Cara Membatalkan Pesanan di Shopee

Cara membatalkan pesanan di Shopee sebenarnya tak jauh berbeda dari cara membatalkan pesanan di Lazada. Mengingat Shopee sebagai salah satu marketplace terkemuka di Indonesia, tentu saja platform ini telah memberikan banyak kemudahan bagi para penggunanya. Selain dalam hal pemesanan juga dalam proses pembatalan pesanan yang dilakukan oleh customer.

Ada berbagai macam alasan pelanggan harus membatalkan pesanan di Shopee, mulai dari ingin mengubah rincian pesanan, mengubah alamat pembeli, tidak jadi membeli, dan alasan lainnya. Oleh karena itu, jika terpaksa harus membatalkan pesanan, Kamu perlu mengikuti langkah cara membatalkan pesanan di Shopee.

Read More

Ketentuan Pembatalan Pesanan di Shopee

Sebelum memantapkan untuk membatalkan pesanan di aplikasi Shopee, ada beberapa ketentuan yang harus Kamu ketahui, berikut ini :

  • Baik penjual maupun pembeli tidak dapat memilih produk tertentu untuk dibatalkan apabila pesanan bersatus Perlu Dikirim atau Dikemas, tapi dapat membatlakan untuk seluruh produk pada pesanan tersebut.
  • Apabila pesanan masih belum dibayar, dengan begitu pengajuan pembatalan dapat memilih produk atau pesanan yang akan dibatalkan.
  • Pengajuan pembatalan biasanya hanya dapat dilakukan sekali saja.

Jika Kamu sudah mengetahui kebijakan dan ketentuan di atas, kini tinggal masuk ke pembahasan cara membatalkan pesanan di Shopee.

Cara Membatalkan Pesanan di Shopee

Cara Membatalkan Pesanan di Shopee
Membatalkan Pesanan di Shopee

Membatalkan Pesanan di Shopee

Kita tahu bahwa aplikasi Shopee menawarkan berbagai macam layanan yang dapat digunakan. Seperti ketika Kamu berbelanja dan terjadi kesalahan, tapi Kamu telah melakukan pembayaran sebelumnya. Setiap pengguna mungkin bisa memakai opsi Batalkan Pesanan. Melalui opsi tersebut inilah Kamu bisa menggunakannya jika pembayaran masih belum atau sudah terverifikasi.

Terkait:  Cara Belanja di Shopee Bayar Ditempat

Berbeda dengan opsi Pengembalian Barang, dimana setiap pengguna wajib memastikan apabila produk yang diterima dalam kondisi cacat, rusak maupun tidak berfungsi. Mengingat ini adalah syarat yang paling utama, sementara itu untuk membatalkan pesanan di aplikasi Shopee dapat Kamu lakukan sebelum pengiriman paket dilakukan oleh penjual.

Bagi Kamu yang belum pernah memanfaatkan opsi batalkan pesanan, mari kita simak tutorial cara membatalkan pesanan di shopee berikut :

1. Tutorial Membatalkan Pesanan di Shopee Otomatis

Ada beberapa jenis pembatalan pesanan di aplikasi Shopee, berdasarkan ketentuan yang telah ditetapkan pihak Shopee. Opsi yang pertama ialah pembatalan pesanan secara otomatis. Kamu harus tahu bahwa, pesanan secara otomatis akan dibatalkan apabila :

  • Pembeli tak melanjutkan metode pembayaran hingga batas waktu tertentu.
  • Pelapak tidak memproses orderan pembeli hingga batas waktu orderan dikirim berakhir.
  • Pelapak tidak juga mengirimkan orderan pembeli ke pihak kurir dengan nomor resi pengiriman yang tidak terverisikasi sampai batas waktu telah berakhir.

2. Tutorial Membatalkan Orderan di Shopee Sudah Terverifikasi

Cara membatalkan pesanna di Shopee berikutnya ialah melalui opsi batalkan pesanan. Ini bisa dilakukan sesudah pesanan terverifikasi. Biasanya fitur ini mempunyai batas waktu selama 1×24 jam. Cont0hnya, pembayaran terverifikasi pada jam 09.00 lalu pembeli membatalkan pada jam 12.00, sehingga pengajuan pembatalan tersebut harus direspon pihak penjual.

Jika penjual tak merespon, maka sistem secara otomatis akan membatalkan pesanan sesudah 1×24 jam. Akan tetapi dari pihak pelapak juga berhak melakukan penolakan pengajuan pembeli. Maka dari itu, sebaiknya lakukan konfirmasi ke pihak penjual terlebih dahulu lewat fitur chat.

3. Tutorial Membatalkan Orderan di Shopee yang Sudah Dibayar

Untuk membatalkan pesanan di Shopee yang sudah dibayar, ada beberapa langkah yang harus dilakukan sebagai berikut :

Terkait:  Cara Menghapus Produk di Shopee
  • Pertama-tama, buka dan masuk ke aplikasi Shopee melalui smartphone android.
  • Di dalam tampilan utama pada aplikasi Shopee, silahkan pilih menu Saya di samping pojok kanan bagian bawah.
  • Setelah itu, pilih menu Pesanan Saya, dan ketuk pesanan yang akan Kamu batalkan.
  • Jika kamu sudah masuk ke dalam pilihan selanjutnya, di bagian bawah ada 2 pilihan, Kamu tinggal pilih saja opsi Batalkan Pesanan.
  • Langkah terakhir, tinggal konfirmasikan saja pembatalan pesanan dengan klik “Ya”.

Jika proses pembatalanmu sudah berhasil, maka sistem secara otomatis akan langsung mengembalikan uangmu via akun ShopeePay. Akan tetapi, jika Kamu tidak mempunyai akun ShopeePay,maka dana akan langsung dikembalikan ke dalam rekening bankmu.

4. Tutorial Membatalkan Orderan di Shopee Untuk Pesanan COD

COD atau Cash on Delivery ialah metode berbelanja melalui sistem pembayaran ditempat. Metode ini artinya jika produk sudah sampai di alamat pembeli, maka pembeli tinggal melakukan pembayaran dengan cara cash dan memberikan uangnya ke kurir.

Ada 2 cara membatalkan pesanan di Shopee menggunakan metode COD, diantaranya sebagai berikut!

Untuk pesanan yang belum dikirim, Kamu bisa menghubungi pihak penjual bahwa Kamu ingin melakukan pembatalan pesanan dengan beberapa alasan. Setelah itu, tinggal lakukan cara di bawah ini :

  • Pertama-tama, silahkan buka Shopee App.
  • Silahkan masuk ke pilihan menu “Saya”.
  • Lalu masuk ke orderan yang tengah “Dikemas”,
  • Kamu tinggal memilih produk atau pesanan yang akan dibatalkan.
  • Selanjutnya tekan “Batalkan”.

Namun jika pesanan telah sampai, Kamu tinggal bilang saja ke kurir jika barang tersebut sudah dibatalkan lalu pastikan sebelumnya telah terkonfirmasi ke pihak penjual lebih dulu. Jika sudah, kurir pun akan langsung mengembalikan produk tersebut ke pelapak.

Terkait:  Cara Daftar Shopee Seller Center

Bagaimana Jika Penjual Menolak Pembatalan Shopee COD?

Ada beberapa penjual yang menolak pembatalan pesanan Shopee COD karena beberapa alasan berikut, seperti :

  • Barang yang dipesan telah terkirim (sudah diambil kurir) tapi Shopee masih belum update.
  • Agar produk jadi terjual, maka pelapak bilang jika produk telah dikirim.

Sebenarnya untuk bagian kedua ini adalah hal yang tak boleh ditiru, karena sebagai penjual tentu saja harus profesional dan sportif melayani pelanggan dengan sepenuhnya agar tidak kecewa.

Jika alasan pelapak menolak pembatalan orderan di atas, maka para pembeli mau tak mau wajib menerimanya.

Bagaimana Jika Penjual Telah Mengatur Pengiriman atau Menginput Resi Pengiriman?

Apabila memakai resi, biasanya nomor resi akan keluar walaupun produk telah dikirimkan. Contohnya, pengiriman melalui J&T di Shopee, dengan nomor resi pengiriman otomatis, sesudah pelapak mengatur pengiriman, maka nomor resi pun akan muncul. Hal tersebut juga berlaku bagi JNE Cashless. Apabila nomor resi pengiriman belum dikonfirmasi layanan ekspedisi, ada kemungkinan orderan masih belum diproses.

Namun apabila penjual tidak memakai nomor resi otomatis, maka pelapak harus mengirimkan produk dulu  baru memperoleh nomor resi, dalam mengkonfirmasi pengiriman. Sehingga apabila resi pengiriman masih belum dimasukkan, ini artinya mungkin saja barang masih belum dikirimkan. Sebab bisa saja barang tersebut telah dikirimkan, dan nomor resi pengirimannya sudah ada tapi penjual belum menginput resinya.

Jika Kamu ingin melakukan pembatalan orderan di Shopee, namun sudah lewat 1 jam semenjak proses pembayaran terverifikasi, Kamu tetap dapat mengajukan pembatalan. Caranya tinggal ketuk Batalkan Pesanan. Kamu bisa memilih pembatalan pesanan, baik karena berubah pikiran, ingin membuat pesanan yang baru, menambahkan rincian atau lainnya.

Kamu juga harus tahu bahwa cara membatalkan pesanan di Shopee hanya bisa dilakukan sekali saja, dan tidak dapat dilakukan 2 kali dalam satu kali pesanan.

Related posts