Cara Download Video di Whatsapp

Cara download video di Whatsapp bisa dilakukan dengan beragam cara. Sebagaimana kita tau, saat ini salah satu aplikasi chatting yang paling populer adalah Whatsapp. Aplikasi ini bisa dengan mudah di install dan juga digunakan pada perangkat android ataupun iOS.

Selain itu, Whatsapp juga memang dikenal dengan kemudahannya. Karena, kita hanya memerlukan nomor telpon pengguna Whatsapp lain, untuk bisa terhubung atau masuk kedalam kontak untuk kemudian kita melakukan chat dan lain hal.

Read More

Selain itu, setelah sekian banyak pembaruan dan juga inovasi, kita bisa dengan mudah membagikan foto ataupun video sementara yang nantinya akan terhapus dalam 24 jam secara otomatis, yang kerap disebut dengan status Whatsapp.

Pada awalnya, aplikasi Whatsapp sendiri memang digunakan khusus untuk melakukan chat via teks, sebagai pengganti SMS, yang mana pengguna hanya memerlukan jaringan internet untuk bisa mengaksess Whatsapp, dan berkirim pesan kepada pengguna lainnya.

Namun untuk saat ini, Whatsapp akhirnya memperbarui layanan tersebut, sehingga pengguna bisa melakukan panggilan suara ataupun panggilan video.

Namun karena memang Whatsapp sendiri menggunakan jaringan data internet, maka tak heran ketika pengguna berada dalam jaringan yang kurang baik, mereka kerap mendapati kualtas suara yang buruk ketika melakukan panggilan suara, ataupun buffering ketika melakukan video call.

Gak cuma itu aja, kamu juga bisa kok membuat group chat di Whatsapp dengan mudah. Untuk batas maksimalnya sendiri, kamu bisa menambahkan hingga 250 member, dan juga melakukan group call atau panggilan group sebanyak maksimal 8 orang saja.

Maka dari itu tak heran jika saat ini banyak pengguna smartphone yang lebih memilih Whatsapp, ketimbang aplikasi chat lain. Karena selain mudah untuk digunakan, Whatsapp juga memiliki beragam fitur menarik didalamnya. Kamu tak hanya bisa berkirim pesan teks saja, melainkan juga audio, sticker, file, foto, ataupun video.

Terkait:  Cara Download dari YouTube

Tetapi sayangnya, dari sekian banyak pengguna Whatsapp, ada saja beberapa dari mereka yang belum mengetahui tentang Cara Download Video di Whatsapp. Padahal, caranya tuh gampang banget loh sob.

Cara Download Video di Whatsapp

Cara Download Video di WhatsApp
Download Video di WhatsApp

Cara Download Video di Whatsapp lewat HP

Untuk langkah pertama, disini kita akan mengguankan smartphone kita masing-masing, untuk mendownload video yang ada di Whatsapp. Biasanya, video seperti ini bisa kita dapati baik di group Whatsapp, ataupun chat personal atau pribadi antar perorangan.

Pertama – Mintalah seseorang untuk mengirimkan video ke chat Whatsapp kalian

Kedua – Setelah itu, tunggu sampai kalian menerima notifikasi chat dari orang yang kalian minta tadi, dan buka notifikasi nya

Ketiga – nantinya kamu akan secara otomatis diarahkan ke chat room antara kamu dan pengguna tadi.

Terakhir – Klik pada tombol download atau panah kebawah, untuk mendownload video yang sudah dikirim.

Sedikit catatan, ketika kalian ingin mendowload video di Whatsapp, pastikan terlebih dahulu kamu berada dalam jaringan yang stabil. Hal ini berguna untuk mengurangi resiko gagal download, terlebih jika mungkin ukuran video yang dikirim cukup besar (maksimal 25 MB)

Dan untuk melihat video yang sudah di download, kamu bisa masuk kedalam galeri di smartphone kalian, lalu cari folder ‘Whatsapp Video’. Atau, kamu bisa masuk ke File Manager dan klik pada folder Whatsapp > Media > Whatsapp Video.

Bagaimana jika video yang dibagikan melebihi ukuran lebih dari 25 MB? Jelas kamu bisa menguploadnya terlebih dahulu kedalam google drive, lalu kamu bisa membagikan link dari google drive tersebut, kepada pengguna Whatsapp lainnya. Dengan begitu, nantinya mereka bisa mendownload video yang kamu kirim melalui google drive.

Terkait:  Cara Download Lagu di JOOX

Atau jika mungkin pengguna mengirimkan video dalam bentuk dokumen atau file, maka cara ini juga berlaku kok, hanya saja ketika dokumen tadi kamu download, tidak akan ada preview dari video yang bisa kamu lihat. Melainkan, kamu bisa membuka galleri di smartphone kalian, dan video nya akan otomatis tersimpan di folder ‘Whatsapp Document’.

Cara Download Video di Whatsapp Secara Otomatis lewat HP

Kemudian, jika kamu tak ingin mendownload video secara manual, kamu bisa kok melakukan pengaturan pada aplikasi Whatsapp, untuk mendownload video secara otomatis. Caranya adalah

  • Pertama, Buka Aplikasi Whatsapp di smartphone kalian
  • Kedua, Klik pada titik tiga yang ada di pojok kanan atas Whatsapp (menu) dan masuk ke Settings
  • Ketiga, Setelah itu, klik pada menu ‘Storage and Data’
  • Keempat, Jika sudah, maka kamu bisa mengklik pada bagian ‘Media auto-download’
  • Kelima, Klik pada menu ‘When Using Mobile Data’ dan ceklis pada semua pilihan yang ada, kemudian tekan OK.

Maksud dari opsi when using mobile data adalah, jadi ketika kamu terhubung dengan jaringan data internet yang aktif, maka ketika pengguna mengirimkan foto ataupun video, maka secara otomatis akan terunduh tanpa kamu harus mengklik nya.

Walaupun diatur secara otomatis, tapi tetap saja ya, kamu harus bersabar kita memang video yang dikirim memiliki ukuran yang agak besar. Karena akan ada prosess loading pada download, tergantung dari besar ukuran video.

Dan perlu diingat, cara ini tentu akan memakan kuota internetmu ketika ada pengguna yang mengirim foto atau video karena akan terunduh secara otomatis. Jika kamu tidak ingin mengaktifkannya, maka kamu bisa menggunakan cara pertama tadi, ataupun melalui cara ketiga yang akan kita bagikan.

Terkait:  Cara Dual WhatsApp

Cara Download Video di Whatsapp Lewat Komputer

Selanjutnya, selain menggunakan HP dengan melakukan pengaturan media auto download, kamu juga bisa kok menggunakan komputer, untuk mendownload video yang ada di Whatsapp. Caranya juga gak kalah gampang.

Pertama  – Silahkan login kedalam Whatsapp Desktop atau Whatsapp Web (salah satu) dengan menggunakan scan qr code yang tersedia di aplikasi Whatsapp pada smartphone mu

Kedua – Setelah itu, kamu bisa mencari chat yang memang didalamnya ada video yang akan diunduh

Ketiga – Kemudian, kamu bisa langsung mengklik atau mem-play video yang dikirim tadi, dan ketika video di Putar, maka kamu bisa mengklik pada tombol download yang ada di bagian atas video sebelah kanan.

Terakhir – Lalu, akan ada tampilan dari Windows Explorer, yang mana kamu bisa memilih folder mana yang nantinya akan digunakan untuk menyimpan video.

Jangan lupa untuk memberikan nama dari video yang kamu simpan, untuk mempermudah kamu dalam mencari video yang sudah kamu download melalui Whatsapp Web ataupun Whatsapp Desktop tadi.

Baik dari Whatsapp desktop ataupun Whatsapp web, mungkin akan ada perbedaan pada tampilannya. Maka dari itu, kamu bisa menyesuaikannya sendiri, sesuai dengan Whatsapp apa yang kamu gunakan. Tetapi, kami lebih menyarankan kamu untuk menggunakan Whatsapp Desktop, karena caranya lebih mudah dan juga lebih simple.

Sebagai penutup, itulah tadi beberapa cara download video di Whatsapp yang bisa kamu coba. silahkan gunakan cara yang menurutmu paling mudah, semoga artikel ini bisa menjadi referensi yang baik untukmu, dan semoga bermanfaat.

Related posts