Cara Mencari iPhone yang Hilang

Kasus kehilangan smartphone memang sudah bukan suatu perkara yang baru lagi. Sama saja ketika kamu berusaha menemukan cara mencari iPhone yang hilang. Ada lebih dari satu trik yang bisa membantumu melacak posisi atau keberadaan terakhir dari iPhone boba. Istilah ini, merujuk dari tampilan belakang yang dimiliki oleh ponsel. Bentuk kameranya, mirip boba.

Julukan iPhone boba sangat pas digunakan untuk mewakili kehadiran dari seri iPhone 11 dan kawanannya yang berada di atas seri tersebut. Apalagi, toppingan boba yang biasa ditemukan di dalam minuman hits di kalangan anak muda saat ini sangat memikat perhatian masyarakat. Maka dari itu, harga pasaran iPhone boba juga lebih ramah di kantong. Mulai dari Rp 7 juta.

Read More

Bagaimana Cara Mencari iPhone yang Hilang?

Ponsel Android saja sudah dilengkapi dengan layanan mutakhir untuk dapat melacak lokasi akhir dari perangkat. Bagaimana cara mencari iPhone yang hilang? tentu iPhone berbasis iOS ini juga tidak kalah canggih. Pihak Apple sudah mendesain perangkatnya agar pengguna bisa dengan mudah menemukan kembali ponselnya ketika tertinggal, hilang atau bahkan dicuri.

iPhone dalam proses pelacakan memanfaatkan fitur GPS yang tertanam di dalam smartphone. Kemudian, akan ditransmisikan ke dalam bentuk maps secara digital. Oleh karena itu, kalian yang ingin segera mengetahui keberadaan iPhone yang hilang biasanya berharap kondisi HP masih dalam keadaan menyala. Karena, kalau mati akan sulit dideteksi oleh radar satelit.

Terkait:  Cara Menggunakan NFC di iPhone

Cara Mencari iPhone yang Hilang

Cara Mencari iPhone yang Hilang
Cara Mencari iPhone yang Hilang

Cara mencari iPhone yang hilang tinggal kalian gunakan saja aplikasi pelacakan yang sudah ada di ponsel. Tapi sebelum itu, pengguna harus tahu apa saja fitur yang tersedia di dalamnya.

Fitur Pelacakan yang Tersedia di iPhone, iPod Touch, iPad

  • Mode hilang atau perangkat ditandai menghilang dari pemilik
  • Informasikan kepada pemilik apabila tertinggal
  • Penghapusan jarak jauh
  • Notifikasi apabila sudah ditemukan
  • Aktifkan bunyi atau nada dering
  • Pantau lokasi perangkat

Setelah itu, kalian dapat langsung eksekusi cara mencari iPhone yang hilang melalui peta. Ini cara selengkapnya:

  1. Masuk ke aplikasi Lacak.
  2. Klik menu Perangkat atau Item.
  3. Klik Temukan Lokasi di Peta. Bila kalian sudah bergabung ke dalam grup yang ada pihak Keluarga Berbagi, kalian dapat lebih cepat menemukan posisi terakhir ponsel melalui anggota grup tersebut.
  4. Klik Petunjuk Arah agar kalian dapat membuka lokasi perangkatnya melalui peta.

Catatan tambahan, ketika pengguna iPhone sudah mengaktifkan fitur jaringan lacak. Maka, meskipun perangkat tidak terhubung ke internet seperti WiFi  atau mobile data ponsel tetap bisa dilacak dengan memanfaatkan bantuan dari jaringan pemilik Apple lainnya yang berada di lokasi kemungkinan ponselmu berada. Pastikan kalian selalu mengaktifkan fitur Lacak!

Cara Mencari iPhone yang Hilang dalam Keadaan Mati

Berikutnya, kita beralih ke cara mencari iPhone yang hilang dalam keadaan mati total. Bukan tidak online, melainkan ponsel sengaja dimatikan atau memang sudah dalam kondisi Off saat kalian kehilangan perangkatnya. Ikuti petunjuk berikut:

  1. Kunjungi situs iCloud.com melalui iPad atau Mac.
  2. Ketikkan Apple ID kalian pada iPhone yang sedang dicari dengan memasukkan username serta kata sandi pengguna.
  3. Klik opsi Lacak atau Find My.
  4. Pengaturan Lacak
  5. Selanjutnya, klik Nama dari Perangkat iPhone yang ingin dilacak.
  6. Tunggu beberapa saat, sampai terlihat tampilan peta dengan adanya tanda lokasi akhir dari keberadaan iPhone yang sedang dicari. Lalu, aktifkan fitur Mode Hilang.Mode Hilang
  7. Tambahkan Nomor Telepon yang dapat dihubungi oleh seseorang yang nantinya menemukan atau justru sedang menggenggam iPhone milik kalian yang hilang.
    Notifikasi Mode Hilang
  8. Tambahkan Pesan Singkat  permohonan agar perangkat tersebut dikembalikan ke pemiliknya.
  9. Lanjut ke bagian Pembaruan Email, sampai muncul tanda centang
  10. Proses pelacakan iPhone telah selesai.
Terkait:  Cara Membersihkan Other di iPhone

Cara Mencari iPhone yang Hilang dengan Find My Phone

Masih membahas metode untuk menemukan iPhone ketika hilang dari genggaman sang user. Kalau pemilik sudah mencoba dengan peta, tapi masih belum terlihat ada perkembangan. Hal tersebut bisa kalian siasati melalui cara mencari iPhone yang hilang dengan Find My Phone.

  1. Setelah kalian login dengan menggunakan Apple ID .
  2. Kalian akan disuruh untuk menambahkan Kode OTP yang dikirimkan ke iPhone yang sedang hilang atau perangkat Apple lainnya yang tepercaya.
  3. Supaya bisa melewati tahapan nomor 2, ketuk tombol bertuliskan Cari iPhone atau Find iPhone.
  4. Bisa juga dengan pilih Atau Dapatkan Akses Cepat Ke.
  5. Diamkan sampai iCloud selesai memproses permintaan kalian.

Cara Melacak iPhone yang Hilang Lewat iCloud

Karena kalian spesial, maka pihak Apple juga menyajikan cara melacak iPhone yang hilang lewat iCloud. Tidak perlu bingung apalagi sampai repot-repot mengunduh aplikasi tambahan lain di Apple Store. Fitur pelacakan lengkap serta dilengkapi dengan layanan autentifikasi 2 faktor biar lebih aman. Ini keunggulannya:

  1. Pemilik iPhone yang pertama kali login menggunakan Apple ID baik melalui website atau aplikasi, kalian akan diminta untuk memasukkan password dan 6 digit kode OTP.  Lapisan keamanan ini, memungkinkan orang lain kesulitan untuk membuka ponselmu.
  2. Keamanan yang ditawarkan oleh autentifikasi 2 faktor juga menjaga agar fitur dan layanan seperti Apple Pay tidak akan mudah diretas atau dibuka oleh orang lain. Hal tersebut, dikarenakan adanya pengaturan konfirmasi Face ID hingga Touch ID.

Cara Find My iPhone Orang Lain

Bagaimana kalau kali ini kasusnya dibalik. Bukan kalian yang kehilangan ponsel melainkan kerabat atau teman dekat yang sedang mencoba menemukan iPhonenya kembali. Nah, kalian langsung saja lakukan cara Find My iPhone orang lain berikut.

  1. Buka situs resmi iCloud/find melalui iPhone atau iPad lain.
  2. Tuliskan Apple ID yang sudah terdaftar di ponsel yang hilang.
  3. Layar akan menampilkan fitur Find My iPhone sambil menyertakan kondisi ponsel. Entah itu sedang offline atau mati total.
  4. Bila kondisinya masih aktif, pilih tombol Action.
  5. Fitur GPS menampilkan lokasi dari keberadaan ponsel iPhone kalian dan klik opsi Play Sound supaya menimbulkan suara.
  6. Kondisi iPhone yang berada di lokasi minim sinyal, akan memberitahukan titik akhir dari ponsel tersebut ketika masih berada di wilayah yang memiliki sinyal kuat.
  7. Bila iPhone lenyap diakibatkan karena telah dicuri orang lain, kalian langsung pilih Lost Mode atau Mode Hilang.
  8. Bila iPhone masih terdeteksi berada di dalam wilayah jaringan, ponsel akan langsung terkunci secara otomatis. Lakukan pengaturan ulang kode keamanan kunci untuk permudah kalian mengakses perangkat tersebut. Pengguna juga dapat mengetahui titik lokasi akhir dari keberadaan ponsel secara real time.
  9. Bila perangkat iPhone masih ada di sekitaranmu, ponsel akan menimbulkan suara atau nada dering supaya langsung terdengar oleh kalian.
  10. Tapi kalau iPhone kalian ada di luar jangkauan jaringan atau kondisi mati, ponselmu akan langsung mengirimkan sinyal lokasi terakhirnya sebelum dimatikan.
Terkait:  Cara Edit PDF di iPhone

Demi kemanan dan kenyaman pengguna iPhone, sebaiknya segera aktifkan fitur Find My iPhone saat pertama kali menggunakan ponsel. Adapun keunggulan utamanya, selain dapat mempermudah proses pelacakan, kalian juga bisa mem-backup data melalui iOS device lain.

Sekian pembahasan cara mencari iphone yang hilang kali ini. Baca juga cara mencari jurnal internasional buat kalian yang butuh literasi untuk penelitian. See you and bye bye!

Related posts