Cara Membaca Not Balok

Jika Kamu gemar belajar musik atau alat musik, maka Kamu harus menguasai cara membaca not balok. Hal ini dikarenakan pembacaan not balok termasuk kemampuan mendasar untuk belajar musik hingga ke level yang sulit. Kemampuan membaca not angka atau not balok penting sekali manfaatnya. Karena jika Kamu sudah memahami tulisan not balok, mulai dari membaca hingga menuliskan notnya, bisa semakin memudahkanmu menciptakan lagu.

Sebelum melanjutkan cara membaca not balik, mari pahami terlebih dahulu tentang not itu sendiri. Not memiliki pengertian sebagai simbol tinggi nada tertentu. Saat sebuah not dirangkai dalam irama tertentu, selanjutnya menciptakan lagu yang biasanya dimainkan atau dinyanyikan.

Read More

Cara Membaca Not Balok

Cara Membaca Not Balok
Tutorial Membaca Not Balok

Panduan Membaca Not Balok

Simbol not balok biasanya berbentuk bulatan-bulatan yang bertangkai, sehingga menjadikan gambar atau simbol tersebut terlihat seperti huruf p atau d. Dalam penulisan irama lagu sendiri, not-not tersebut dirangkai lewat 5 garis yang dinamakan garis paranada. Sementara spasi yang ada diantara garis tersebut menyatakan ukuran durasi serta ketinggian pada nada not.

Cara membaca not balok yang perlu Kamu tekankan ialah semakin tinggi posisi not, maka nada yang dihasilkannya pun semakin tinggi. Begitupun sebaliknya, semakin rendah atau turun posisi not, nada yang Kamu mainkan pun menjadi semakin rendah.

Sementara durasi not menyatakan berapa jumlah ketuk pada sebuah nada. Untuk mengetahui banyaknya ketukan pada nada, Kamu bisa melihat tangkainya. Jika pada tangkainya tidak terdapat “bendera”, maka banyaknya ketukan hanya 1 ketuk saja. Jika memiliki “bendera” maka jumlah ketukannya ialah 1/2 ketuk, dan jika terdapat dua “bendera” nilainya menjadi 1/4 ketuk.

Terkait:  Cara Membaca Candlestick 1 Menit Binomo

Untuk lebih memahami cara membaca not balik, Kamu harus tahu bahwa setiap not mempunyai harga. Maksud harga not di sini ialah penentuan jumlah ketukan pada setiap not. Not yang biasanya sering dimainkan ialah not penuh hingga not 1/32. Mari kita pelajari dari awal, pada not pertama dinamakan not penuh atau whole note. Gambar notnya biasanya hanya berbentuk lingkaran tanpa bendera, dengan badan notnya tak berwarna hitam.

Kemudian berlanjut lagi ke not yang memiliki harga not setengah atau half note. Dari sini, Kamu mulai menemukan tangkai namun badan notnya tidak berwarna hitam. Lanjut ke not 1/4, biasanya not ini sudah memiliki tiang dengan warna badan not berwarna hitam.

Sementara cara membaca not balok pada not 1/8 atau seperdelapan biasanya mempunyai satu buah “bendera”. Not 1/16 (seperenambelas) mempunyai 2 buah “bendera”, sedangkan not 1/32 mempunyai 3 “bendera”.

Tips Dalam Mempelajari Not Balok

Dalam cara membaca not balok, ada beberapa poin yang harus Kamu pelajari. Berikut diantaranya :

1. Penjelasan Tentang Treble Clef dan Bass Clef

Untuk menentukan tinggi rendahnya nada, ada 2 kunci yang digunakan pada not balok. Kunci yang pertama ialah Treble clef (kunci untuk nada tinggi) dan Bass clef (kunci untuk nada rendah).

Lalu, apa sih yang dimaksud treble dan bass clef? Untuk lebih mudahnya, Kamu bisa lihat gambar piano atau langsung melihat pianonya sendiri. Jika dalam sebuah piano, biasanya posisi tangan kiri terletak pada bagian kiri pada keseluruhah tuts piano.

Pada alat musik ini, nada rendah adalah posisi yang terletak paling kiri hingga setidaknya 1 oktaf ke tengah. Dalam partitur umumnya ditandai oleh bass clef. Sehingga posisi pada tangan kiri akan berpatokan dengan bass clef itu sendiri. Sementara tangan kanan akan berpatokan dengan G clef.

Terkait:  Cara Membaca Neraca Keuangan

Lebih mudahnya lagi, Kamu bisa melihat bass gitar.  Pada bass gitar biasanya hanya memiliki 4 senar dengan nada rendah. Dimana setiap partitur pada bass akan selalu dimulai dari F cleff. Berbeda dengan gitar yang selalu memakai G clef. Sama seperti pada alat musik jenis lainnya. Terkecuali piano yang memakai G clef dan F clef secara bersamaan.

Aturan tersebut di atas berlaku bagi alat musik bernada atau melodi. Sementara itu pada drum atau perkusi, kedua alat ini bisa dikatakan sebagai pondasi musik. Sehingga alat musik drum atau perkusi dituliskan menggunakan F clef atau bass clef.

Tak hanya treble dan bass cleff, pada musik juga terdapat tenor clef dan auto clef. Kedua cleff tersebut cukup jarang dijumpai dan bahkan jarang dipelajari mengingat beberapa alasan. Alasan yang paling kuat ialah perkembangan aliran musik modern yang cenderung tidak memakai kedua jenis cleff tersebut.

2. Mengenal Alto Clef dan Tenor Clef

Meskipun kedua jenis clef ini langkah, tak ada salahnya Kamu menyertakan pembahasan auto dan tenor clef ke dalam cara membaca not balok. Tenor clef sebenarnya memiliki bentuk yang masih sama seperti alto clef, hanya saja posisinya berbeda.

Jika posisi alto clef terletak di garis paranada yang ketiga, sementara posisi tenor clef sendiri terletak di garis paranada yang keempat. Akan tetapi, yang harus diperhatikan ialah keduanya masih memperlihatkan nada middle C maupun C4.

Alasannya ialah disebabkan tenor clef dipakai pada alat musik dengan range nada cukup luas. Sedangkan tenor clef dipakai jika ingin memainkan range nada atas pada instrumen basoon, trombone, double, dan bass. Semua alat musik tersebut memakai bass clef dalam memainkan nada rendah hingga menengah. Sedangkan treble clef digunakan untuk memainkan nada tertinggi pada not balok yang bisa dijangkau instrumen tersebut.

Terkait:  Cara Baca Not Balok

3. Mengenal Tanda Istirahat

Dalam cara membaca not balok selain treble dan bass clef, ada pula tanda istirahat dan nilai ketukan. Adapun yang dimaksud dengan tanda istirahat ini ialah saat tanda tersebut muncul, maka nada pun tidak dibunyikan.

Kamu akan sering menemukan tanda istirahat di setiap jenis komposisi. Jika Kamu menjumpai tanda istirahat ini, maka Kamu tidak memainkan atau membunyikan nada. Tanda istirahat juga memiliki harga ketukan yang berbeda tergantung kaidah not.

4. Memahami Notasi

Pada not balok,kita juga akn mengetahui notasi yang biasanya ditulis dari notasi A-G lalu kembali lagi pada notasi A. Jadi bisa disimpulkan bahwa nada bisa diibaratkan seperti abjad, hanya saja urutannya sampai G. Misalnya saja, Kamu memainkan nada mulai dari nada C-D-E-F-G-A-B-C. Dengan kata lain, jika memainkan nada C, pasti akan kembali ke nada C lagi.

Apabila digambarkan lewat not balok, jika Kamu memainkan nada C menggunakan patokan dari G clef, posisi nada C akan terletak di bawah lima garis paranada. Maka dari itu, Kamu harus membentuk garis bantu atau leger line yang dapat membantumu melerakkan nada C ke dalam partitur.

Sementara untuk menulis nada dari D, E, F,G A sendiri ditulis menempel di garis paranada ke 1-5. Sementara karena nada C dan B tidak lagi ada di garis paranada, biasanya akan dibantu lagi memakai legger line di bagian atasnya.

Itulah poin-poin penting dalam cara membaca not balok yang harus Kamu perhatikan dalam mempelajari not balok dan angka. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

More Tutorials:

Related posts