Cara Log Out Akun Gmail

  • Whatsapp

Bagi pengguna pemula akun Gmail, tentu masih kebingungan dengan cara logout akun Gmail. Gmail sendiri adalah layanan surat elektronik yang diluncurkan oleh Google dengan mengharuskan para penggunanya agar selalu terhubung lewat akun Gmail saat hendak mengakses layanan-layanan Google. Belum lagi,  untuk membuat akun Gmail sendiri sangatlah mudah, jadi wajar jika banyak pengguna yang mempunyai lebih dari satu akun Gmail.

Ketika Kamu sudah mempunyai akun Gmail baru, tentu saja harus logout atau keluar terlebih dulu dari akunmu yang sebelumnya supaya daftar email tidak terlalu banyak. Akan tetapi, terkadang hal ini terkendala akibat Kamu bingung menemukan fitur log out dari Gmail. Untuk memudahkannya, ada beberapa cara log out akun Gmail yang bisa Kamu coba.

Read More

Cara Log Out Akun Gmail

Cara Logout Akun Gmail
Cara Keluar dari Akun Gmail

Tutorial Log Out Akun Gmail dari HP

Masih banyak yang mencari informasi cara logout akun Gmail karena beberapa alasan. Misalnya saja karena ingin memiliki akun Gmail yang baru, karena berganti HP dan menggunakan HP lainnya. Cara keluar akun Gmail yang akan Kami bahas sebenarnya berguna bagi pengguna HP dan PC/laptop. Namun dimetode yang pertama, kita akan membahas keluar akun Gmail dari Hp android terlebih dahulu.

Terkait:  Cara Log Out WhatsApp Web

1. Cara Keluar Akun Gmail di Hp Androd

Salah satu alternatif cara log out akun Gmail di ponsel android ialah dengan cara menghapus akun Gmail dari perangkat. Melalui cara yang satu ini, maka semua data pada akun Google di perangkat, seperti pesan, kontak dan yang lainnya akan langsung dihapus. Tapi data yang telah tersimpan pada Google, tidak akan terhapus. Ini dia langkah-langkahnya :

  • Pertama-tama silahkan masuk terlebih dahulu ke aplikasi Google Mail, lalu klik ikon profil yang ada di sebelah kanan bagian atas layar.
  • Selanjutnya akan muncul tampilan pop up berisi akun Google Mail yang telah terdaftar pada perangkatmu. Dari sini Kamu cukup memilih menu “Manage accounts on this device”, kemudian pilih Google.
  • Dari sini Kamu akan ditampilkan detail mengenai data akun Gmail yang tersimpan pada HP android. Setelah yakin, silahkan klik More di bagian bawah dan klik Remove Account.
  • Sehingga akun Gmail-mu secara otomatis akan keluar dari HP android. Bagaimana, sangat mudah kan?

2. Cara Keluar Akun Gmail di iPhone

Jika Kamu pengguna iPhone atau iOS, maka Kamu dapat menggunakan cara di bawah ini :

  • Pertama-tama, silahkan buka Gmail di perangkat iPhone, lalu klik ikon profil di samping kanan bagian atas layar.
  • Dalam tampilan pop up yang muncul, selanjutnya Kamu cukup memilih “Manage Accounts on This Device”.
  • Di menu Manage Accounts, cukup pilih akun Gmail mana yang ingin Kamu hapus dari perangkat iPHone-mu. Setelah itu, ketuk “Remove from this device”.
  • Selanjutnya akan muncul tanda peringatan yang berhubungan dengan data Google yang akan terhapus. Jika sudah merasa yakin, cukup ketuk remove.

3. Cara Keluar Akun Gmail via Browser HP

Jika Kamu mengakses atau login Gmail menggunakan Hp teman atau lainnya lewat browser seperti Chrome, maka Kamu bisa mencoba cara log out akun Gmail melalui browser HP. Agar keamanan dan privasi akunmu tetap terjaga, maka Kamu dapat menghapus akun Google Mail di Hp. Berikut caranya :

  • Silahkan buka akun Gmail di browser Hp, lalu klik “ikon hamburger” di  pojok kiri bagian atas. Sesudahnya klik akun Gmail.
  • Lalu cukup pilih “Manage Accounts on This Device” dan pilih akun yang akan Kamu hapus pada perangkat.
  • Kamu akan mendapatkan informasi mengenai data akun platform Google yang ada di perangkat. Kamu bisa menghapusnya dengan cara klik More dan pilih Remove Account.

Tutorial Logout Akun Gmail dari Laptop dan PC

Cara log out akun Gmail selanjutnya ialah lewat perangkat di PC atau laptop. Tentu saja caranya akan lebih singkat dan mudah. Berikut panduannya :

  • Pertama-tama silahkan buka akun Gmail di browser laptop atau PC dan klik ikon Profil Gmail di pojok kanan atas.
  • Setelah itu, Kamu akan mendapatkan tampilan pop  up pengelolaan akun Google Mail. Dari sini, cukup pilih “Sign Out” atau “Keluar”. Untuk selanjutnya Kamu sudah berhasil logout atau keluar akun Gmail di laptop maupun PC.
  • Sesudah login memakai banyak akun di Google Mail PC atau laptop, selanjutnya akan muncul pilihan Sign out of all account, ini artinya seluruh akun Gmail yang terdaftar dikeluarkan.
  • Jika Kamu ingin membukanya kembali, cukup memilih akun Gmail, masukkan username dan password Gmail yang Kamu pakai.
Terkait:  Cara Log Out dari Gmail

Itulah 4 pilihan cara log out akun Gmail yang bisa Kamu pilih tergantung dari jenis perangkat yang digunakan. Bagaimana, mudah kan?

Apa Saja Keuntungan Mempunyai Akun Gmail yang Banyak?

Setelah memahami  cara log out akun Gmail, Kamu tentu harus tahu apa saja manfaat memiliki akun Gmail yang banyak. Beberapa manfaat berikut mungki bisa menjadi pertimbanganmu.

1. Dapat Berpindah Akun Google Mail Lebih Mudah

Salah satu manfaat yang dapat Kamu peroleh dengan memiliki lebih dari satu akun Gmail ialah Kamu bisa berpindah ke akun Gmail lainnya dengan mudah. Jadi Kamu tinggal pilih akun Gmail mana yang ingin dibuka maupun ditutup. Selain itu, Kamu juga tak perlu lagi harus login akun Gmail satu persatu.

2. Menambah Kapitas Penerimaan Email

Biasanya setiap akun Gmail  bisa menerima email sampai 50 MB. Jika pada 1 perangkat ada 6 akun, jadinya akun email yang Kamu terima bisa mencapai 300 MB. Dengan kata lain memiliki lebih dari satu email dapat menambah kapasitas email itu sendiri. Karena secara tidak langsung, email befungsi sebagai tempat penyimpanan.

3. Sangat Membantu dan Efektif

Manfaat lainnya ialah Kamu mungkin sudah memahaminya. Terlebih jika bukan keefektivitasannya, penggunaan beberapa akun email akan sangat membantu proses pengiriman data atau file dengan mudah dan cepat.

Kekurangan Memiliki Lebih Dari Satu Akun Email

Di samping keuntungan, Kamu juga akan merasakan kekurangan dan dampak negatif penggunaan lebih banyak akun email. Diantaranya :

1. Dapat Menghabiskan Lebih Banyak Kuota

Setiap Kali Kamu membuka salah satu akun gmail  Hp, maka dengan otomatis akun yang lainnya akan terproses. Ini artinya semakin banyak pula kuota internet yang dibutuhkan untuk mengaksesnya.

Terkait:  Cara Hapus Akun Gmail

2. Membutuhkan Kapasitas Penyimpanan Lebih Banyak

Apalagi jika Kamu pengguna android yang memakai aplikasi Gmail untuk tempatpenyimpanan. Pastinya akan sangat dibutuhkan kapasitas penyimpanan lebih besar apabila dibandingkan biasanya.

3. Susah Logout Akun Gmail Karena Terlalu Banyak Akun

Jika ada kesalahan yang terjadi saat memiliki banyak akun Gmail, secara tak langsung juga akan membuat proses logout menjadi sulit dilakukan karena gagal terus.

Itulah beberapa kekurangan dan kelebihan memiliki beberapa akun Gmail sekaligus. Sebaiknya gunakan akun gmail secukupnya untuk kepentingan yang positif tentunya. Apalagi kini akun Gmail banyak dibutuhkan untuk verifikasi platform lain seperti media sosial, hingga kebutuhan melamar pekerjaan. Semoga ulasan cara log out akun Gmail di atas membantu!

Related posts