Cara Melihat Percakapan Rahasia di Messenger

  • Whatsapp

Di era modern seperti saat ini, ada banyak cara yang dilakukan untuk mengirimkan obrolan atau pesan baik kepada kerabat maupun teman. Aplikasi yang sering dipakai untuk berkirim pesan ialah aplikasi chatting, entah itu aplikasi WhatsApp, Messenger, LINE maupun aplikasi perpesanan lainnya. Sebenarnya percakapan rahasia adalah bagian tersembunyi, dimana pengguna dapat mengirimkan pesan secara rahasia atau privasi lewat Facebook Messenger. Namun pertanyaannya, tahukah Kamu cara melihat percakapan rahasia di Messenger?

Namun sebelum kita membahasnya, Kamu harus tahu fitur percakapan rahasia yang disediakan oleh Facebook Messenger itu sendiri.

Apa Itu Percakapan Rahasia?

Percakapan rahasia atau secret conversation di Facebook Messenger adalah layanan dari pesan rahasia menggunakan enkripsi end to end. Dalam hal ini, pesan tersebut hanya ditujukan bagi Kamu sebagai pihak penerima pesan, dan bukan orang lain, maupun pihak Facebook itu sendiri. Sama seperti telegram, secret conversation di Facebook Messenger mempunyai beberapa perbedaan bila dibandingkan pesan umumnya.

Dalam Facebook Messenger, percakapan rahasia menawarkan berbagai macam fitur, seperti penghapus pesan otomatis atau self destructi. Dengan adanya fitur ini, maka Kamu bisa mengatur kapan chat Kamu akan terhapus otomatis. Maka Kamu bisa memakai aplikasi dengan pengaturan timer.

Dalam percakapan rahasia tersebut, Kamu tidak bisa menyebarkan pesan lewat tombol forward. Dengan kata lain, pesan tak bisa diteruskan, namun Kamu masih dapat meng-copy dan menempelkan pesan agar pesan tersebut dapat disalurkan. Selain itu, pada fitur secret conversation di Facebook Messenger ini, Kamu dapat melakukan screenshot layar. Hal ini berbeda dari pesan rahasia yang ada di telegram yang tak bisa dilakukan tangkapan layar atau screenshot.

Cara Melihat Pesan Rahasia di Messenger

Cara Melihat Percakapan Rahasia di Messenger
Melihat Percakapan Rahasia di Messenger

Mengaktifkan pesan Rahasia di Messenger

Sebelum membahas cara melihat pesan rahasia di messenger, tentu saja Kamu harus mengaktifkan layanan pesan rahasia terlebih dahulu di Facebook Messenger. Berikut beberapa langkah cara yang bisa dilakukan untuk mengaktifkan pesan rahasia di Messenger :

  • Pertama-tama, Kamu wajib mempunyai aplikasi messenger supaya lebih mudah ketika melakukan secret conversation. Kemudian di halaman utama Facebook Messenger, tinggal klik saja foto profil di ujung kiri bagian atas pada layar hp. Ini bertujuan untuk membuka pilihan menu Messenger.
  • Setelah itu gulir layar ke bagian bawah agar Kamu menemukan opsi yang dibutuhkan, bernama secret conversation. Kamu tinggal memilih opsi tersebut dengan mengklik maupun menetap di bagian tulisan atau gambar.
  • Baru kemudian, Kamu dapat mnegaktifkan layanan secret conversation. Caranya ialah dengan menggeser slide layar ke arah kanan. Lalu jika muncul notifikasi “turn on secret conversation” tinggal pilih saja “turn on”.

Memulai Percakapan Rahasia Menggunakan Messenger

Jika Kamu sudah mengaktifkan percakapan rahasia di Facebook Messenger, selanjutnya tinggal memulai secret conversation di Messenger. Di bawah ini ada beberapa panduan cara untuk memulai secret conversation bersama teman.

  • Di halaman messenger, Kamu akan menemukan ikon pensil di pojok kanan bagian atas. Dimana ikon tersebut berfungsi membuat pesan atau chat baru untuk temanmu. Silahkan ketuk ikon tersebut jika ingin memulai obrolan baru.
  • Kemudian Kamu akan langsung menuju halaman untuk memilih mana teman yang akan dikirimi pesan. Di menu ini, ada ikon baru yang berbentuk gembok tepat di pojok kanan bagian atas. Fungsi ikon gembok ini ialah sebagai secret conversation yang akan dikirimkan pada teman. Silahkan geser ikon atau tanda gembok ke samping kanan supaya pesan rahasia tersebut bisa aktif.
  • Selanjutnya, cari atau search nama akun yang akan Kamu ajak untuk chatting. Cari nama orang atau akun di kolom pencarian, caranya ketikkan nama depan maupun  nama belakang akun FB temanmu. Sesudah akun temanmu muncul, selanjutnya tinggal klik nama maupun gambar akun pengguna untuk memulai obrolan.
  • Dari sini Kamu bisa melihat perbedaan memakai layanan percakapan rahasia maupun tidak memakainya, sebab di sini Kamu akan menemukan “secret conversation” di bagian atas sampai muncul opsi bubble chat.

Tutorial Melihat Percakapan Rahasia di Messenger

Setelah mengaktifkan percakapan rahasia, kini Kamu bisa melanjutkan ke cara melihat percakapan rahasia di Messsenger. Adapun caranya ialah sebagai berikut :

  • Mengingat kini Kamu telah mengaktifkan layanan secret conversation, dengan begitu Kamu bisa melihat obrolan rahasia dengan mudah. Jika menu tersebut diaktifkan, maka obrolan rahasia yang sudah pernah digunakan sebelumnya akan muncul di menu utama. Akan tetapi, ditandai oleh warna hitam beserta simbol off pada gambar kunci.
  • Ketuk di bagian bersimbol tadi, karena bagian tersebut adalah obrolan rahasia yang sudah pernah Kamu kirimkan kepada temanmu.
  • Jika Kamu belum mengaktifkan layanan secret conversation, sehingga obrolan rahasia yang sudah pernah dilakukan tidak muncul di menu utama. dengan demikian, Kamu perlu mengaktifkan opsi tersebut sebelumnya agar bisa mengetahui sekaligus melihat secret conversation yang sudah pernah dilakukan sebelumnya.
Terkait:  Cara Menghapus Akun Facebook Permanen

Mengatur Timer Dalam Percakapan Rahasia

Adapun salah satu layanan dari secret conversation di Messenger ialah panghapus otomatis memakai timer. Dengan demikian, Kamu bisa mengatur waktu obrolanmu terhapus secara otomatis. Untuk melakukan pengaturan, Kamu bisa melakukan beberapa langkah di bawah ini :

  • Di halaman obrolan rahasia, silakan pilih icon timer di sebelah kolom pesan. Baru sesudah itu, Kamu bisa menentukan berapa lama obrolan atau pesanmu terhapus otomatis. Misalnya saja Kamu mengatur waktu penghapusan pesan hingga 30 detik lamanya.
  • Maka 30 detik sesudah pesan Kamu dibaca, maka pesan secara otomatis akan terhapus sendirinya.

Menghapus Secret Conversation

Jika Kamu ingin menghapus secret conversation, Kamu bisa memperhatikan langkah-langkah di bawah ini :

  • Pertama-tama yang harus dilakukan jika ingin menghapus secret conversation ialah bukan satu obrolan rahasia yang sudah pernah dilakukan dengan temanmu di Facebook Messenger. Kamu dapat mengklik ikon atau tanda huruf i yang terletak di pojok huruf di kanan atas lalu tekan pada opsi delete conversation. Bisa juga dengan menghapus percakapan.
  • Selanjutnya akan muncul tampilan pop up mengenai apakah Kamu yakin menghapus obrolanmu, tinggal klik delete jika ingin menghapus obrolanmu segera.

Itulah cara melihat percakapan rahasia di messenger, mengaktifkannya dan cara menghapus pesan rahasia tersebut. Kamu bisa mencoba percakapan rahasia di Facebook Messenger tersebut dengan mudah.

Fitur-Fitur Facebook Messenger Lainnya

Selain percakapan rahasia yang dimiliki oleh Messenger, kamu juga dapat memanfaatkan fitur lainnya yang tersedia di Facebook Messenger. Berikut ulasannya :

1. Filter

FB Messenger sellau memperbaharui opsi filternya, sehingga bisa diterapkan pada foto atau video yang diambil sendiri, dan panggilan video secara langsung. Untuk menggunakannya sebenarnya sangat mudah, Kamu hanya perlu menggesernya ke kanan atau kiri saat berada pada mode kamera. Ini dilakukan jika Kamu ingin bermain-main menggunakna topeng augmented reality.

2. Status Aktif

Kamu juga bisa menonaktifkan status aktif pada pesan atau obrolanmu. Ini dilakukan jika Kamu sedang sibuk, tapi ingin tetap mengirim pesan hanya kepada orang-orang tertentu. Pengaturan tersebut bisa diubah cukup dengan melakukan navigasi ke dalam menu pengaturan, dengan status aktif atau mematikannya.

Terkait:  Cara Download Video di Facebook

Itulah fitur-fitur yang tersedia dalam Facebook Messenger yang bisa Kamu gunakan saat menggunakan layanan pesan di Facebook, selain cara melihat pesan rahasia di Messenger.

Related posts