menghapus Lampiran Email

Seperti halnya Google Drive, biasanya ketika Kamu mendapatkan email yang ada lampirannya, lampiran tersebut secara otomatis akan masuk ke memori backup pada iPhone. Sesudah itu, Kamu harus mengecek beberapa lampiran yang berukuran besar.

Cara menghapusnya ialah silahkan masuk ke email di iPhone terlebih dahulu. Jika sudah, cek email terutama pada email-email lama. Lalu pilih beberapa email yang tak diperlukan lagi sebanyak mungkin. Selanjutnya, tahan lalu tekan “hapus” atau “delete”. Maka email pun akan langsung terhapus otomatis beserta lampirannya.

5. Menghapus Data Cache Aplikasi

Masih berkaitan dengan langkah pertama. Hanya saja pada langkah pertama, Kamu harus membersihkan data aplikasi, sedangkan di poin ini Kamu hanya perlu menghapus cache-nya saja. Data cache tersebut dapat Kamu lihat di setting aplikasi perangkat yang telah diinstal. Aplikasi berukuran besar biasanya memiliki cache cukup banyak.

Cara membersihkan iCloud yang penuh untuk menghapus cache ini, pertama-tama Kamuharus masuk ke menu setting. Lalu masuk ke opsi aplikasi. Selanjutnya pilih aplikasi tertentu yang berukuran besar. Lalu masuk ke salah satu akun saja dan tekan reset account cache. Selanjutnya memori cache pun akan terhapus.

Cara Mencadangkan iPhone ke dalam iCloud

Selain pentingnya cara membersihkan iCloud yang penuh, Kamu juga bisa mnecadangkan iPhone ke iCloud dengan langkah berikut ini :

1. Dengan Menyambungkan Perangkat ke Wifi

Langkah pertama, hubungkan terlebih dahulu perangkat iPhone-mu ke Wifi. Adapun caranya berikut ini :

  • Silahkan buka menu setting pada iPhone, Kamu bisa menemukannya pada layar beranda iPhone.
  • Kemudian ketuk wifi di atas menu atau pilihan setting. Kamu membutuhkan wifi untuk melakukan pencadangan data.
  • Lalu geser tombol bertuliskan “wifi” menjadi “on”. Biasanya tombolnya akan berubah jadi bewarna hijau.
  • Silahkan tekan jaringan wifi, Kamu bisa memilih jaringan wifi pada daftar yang telah ditampilkan di bagian bawah “Choose a Network” pada menu. Ketik password jika diminta.
Terkait:  Cara Membersihkan Silikon Hp

2. Mempersiapkan Pencadangan

  • Pertama-tama buka setting di perangkat. Jika layar pada perangkat masih menunjukkan pengaturan wifi, silahkan kembali pada layar pengaturan utama dengan cara mengetuk setting. Kamu juga bisa menjalankan setting seperti di langkah sebelumnya.
  • Silahkan klik ID Apple-mu. Biasanya terletak di atas layar berisi nama serta fotomu. JIka belum masuk, klik sign in to your iPhone, ketikkan ID Apple dan password, lalu pilih “sign ini”.
  • Jika perangkat tersebut memakai iOS lama, Kamu mungkin tak perlu melakukannya.
  • Ketuk “iCloud” di bagian kedua pada menu.
  • Lalu tekan data iCloud tertentu yang akan Kamu cadangkan. Silahkan geser tombol di samping aplikasi yang telah terdaftar pada posisi “on” supaya data di dalamnya disertakan pada pencadangan iPhone.
  • Scroll layar ke bagian bawah, lalu tekan iCloud Backup. Biasanya tombolnya terletak di sisi bawah di bagian kedua.
  • Geser tombol bertuliskan iCloud Backup menjadi “on”. Biasanya warna tombolnya berubah berwarna hijau. Data di perangkat iPhone pun akan dicadangkan pada akun iCloud jika perangkat ditancapkan serta dihubungkna pada jaringan wifi.

Itulah sistem pencadangan iPhone ke iCloud dengan mudah. Selanjutnya jika Kamu ingin menghapus beberapa data di iCloud bisa mencoba cara membersihkan iCloud yang penuh. Semoga bermanfaat!

Related posts