Cara Cek BLT BPJS

Kabar gembira untuk para peserta kartu BPJS Ketenagakerjaan, Kamu kini bisa menerima Bantuan Langsung Tunai atau BLT. Dimana nantinya penerima BLT Ketenagakerjaan ini berupa para pekerja non PNS dan pekerja swasta yang gajinya kurang dari 5 juta. Lalu, bagaimana cara cek BLT BPJS?

Sebelum kita membahas cara cek BLT BPJS, Kami akan mengulas sedikit tentang BLT BPJS itu sendiri. Kamu yang mendapatkan bantuan BLT BPJS senilai Rp. 600 ribu ini nantinya berupa para pekerja atau penerima yang juga sebagai para peserta aktif pemegang kartu BPJS. Jika kartu BPJS sudah non aktif, maka Kamu tidak berhak mendapatkannya, hal ini telah menjadi ketentuan dan syarat yang diberlakukan pihak BPJS Ketenagakerjaan itu sendiri.

Adapun untuk mengetahui atau mengecek apakah nama Kamu telah tercantum sebagai peserta penerima bantuan BLT BPJS Ketenagakerjaan ataukah belum, Kamu bisa mengeceknya secara langsung. Sementara itu, yang menerima BLT dari pemerintah ini nantinya dipastikan akan menerima sebesar dana bantuan sebesar Rp.600 ribu hingga 4 kali , dan nantinya diberikan tiap dua bulan sekali.

Syarat Menerima Bantuan BLT BPJS Ketenagakerjaan

Bantuan dana dari pemerintah yang satu ini nantinya akan diberikan kepada mereka yang telah memenuhi persyaratan, adapun syarat dan ketentuan yang wajib dipenuhi penerima subsidi upah atau BLT BPJS, ialah :

  • Para pekerja adalah WNI (Warga Negara Indonesia)
  • Sudah terdaftar menjadi peserta jaminan sosial ketenaga kerjaan dengan status masih aktif yang dibuktikan oleh nomor kepesertaan pada kartu BPJS.
  • Peserta kartu BPJS telah membayar iuran yang besarnnya sesuai upah kurang dari Rp. 5 juta.
  • Mempunyai rekening bank dengan status masih aktif.
  • Bukan peserta penerima program kartu Prakerja.

Cara Mendaftar Nomor Rekening di BPJS Ketenagakerjaan

Kepada perusahaan tertentu yang belum menyertakan data rekening para pekerjanya, mungkin harus segera menyerahkan data-data tersebut.

Perusahaan yang tak menyertakan data pekerjanya akan dikenakan sanksi administrasi berbentuk teguran hingga penghentian pelayanan publik.

Bagi pihak HRD yang masih belum menginputkan data nomor rekening para karyawannya lewat SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan untuk menjadi penerima bantuan BLT Upah, ini dia tahapan-tahapan pengisian data yang perlu dilakukan, berikut ini:

  1. Pertama-tama silahkan akses website di https://sipp.bpjsketenagakerjaan.go.id/
  2. Kemudian silahkan login menggunakan email berikut password yang sebelumnya sudah terdaftar.
  3. Selanjutnya pilih opsi monitoring iuran.
  4. Lalu klik detail data tenaga kerja di kolom action.
  5. Lalu akan tampil data informasi dari tenaga kerja.
  6. Silahkan pilih opsi koreksi data tenaga kerja masal.
  7. Kemudian silahkan unduh template excel.
  8. Selanjutnya Kamu tinggal mengisi data berupa nomor rekening, nama bank dan nama rekening.
  9. Lalu pilih upload untuk mengunggah data-data rekening tenaga kerja jika sudah mengisi tabel.
  10. Silahkan tunggu sampai prosesnya selesai.
  11. Setelah itu, Kamu akan mendapatkan notifikasi yang berarti data-data yang Kamu isi sebelumnya sudah tersimpan.

Bansos pemerintah bagi para pekerja yang terdampak pandemi virus Covid 19 saat ini ditarget bisa menjangkau sebanyak 15,7 karyawan. Dimana jumlah tersebut bertambah dari yang awalnya hanya 13,7 juta.

Setelah mengetahui syarat untuk mendapatkan bantuan BLT BPJS, Kami akan membagikan cara cek BLT BPJS untuk memastikan apakah Kamu masuk sebagai penerimanya ataukah tidak.

Akan tetapi, sekali lagi kita tekankan bahwa peserta BPJS yang akan mendapatkan bantuan BLT ialah para karyawan non PNS dan pekerja swasta dengan gaji kurang dari Rp. 5 juta. Sementara untuk cara cek BLT BPJS sendiri, Kamu bisa mengikuti panduan yang akan Kami bagikan di bawah ini!

Cara Cek BLT BPJS

Cara Cek BLT BPJS
Cek BLT BPJS

Bagi Kamu yang penasaran, apakah termasuk salah satu daftar penerima BLT BPJS ataukah bukan, berikut ada panduan cara cek BLT BPJS yang bisa Kamu lakukan di bawah ini :

Cek BLT BPJS Via BPJSTK Mobile

Untuk menikmati layanan BPJSTK mobile, tentu saja Kamu harus mengunduhnya terlebih dahulu di App Store atau Google Play Store. Jika sudah, Kamu bisa mengikuti panduan cara di bawah ini :

  • Jika sudah mengunduh dan menginstall aplikasi BPJSTK Mobile di ponselmu, kini silahkan buka.
  • Selanjutnya Kamu bisa login atau masuk ke aplikasi tersebut, tapi tentu saja Kamu harus mendaftarkan diri terlebih dahulu untuk melakukan regisrasi. Caranya cukup memasukan NIK dari e-KTP, Nomor KPJ, nama lengkap, dan tanggal lahir.
  • Kemudian jika telah terdaftar, selanjutnya cukup login atau masuk.
  • Sesudah itu, silahkan lanjutkan dengan memilih opsi Kartu Digital.
  • Lalu akan muncul di layar berupa tampilan kartu BPJS ketenagakerjaan digital.Silahkan klik tampilan kartu BPJS tersebut.
  • Selanjutnya di bagian bawah nantinya akan terlihat dan muncul status dari kepesertaan BPJS beserta nama lengkapmu.

Cek BLT BPJS Via Website

Selain dengan mengunduh aplikasi BPJSTK mobile, Kamu juga bisa memanfaatkan website resmi dari BPJS Ketenagakerjaan. Untuk mengecek apakah Kamu menerima Bantuan Langsung Tunai dari Pemerintah terkait BPJS Ketenagakerjaan ini, silahkan ikuti langkah-langkah cara cek BLT BPJS, di bawah :

  • Pertama-tama, persiapkan perangkat berupa komputer, laptop, atau Hp terlebih dahulu.
  • Jika sudah, silahkan masuk ke link berikut : https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/ lewat browser.
  • Setelah itu, tinggal login apabila Kamu sudah terdaftar sebelumnya, namun jika belum mendaftar silahkan pilih opsi Registrasi, lalu isi formulir-formulir dengan mengisi Nama, Nomor KPJ Aktif, tanggal lahir, Nama Ibu Kandung, email, nomor Ho, dan Nomor e-KTP.
  • Jika berhasil mendafrar, selanjutnya Kamu hanya perlu masuk atau login saja dengan memasukkan kata sandi atau PIN dan email.
  • Kemudian pilih opsi Layanan.
  • Nah dari situ, Kamu akan mengetahui apakah Kamu menjadi salah satu penerima BLT BPJS ketenagakerjaan ataukah tidak.

Cek BLT BPJS Via Kantor BPJS Ketenagakerjaan

Selain kedua cara di atas, cara cek BLT BPJS ketenagakerjaan berikutnya juga sangat mudah. Kamu tidak perlu ribet-ribet mendaftar atau mengunduh aplikasi dan membuang-buang kuota, sebab Kamu hanya perlu datang ke kantor BPJS ketenagakerjaan saja untuk mengeceknya.

Ketika Kamu datang ke unit BPJS Ketenagakerjaan, pastikan Kamu membawa serta persyaratan berupa kartu BPJS ketenagakerjaan.

Kemudian pihak petugas BPJS nantinya akan langsung mengecek dan memproses apaah Kamu termasuk ke dalam penerima BLT BPJS ataukah belum.

Cara yang satu ini memang cukup mudah, sebab Kamu hanya perlu mendatangi kantor BPJS dengan memberikan informasi lengkap tentang data diri. Metode ini hanya memerlukan waktu senggang saja untuk pergi ke kantor BPJS.

Mungkin ini saja yang dapat Kami sampaikan untuk Kamu semua tentang cara cek BLT BPJS Ketenagakerjaan, jadi pastikan Kamu mengecek terlebih dahulu apakah sudah terdaftar sebagai penerima bantuan BLT Ketenagakerjaan ataukah belum untuk bisa mencairkan dana bantuan BLT BPJS Ketenagakerjaan.

Semoga informasi yang Kami sampaikan dapat membantu Kamu semua sebagai peserta yang telah mendaftar program BLT BPJS Ketenagakerjaan untuk mengecek kepastian masuk sebagai penerima BLT!

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019