Cara Cek Password FB

Sejak peluncurannya tahun 2004 silam sampai sekarang, kepopuleran Facebook memang tak pernah luntur. Hal ini bisa dibuktikan dengan masih banyaknya pengguna yang bertahan menggunakan platform ini, padahal aplikasi sejenis seperti Friendster telah lama ditinggalkan penggiat media sosial. Bahkan aplikasi yang didirikan Mark Zuckerberg ini semakin dilengkapi oleh fitur-fitur menarik, termasuk kemudahan cara cek password FB sendiri ataupun orang lain.

Selain itu, tidak sedikit penggiat bisnis online yang memanfaatkan FB untuk menjajakan barang dagangannya secara online. Baik itu lewat akun fanpage maupun pribadi. Belum lagi, komunitas-komunitas penulis, otomotif, dan lain sebagainya turut menggunakan platform yang satu ini untuk kebutuhan mereka.

Fitur lainnya yang sering digunakan pengguna adalah facebook messenger yang memungkinkan pengguna tidak sekedar berkomentar di ruang publik saja, melainkan saling chatting secara privat lewat FB messenger ini. Jadi tak ada alasan lagi bagi pengguna untuk tidak mempertahankan akun Facebook guna kebutuhan komunikasi jarak jauh mereka.

Facebook juga semakin memperketat keamanannya dengan bekerja sama bersama Cyber Civil Rights Initiative untuk meningkatkan kenyamanan para pengguna, khususnya bagi pengguna yang berusia kurang dari 18 tahun.  Belum lagi, Kamu juga bisa menggunakan cara mengunci profil Facebook untuk semakin meningkatkan keamanan dan kenyamanan dalam menggunakan Facebook.

Layanan yang tak kalah menarik dari facebook ialah kita tak perlu lagi khawatir saat lupa atau kehilangan password FB. Karena kini Kamu bisa memanfaatkan panduan cara cek password FB dengan mudah.

Cara Cek Password FB (Facebook)

Cara Cek Password FB
Mengecek Password FB

Mengecek Password FB Sendiri

Lupa password Facebook sendiri adalah hal yang wajar terjadi pada siapapun. Namun jangan takut kehilangan akun Facebookmu, karena platform ini telah menyediakan cara cek password FB sendiri dengan mudah.

Ada beberapa langkah cara mengecek password FB sendiri yang dapat dicoba, berikut ini :

1. Masuk ke Laman Facebook via Browser

Buka web browser bawaan Hp atau di laptopmu, lalu masuk ke laman Facebook. Tepat di bawah kolom login Kamu akan menemukan tulisan “forgotten account” atau “lupa akun”.

2. Gunakan Nomor Ponsel atau Akun Email

Langkah cek password Facebook yang lupa selanjutnya ialah dengan memasukkan nomor Hpmu sendiri atau akun email yang sebelumnya digunakan saat mendaftar akun FB.

3. Lakukan Reset Password

Selanjutnya, Kamu akan dibawa ke beberapa pilihan untuk melakukan reset password. Diantaranya, pengiriman kode verifikasi via email, via SMS, atau akun Google. Silahkan pilih yang Kamu sukai.

Jika sudah memilih salah satunya, misal memilih pengiriman kode via email Kamu bisa lanjutkan dengan mengklik “Continue” di layar ponsel/PC.

4. Dapatkan “Security Code”

Setelah mengikuti langkah-langkah di atas, Kamu akan menerima kode keamanan atau verifikasi yang dikirimkan via email atau SMS (jika menggunakan SMS) dan Kamu bisa memakai kode ini untuk me-reset kata sandi Facebook.

5. Masukkan “Security Code”

Jika sudah mendapatkan kode keamanan, Kamu cukup memasukkannya ke laman Facebook dan klik continue untuk melanjutkan.

6. Pengaturan Ulang Kata Sandi FB

Langkah terakhir yang bisa dilakukan ialah dengan menginputkan kata sandi atau password FB baru, supaya akun FB-mu dapat dibuka kembali. Silahkan pilih “continue”.

Selesai dan Kamu pun sudah bisa membuka akun Facebookmu serta bisa beraktivitas kembali di akun FB milikmu.

Mengecek Password FB Milik Orang Lain

Cek password FB yang kedua ini dilakukan jika Kamu ingin mengetahui kata sandi FB orang lain. Adapun ketentuannya, Kamu harus tahu akun email yang dipakai untuk membuka akun FB tersebut. Cuku membuka akkun email-mu di Yahoo atau di Gmail, silahkan tulis pesan ke alamat email : reply.auto@ymail.com (bagi pengguna Yahoo). Isi subjek dengan menggunakan “Password Retrieve”.

Kamu bisa mengisi badan email dengan empat baris pesan, di baris pertama Kamu bisa menuliskan alamat email-mu, dilanjutkan dengan menuliskan akun email orang yang ingin Kamu cari tahu password FB-nya, dan di baris ketiga ialah password email-mu, sedangkan di baris terakhir atau keempat ialah dengan menuliskan kode rahasia : cgi-bin/set76431&pwr999. Selanjutnya tunggu email balasan.

Cara ini bahkan bisa dilakukan jika ingin mengecek password FB orang lain yang sama sekali tidak Kamu kenal.

Mengecek Password FB yang Belum Logout

Cara cek password FB yang satu ini dapat mengetahui kata sandi FB orang yang pernah login di PC/laptopmu. Kamu bisa menggunakan browser Firefox untuk melakukannya.

Silahkan ikuti panduan caranya di bawah ini :

1. Buka Firefox dan Gunakan “Options”

Silahkan buka PC/laptop yang Kamu gunakan, dilanjutkan dengan mengunjungi laman aplikasi Mozilla Firefox. Nah, di bagian pojok kanan atas, Kamu bisa pilih “Tools” lalu temukan “options” dan pilih.

2. Pilih “Privacy & Security”

Setelah masuk ke “options” Kamu bisa pilih “Privacy & Security”. Lalu pada menu “Logins&Save Password” silahkan pilih “Saved Logins”.

3. Pilih “Show Password

Berikutnya, cukup pilih akun FB-mu dan klik “Show Password” tepat di akun yang Kamu sorot/pilih. Jika sudah, selanjutnya password dan alamat email yang ditautkan pada Facebook tersebut akan terlihat.

Cara cek password FB via Mozilla Firefox ini bisa bekerja asalkan riwayat akun Facebook yang pernah Kamu buka masih tersedia atau tersimpan di perangkat Firefox itu sendiri.

Mengecek Password FB Dengan Memakai Form Bantuan Facebook

Apabila cara-cara yang sudah dijelaskan di atas masih belum dapat membantu membuka akun FB-mu, mungkin dikarenakan akun email dan nomor Hp tidak biasa diakses. Kamu bisa menggunakan layanan atau fitur khusus form bantuan yang disediakan oleh Facebook.

Form bantuan ini terbukti dapat memuluhkan akun FBmu yang kena hack, hilang atau bermasalah saat masuk ke akun tersebut.

Untuk melakukannya, silahkan buka menu “Laporkan Masalah Masuk Facebook”, kemudian isikan data-data lengkap yang dibutuhkan, mulai dari akun email, ceritakan keluhan tentang masalah yang Kamu alami dan lakukan screenshot mengenai pesan error di Facebook. Setelah itu, lanjutkan dengan klik “Kirim”.

Silahkan tunggu pihak Facebook membalas keluhan masalahmu yang dikirim lewat akun email yang Kamu masukkan sebelumnya. Pastikan untuk selalu mengecek inbox email agar akun Facebook bisa cepat-cepat dipulihkan.

Selanjutnya, untuk form kedua ialah form bantuan secara khusus bagi masalah akun FB yang dibajak seseorang atau dinonaktifkan.

Untuk form ini Kamu bisa pilih menu “Akun Pribadi Saya Dinonaktifkan”. Kemudian silahkan isi sesuai kebutuhan seperti nomor Hp, email nama lengkap beserta kartu identitas diri. Lalu “Kirim”.

Tunggu sampai pihak Facebook merespon keluhan terkait masalahmu.

Cek Password FB Paling Mudah

Diantara panduan cara mengecek password FB di atas, Kamu bisa pilih cara termudah yang paling gampang digunakan. Biasanya metode yang paling mungkin ialah dengan melakukan reset password menggunakan email atau SMS. Cara ini bisa dikatakan ampuh untuk mengetahui password FB milikmu.

Sementara, jika Kamu memiliki masalah perihal akunmu yang dinonaktifkan atau di hack pihak tertentu Kamu bisa memanfaaktna fitur Form Bantuan dari Facebook.

Demikianlah ulasan tentang cara cek password FB yang bisa Kamu coba dan pilih sesuai keluhan atau masalah yang dialami. Semoga bermanfaat!

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019