Cara Download Video Instagram Tanpa Aplikasi

Bagaimana cara download video Instagram tanpa aplikasi? apakah kita bisa menggunakan cara lain? Apa saja langkah langkahnya?

Berbicara soal jejaring sosial media instagram, mungkin saat ini kita sudah mengetahui betul tentang jejaring sosial yang satu ini. Instagram atau kerap disapa dengan IG ini memang merupakan salah satu jejaring sosial yang banyak digandrungi oleh kawula muda saat ini. pada awalnya, Instagram memang dikenal sebagai salah satu jejaring sosial media yang dikhususkan untuk membagikan moment berupa foto ataupun video dari para penggunanya.

Namun setelah diakusisi oleh Facebook, saat ini Instagram sudah berkembang dengan pesat. Ada beragam penambahan fitur dan juga layanan yang sebelumnya tidak ada di Instagram. Mulai dari adanya Instagram Stories, live Instagram, IGTV, marketplace, dan masih banyak lagi.

Bahkan, tak jarang dari kita menggunakan Instagram untuk mencari informasi seputar lowongan kerja, foto dan video dari artis terkenal, mencari followers, atau bahkan untuk melakukan jual beli dengan menggunakan akun Instagram bisnis.

Dan gak cuma itu aja. Dengan menggunakan Instagram juga, kita bisa dengan mudah menemukan teman atau sekedar menambah followers dengan mengupload foto disertai dengan hastag yang cukup populer agar mendapatkan likes dan juga jumlah view yang cukup banyak.

Walaupun begitu, tiap pengguna tentunya memiliki persona atau bahkan kesukaan yang berbeda ketika menggunakan Instagram. Ada yang memang menggunakan Instagram untuk sekedar mencari teman online, menambah followers, atau bahkan tak jarang juga pengguna Instagram menggunakannya untuk sekedar mencari postingan baik berupa foto ataupun video lucu.

Nah, tipikal penguna Instagram yang terakhir tadi, biasanya senang sekali menyimpan atau membagikan ulang postingan dari sebuah akun Instagram ‘shit post’ sebagai sarana hiburan. Dan bahkan tak sedikit dari mereka mendownload video lucu tadi, untuk sekedar dibagikan ulang di sosial media yang lainnya.

Sayangnya, tak banyak pengguna yang mengetahui cara mendownload video di Instagram. Mungkin, biasanya mereka menggunakan bantuan dari aplikasi pihak ketiga untuk mengunduh video dari Instagram. Tentunya, hal ini bisa sangat berpengaruh pada penyimpanan atau internal storage smartphone yang mereka miliki.

Lalu, bagaimaan jika pengguna tidak memiliki ruang penyimpanan yang cukup untuk menambah aplikasi tambahan untuk mendownload video dari instagram? Apakah ada cara download video Instagram tanpa aplikasi? yap, jika pertanyaanmu adalah seperti itu, maka jawabnya adalah ada. Sebab pada kesempatan kali ini, kita akan membagikan beberapa cara yang bisa kamu gunakan, untuk mendownload video Instagram tanpa aplikasi.

Cara Download Video Instagram Tanpa Aplikasi

Cara Download Video Instagram Tanpa Aplikasi
Download Video Instagram Tanpa Aplikasi

Download Video Instagram Melalui Situs Savefrom

Cara pertama yang bisa kamu gunakan adalah dengan mengunjungi situs yang memang bisa kamu pakai untuk mendownload video dari berbagai sumber, termasuk Instagram. Situs yang dimaksud adalah Savefrom. Dan untuk kamu yang belum tau, disini ada 2 cara yang bisa kamu pakai.

1. Lewat Android

Untuk para pengguna Android, kamu bisa mendownload video dari Instagram lewat situs savefrom tadi, dengan cara yang sangat mudah. Yaitu

  • Buka aplikasi Instagram yang ada di perangkat kalian
  • Setelah itu, cari pada video yang ingin kamu unduh
  • Kemudian, klik pada titik 3 yang sejajar dengan profil pengguna yang membagikan video yang ingin kamu unduh, lalu pilih ‘Copy Link’ atau ‘salin tautan’
  • Setelah itu, kamu bisa menutup aplikasi Instagram, dan buka browser kalian lalu masu ke situs https://id.savefrom.net
  • Lalu, masukkan atau paste link dari video yang sudah kamu copy tadi, lalu klik ‘unduh’
  • Tunggu beberapa saat sampai prosess convertnya selesai, dan klik pada tombol ‘Download MP4’

Nantinya, video yang kamu download tadi akan secara otomatis masuk kedalam folder ‘Download’. Nah, kamu bisa mencarinya melalui galeri di smartphonemu, atau bahkan dari file manager yang ada di smartphone kalian masing masing.

2. Lewat Komputer

Cara kedua selain menggunakan HP adalah kamu bisa menggunakn komputer. Disini, juga caranya tak jauh berbeda kok.

  • Buka browser kesayangan kalian dan kunjungi situs Instagram.com lalu login seperti biasa dengan menggunakan akun Instagram yang kamu miliki
  • Setelah itu, kamu bisa scroll pada beranda Instagram untuk mencari video yang ingin kamu unduh
  • Jika sudah ketemu, maka kamu bisa mengklik pada titik tiga yang ada diatas video, lalu pilih ‘Copy Link’ atau ‘salin tautan’
  • Kemudian, buka tab baru pada browser tadi, dan kunjungi situs https://id.savefrom.net
  • Lalu, pastekan link yang sudah kamu copy tadi, dan klik pada tombol ‘unduh’
  • Tunggu beberapa saat, dan jika sudah selesai, maka kamu bisa langsung mengklik tombol ‘Download MP4’ dan secara otomatis prosess pengunduhan akan dimulai.

Nah, untuk mempermudah dan memperlancar kalian ketika mendownload video, kamu disarankan untuk menggunakan IDM atau Internet Download Manager. Namun jika tidak ada, kamu tetap bisa kok menggunakan downloader bawaan dari browser yang kamu gunakan.

3. Menggunakan Instagram Pro

Kemudian pada cara terakhir, kamu bisa menggunakan aplikasi Instagram yang sudah di ‘ubah’ baik secara tampilan dan juga memiliki penambahan fitur yang tidak ada pada Instagram official yang ada di play store.

Aplikasi ini bernama Instagram Pro atau kerap disapa dengan InstaPro. Aplikasi ini di develop atau dikembangkan oleh sammods yang mana merupakan salah satu programmer dari India. Namun untuk menggunakan cara ini, kamu disarankan untuk meng-uninstall Instagram yang sebelumnya kamu unduh dari play store. Dan untuk caranya adalah

  • Hapus terlebih dahulu Instagram yang kamu unduh dari play store
  • Kemudian, kunjungi situs https://instamod.net untuk mengunduh aplikasi Instagram Pro
  • Jika sudah, maka kamu bisa menginstall aplikasi tersebut seperti biasa, dan jangan lupa untuk memberikan perizinan pada ‘Install from Unknown Source’ atau ‘Izinkan Install dari sumber tidak dikenal’
  • Setelah installasi selesai, maka kamu bisa menjalankan aplikasi InstaPro tadi, dan langsung saja login seperti biasa dengan menggunakan akun Instagram yang kamu miliki
  • Jika sudah, maka kamu bisa mulai mencari video mana yang ingin kamu download
  • Kemudian, kamu bisa melihat pada bagian bawah video sejajar dengan tombol like, share, dan comment, kamu akan menemukan tombol download berupa tanda panah kebawah
  • Klik pada icon download tersebut, dan nantinya prosess pengunduhan akan dimulai secara otomatis.

Walaupun apikasi ini berasal dari sumber pihak ketiga, namun kamu tidak perlu khawatir. Karena memang aplikasi ini aman dan bebas dari virus.

Bahkan, kamu bisa mendownload aplikasi InstaPro dengan 2 versi package, ada com.instagram yang mengharuskan kamu untuk menguninstall aplikasi Instagram dari play Store, dan ada juga package com.instapro yang mana tidak mengharuskan kamu untuk menguninstall aplikasi Instagram dari play store, sehingga kamu bisa menggunakan 2 aplikasi Instagram dalam 1 smartphone.

Gimana? Mana cara download video Instagram tanpa Aplikasi yang menurutmu paling mudah? Semoga artikel ini bisa menjadi referensi yang baik untukmu, dan semoga bermanfaat.

Faiz Dawami
suka diajak ngopi