Cara Kerja Pinjaman Online

  • Whatsapp

Berkembangnya sektor teknologi telah juga berdampak pada dunia perbankan. Buktinya sekarang kamu dapat dengan mudah menggunakan internet di ponsel kamu untuk meminjam dana tanpa harus ke bank. Dari satu sisi memang, kemudahan ini sangat welcome untuk para generasi muda. Tapi, tanpa pengetahuan tentang cara kerja pinjaman online, kamu bisa berada dalam keadaan yang sangat berbahaya. Jadi, sebelum kamu berencana untuk pinjam uang online, baca artikel ini dulu deh sampai selesai.

Cara Kerja Pinjaman Online

Cara Kerja Pinjaman Online
Cara Kerja Pinjaman Online

Dalam arti yang lebih luas, pinjaman online adalah segala jenis pinjaman yang tidak datang dari bank melalui cara yang konvensional (baca:tradisional). Sejumlah pemberi pinjaman online sering disebut sebagai pinjol telah tumbuh selama beberapa tahun ke belakang.

Konsep Institusi Pinjaman Online

Pinjol mungkin punya konotasi negatif belakangan ini karena sering menjadi bahan pemberitaan dan hampir semuanya berakhir dengan masalah. Tapi faktanya, pinjaman online bukan hanya tentang pinjaman person to person melainkan ada banyak variasnya.

Institusi pinjaman online biasanya dapat berbentuk organisasi yang memberikan serikat kredit, pinjaman berkalan dan kredit lain yang secara struktural mirip dengan pinjaman bank tetapi berasal dari atau melalui sumber yang berbeda.

Semua varian institusi pinjaman online ini mungkin tidak punya istilah yang sama karena memang, cara kerja pinjaman online juga biasanya berbeda-beda. Namun, OJK telah menetapkan aturan dengan kriteria yang sama untuk persetujuan dan regulasi yang sama ketatnya. Biasanya pemberi pinjaman online ini mempunyai ciri:

  1. Berasal dari institusi yang secara tradisional bukan bagian dari industri keuangan. Beberapa pinjol bahkan di antaranya adalah perusahaan teknologi yang menawarkan konsep Paylater seperti Akulaku, Shopee, GoTo dan beberapa perusahaan lainnnya.
  2. Menggunkaan metode yang berbeda untuk berkomunikasi dengan klien. Dalam artian tidak ada berkas yang berbelit-belit dalam prosesnya.
  3. Tarif dasar dan persetujuan biasanya bergantung pada metrik yang lebih kecil ruang lingkupnya dibanding Bank Indonesia atau skema pengukuran konvensional serupa.
  4. Menerapkan proses persetujuan yang berbeda yang sering kali disederhanakan atau otomatis guna menarik minat peminjam.
Terkait:  Cara Kerja Google

Lembaga negara yang membawahi institusi pinjaman online adalah Otoritas Jasa Keuangan yang telah menyiapkan banyak aturan-aturan mengikat guna meregulasi cara kerja pinjaman online. OJK memastikan bahwa semua data pengguna layanan tidak digunakan semena-mena oleh pemberi pinjaman.

Cara Terbaik Menemukan Pinjaman Online yang Aman

Sebelum mengajukan pinjaman online, kamu harus melakukan riset tentang calon pemberi pinjaman. Internet mungkin telah memberi kamu alat untuk mengajukan pinjaman dengan cepat, dan karenanya, guna teknologi ini untuk melakukan pengecekan menyeluruh.

Berikut adalah beberapa tips untuk membantu mengevaluasi keamanan aplikasi pinjaman online yang mungkin sedang kamu pertimbangkan.

Cari Alamat Fisik
Pemberi pinjaman online mungkin sudah beroperasi secara online, tetapi perusahaan pembiayaan yang sah akan menampilkan alamat fisik di lokasi yang menonjol di situs web mereka.  Verifikasikan alamat ini dengan Google Search jika kamu tidak bisa langsung mengakses lokasi tersebut.

Cari Ulasan dari Pengguna Lain
Meski kamu bisa mengandalkan opsi ini sebagai pertimbangan, tapi kenyataannya adalah biasanya orang yang puas tidak akan meninggalkan ulasan. Walhasil, tidak jarang kamu akan menemukan kolom review yang berisi complain dari pengguna lain.

Bingung? Tenang, kamu bisa gunakan kolom review untuk melihat bagaimana perusahaan ini merespon tanggapan negatif tentang mereka. Dengan begitu kamu akan setidaknya bisa menerka tingkat cara kerja pinjaman online tersebut.

Periksa Kepemilikan Situs
Kamu dapat melakukan pemeriksaan WHOIS dalam hitungan detik. Pencarian ini akan memberi tahu kamu siapa pemilik situs tersebut dan berapa lama situs tersebut telah ada. Kenapa ini penting, karena informasi ini dapat memberi kamu wawasan tentang sifat sebenarnya dari organisasi yang menjalankan situs dan apakah mereka benar-benar pemberi pinjaman online.

Terkait:  Cara Kerja Inverter

Hati-Hati dengan Penipu
Salah satu ancaman terbesar terhadap privasi kamu mungkin tidak datang dari para penjahat dunia maya yang sebenarnya tetapi dari para pengumpul data privasi yang bekerja siang malam untuk menipu korban. Biasanya, sebuah organisasi pinjol abal-abal akan menyamar sebagai pemberi pinjaman online; namun, niat sebenarnya hanyalah untuk mengumpulkan informasi sensitif dari kliennya untuk digunakan ke pinjol-pinjol lainnnya.

Kenapa Harus Gunakan Jasa Pinjaman Online?

Pemberi pinjaman online yang legal tahu bahwa kesuksesan bisnis mereka akan bergantung pada reputasi mereka untuk menjaga informasi pelanggan tetap aman. Perusahaan-perusahaan ini akan mengambil langkah-langkah untuk melindungi bisnis mereka dan pelanggan pelamar mereka.

Jelas, ini adalah jenis perusahaan pembiayaan yang ingin kamu pilih jika kamu memang terpaksa butuh pinjaman online. Dan memang susah untuk dinegasikan lagi bahwa pemberi pinjaman online ini dapat memberikan solusi yang tepat untuk kebutuhan mendadak.

Beberapa manfaat paling terasa mencakup keputusan yang cepat atau bahkan instan dan pencairan pendanaan yang sangat cepat. Bagi banyak orang, platform pinjaman online bisa menjadi solusi yang jauh lebih cepat dan lebih mudah diakses ketimbang bank, kartu kredit, dan sumber pendanaan lainnya.

Tapi pada akhirnya, kamu harus sadar bahwa opsi meminjam uang – apalagi ke pinjol – adalah pilihan terakhir yang hanya perlu digunakan dalam keadaan terdesak. Solusi untuk menghindarinya? Nabung!

Related posts