Cara Menonaktifkan Talkback Oppo

Cara menonaktifkan talkback di Oppo menjadi satu hal menarik bagi para penggunanya yang merasa bahwa fitur ini sangat mengganggu. Hal ini memang dikarenakan fitur talkback sendiri diciptakan khusus bagi para pengguna yang mengalami gangguan pada mata. Jika kamu salah satu pengguna yang ingin menonaktifkan fitur talkback ini, maka bisa langsung menyimak penjelasan berikut ini.

Mengenal Fitur Talkback Pada Oppo

Fitur talkback ini merupakan sebuah fitur terbaru yang dikeluarkan oleh pihak Google dengan tujuannya untuk memberikan layanan khusus kepada orang penyandang disabilitas pada mata mereka mata. Maksudnya adalah, orang-orang yang mempunyai gangguan mata tapi ingin menggunakan smartphone baik untuk media hiburan ataupun komunikasi. Dengan memanfaatkan fitur Talkback ini, maka mereka akan sangat terbantu dan berguna bagi mereka.

Namun sayangnya, fitur ini bagi beberapa orang yang masih normal matanya, justru berkeinginan untuk segera menonaktifkannya. Hal ini tentu dikarenakan fitur talkback ini sangat menggangu pada saat mereka menyentuh layar smartphone Oppo kesayangan. Hampir semua merk smartphone, mempunyai cara-cara menonaktifkan fitur talkback yang berbeda-beda. misalnya pada android seperti Oppo (a3s, a7, a37, a37f), Andromax, Xiaomi,Resmi, Lenovo, Asus, Samsung, tentu mempunyai cara yang berbeda-beda. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika mengetahui setiap metode menonaktifkannya di masing-masing smartphone tersebut.

Cara Menonaktifkan Talkback Oppo

Cara Menonaktifkan Talkback Oppo
Cara Menonaktifkan Talkback Oppo

Sebenarnya, cara menonaktifkan talkback Oppo ini sangat mudah untuk kamu lakukan. Asalkan kamu sudah mengikuti semua arahan atau panduan yang diberikan secara baik dan benar. Selain itu, cara menonaktifkan fitur ini di Hp Oppo tidak membutuhkan waktu yang banyak karena memang membutuhkan waktu beberapa menit saja. Jika kamu penasaran bagaimana cara melakukannya, berikut ini adalah metode-metode yang dapat kamu pilih dan gunakan.

Terkait:  Cara Menonaktifkan Paket Darurat Telkomsel

Cara Menonaktifkan Talkback Oppo Dengan Menggunakan Tombol Volume

Metode pertama yang dapat kamu gunakan untuk menonaktifkan talkback di Hp Oppo adalah dengan menggunakan tombol volume yang tentunya sudah ada di Hp Oppo semua tipe. Metode pertama ini tergolong sangat mudah, praktis, dan sederhana. Oleh karena itu, kamu tidak perlu bingung pada saat melakukannya. Berikut adalah langkah-langkahnya yang dapat kamu ikuti.

  • Pertama-tama, silahkan kamu menyalakan Hp Oppo kesayanganmu terlebih dahulu
  • Kemudian, silahkan kamu membuka kunci Hp Oppo dengan menggeser layar Hp smartphone ke atas pakai dua jari
  • Jika kamu menggunakan kata sandi, maka silahkan kamu masukkan kata sandi yang sudah kamu buat dan jika pola, maka masukkan pola yang sudah kamu buat sebelumnya
  • Setelah kunci Hp Oppomu berhasil dibuka, maka silahkan kamu menekan dan tahan tombol volume atas dan volume bawah secara bersamaan selama 3 detik
  • Maka setelah itu, fitur talkback di Hp Oppomu akan secara otomatis non aktif dan selamat Hp Vivomu sudah dapat dioperasikan dengan cukup menggunakan satu jari saja. Selesai!

Cara Menonaktifkan Talkback Oppo Melalui Menu Pengaturan atau Settings

Apabila metode pertama tadi masih belum berhasil untuk menonaktifkan fitur talkback, maka kamu bisa menggunakan metode kedua ini yang juga dapat dikatakan cukup mudah. Hanya saja, kamu perlu membuka dan masuk ke menu pengaturan untuk bisa menonaktifkan fitur talkback ini. Jika kamu penasaran, berikut adalah langkah-langkah yang dapat kamu ikuti.

  • Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menghidupkan Hp Oppo dan silahkan kamu membuka kunci layar dengan cara menggeser ke atas menggunakan 2 jari atau memasukkan pola dan kata sandi
  • Jika kata kunci layar Hpmu sudah berhasil dibuka, maka silahkan kamu cari dan masuk ke menu pengaturan dengan cara mengtapnya sebanyak satu kali pada menu pengaturan, kemudian kamu tap dua kali untuk membuka menu pengaturan tambahan
  • Pada menu pengaturan tambahan ini, silahkan kamu mengkil dua kali pada menu bebas halangan pada Hp Oppo yang versi terbaru atau menu aksebilitas pada Hp Oppo Vivo yang lawas
  • Berikutnya, silahkan kamu masuk.kw.menu talkback dengan cara mengklik 2 kali pada talkback untuk membukanya
  • Kemudian, kamu tinggal menggeser tombol yang ada di samping talkback untuk dapat menonaktifkannya dan silahkan kamu tekan yes untuk mengkonfirmasinya. Kemudian, secara otomatis talkback tidak akan aktif kembali
Terkait:  Cara Hilangkan Iklan di HP Samsung

Sebenarnya, kamu bisa melakukan langkah-langkah di atas dan secara otomatis talkback di Hp Oppomu akan tidak aktif lagi.  Selain itu, pada saya kamu mengaktifkan fitur ini, kamu akan diminta untuk mempelajari setiap cara penggunaannya dengan baik untuk bisa melakukan navigasi, memilih menu, ataupun lainnya.

Tips Mengatasi Cara Menonaktifkan Talkback Oppo Gagal

Meskipun semua langkah-langkah pada setiap metode di atas tergolong sangat mudah dipahami dan dipraktekkan, tidak menutup kemungkinan bahwa kamu akan menemukan beberapa kegagalan. Kegagalan ini mungkin saja terjadi karena sistem Hpmu tidak mendukung tindakan yang kamu lakukan, yaitu menonaktifkan talkback Oppo.

Oleh karena itu, alangkah baiknya jika kamu melakukan reset pengaturan Hp Oppo yang dapat kamu lakukan di konter terdekat atau bisa membantu bantuan dari orang yang benar-benar paham tentang sistem operasi Hp Oppo. Kamu bisa juga melakukannya sendiri dengan menonton video tutorial yang ada di YouTube tetapi kamu harus yakin benar-benar sudah memahami tutorialnya agar tidak melakukan kesalahan pada prosesnya.

Jika kamu melakukan reset ini, maka berarti pengaturan sistem operasi yang add di Hp Oppomu kembali ke setelan pabrik dan Hp Oppomu akan berjalan kembali sedia kala sama seperti kamu pertama kali menggunakannya. Tapi perlu diingat, bahwa hal ini hanya bisa dijadikan sebagai solusi kalau memang metode di atas tidak berhasil atau gagal kamu lakukan.

Dapat dikatakan saat fitur talkback ini aktif, maka penggunaan Hp Oppomu memang sedikit berbeda dari biasanya karena memang ada beberapa tahapan baru yang harus dilakukan di saat kamu menggunakannya. Misalnya saja, pada saat kamu memilih satu menu ataupun aplikasi, maka sistem akan meminta dirimu untuk menekannya sebanyak dua kali agar perintah tersebut dapat dieksekusi.

Terkait:  Cara Kunci Sinyal 4G Oppo

Sementara pada saat kamu menggulung sebuah halaman, maka kamu harus menggunakan dua jari sekaligus, begitupun saat kamu mengikuti semua langkah-langkah menonaktifkan fitur talkback di atas.  Di mana kamu harus menekan sebanyak dua kali pada saat memilih menu sehingga dapat melakukan navigasi seperti biasa hingga mengeksekusi perintah yang dibutuhkan saat itu.

Tidak hanya untuk Hp Oppo saja, fitur ini juga tersedia dan tersematkan pada semua sistem android lainnya secara otomatis dan memang sudah disediakan bersama sistem operasi android. Hanya saja langkah untuk bisa mengakses fitur ini akan berbeda untuk setiap merk handphone, tetapi kamu harus menggunakan langkah-langkah di atas jika memang kamu pengguna merk Oppo.

Kesimpulan

Itulah penjelasan singkat mengenai bagaimana cara menonaktifkan talkback Oppo yang sangat efektif dan mudah untuk kamu lakukan di tipe Hp Oppo. Kamu harus memahami semua panduan yang sudah kami jelaskan di atas, agar kamu tidak melakukan kesalahan pada prosesnya dan tidak mengalami kegagalan. Pilihlah salah satu metode yang menurutmu paling efektif. Selamat mencoba dan semoga kamu berhasil!

Related posts