Cara Membersihkan AC Mobil

  • Whatsapp

AC saat ini sudah menjadi kebutuhan penting yang harus dimiliki dalam sebuah kendaraan roda empat. Saat sedang berada di perjalanan jauh, hawa panas dari mobil tentu menjadi sangat mengganggu. Apalagi jika harus dihadapkan dengan macet, dan tentu saja penggunaan AC mobil menjadi wajib. Namun untuk menjaga keawetan AC mobil, tentu saja Kamu harus sering-sering mengecek dan membersihkan AC mobil. Bagaimana cara membersihkan AC mobil?

Sebelum membahas caranya, alangkah baiknya Kamu masalah yang sering mengganggu pada AC mobil. Namun apabila AC mobilmu mengalami masalah, pastinya membuat hawa di dalam mobil menjadi panas dan tidak nyaman. Evaporator sendiri adalah salah satu bagian dari AC yang kerap mengalami masalah. Komponen pada AC mobil ini penting sekali, jadi ketika evaporator rusak maka Kamu akan memperbaikinya atau membawanya ke bengkel khusus AC mobil.

Sebenarnya kerusakan pada evaporator bisa diperbaiki sendiri dengan mudah di rumah. Selain itu, kerusakan ini juga bisa dihindari jika Kamu sering membersihkan AC mobil, khususnya pada filter AC. Cara membersihkan AC mobil sebenarnya sangat mudah, Kamu tinggal mengikuti panduan di bawah ini.

Cara Membersihkan AC Mobil

Cara Membersihkan AC Mobil
Panduan Membersihkan AC Mobil

Panduan Membersihkan AC Mobil

Dengan adanya AC mobil, maka sirkulasi udara di dalam mobil tetap terjaga dengan baik. Karena di samping membuat udara lebih sejuk saat berada di dalam mobil, juga menjadikan suhu pada kabin mobil menjadi tetap nyaman dan stabil. Apalagi jika mobil dipakai setiap hari, pastinya Kamu akan menyalakan AC mobil setiap hari. Karenanya membuat komponen evaporator pada PC menjadi lebih gampang kotor dan harus dibersihkan.

Terkait:  Cara Membersihkan Lensa Kamera Hp

Maka dari itu, jika komponen evaporator mengalami masalah atau mungkin hanya ingin mengecek kondisi AC mobil, bisa ikuti cara membersihkan AC mobil berikut :

1. Tempatkan Mobil di Lokasi yang Aman

Untuk membersihkan komponen AC mobil, Kamu harus meletakkan mobil di area yang aman. Pastikan tempat tersebut adalah tempat yang tidak berdebu dan bersih. Ini adalah hal terpenting yang harus Kamu perhatikan. Karena tempat yang berdebu biasanya hanya memberikan sirkulasi yang tidak baik bagi mobil.

Oleh karena itu, perhatikan kebersihan lokasi, supaya hawa udara di kabin mobil menjadi lebih bersih sehingga sirkulasi udara pun menjadi lancar. Sesudah mobil tersebut ada di tempat aman, maka Kamu tinggal mempersiapkan peralatan yang diperlukan saja.

Ada beberapa peralatan yang bisa digunakan untuk membersihkan AC mobil, diantaranya brush, isikat gigi, tissue, dan cairan pembersih mobil.

2. Temukan Lokasi Blower

Jika Kamu sudah menempatkan mobil di tempat yang benar-benar aman dan semua peralatan sudah siap, maka Kamu  tinggal menemukan tempat keberadaan blower. Saluran udara pada blower biasanya berada di glove box, dan biasa dikenal sebagai laci yang ada di samping dasbor.

Maka dari itu, hal yang harus Kamu lakuakn pertama kali ialah buka glove box memakai obeng plus. Sesudah glove box tadi terbuka Kamu akan melihat filter AC berbentuk persegi panjang.

Selain itu, Kamu juga dapat mengambil filter untuk mengetahui posisi blower AC, apakah berada di bawah atau di atasnya. Untuk mengetahui letak blower juga sangat mudah, karena tinggal meraba filter pada AC yang sudah Kamu ambil.

3. Cek Kondisi Filter AC

Selanjutnya cek kondisi filter AC, ini adalah komponen terpenting dalam cara membersihkan AC mobil. Sesudah Kamu mengetahui dan mengambil komponen filter AC, Kamu pun sudah dapat melihat kondisi filter AC. JIka kondisinya tak begitu kotor, tinggal bersihkan saja. Gunakan sikat untuk menyikat bagian permukaan pada filter AC sampai bersih.

Terkait:  Cara Membersihkan Mesin Mobil

Dengan membersihkan filter AC memakai sikat, maka semua debu yang mengotori filter AC akan rontok semua. Akan tetapi jika kondisinya sangat kotor, sebaiknya ganti saja filter AC  tersebut. Karena semua debu yang ada di dalam filter sangat sulit untuk dibersihkan.

4. Tempatkan Cairan Pembersih di Samping Blower

Kamu juga bisa memakai cairan khusus untuk pembersih mobil, bisa dengan cara membelinya di e-commerce atau di tempat aksesoris mobil. Cara membersihkan AC mobil ini, yang pertama ialah persiapkan cairan pembersih untuk AC mobil terlebih dahulu. Selain itu, pastikan cairan pembersih tersebut berjenis foam dan dikemas berbentuk spray.

Hal ini dikarenakan cairan pembersih berbentuk spray biasanya menjadi lebih mudah dipakai. Kamu cukup mengocok kaleng supaya seluruh kandungan pada cairan tersebut bisa tercampur merata.

Jika sudah, tempatkan spray di samping blower AC yang bagian penyemprotnya langsung mengarah pada blower. Melalui posisi inilah, cairan pembersih pada AC mobil bisa menyemprotkan cairannya dengan tepat.

5. Menyalakan AC Mobil

Cara membersihkan AC mobil selanjutnya setelah meletakkan cairan pembersih ialah tinggal menyalakan AC mobil. Silahkan nyalakan AC kendaraanmu sekitar 5 menit. Ini tujuannya supaya embun bisa keluar dari bagian permukaan evaporator, selanjutnya bisa membasahi bagian permukaan evaporator.

Evaporator sejatinya adalah komponen AC berbentuk radiator. Fungsi alat ini sebagai bahan pengurai freon menuju selang-selang berukuran kecil, untuk mendinginkan temperatur mobil. Selain itu, evaporator juga dapat menjaga suhu mobil supaya tetap dingin.

Saat menyalakan AC mobil, proses pembersihan komponen evaporator ini menjadi lebih mudah. Apalagi jika Kamu memakai AC yang kecepatannya tinggi, maka udara yang berhembus menjadi lebih maksimal.

6. Menyemprotkan Cairan Pembersih ke Blower

Langkah berikutnya semprotkan cairan pembersih AC ke dalam blower. Dalam hal ini, Kamu dapat melakukan langkah ini sesudah AC dinyalakan selama 5 menitan. Jilka sudah, Kamu bisa langsung mengarahkan bagian selang cairan untuk pembersih lewat filter AC menuju blower. Setelah mengarah ke blower dengan benar, tinggal semprotkan saja cairan pembersih secukupnya, paling tidak 2-3 kali semprotan.

Terkait:  Cara Membersihkan iCloud yang Penuh

Jika ingin mendapatkan hasil maksimal, semprotkan cairan sampai habis. Setelah itu, cairan tersebut pun akan menyebar hingga ke permukana evaporator menggunakan bantuan embun.

Apabila cairan pembersih AC telah menyebar merata, maka Kamu dapat melihat libang ventilasi apda kolong mobil. Di sana ada gelembung-gelembung foam atau busa hasil dari cairan pembersih yang disemprotkan tadi.

7. Bersihkan Juga Selang Ventilasi

Langkah selanjutnya jangan lupa bersihkan pula selang ventilasi pada AC. Sebab pembuangan kotoran bisa berjalan lancar jika selang ventilasinya menjadi tidak tersumbat. Di sini Kamu dapat mengecek dan membersihkannya memakai lidi tumpu. Adapun caranya ialah dengan memasukkan lidi yang tumpul tersebut pada selang ventilasi.

Lalu tusuk-tusuk sampai selang menjadi bersih dan tak ada sumbatan apapun. Apabila selang ventilasi pada AC sudah diperiksa, kini Kamu tinggal menunggu sampai seluruh debu dan kotoran bersih. Alhasil, suhu AC secara perlahan akan kembali normal dan dingin seperti sedia kala.

8. Jangan Lupa Pasang Lagi Filter AC!

Setelah semua langkah cara membersihkan AC mobil di atas dilakukan, kini Kamu tinggal memasang filter AC kembali berikut dasbor ke dalam posisi semula. Tapi sebelum Kamu memasangnya kembali, maka Kamu harus memastikan filter udaranya sudah bersih.

Ingat, jangan ada kotoran yang tertinggal dan menempel di dalma filter. Karena bisa membuat permukaan evaporator di dalam komponen AC kotor kembali.

Nah, itulah 8 langkah cara membersihkan AC mobil yang kotor atau karena evaporatornya rusak. Jika komponen filter AC sudah bersih, maka Kamu pun sudah bisa menikmati suhu AC mobilmu kembali normal.

Related posts