Cara Menghasilkan Uang dari Facebook

Apakah kamu seorang pengguna facebook? Pernahkah kamu memikirkan cara menghasilkan uang dari Facebook? Artikel kali ini akan membantumu menghasilkan uang dari Facebook melalui berbagai metode yang bisa kamu coba.

Apa itu Facebook?

Siapakah di muka bumi ini yang tidak tahu apa itu Facebook? Sosial media yang lahir dari ide gila seorang Mark Zuckerberg ini telah sangat merajalela. Berawal hanya menjadi sosial media dalam lingkup kampus, kini Facebook menjadi sosial media yang dimiliki hampir semua orang. Tua, muda, anak kecil pun bahkan sudah tahu cara membuat akun Facebook. Meskipun tak semua dari mereka, tahu cara menghasilkan uang dari Facebook.

Read More

Tak ada yang menyangka sebelumnya, bahwa sosial media yang satu ini bisa sebesar sekarang. Dahulu, Facebook hanyalah sebuah situs biasa. Dengan fitur berbagi cerita dan perpesanan, Facebook kian diminati masyarakat yang kala itu belum terlalu familiar dengan fitur Chatting. Kemudahan akses dan konsumsi data yang ringan membuat layanan ini digemari di berbagai kalangan. Terlalu asik dengan fitur sosial media, membuat beberapa orang tak menyadari potensi menghasilkan uang dari Facebook.

Seiring dengan perkembangan zaman, Facebook mulai meluncurkan berbagai inovasi dan fitur-fitur baru demi memanjakan penggunanya. Mulai adanya fitur game online, grup, fanpage, bahkan marketplace membuat Facebook menjadi sosial media paling digemari kala itu. Beramai-ramai orang orang mulai membuat akun Facebook, dan menggunakan sosial media ini seolah olah adalah taman bermain baru mereka. Semakin banyaknya fitur yang ditawarkan meningkatkan kesadaran pengguna terhadap Facebook sebagai salah satu jalan menghasilkan uang.

Cara Menghasilkan Uang dari Facebook

"<yoastmark

Melihat besarnya potensi menghasilkan uang dari Facebook,  tak heran bila banyak orang bertanya tentang cara menghasilkan uang dari situs ini. Seperti halnya potensi yang dimiliki, cara yang bisa dilakukan untuk menghasilkan pun sangat banyak. Beberapa jalan yang bisa kamu tempuh untuk menghasilkan uang dari Facebook adalah sebagai berikut :

  • Berjualan online
  • Menawarkan jasa
  • Membuat konten
Terkait:  Cara Aktifkan Kartu Telkomsel

Berjualan Online

Apakah bisa berjualan online di Facebook? Bukankah sudah terdapat berbagai platform yang memudahkan kita untuk berjualan online? Jawabannya tentu saja bisa. Selain karena Facebook adalah sebuah platform sosial media online, terdapat beberapa alasan yang membuatmu harus mencoba berjualan online di Facebook. Banyaknya pengguna dan kemudahan komunikasi di Facebook menjadi salah satu opsi untuk berjualan online. Beberapa jalan berjualan online di Facebook adalah :

  • Membuat akun Online Shop
  • Menjadi Reseller
  • Melakukan Dropship
  • Memanfaatkan grup dan fanpage
Membuat Akun Online Shop

Cara menghasilkan uang yang pertama adalah membuat akun Online Shop. Kamu bisa membuat sebuah akun Facebook yang kamu khususkan sebagai akun toko online milikmu. Bangun profil yang lengkap dan menarik untuk menggaet pembeli di dunia maya. Dengan menarik perhatian dari para pengguna Facebook, kamu bisa menghasilkan uang dari situs sosial media tersebut.

Menjadi Reseller

Apa itu reseller? Reseller adalah kegiatan menjual dari supplier barang tanpa adanya stok barang, dengna komisi yang ditentukan sendiri atau oleh reseller. Di era modern ini, reseller menjadi salah satu kegiatan favorit masyarakat untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Melalui Facebook, kamu dapat memanfaatkan akun Facebook mu untuk melakukan reseller karena mudahnya komunikasi baik dengan pihak supplier maupun dengan pihak pembeli.

Melakukan Dropship

Hampir serupa dengan Reseller, Dropship juga merupakan kegiatan menjual barang dari Supplier ke pembeli tanpa adanya stok barang. Bedanya, Reseller mengambil barang terlebih dahulu sebelum dikirimkan ke pembeli. Sedangkan Dropship hanya menyalurkan antara Supplier dengan pembeli, dan hanya bermodalkan foto barang yang dijual. Dropship dapat kamu lakukan di Facebook untuk menghasilkan uang tambahan karena Facebook memudahkanmu menjangkau pembeli dan menghubungkanmu dengan Supplier.

Terkait:  Cara Affiliate Shopee
Memanfaatkan Grup dan Fanpage

Grup dan Fanpage di Facebook merupakan dua fitur yang sangat berguna di Facebook. Kedua fitur ini dapat membantumu menambah jejaring pertemananmu dan mendapatkan pembeli dari barang yang kamu tawarkan. Sekarang sudah banyak pula grup Facebook yang memang dikhususkan untuk berjualan, baik yang berskala nasional maupun yang berskala lokal di satu kawasan tertentu.

Menawarkan Jasa

Seperti halnya menjual barang, kamu juga bisa mendapatkan uang melalui Facebook dengan menawarkan jasa. Melihat tingginya kreativitas di era sekarang ini, jasa yang ditawarkan pun semakin beragam. Berikut adalah beberapa jasa yang biasa ditawarkan melalui Facebook :

  • Like dan follow
  • Jasa titip
  • Desain grafis
  • Buzzer
  • Admin akun
Like dan Follow

Beberapa penggiat konten di Facebook tentu sangat memperhatikan masalah like dan follow di akun mereka. Semakin banyak like dan follow yang didapat, akan berdampak baik terhadap exposure mereka di dunia maya. Hal ini menjadi sebuah peluang bagi kamu yang ingin mendapatkan tambahan penghasilan dengan menawarkan jasa like dan follow kepada para penggiat konten di Facebook.

Jasa Titip

Apa itu jasa titip? Mungkin kamu lebih familiar dengan jasa pengantaran dan delivery seperti GoJek atau Grab. Seperti namanya, jasa titip adalah jasa yang menawarkan pembelian sebuah barang bagi kamu yang tidak memiliki akses untuk membeli barang tersebut. Biasanya jasa titip mengincar para pemburu oleh-oleh dan barang khas dari suatu daerah. Melalui Facebook, kamu dapat memanfaatkan cara ini untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Desain Grafis

Karena bergerak di dunia digital, Facebook sangat memudahkanmu untuk menawarkan jasa desain grafis milikmu. Daripada repot repot mencetak hasil kerja dan portofoliomu, kamu dapat mengupload hasil karyamu di akun Facebook dan memberikan detail harga dan cara pemesanan bagi pengguna yang tertarik. Mudah, bukan?

Terkait:  Cara Mengambil Video di Facebook
Buzzer

Setali tiga uang dengan jasa like dan follow, Buzzer memanfaatkan kebutuhan seseorang untuk mempromosikan atau menambah exposure dirinya di dunia maya. Dengan menawarkan jasa buzzer, kamu dapat menambah penghasilan dengan cara mengirim post yang mendukung pihak yang memesan layananmu. Di kehidupan modern sekarang ini, banyak sekali jasa buzzer yang terdapat di berbagai sosial media, termasuk Facebook.

Admin Akun

Bagi sebagian orang yang lebih fokus pada pengerjaan di kehidupan nyata, mereka tidak memiliki waktu untuk mengurus dan memelihara akun sosial media mereka di Internet. Kebutuhan seperti ini dapat kamu manfaatkan untuk menawarkan jasa sebagai admin akun Facebook yang bertugas memelihara dan melakukan update secara berkala agar selalu mendapat exposure di dalam Facebook.

Membuat Konten

Yang terakhir, sebagai seorang pengguna Facebook, kamu dapat menghasilkan uang melalui konten-konten yang kamu buat. Selayaknya Youtube, kamu juga bisa mendapatkan uang tambahan dari karya yang kamu upload di situs Facebook. Beberapa konten yang bisa membantumu mendapatkan uang adalah :

  • Video streaming. Bagi kamu yang suka bermain game, kamu dapat melakukan live streaming game melalui Facebook. Mendapat uang dari streaming juga sangat mudah, karena sekarang sudah banyak layanan donasi yang ada di Internet, yang memungkinkan penontonmu mengirimkan uang sebagai bentuk apresiasi mereka.
  • Desain grafis. Selain sebagai sebuah jasa, kamu juga bisa menghasilkan uang dari desain grafis yang kamu buat di Facebook. Tentunya kamu bisa menawarkan free download untuk desain berkualitas yang kamu buat, dan membuka donasi bagi penggemar yang ingin memberikan apresiasi lebih terhadap karya milikmu.
  • Iklan. Bagi kamu yang sudah memiliki akun Facebook dengan ribuan penggemar, kamu wajib mencoba jalan yang satu ini. Kamu bisa mengadakan open endorsement bagi para pelaku usaha yang ingin mengiklankan produknya melalui akun Facebookmu. Cara ini sudah sangat wajar di Instagram. Tak ada salahnya jika kamu ingin mencoba melakukannya di Facebook. 

Related posts