Cara Membaca RTI Business

Cara Membaca RTI Business

Saham kini termasuk salah satu instrumen investasi yang banyak digunakan oleh kaum milenial. Sudah banyak orang yang sukses bermain saham, bahkan bisa meraup banyak keuntungan dari saham. Jika Kamu sedang belajar bermain saham, tak ada salahnya menginstal RTI business di perangkat hpmu untuk memudahkanmu melihat informasi pergerakan saham. Di sini Kami akan membagikan cara membaca RTI business yang harus dipahami oleh investor.

Kamu harus tahu bahwa aplikasi RTI business adalah aplikasi yang wajib dimiliki para pemegang saham. Menawarkan fitur yang sangat lengkap, dengan askes yang mudah serta datanya pun tersaji dengan lengkap, serta mudah dipahami.

Penjelasan RTI Business Bagi Kamu Penggiat Saham

RTI business ialah aplikasi yang khusus dibuat untuk membantu investor saham ketika ingin menganalisa saham atau pasar saham yang dituju. Di salam aplikasi ini terdapat banyak data yang bisa digunakan secara detail, akurat, serta tersaji setiap waktu bagi para penggunanya. Kamu pun bisa melihat fluktuasi saham yang disajikan lengkap berikut data penunjangnya.

Prinsip kerja RTI busines gampang untuk dipelajari, sehingga mempermudah bagi para pengguna awam. Memiliki tampilan interface menarik yang user friendly, dan dilengkapi oleh data-data yang gampang dibaca.

Menariknya lagi, Kamu dapat mengakses aplikasi yang satu ini kapanpun dan dimanapun asalkan terkoneksi dengan internet. Ini artinya, analisa, pergerakan saham dan semua hal terkait saham dapat disajikan dengan lengkap secara realtime.

Karena beberapa faktor di atas inilah yang membuatmu harus mengunduh dan menginstal RTI business di perangkat hp. Lalu, bagaimana cara membaca RTI business.

Cara Membaca RTI Business

Cara Membaca RTI Business
Panduan Menggunakan dan Membaca RTI Business

Panduan Menggunakan dan Membaca RTI Business

Jika Kamu baru menggunakan RTI business pertama kali, Kamu tentu masih bingung mengenai cara membaca RTI business. Namun tak perlu khawatir, karena ada beberapa panduan berikut yang memudahkanmu untuk menggunakan aplikasi ini di hp. Di bawah ini beberapa data yang akan ditampilkan pada RTI business dan cara membacanya :

1. Menu Overview

Saat Kamu membuka aplikasi RTI business pertama kali, Kamu akan menemukan menu overview. Ada beberapa istilah yang harus Kamu ketahui dan tersaji dalam menu overview, diantaranya :

  • Previous close, menjelaskan tentang harga penutupan sebelumnya.
  • Day range, ialah harga tertinggi dan terendah selama jam trading berlangsung.
  • Open, merupakan harga pembukaan.
  • Volume (shares), data ini menjelaskan tentang jumlah saham di pasar saham.
  • Turnover, adalah ukuran aktivitas trading saham yang bisa dihitung melalui penjumlahan saham yang diperjualbeikan setiap hari dan dibagi oleh jumlah saham yang ada.
  • Average price, terkait tentang harga rata-rata saham selama jam trading atau perdagangan saham.
  • Frequenxy (x), merupakan jumlah transaksi trading saham ketika jam perdagangan berlangsung.
  • PER (Price Earning Ratio0, ialah rasio yang digunakan untuk mengetahui lamanya perusahaan dapat menutupi jumlah harga pembelian. Misalnya untuk PER 37,41 ini artinya perusahaan membutuhkan waktu 37,41 tahun untuk dapat menutupi harga pembelian saham.
  • Market depth ialah ask dan list bid berikut freuensi dan volume.
  • Market cap, merupakan kapitalisasi pasar sebagai nilai agregat pasar pada sebuah perusahaan. Ini biasanya diperoleh berdasarkan harga saham x jumlah saham yang beredar.
  • Price vol freq, menjelaskan tentang daftar harga yang cocok beserta volume dan frekuensi. Artinya seberapa sering harga saham match dalam bursa.

2. Analytics

Pada menu analytics, Kamu juga akan menjumpai beberapa istilah saat membaca RTI business. Berikut penjelasannya :

  • Terdapat price diary, yang menjelaskan harga penutupan yang diurutkan menurut tanggal.
  • Di dalam price performance, Kamu bisa mengetahui perbandingan harga saham pada saat ini berdasarkan durasi waktu dari 1 hari hingga 5 tahun lalu.
  • Investor chart untuk melihat investor yang bertransaksi paling banyak selama jam trading. Apakah itu Investor domestic atau lokal maupun investor asing.
  • Low or high range ialah harga terendah maupun tertinggi dalam periode 1 hari hingga 5 tahun lalu.
  • Sementara istilah top buy or sell menjelaskan mana perusahaan sekuritas yang melakukan sell dan buy selama perdagangan berlangsung. Biasanya nama pada perusahaan sekuritas memakai 2 kode.

3. Financials

Di dalam tab menu financial terdapat summary terkait laporan keuangan, dari laporan keuangan kuartal hingga tahunan. Selain itu dari income statement hingga growth perusahaan dapat dilihat berdasarkan laporan keuangannya.

4. News

Di dalam tab news ini, Kamu bisa membaca berita pada situs portal berita terkait emiten yang Kamu lihat.

5. CA News

Dalam cara membaca RTI business lainnya, Kamu akan menemukan menu corporate action news. CA News ini adalah berita khusus terkait corporate action dalam perusahaan. Apakah ada informasi terkait right issue, ideviden, jadwal rapat pemegang saham dan lainnya.

6. Profiles

Pada menu profiles ini, Kamu juga akan menemukan beberapa istilah berikut :

  • Listing date ialah tanggal perusahaan IPO pada bursa efek.
  • Nominal yaitu nilai yang tertera pada sertifikat saham. Biasanya nilai nominal saham ini akan berbeda dari harga saham.
  • Effective date ialah tanggal persetujuan perusahaan bersama underwriter dalam melakukan IPO pada bursa saham.
  • IPO prices, merupakan harga saham yang dirilis ke pasar saat IPO.
  • Isilah IPO shares, memiliki arti sebagai jumlah saham yang dirilis ke pasar saat IPO.
  • IPO Amount, ialah market cap pada perusahaan saat IPO. Biasanya diperoleh berdasarkan IPO Shares x IPO prices.
  • Underwriter, ialah pihak bank komersial, bank investasi maupun perusahana pialang bertugas untuk mengevaluasi nilai dari perusahaan. Tujuannya untuk menetapkan nilai saham yang dijual.
  • Shareholders composition yaitu komposisi investor perusahaan,
  • Share Register, merupakan pihak yang menurut kontrak bersama emiten melakukan pencatatan pemilikan efek serta pembagian hak terkait efek.
  • Board of commisioners, yaitu nama pihak pemangku kepentingan, baik direktur maupun presiden direktur.

7. Tab Key Statistics

Pada tab menu Key Statistics ini, Kamu akan menemukan beberapa poin lagi, diantaranya sebagai berikut :

  • Earning per share

Earning per shares ialah laba perusahaan  yang dibagi dengan jumlah saham yang ada/beredar dalam periode Q1-Q4. Di dalam kolom periode, ada Q1-Q4 yang menjelaskan EPS tiap kuartal, lalu ada di dalam baris EPS terdapat jumlah EPS setiap kuartalnya. Sementara Dividen per share atau DPS ialah dividen yang akan dibagikan pad EPS. Sedangkan Dividen Payout Ratio (DPR) ialah perbandingan persentase DPS yang akan diterima pada EPS.

Sementara most recent quarter artinya adalah tanggal update data pada aplikasi RTI.

  • Fundamental

Ada beberapa istilah yang dapat dijumpai pada tab fundamental. Diantaranya ada assets, sales, liability, equity, cash flow, operating profit, dan net profit.

  • Earnings

Pada tab earnings juga terdapat beberapa istilah lainnya, seperti DPS (dividen per share)earning per share, revenue per share, book value per share (BVPS), cash flow per share (CFPS)cash equiv per share, dan net assets per share (NAVS).

  • Valuation

Adapun tujuan menghitung atau mengetahui valuasi saham itu sendiri ialah proses yang dapat menilai harga pasar suatu saham. Sehingga Kamu bisa mengetahui, apakah terlalu murah atau terlalu mahal jika dibandingkan hasil pada laporan keuangannya.

Nah, itulah sedikit panduan tentang cara membaca RTI business dan beberapa istilah yang harus Kamu pelajari untuk memahami pergerakan harga saham. Semoga membantu!

Ulasan Baru:

Related posts