Cara Membatalkan Tiket Kereta

Saat kita merencanakan untuk bepergian, entah itu karena perjalanan bisnis atau mungkin liburan menggunakan kereta api, biasanya kita harus memesan tiket KAI jauh-jauh hari. Tujuannya ialah agar kita tidak kehabisan tiket kereta api. Namun saat kita sudah memesan tiket kereta api, ternyata ada keperluan mendadak yang tak bisa ditinggalkan. Inilah alasan kenapa kita harus membatalkan tiket tersebut. Tapi pertanyaannya, gimana sih cara membatalkan tiket kereta api?

Ketentuan dan Syarat Membatalkan Tiket Kereta Api

Sebelum Kamu berniat membatalkan tiket kereta api, ada beberapa syarat dan ketentuan yang harus dipahami dalam proses pembatalan tiket KAI. Syarat tersebut diantaranya :

  • Pembatalan tiket kereta api maksimal dilakukan 30 menit sebelum waktu keberangkatan, jika melewati jam keberangkatan maka Kamu tidak bisa melakukan refund.
  • Jumlah refund dana yang diterima biasanya sekitar 75% dari total harga tiket.
  • Nominal uang refund dapat diterima di akun rekening bank milikmu atau langsung diambil di stasiun setidaknya 30×24 jam sesudah pengajuan pembatalan.
  • Jika Kamu mengganti jadwal keberangkatan, sebaiknya cek dulu jadwal yang tersedia. Jika harga tiket KAI ganti jadwal ternyata dibawah harga yang sebelumnya, maka refund tidak bisa dilakukan, namun jika sebaliknya Kamu tinggal menambah selisih dari biaya tiket saja.
  • Perubahan jadwal setidaknya 1 jam sebelum waktu keberangkatan.
  • Syarat membatalkan tiket KAI yang harus dipersiapkan ke stasiun untuk pembatalan tiket ialah identitas asli, kode booking, serta fotokopi identitas.
  • Menyertakan surat kuasa untuk pembatalan tiket KAI dengan tanda tangan yang dibubuhi di atas materai jika Kamu diwakilkan oleh orang lain.
  • Proses refund untuk pembatalan tiket KAI bisa ditransfer atau langsung diambil cash di stasiun pembatalan.
  • Jika selama 45 hari sejak proses pembatalan tiket, uang belum juga ditransfer, sebaiknya langsung hubungi Customer Service KAI Pusat di contact center 121 (021 121).
  • Jika selama 3 tahun biaya pengembalian dana tiket KAI tidak diambil, sepenuhnya dana tersebut menjadi milik dari PT. KAI.
Terkait:  Cara Membatalkan Pesanan di Tokopedia

Cara Membatalkan Tiket Kereta

Cara Membatalkan Tiket Kereta Api
Membatalkan Tiket Kereta Api

Prosedur Membatalkan Tiket Kereta Api

Di sini kita akan membahas 2 cara membatalkan tiket kereta api yang bisa Kamu lakukan, yaitu cara offline dan online. Kedua cara tersebut bisa dipilih tergantung kebutuhan dan tentu saja disesuaikan dengan waktu senggangmu. Untuk lebih jelasnya, simak panduan di bawah ini!

Cara Cancel Tiket Kereta Api via Offline

1. Mendatangi Stasiun Pembatalan

Metode pertama yang bisa Kamu lakukan ialah, datangi stasiun pembatalan untuk tiket KAI. Dimana setiap proses cancel tiket KAI dan cara pengembalian uang, semuanya hanya dapat dilakukan di PT KAI secara langsung.

Adapun daftar beberapa stasiun di Indonesia yang melayani proses pembatalan tiket KAI, sebagai berikut :

  • Wilayah DAOP 1 Jakarta, meliputi Stasiun Gambir, Stasiun Jakarta Kota, Stasiun Pasar Senen, Stasiun Bekasi, Stasiun Bogor, Stasiun Serang, Stasiun Cikampek dan Stasiun Rangkasbitung.
  • Stasiun DAOP 2 Bandung, diantaranya mencakup Stasiun Purwakarta, Stasiun Bandung, Stasiun Tasikmalaya, Stasiun Banjar, dan Stasiun Kiaracondong.
  • Area DAOP 3 Cirebon, mencakup Stasiun Cirebon Prujakan, Stasiun Cirebon, Stasiun Jatibarang, Stasiun Brebes, dan Stasiun Cirebon Prujakan.
  • Wilayah DAOP 4 Semarang, meliputi Stasiun Pekalongan, Stasiun Tegal, Stasiun Semarangponcol, Stasiun Cepu, Stasiun Bojonegoro, dan Stasiun Semarangtawang.
  • Kawasan DAOP 6 Yogyakarta, terdiri atas Stasiun Yogyakarta, Stasiun Solo Balapan, dan Stasiun Lempuyangan.

Masih banyak lagi seperti DAOP 8 Surabaya, DAOP 9 Jember, DIVRE II Sumatera Barat, DIVRE I Sumatera Utara, dan DIVRE III Sumatera Selatan.

2. Lakukan Isi Formulir

Cara membatalkan tiket kereta api selanjutnya, silahkan datangi CS di stasiun pembatalan tiket KAI yang dekat dari lokasi tempat tinggalmu. CS selanjutnya memberikan formulir untuk pembatalan tiket KAI dan diarahkan menuju loket khusus pengajuan pembatalan tiket KAI. Jangan malu bertanya ke CS terlebih dahulu di stasiun pembatalan supaya Kamu memenuhi persyaratan pembatalan sesuai ketentuan.

Terkait:  Cara Membatalkan Pesanan di Bukalapak

Melengkapi data penumpang melalui formulir pembatalan yang diisi. Biasanya formulir untuk pembatalan tiket KAI terdiri atas 2 rangkap formulir, pertama formulir data tiket dan yang kedua data penumpang. Dimana formulir tersebut merupakan syarat pembatalan yang harus diisi lengkap.

Dalam formulir pembatalan tiket KAI, biasanya terdapat beberapa isian di bawah ini :

  • Masukkan nama, alamat lengkap dan nomor telepon.
  • Silahkan pilih opsi pembatalan tiket KAI atau ubah jadwal pemberangkatan.
  • Tuliskan kode booking yang sudah dibeli.
  • Jika Kamu mengubah jadwal, Kamu bisa mengisikan nama kereta api, tujuan, asal stasiun, pilih kelas kereta, tujuan, dan memasukkan jam serta tanggal baru.
  • Pilih metode pembayaran pengembalian dana tiket, baik dengan mengambilnya langsung secara tunai di stasiun ataupun transfer rekening.
  • Untuk jumlah bea pengembalian biasanya diisi pihak petugas.

3. Melakukan Refund Tiket

Jika Kamu memilih pengembalian dana tiket kereta melalui metode transfer ke akun rekeningmu, maka biasanya dana refund tersebut akan ditransfer paling lambat 30 hari sesudah pembatalan tiket.

Jika Kamu memilih refund tiket secara tunai, caranya tinggal mengambil di stasiun kereta api yang sudah ditentukan dengan melengkapi formulir yang sudah divalidasi serta bawa bukti identitas.

Apabila formulir pengisian pembatalan tiket KAI hilang, maka Kamu wajib melengkapi surat kehilangan di kepolisian.

Cara Cancel Tiket Kereta Api via Online

Selain cara membatalkan tiket kereta api secara offline di stasiun pembatalan, Kamu juga bisa melakukan pembatalan tiket KAI secara online. Adapun langkah-langkahnya berikut ini :

1. Mengakses Aplikasi KAI Access

Langkah pertama, Kamu hanya perlu membuka KAI Access Apps. Sebenarnya cara pembatalan via online tidak membutuhkan banyak waktu dan tentu saja tanpa mengantre lama. Tapi harus diketahui bahwa proses pembatalan tiket KAI hanya didukung pada aplikasi versi terbaru.

Terkait:  Cara Membatalkan Pesanan di Zalora

2. Memasuki Menu Perjalanan

Cara membatalkan tiket kereta api via online selanjutnya masuk ke menu “perjalanan”. Lalu inputkan digit kode pemesanan yang terletak di kolom yang sudah tersedia. Selain itu, Kamu harus pastikan kodenya sudah benar. Aplikasi ini bisa membatalkan tiket KAI, baik dari aplikasinya maupun dari e-commerce.

3. Memilih Menu e-Tiket

Kamu harus tahu jika pembatalan tiket KAI hanya dapat dilakukan bagi tiket yang status pembayarannya sudha lunas saja. Untuk memilih opsi “e-tiket” tersebut biasanya hanya aktif dengan maksimal selama 1×24 jam sebelum waktu keberangkatan.

Selanjutnya tinggal klik opsi “pembatalan tiket” di menu tersebut lalu tunggu beberapa lama hingga muncul laman baru.

4. Memilih Data

Cara membatalkan tiket kereta api online dengan KAI Access berikutnya ialah dengan cara memiliah data pada aplikasi yang telah tersedia. Di alaman tersebut, Kamu bisa memilih nama penumpang atau nama Kamu yang akan dibatalkan pesanannya.

Namun sebelum melakukannya, pastikan untuk membaca persyaratan dan ketentuan yang telah berlaku untuk membatalkan tiket kereta api. Selain itu, jangan lupa centang di bagian syarat serta ketentuannya sebagai tanda bukti jika Kamu menyetujuinya.

Langkah berikutnya Kamu diminta menginputlkan data rekening untuk proses refund. Cek ulang nama pemilik dan nomor rekening yang Kamu masukkan. Karena jika terjadi kesalahan, pihak KAI tidak bertanggungjawab atas rekening bank yang kurang valid saat refund dana.

Demikian ulasan terkait cara membatalkan tiket kereta api via online dan offline. Pilih mana cara yang paling mudah dan mungkin Kamu lakukan. Semoga bermanfaat!

 

 

Related posts